Langsung ke konten utama

Hukum Jual Beli Organ Tubuh Manusia (2)

Syekh Wahbah Az-Zuhaili lebih lanjut memberikan batasan kategori
harta. Dengan kategori ini, kita memiliki batasan yang jelas terkait
produk yang boleh dijual.

أن يكون المبيع مالا متقوما. والمال عند الحنفية كما عرفنا سابقا: ما
يميل إليه الطبع ويمكن ادخاره لوقت الحاجة. وبعبارة أخرى : وهو كل ما
يمكن أن يملكه الإنسان وينتفع به على وجه معتاد. والأصح أنه هو كل عين
ذات قيمة مادية بين الناس. والمتقوم ما يمكن ادخاره مع إباحته شرعا.
وبعبارة أخرى: هو ما كان محرزا فعلا ويجوز الانتفاع به فى حالة الاختيار.
فلا ينعقد ما ليس بمال كالإنسان الحروالميتة والدم... لا ينعقد بيع هذه
الأشياء لأنها معدة للفساد

Artinya, "Produk yang dijual harus berupa harta dan bernilai. Menurut
Madzhab Hanafi sebagaimana kita ketahui, harta adalah sesuatu yang
disenangi secara alamiah dan bisa disimpan untuk suatu saat
diperlukan. Dengan ungkapan lain, harta adalah sesuatu yang bisa
dimiliki dan diambil manfaatnya oleh seseorang pada lazimnya. Menurut
pendapat yang lebih ashah, harta adalah setiap benda yang bernilai dan
berupa material dalam pandangan manusia. Benda bernilai adalah sesuatu
yang boleh disimpan menurut syara'. Dengan kata lain, harta bisa
dipahami sebagai sesuatu yang harus dipelihara dan bisa dimanfaatkan
sewaktu-waktu secara bebas. Karenanya, transaksi jual-beli barang
bukan harta seperti manusia merdeka, bangkai, dan darah, tidak
boleh... demikian juga menjual semua benda-benda itu (yang bukan
kategori harta) tidak boleh karena dapat membawa mafsadat," (Lihat
Wahbah Az-Zuhaili, Al-Fiqhul Islami wa Adillatuh, juz 4, halaman
357-358, Darul Fikr, Beirut).

Meskipun membolehkan jual-beli organ tubuh, sebagian madzhab Syafi'i
tetap tidak bisa menerima jual-beli ginjal. Pasalnya produk dijual
hanya satu dari dua bagian ginjal. Sedangkan transaksi jual-beli
separuh produk yang dapat mengurangi nilai barang itu sendiri, tidak
sah.

ولا يصح بيع نصف مثلا معين من الإناء والسيف و نحوهما كثوب نفيس تنقص
بقطعه قيمته للعجز عن تسليم ذلك شرعا لأن التسليم فيه لا يمكن إلا بالكسر
أو القطع وفيه نقص وتضييع مال وهو حرام

Artinya, "Tidak sah menjual separuh dari suatu benda tertentu seperti
wadah, pedang, dan selain keduanya. Katakan menjual potongan baju
mahal. Harganya yang mahal menjadi merosot lantaran berupa potongan.
Karenanya menjual sebagian benda tertentu tidak sah karena kurang
syarat dalam hal penyerahannya secara utuh menurut syara' (agama).
Penyerahan suatu produk dalam kasus ini hanya mungkin dengan
mematahkan atau memotongnya yang menjadi kekurangan dan penyia-nyiaan
harta. Dan Itu haram," (Lihat Al-Khatib As-Syarbini, Mughnil Muhtajfi
Ma'rifati Ma'anil Minhaj, juz 2, halaman 19, Darul Ma'rifah, Beirut).

Tetapi sebagian madhzab Syafi'i mengharamkan secara mutlak jual-beli
organ tubuh manusia bahkan rambut sekali pun. Demikian pendapat guru
kami Rais Syuriyah PBNU periode 1994-1999 KHM Syafi'i Hadzami berikut
ini yang mengutip Asnal Mathalibkarya Syekh Abu Zakariya Al-Anshori.

وأما فى الثانى فلأنه يحرم الانتفاع به وبسائر أجزاء الآدمي لكرامته

Artinya, "Dan ada pun pada masalah kedua (menyambung rambut dengan
rambut anak Adam itu haram), karena bahwasanya haram memanfaatkan
rambut anak Adam dan segala suku-suku anak Adam karena mulianya,"
(Lihat Syekh Abu Zakariya Al-Anshari, Asnal Mathalib Syarhu Raudlatit
Thalib, juz I, halaman 173).

Menurut guru kami, "Menjual adalah termasuk salah satu dari pada
wujuhul intifa', artinya jalan-jalan memanfaatkan. Sedang memanfaatkan
segala juzu'-juzu' anak Adam adalah diharamkan karena firman Allah
SWT, 'Wa laqad karramnâ banî âdama', dan telah kami takrimkan
(permuliakan) akan anak-anak Adam," (Lihat KHM Syafi'i Hadzami,
Taudhihul Adillah [100 Masalah Agama], juz III, halaman 284-285,
Menara Kudus, 1982).

Dari pelbagai keterangan di atas, penulis lebih setuju pada pendapat
ulama yang mengharamkan jual beli ginjal. Kalau pun pemerintah
memperbolehkan donor ginjal, regulasi yang mengatur ini harus
betul-betul ketat dan mengikat. Pasalnya ginjal merupakan organ yang
sangat vital dalam tubuh manusia. Menurun dan berkurangnya fungsi
ginjal karena dijual salah satu bagiannya menimbulkan pelbagai
mudharat luar biasa secara medis.

Di samping itu, pengharaman terhadap jual-beli ginjal dapat
mengantisipasi potensi kapitalisasi yang bisa saja melibatkan
mafia-mafia di kalangan medis sendiri atau orang tua. Pada lain sisi,
kita tidak mengharapkan perampasan ginjal orang-orang jalanan yang
diculik atau diiming-imingi oleh pihak-pihak yang ingin mengambil
keuntungan dari transaksi jual-beli ginjal. Sementara orang-orang
jalanan tidak memiliki jaminan perlindungan hukum yang memadai di
Indonesia. Dan ini sangat rawan sekali.

Demikian artikel yang dapat kami kemukakan. Semoga bisa dipahami
dengan baik. Kita mendukung pihak kepolisian dengan regulasi yang
berlaku untuk menghentikan transaksi gelap praktik jual-beli ginjal.
Kita berharap semoga kasus yang belakangan ramai terjadi tidak
terulang kembali. Kami selalu terbuka untuk menerima saran dan kritik
dari para pembaca. (Alhafiz Kurniawan, nu.or.id)

Artikel Terkait

Komentar

Artikel Populer

Prahara Aleppo

French Foreign Minister Bernard Kouchner takes off a Jewish skull-cap, or Kippa, at the end of a visit to the Yad Vashem Holocaust Memorial in Jerusalem, Tuesday, Sept. 11, 2007. Kouchner is on an official visit to Israel and the Palestinian Territories. (AP Photo/Kevin Frayer) Eskalasi konflik di Aleppo beberapa hari terakhir diwarnai propaganda anti-rezim Suriah yang sangat masif, baik oleh media Barat, maupun oleh media-media “jihad” di Indonesia. Dan inilah mengapa kita (orang Indonesia) harus peduli: karena para propagandis Wahabi/takfiri seperti biasa, mengangkat isu “Syiah membantai Sunni” (lalu menyamakan saudara-saudara Syiah dengan PKI, karena itu harus dihancurkan, lalu diakhiri dengan “silahkan kirim sumbangan dana ke no rekening berikut ini”). Perilaku para propagandis perang itu sangat membahayakan kita (mereka berupaya mengimpor konflik Timteng ke Indonesia), dan untuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di Suriah. Tulisan i

Mengelola Blog Wordpress dan Blogspot Melalui Ponsel

Di jaman gatget yang serba canggih ini, sekarang dasboard wordpress.com dan blogspot.com semakin mudah dikelola melalui ponsel. Namun pada settingan tertentu memang harus dilakukan melalui komputer seperti untuk mengedit themes atau template. Dan bagi kita yang sudah terbiasa "mobile" atau berada di lapangan maka kita bisa menerbitkan artikel kita ke blog wordpress.com melalui email yang ada di ponsel kita, so kita nggak usah kawatir.

3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup - Himayah atau Pemimpin Ulama di Tanah Banten

Forum Muslim - Banten merupakan provinsi Seribu Kyai Sejuta Santri. Tak heran jika nama Banten terkenal diseluruh Nusantara bahkan dunia Internasional. Sebab Ulama yang sangat masyhur bernama Syekh Nawawi AlBantani adalah asli kelahiran di Serang - Banten. Provinsi yang dikenal dengan seni debusnya ini disebut sebut memiliki paku atau penjaga yang sangat liar biasa. Berikut akan kami kupas 3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup. 1. Abuya Syar'i Ciomas Banten Selain sebagai kyai terpandang, masyarakat ciomas juga meyakini Abuya Syar'i sebagai himayah atau penopang bumi banten. Ulama yang satu ini sangat jarang dikenali masyarakat Indonesia, bahkan orang banten sendiri masih banyak yang tak mengenalinya. Dikarnakan Beliau memang jarang sekali terlihat publik, kesehariannya hanya berdia di rumah dan menerima tamu yg datang sowan ke rumahnya untuk meminta doa dan barokah dari Beliau. Banyak santri - santrinya yang menyaksikan secara langsung karomah beliau. Beliau jug

Amalan Pada Malam Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Nabi Muhammad ﷺ bersabda: عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه أن رسول ﷺ قال: “من أحيا ليلة الفطر وليلة الأضحى لم يمت قلبه يوم تموت القلوب” رواه الطبراني في الكبير والأوسط. Dari Ubadah Ibn Shomit r.a. Sungguh Rosulullah ﷺ bersabda: "Barangsiapa menghidupkan malam Idul Fitri dan malam Idul Adlha, hatinya tidak akan mati, di hari matinya hati." ( HR.Thobaroni ) عن أبي أمامه رضي الله عنه عن النبي ﷺ قال : “من قام ليلتي العيدين محتسباً لم يمت قلبه يوم تموت القلوب”. وفي رواية “من أحيا” رواه ابن ماجه Dari Abi Umamah r.a, dari Nabi ﷺ, bersabda: Barangsiapa beribadah di dua malam Hari Raya dengan hanya mengharap ALLAH, maka hatinya tidak akan mati pada hari matinya hati. ( HR. Ibnu Majah ) Bagaimana cara menghidupkan dua Hari Raya itu? Telah disebutkan oleh Syaikh Abdul Hamid Al Qudsi, dengan mengamalkan beberapa amalan: 1. Syaikh Al Hafni berkata: Ukuran minimal menghidupkan malam bisa dengan Sholat Isya’ berjama’ah dan meniatkan diri untuk jama’ah Sholat Shubuh pada besoknya. Atau mempe

KH.MUNFASIR, Padarincang, Serang, Banten

Akhlaq seorang kyai yang takut memakai uang yang belum jelas  Kyai Laduni yang pantang meminta kepada makhluk Pesantren Beliau yang tanpa nama terletak di kaki bukit padarincang. Dulunya beliau seorang dosen IAIN di kota cirebon. Saat mendapatkan hidayah beliau hijrah kembali ke padarincang, beliau menjual seluruh harta bendanya untuk dibelikan sebidang sawah & membangun sepetak gubuk ijuk, dan sisa selebihnya beliau sumbangkan. Beliau pernah bercerita disaat krisis moneter, dimana keadaan sangatlah paceklik. Sampai sampai pada saat itu, -katanya- untuk makan satu biji telor saja harus dibagi 7. Pernah tiba tiba datanglah seseorang meminta doa padanya. Saat itu Beliau merasa tidak pantas mendoakan orang tersebut. Tapi orang tersebut tetap memaksa beliau yang pada akhirnya beliaupun mendoakan Alfatihah kepada orang tersebut. Saat berkehendak untuk pamit pulang, orang tersebut memberikan sebuah amplop yang berisi segepok uang. Sebulan kemudian orang tersebut kembali datang untuk memi

Abuya Syar'i Ciomas Banten

''Abuya Syar'i Ciomas(banten)" Abuya Syar'i Adalah Seorang Ulama Yg Sangat Sepuh. Menurut beliau sekarang beliau telah berrusia lebih dari 140 tahun. Sungguh sangat sepuh untuk ukuran manusia pada umumnya. Abuya Sar'i adalah salah satu murid dari syekh. Nawawi al bantani yg masih hidup. Beliau satu angkatan dengan kyai Hasyim asy'ary pendiri Nahdatul ulama. Dan juga beliau adalah pemilik asli dari golok ciomas yg terkenal itu. Beliau adalah ulama yg sangat sederhana dan bersahaja. Tapi walaupun begitu tapi ada saja tamu yg berkunjung ke kediamannya di ciomas banten. Beliau juga di yakini salah satu paku banten zaman sekarang. Beliau adalah kyai yg mempunyai banyak karomah. Salah satunya adalah menginjak usia 140 tahun tapi beliau masih sehat dan kuat fisiknya. Itulah sepenggal kisah dari salah satu ulama banten yg sangat berpengaruh dan juga kharismatik. Semoga beliau senantiasa diberi umur panjang dan sehat selalu Aaamiiin... (FM/ FB )

ALASAN ALI MENUNDA QISHASH PEMBUNUH UTSMAN

Oleh :  Ahmad Syahrin Thoriq   1. Sebenarnya sebagian besar shahabat yang terlibat konflik dengan Ali khususnya, Zubeir dan Thalhah telah meraih kesepakatan dengannya dan mengetahui bahwa Ali akan menegakkan hukum qishash atas para pemberontak yang telah membunuh Utsman.  Namun akhirnya para shahabat tersebut berselisih pada sikap yang harus diambil selanjutnya. Sebagian besar dari mereka menginginkan agar segera diambil tindakan secepatnya. Sedangkan Ali memilih menunda hingga waktu yang dianggap tepat dan sesuai prosedur. 2. Sebab Ali menunda keputusan untuk menegakkan Qishash adalah karena beberapa pertimbangan, diantaranya : Pertama, para pelaku pembunuh Ustman adalah sekelompok orang dalam jumlah yang besar. Mereka kemudian berlindung di suku masing-masing atau mencari pengaruh agar selamat dari hukuman. Memanggil mereka untuk diadili sangat tidak mungkin. Jalan satu-satunya adalah dengan kekuatan. Dan Ali menilai memerangi mereka dalam kondisi negara sedang tidak stabil sudah pas

Sholawat-Sholawat Pembuka Hijab

Dalam Islam sangat banyak para ulama-ulama sholihin yang bermimpi Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam dan mendapatkan petunjuk atau isyarat untuk melakukan atau mengucapkan kalimat-kalimat tertentu (seperti dzikir, sholawat, doa dll ). Bahkan sebagian di antara mereka menerima redaksi sholawat langsung dari Rasulullah dengan ditalqin kata demi kata oleh Beliau saw. Maka jadilah sebuah susunan dzikir atau sholawat yg memiliki fadhilah/asror yg tak terhingga.  Dalam berbagai riwayat hadits dikatakan bahwa siapa pun yang bermimpi Nabi saw maka mimpi itu adalah sebuah kebenaran/kenyataan, dan sosok dalam mimpinya tersebut adalah benar-benar Nabi Muhammad saw. Karena setan tidak diizinkan oleh Alloh untuk menyerupai Nabi Muhammad saw. Beliau juga bersabda, "Barangsiapa yg melihatku dalam mimpi maka ia pasti melihatku dalam keadaan terjaga" ----------------------------- 1. SHOLAWAT JIBRIL ------------------------------ صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ SHOLLALLOOH 'ALAA MUHAMMA

Kisah Siti Ummu Ayman RA Meminum Air Kencing Nabi Muhammad SAW

Di kitab Asy Syifa disebutkan bahwa Kanjeng Nabi Muhammad SAW punya pembantu rumah tangga perempuan bernama Siti Ummu Ayman RA. Dia biasanya membantu pekerjaan istri Kanjeng Nabi dan nginap di rumah Kanjeng Nabi. Dia bercerita satu pengalaman uniknya saat jadi pembantu Kanjeng Nabi. Kanjeng Nabi Muhammad itu punya kendi yang berfungsi sebagai pispot yang ditaruh di bawah ranjang. Saat di malam hari yang dingin, lalu ingin buang air kecil, Kanjeng Nabi buang air kecil di situ. Satu saat, kendi pispot tersebut hilang entah ke mana. Maka Kanjeng Nabi menanyakan kemana hilangnya kendi pispot itu pada Ummu Ayman. Ummu Ayman pun bercerita, satu malam, Ummu Ayman tiba-tiba terbangun karena kehausan. Dia mencari wadah air ke sana kemari. Lalu dia nemu satu kendi air di bawah ranjang Kanjeng Nabi SAW yang berisi air. Entah air apa itu, diminumlah isi kendi itu. Pokoknya minum dulu. Ternyata yang diambil adalah kendi pispot Kanjeng Nabi. Dan yang diminum adalah air seni Kanjeng Nabi yang ada dal

Daun Pepaya Jepang, Aman Untuk Pakan Kambing di @kapurinjing