Rabu, 28 Februari 2018

Sabar atas Perbuatan Buruk orang lain


Forum Muslim - Allah memberikan potensi kepada makhluk untuk berbuat yg menyakitkan, agar engkau tidak merasa tenteram dengan mereka. Allah menghendaki mu agar menjauhi segala sesuatu yg dapat menyibukkan dirimu sehingga jauh dari Allah. Perbuatan manusia yg menyakitkan atas seorang hamba merupakan sebuah kenikmatan yg besar bagi dirinya. Oleh karena itu perbuatan tersebut membuat kita tidak tergantung kepada nya dan menjadi kan bersungguh-sungguh dalam beribadah kepada Allah.
Syech Abu Hasan As-Syadziliy r.a berkata : Seorang manusia menyakiti ku, dan aku tidak mampu membalas nya. Kemudian aku tertidur dan bermimpi, lalu dikatakan kepada ku : "Termasuk dari tanda-tanda orang yg Shiddiq (berbakti kepada Allah) adalah orang yg banyak musuh, namun dia tidak memperdulikan mereka"
(Syarah Al-Hikam juz 2, hlm.57-58)

(إِنَّمَا أَجْرَى الأَذَى عَلَى أَيْدِيْهِمْ كَيْلَا تَكُوْنَ سَاكِنًاإِلَيْهِمْ أَرَادَأَنْ يُزْعِجَكَ عَنَ كُلِّ شَيْءٍحَتَّى يُشْغِلَكَ عَنْهُ شَيئٌ). وُجُوْدُأَذَى النَّاسِ لِلْعَبْدِ نِعْمَةٌعَظِيْمَةٌعَلَيْهِ لاَسِيَّمَا مِمَّنْ اِعْتَادَّ مِنْهُ المُلَا طَفَةَ وَالإِكْرَامَ وَالمُبَرَّةَ وَالاِحْتِرَامَ لِأَنَّ ذَلِكَ يُفْقِدُهُ عَدَمَ السُّكُوْنِ إِلَيْهِمْ وَتَرْكَ الاِعْتِمَا دِ عَلَيْهِمْ وَفَقْدَالأُنْسِى بِهِمْ فَيَتَحَقَّقُ بِذَلِكَ عُبُوْدِيَّتُهُ لِرَبِّهِ عَزَوَجَلَّ قَالَ سَيِّدِيْ أَبُوْالحَسِنِ الشَّاذِليِّ رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُ اۤذَانِيْ إِنْسَانٌ مَرَّةً فَضَقْتُ ذَرْعًا بِذَلِكَ فَنِمْتُ فَرَ أَ يْتُ مِنْ عَلَا مَةِ الصِّدِّيْقِيَّةِ كَثْرَةُ أَعْدَائِهَاثُمَّ لَايُبَالِيْ بِهِمْ.
(شرح الحكم، ج-٢ ,٥٧-٥٨)

Sumber artikel : g+
Sumber gambar : g+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini