Rabu, 24 Januari 2018

6 Penyebab Terganggunya Siklus Menstruasi






Forum Muslim - Siklus menstruasi yang tidak teratur, mendadak lebih cepat atau sebaliknya, dan perubahan derasnya pendarahan saat menstruasi bisa menunjukan masalah kesehatan yang sedang kamu hadapi. Meskipun butuh analisis lebih lanjut, tak ada salahnya untuk mengenali kemungkinan-kemungkinan yang ada.

Dirangkum detikHealth dari Health, Selasa (23/1/2018), berikut ini adalah sejumlah masalah yang mungkin saja melatarbelakangi gangguan pada siklus menstruasimu.

1. Masalah tiroid

Kelenjar tiroid berperan dalam proses metabolisme yang juga berdampak pada siklus menstruasimu. Ketika kelenjar ini menjadi lebih aktif atau sebaliknya, ini juga berdampak pada jadwal tamu bulanan.

2. Fibroid uterus

Fibroid uterus adalah pertumbuhan sel-sel otot di dalam rahim. Mereka bukan kanker, dan mereka tidak mengancam nyawa. Tapi mereka dapat menyebabkan segala macam gejala yang tidak nyaman, termasuk perdarahan menstruasi yang berat, terutama pada wanita berusia 30 sampai 40-an, kata Dr. Rosser, asisten profesor Obstetrics dan Gynecology.

3. Diabetes

Diabetes bagi tipe 1 maupun tipe 2 juga biasanya mengalami gangguan pada siklus bulanan mereka. Masalah jerawat dan menstruasi yang tidak teratur pada wanita dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2 masing-masing, dapat dikaitkan dengan hormon laki-laki yang berlebihan, atau androgen.

Kadar androgen yang lebih tinggi dari normal ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada wanita. Demikian dikutip dari Doctor NDTV.

4. Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika jaringan yang melapisi bagian dalam rahim (endometrium) mulai tumbuh di luar rahim. Pertumbuhan di ovarium, saluran tuba, atau jaringan panggul dapat menyebabkan pendarahan yang lebih berat dan juga rasa sakit teramat sangat.

5. Terlalu kurus

Ketika kamu memiliki tubuh yang under weight, kemungkinan untuk mengalami gangguan siklus menstruasi bisa jadi lebih besar. Sebab, hal ini akan menganggu hormon yang ada dalam tubuh, jelas Karen Carlson, MD, asisten profesor di Obstetrics and Gynecology, University of Nebraska Medical Center.

6. Kelainan

Segala jenis kelainan darah yang menyebabkan kesulitan pembekuan juga bisa mengakibatkan masalah pada periode, kata Dr Carlson. Salah satu contohnya adalah penyakit von Willebrand yaitu kelainan pendarahan yang mewarisi serta dapat menyebabkan kelainan menstruasi seperti pendarahan yang sangat berat. (Sumber : G+)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini