Jumat, 18 Desember 2020

Tidak Mampu Melakukan Kebaikan




Al-Imam Abdullah bin Alawi Al-Haddad berkata:

*من لم يستطع أو لم ينشط لفعل الخير كله فلا ينبغي أن يتركه كله*

Barangsiapa yang tidak mampu atau tidak bersemangat untuk melakukan semua kebaikan, maka tidak seharusnya ia meninggalkan semuanya.

Orang yang tidak mampu melakukan kebaikan secara keseluruhan, maka jangan sampai ia meninggalkan semua kebaikan tersebut, akan tetapi ia harus tetap melakukan kebaikan sesuai dengan kemampuan dan kemudahan yang dimilikinya, sebab setiap kebaikan akan mengundang datangnya kebaikan yang lain. Kebaikan yang sedikit akan menarik datangnya kebaikan yang lain sehingga kebaikan tersebut akan menjadi banyak. Kebaikan yang kecil juga akan menarik datangnya kebaikan yang lain sehingga kebaikan tersebut akan menjadi besar.

Imam Abdullah bin Alawi Al-Haddad juga berkata:

*من عجز عن ترك الشر كله، فينبغي له أن يترك ما يتيسر عليه تركه منه*

Barangsiapa tidak mampu meninggalkan semua keburukan, maka seharusnya ia tetap meninggalkan keburukan yang mudah ditinggalkannya.

Orang yang tidak mampu meninggalkan keburukan secara keseluruhan, maka jangan sampai ia melakukan semua keburukan tersebut, akan tetapi ia harus tetap meninggalkan sebagian dari keburukan tersebut sesuai kemampuan yang dimilikinya. Sebab meninggalkan sebagian keburukan itu lebih baik daripada tidak meninggalkan sama sekali.
.
[ _Al-Fushul Al-Ilmiyyah_, hlm. 103 ] (FM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar