Jumat, 27 Maret 2020

Al Haq Itu Tidak Bisa Dihijab




الحقُّ ليسَ بِمحجُوبٍ وَاِنـَّماَ المحجُوبُ انتَ عنِ النظَرِ اليهِ اذ ْ لَوْ حجَبَهُ شَيءٌ لسَتَرَهُ ولوكاَنَ لهُ ساتِرٌ لكانَ لِوُجُدِهِ حاصِرٌ وكلُّ حاصِرٍ لشىءٍ فَهُوَ لهُ قاَهِرٌ وَهُوَالقاَهِرُ فوَقَ عبادِهِ

"Al-Haq, ialah الله سبحانه وتعالى, tiada terhijab [terbatas tirai] oleh sesuatu apapun, sebab tidak mungkin adanya sesuatu yang dapat menghijab الله. Sebaliknya manusialah yang terhijab sehingga tidak dapat melihat adanya الله. Sebab sekiranya ada sesuatu yang menghijab الله, berarti sesuatu itu dapat menutupi الله, dan andaikata ada tutup bagi الله, berarti wujud الله dapat terkurung/ dibatasi, dan sesuatu yang mengurung/ membatasi itu, dapat menguasai yang dikurung/ dibatasi, padahal “الله yang berkuasa atas segala makhluk-Nya.”

Pada hakikatnya الله itu tidak bisa dihijab, yakni hijab itu menjadi sifatnya الله itu tidak. akan tetapi yang menghijab sehingga kamu tidak bisa melihat الله itu adalah sifat-sifat nafsumu sendiri. karena sekiranya ada sesuatu yang bisa menghijab الله, pastilah perkara tersebut lebih besar dan lebih berkuasa bisa mengalahkan الله. karena sesuatu yang bisa menghijab /menghalangi itu bisa menutupi dari melihat sesuatu yang di belakangnya. dan itu tidak sah buat الله. karena الله berfirman, “الله itu dzat yang bisa memaksakan apa yang dikehendaki mengalahkan semua hamba-Nya”.

Sumber : https://telegram.me/kitabhikam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar