Sabtu, 24 Maret 2018

Sejarah Runtuhnya Negara Komunis Uni Sovyet

Michael Gorbachev
Forum Muslim - Tahun 1976, ketika seorang ilmuwan politik Prancis, Emmanuel Todd meramal kejatuhan Uni Soviet banyak orang tertawa. Akan tetapi manakala tahun 1991 negara komunis terbesar di dunia itu terbelah menjadi beberapa negara merdeka, masyarakat internasional terdiam.

Uni Soviet merupakan salah satu (mantan) negara adidaya dunia yang sekaligus menjadi rival abadi Amerika Serikat. Negara ini merupakan negara komunis teragung sejagat raya pada masanya. Sehingga kekuatan politiknya tidak dapat diremehkan sejak ia berdiri tanggal 25 Oktober 1917. Bahkan 3 tahun setelah itu, tepatnya di tahun 1920 Vladimir Lenin terus berusaha melebarkan sayap komunisme ke luar Eropa Timur. Usahanya ini dikenal dengan Komintern (Komunis Internasional).

Uni Soviet sendiri merupakan negara komunis terbesar dan tertua yang pernah ada di dunia. Revolusi Bolshevik adalah pimpinan Lenin yang melahirkan negara Uni Soviet dan menjadikan paham Komunisme sebagai ideologi satu-satunya. Tahun 1920, Lenin membentuk Komintern Pact ( Pacta Komunisme Internasional) sehingga komunis tidak hanya di Uni Soviet saja, tetapi juga berkembang di seluruh dunia dan merupakan gabungan-gabungan dari negara- negara sosial komunis yang beranggotakan 15 negara bagian, yaitu Rusia, Armenia, Azerbaijan, Belorusia, Estonia, Georgia, Kazakhstan, Kirgisia, Latvia Lithuania, Moldovia, Tadjikistan, Turkmenistan, Ukraina, dan Uzbekistan yang bergabung pada tahun 1958.  Negara-negara tersebut tergabung dalam Republics Sosialist Soviet atau bisa disebut dengan RRS.
     
Pada awalnya Sosialis Republic hanya terdiri dari empat negara, yaitu Russian Soviet Federated Socialist Republic ( RSFSR ), Transcaucasia (SFSR), Ukrina (SSR), Belorussian.

Cool War atau perang dingin yang sudah lama berlangsung disudahi dengan runtuhnya negara Uni Soviet pada 25 Desember 1991. Runtuhnya Uni Sovyet sekaligus runtuhnya Pakta Warsawa.

'The beginning of the collapse of the Soviet Union triggered by the impact of the Cold War. The Soviet Union itself war followed by Eastern European countries that are also affected collapse of the Eastern European countries. The collapse occurred as a result of terendalanya human resources (HR), logistic, including fuel, etc. Thus, it also led to the dissolution of the Warsaw Pact (as a Military Pact Eastern bloc countries) the impact of the collapse of the Soviet Union not only felt by the Soviet Union end Estern European countries, but also have an impact on the world'.

Gunakan AKAL dan NALURI Kebangsaanmu dalam menyikapi Pidato Politik Prabowo Subianto terkait 2030.

Semoga bermanfaat.

Salam Merah Putih !

-Cut Meutia-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini