Langsung ke konten utama

Mengurangi Daftar Kesenangan

KH Hasyim Muzadi

Oleh: KH. A. Hasyim Muzadi

"Liyaqilla Maa Tafrahu Bihi Yaqilla Maa Tahzanu `Alaiyhi- Kurangilah apa yang membuatmu gembira Maka akan berkuranglah apa yang membuatmu sedih"
--Ibnu `Athoillah-

Sebagaimana firman-Nya, Allah telah menyediakan bagi umat manusia dua bentuk jalan kehidupan. Jalan yang mendekat diri kepada-Nya dan jalan yang menjauhkan diri dari-Nya. Kita menggunakan terminologi mendekat karena memang ada jarak antara khalik dan makhluk. Antara Pencipta dengan ciptaan. Karena, Allah ber kehendak meniupkan sebagian ruh-Nya kepada manusia maka manusia berpotensi menyerap sebagian sifat-sifat-Nya yang agung.

Karena Allah Maha Pengasih maka manusia gemar mengasihi. Karena Allah Maha Pemberi maka manusia gemar memberi.

Karena Allah Maha Bersyukur (As-Syakuur) maka manusia juga suka berterima kasih.
Karena Allah Maha Penyabar maka manusia juga senang kalau dapat bersabar. Orang yang paling banyak menyerap sifat-sifat Allah adalah yang paling dekat kepada-Nya. Dan, mereka yang tidak banyak menyerap sifat- sifat-Nya adalah yang paling jauh dari-Nya.

Rumus ini berlaku sejak manusia diciptakan dan akan selalu begitu sampai kehidupan di dunia diakhiri. Dua jalan itulah yang disediakan Allah bagi umat manusia agar bisa "mengentaskan" kehidupan dunia yang menghinakan menuju kehidupan akhirat yang dimuliakan. Kehidupan kita kini adalah cermin dari kehidupan yang rumit. Namun begitu, ia menyediakan semua yang kita inginkan dan yang kita angankan. Dunia yang mengecoh; antara mengangankan dan menginginkan.

Karena angan-angan dan keinginan itulah manusia sering terjerembab dalam kehidupan yang menjebak. Kita bisa menikmati apa saja yang dulu hanya angan-angan karena kini sudah menjadi kenyataan. Kini, baru kita sadari, angan-angan dan keinginan manusia telah mem buat sesuatu yang mustahil menjadi nyata. Manusia lantas membuat daftar keinginan agar dapat memenuhi dahaga kesenangannya.

Pada titik ini, manusia akan sulit menyerap sifat-sifat Allah.

Kehidupan dunia adalah kehidupan yang dekat sementara akhirat adalah kehidupan yang jauh. Dunia berasal dari kata dun-yayang berarti dekat atau hina sementara akhirat bermakna terakhir dan ujung terjauh dari kehidupan. Kehidupan dunia yang menjebak akan membuat manusia terlena sehingga lebih gemar menulis daftar hal-hal yang akan membuatnya senang daripada hal-hal yang bisa membuatnya sedih. Sedih akan membuat mereka menderita.

Karena tak kuasa menderita maka manusia lantas lebih suka mengikhtiarkan hal-hal yang bisa membuatnya senang. Mereka menyenangi kekuasaan karena dengan itu bisa mendapat kan apa saja yang mereka angan kan dan mereka inginkan. Mereka bersaing mendapatkan jabatan tertentu sebab dengan itu mereka bisa mengeruk dan mengeduk apa saja yang akan membuat mereka puas dan senang.

Mereka gemar mengumpulkan harta karena dengan itu mereka yakin bisa bahagia.
Akibat sudut pandangnya terhadap kehidupan yang hitam putih maka manusia semacam ini akan selalu melihat penderitaan dari sudut pandang negatif. Padahal, menderita penting di alami seseorang agar bisa bisa menaikkan gradekehidupannya.

Iman sesorang diukur bukan karena ia bisa bebas dari penderitaan tetapi bagaimana ia bisa bertahan dalam penderitaan itu. Nabi Yusuf As terjaga dari kemaksiatan bukan semata karena terbebas dari bujuk ratu Siti Zulaikha.

Beliau memperoleh kilatan cahaya Allah SWT karena bisa menahan diri untuk tidak memenuhi keinginan bercinta dengan Siti Zulaikha. Para nabi dan rasul adalah juga manusia tetapi daya serap mereka terhadap sifat-sifat Allah amatlah tinggi.

Mereka juga tergoda tetapi mereka selamat karena mampu menyerap sifat-sifat Allah. Me reka lebih mampu menulis daftar ketidaksenangan dari pada daftar kesenangan. Merekalah teladan kehidupan yang bisa mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Kita bisa disebut memiliki kesadaran tinggi akan keadilan Allah ketika menyadari bahwa semua ciptaan Allah mengandung hikmah terbaik bagi manusia. Hidup penuh kesenangan mengandung hikmah. Kehidupan penuh derita juga mengandung hikmah. Tak ada ciptaan Allah, entah materi, keadaan, situasi, kesempatan, yang sia-sia.

Semuanya mengandung di dalamnya citra kasih sayang Allah ke pada para hamba-Nya. Allah terlibat dalam semua denyut kehidupan.

Maka, demikian diajarakan Sheikh Ibnu `Athoillah As-Sakandari di ujung atas refleksi kita kali ini, kehidupan yang penuh kebahagiaan adalah ketika kita mampu menahan untuk tidak memenuhi dahaga kesenangan dan karena kalau itu tak tercapai akan membuat kita bersedih.

Semakin sedikit keinginan akan semakin sedikit pula kekecewaan kita. Apa pun jenis kekecewaan Anda sebab utamanya karena apa yang Anda peroleh lebih sedikit dari yang Anda inginkan.

Oleh sebab itu, demi kesehatan jiwa, mental, dan spritual, kurangilah daftar kesenangan Anda sekarang juga. Mulai belajar menulis daftar kekecewaan. Semakin sedikit daftar angan-angan dan keinginan kita, akan semakin sedikit pula kemungkinan kekecewaan mendera kita. Keinginan yang tak tercapai, kalau tidak siap, hanya akan membuka gerbang kekecewaan. Jika terlempar ke dalam gerbang kekecewaan maka kita akan memasuki dunia kegelapan yang tidak mudah untuk kembali.

Jalan terbaik tetaplah jalan yang mendekatkan kita kepada Allah SWT. Jalan itu adalah kerelaan kita menyerap sebanyak mungkin sifat Allah. Sifat-sifat- Nya yang tercermin, antara lain, dalam Asma-Nya yang mulia.

Dalam nama-nama-Nya yang agung. Kalau Dia Mahapengasih maka kita harus belajar mengasihi. Kalau Dia Mahapenyabar maka kita harus selalu bersandar atas kesabaran dalam menerima ketetapan-Nya. Wallaahu a'lam bish shawaab. [FM]
 
 

Artikel Terkait

Komentar

Artikel Populer

Prahara Aleppo

French Foreign Minister Bernard Kouchner takes off a Jewish skull-cap, or Kippa, at the end of a visit to the Yad Vashem Holocaust Memorial in Jerusalem, Tuesday, Sept. 11, 2007. Kouchner is on an official visit to Israel and the Palestinian Territories. (AP Photo/Kevin Frayer) Eskalasi konflik di Aleppo beberapa hari terakhir diwarnai propaganda anti-rezim Suriah yang sangat masif, baik oleh media Barat, maupun oleh media-media “jihad” di Indonesia. Dan inilah mengapa kita (orang Indonesia) harus peduli: karena para propagandis Wahabi/takfiri seperti biasa, mengangkat isu “Syiah membantai Sunni” (lalu menyamakan saudara-saudara Syiah dengan PKI, karena itu harus dihancurkan, lalu diakhiri dengan “silahkan kirim sumbangan dana ke no rekening berikut ini”). Perilaku para propagandis perang itu sangat membahayakan kita (mereka berupaya mengimpor konflik Timteng ke Indonesia), dan untuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di Suriah. Tulisan i

Mengelola Blog Wordpress dan Blogspot Melalui Ponsel

Di jaman gatget yang serba canggih ini, sekarang dasboard wordpress.com dan blogspot.com semakin mudah dikelola melalui ponsel. Namun pada settingan tertentu memang harus dilakukan melalui komputer seperti untuk mengedit themes atau template. Dan bagi kita yang sudah terbiasa "mobile" atau berada di lapangan maka kita bisa menerbitkan artikel kita ke blog wordpress.com melalui email yang ada di ponsel kita, so kita nggak usah kawatir.

3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup - Himayah atau Pemimpin Ulama di Tanah Banten

Forum Muslim - Banten merupakan provinsi Seribu Kyai Sejuta Santri. Tak heran jika nama Banten terkenal diseluruh Nusantara bahkan dunia Internasional. Sebab Ulama yang sangat masyhur bernama Syekh Nawawi AlBantani adalah asli kelahiran di Serang - Banten. Provinsi yang dikenal dengan seni debusnya ini disebut sebut memiliki paku atau penjaga yang sangat liar biasa. Berikut akan kami kupas 3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup. 1. Abuya Syar'i Ciomas Banten Selain sebagai kyai terpandang, masyarakat ciomas juga meyakini Abuya Syar'i sebagai himayah atau penopang bumi banten. Ulama yang satu ini sangat jarang dikenali masyarakat Indonesia, bahkan orang banten sendiri masih banyak yang tak mengenalinya. Dikarnakan Beliau memang jarang sekali terlihat publik, kesehariannya hanya berdia di rumah dan menerima tamu yg datang sowan ke rumahnya untuk meminta doa dan barokah dari Beliau. Banyak santri - santrinya yang menyaksikan secara langsung karomah beliau. Beliau jug

Amalan Pada Malam Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Nabi Muhammad ﷺ bersabda: عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه أن رسول ﷺ قال: “من أحيا ليلة الفطر وليلة الأضحى لم يمت قلبه يوم تموت القلوب” رواه الطبراني في الكبير والأوسط. Dari Ubadah Ibn Shomit r.a. Sungguh Rosulullah ﷺ bersabda: "Barangsiapa menghidupkan malam Idul Fitri dan malam Idul Adlha, hatinya tidak akan mati, di hari matinya hati." ( HR.Thobaroni ) عن أبي أمامه رضي الله عنه عن النبي ﷺ قال : “من قام ليلتي العيدين محتسباً لم يمت قلبه يوم تموت القلوب”. وفي رواية “من أحيا” رواه ابن ماجه Dari Abi Umamah r.a, dari Nabi ﷺ, bersabda: Barangsiapa beribadah di dua malam Hari Raya dengan hanya mengharap ALLAH, maka hatinya tidak akan mati pada hari matinya hati. ( HR. Ibnu Majah ) Bagaimana cara menghidupkan dua Hari Raya itu? Telah disebutkan oleh Syaikh Abdul Hamid Al Qudsi, dengan mengamalkan beberapa amalan: 1. Syaikh Al Hafni berkata: Ukuran minimal menghidupkan malam bisa dengan Sholat Isya’ berjama’ah dan meniatkan diri untuk jama’ah Sholat Shubuh pada besoknya. Atau mempe

Kisah Siti Ummu Ayman RA Meminum Air Kencing Nabi Muhammad SAW

Di kitab Asy Syifa disebutkan bahwa Kanjeng Nabi Muhammad SAW punya pembantu rumah tangga perempuan bernama Siti Ummu Ayman RA. Dia biasanya membantu pekerjaan istri Kanjeng Nabi dan nginap di rumah Kanjeng Nabi. Dia bercerita satu pengalaman uniknya saat jadi pembantu Kanjeng Nabi. Kanjeng Nabi Muhammad itu punya kendi yang berfungsi sebagai pispot yang ditaruh di bawah ranjang. Saat di malam hari yang dingin, lalu ingin buang air kecil, Kanjeng Nabi buang air kecil di situ. Satu saat, kendi pispot tersebut hilang entah ke mana. Maka Kanjeng Nabi menanyakan kemana hilangnya kendi pispot itu pada Ummu Ayman. Ummu Ayman pun bercerita, satu malam, Ummu Ayman tiba-tiba terbangun karena kehausan. Dia mencari wadah air ke sana kemari. Lalu dia nemu satu kendi air di bawah ranjang Kanjeng Nabi SAW yang berisi air. Entah air apa itu, diminumlah isi kendi itu. Pokoknya minum dulu. Ternyata yang diambil adalah kendi pispot Kanjeng Nabi. Dan yang diminum adalah air seni Kanjeng Nabi yang ada dal

KH.MUNFASIR, Padarincang, Serang, Banten

Akhlaq seorang kyai yang takut memakai uang yang belum jelas  Kyai Laduni yang pantang meminta kepada makhluk Pesantren Beliau yang tanpa nama terletak di kaki bukit padarincang. Dulunya beliau seorang dosen IAIN di kota cirebon. Saat mendapatkan hidayah beliau hijrah kembali ke padarincang, beliau menjual seluruh harta bendanya untuk dibelikan sebidang sawah & membangun sepetak gubuk ijuk, dan sisa selebihnya beliau sumbangkan. Beliau pernah bercerita disaat krisis moneter, dimana keadaan sangatlah paceklik. Sampai sampai pada saat itu, -katanya- untuk makan satu biji telor saja harus dibagi 7. Pernah tiba tiba datanglah seseorang meminta doa padanya. Saat itu Beliau merasa tidak pantas mendoakan orang tersebut. Tapi orang tersebut tetap memaksa beliau yang pada akhirnya beliaupun mendoakan Alfatihah kepada orang tersebut. Saat berkehendak untuk pamit pulang, orang tersebut memberikan sebuah amplop yang berisi segepok uang. Sebulan kemudian orang tersebut kembali datang untuk memi

ALASAN ALI MENUNDA QISHASH PEMBUNUH UTSMAN

Oleh :  Ahmad Syahrin Thoriq   1. Sebenarnya sebagian besar shahabat yang terlibat konflik dengan Ali khususnya, Zubeir dan Thalhah telah meraih kesepakatan dengannya dan mengetahui bahwa Ali akan menegakkan hukum qishash atas para pemberontak yang telah membunuh Utsman.  Namun akhirnya para shahabat tersebut berselisih pada sikap yang harus diambil selanjutnya. Sebagian besar dari mereka menginginkan agar segera diambil tindakan secepatnya. Sedangkan Ali memilih menunda hingga waktu yang dianggap tepat dan sesuai prosedur. 2. Sebab Ali menunda keputusan untuk menegakkan Qishash adalah karena beberapa pertimbangan, diantaranya : Pertama, para pelaku pembunuh Ustman adalah sekelompok orang dalam jumlah yang besar. Mereka kemudian berlindung di suku masing-masing atau mencari pengaruh agar selamat dari hukuman. Memanggil mereka untuk diadili sangat tidak mungkin. Jalan satu-satunya adalah dengan kekuatan. Dan Ali menilai memerangi mereka dalam kondisi negara sedang tidak stabil sudah pas

Abuya Syar'i Ciomas Banten

''Abuya Syar'i Ciomas(banten)" Abuya Syar'i Adalah Seorang Ulama Yg Sangat Sepuh. Menurut beliau sekarang beliau telah berrusia lebih dari 140 tahun. Sungguh sangat sepuh untuk ukuran manusia pada umumnya. Abuya Sar'i adalah salah satu murid dari syekh. Nawawi al bantani yg masih hidup. Beliau satu angkatan dengan kyai Hasyim asy'ary pendiri Nahdatul ulama. Dan juga beliau adalah pemilik asli dari golok ciomas yg terkenal itu. Beliau adalah ulama yg sangat sederhana dan bersahaja. Tapi walaupun begitu tapi ada saja tamu yg berkunjung ke kediamannya di ciomas banten. Beliau juga di yakini salah satu paku banten zaman sekarang. Beliau adalah kyai yg mempunyai banyak karomah. Salah satunya adalah menginjak usia 140 tahun tapi beliau masih sehat dan kuat fisiknya. Itulah sepenggal kisah dari salah satu ulama banten yg sangat berpengaruh dan juga kharismatik. Semoga beliau senantiasa diberi umur panjang dan sehat selalu Aaamiiin... (FM/ FB )

Sholawat-Sholawat Pembuka Hijab

Dalam Islam sangat banyak para ulama-ulama sholihin yang bermimpi Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam dan mendapatkan petunjuk atau isyarat untuk melakukan atau mengucapkan kalimat-kalimat tertentu (seperti dzikir, sholawat, doa dll ). Bahkan sebagian di antara mereka menerima redaksi sholawat langsung dari Rasulullah dengan ditalqin kata demi kata oleh Beliau saw. Maka jadilah sebuah susunan dzikir atau sholawat yg memiliki fadhilah/asror yg tak terhingga.  Dalam berbagai riwayat hadits dikatakan bahwa siapa pun yang bermimpi Nabi saw maka mimpi itu adalah sebuah kebenaran/kenyataan, dan sosok dalam mimpinya tersebut adalah benar-benar Nabi Muhammad saw. Karena setan tidak diizinkan oleh Alloh untuk menyerupai Nabi Muhammad saw. Beliau juga bersabda, "Barangsiapa yg melihatku dalam mimpi maka ia pasti melihatku dalam keadaan terjaga" ----------------------------- 1. SHOLAWAT JIBRIL ------------------------------ صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ SHOLLALLOOH 'ALAA MUHAMMA

Daun Pepaya Jepang, Aman Untuk Pakan Kambing di @kapurinjing