Selasa, 04 Juli 2017

Strategi Baru Amerika Serikat: Bayar, Anda Selamat!

DR. Faisal Al-Qassim
Forum Muslim - Kita tidak akan pernah dapat memahami konflik yang terjadi di Teluk saat ini, tanpa melihat kembali serangkaian pernyataan dan cuitan Donald Trump selama masa kampanye pemilihan presiden dan sebelum ia menginjakkan kaki di Gedung Putih. Donald Trump adalah sosok yang sarkastis, bahkan cenderung mengabaikan kesopanan dan tidak dewasa.

Amerika Serikat (AS) tidak lagi melihat sekutu Arab-nya sebagai figur mitra, melainkan sebagai kumpulan negara yang punya banyak harta. Sehingga harta itu harus diperas hingga sen terakhir untuk mendapatkan perlindungan AS. Hal ini dapat kita lihat dalam cuitan Trump sebelum kunjungan ‘bersejarahnya’ ke Arab Saudi. “Arab harus membayar miliaran dolar kepada Amerika Serikat sebagai imbalan perlindungan kami kepada mereka. Tanpa kami, mereka akan jatuh,” begitu cuitan sang Presiden.

Dalam cuitan yang lain, Trump mengatakan, “Mereka (Arab, red) hanyalah tanduk kosong, penakut dan pengecut. Mereka punya harta, tapi tidak punya keberanian.”
Pada cuitan yang lain, Trump menambahkan, “Kabarkan kepada Arab bahwa kami perlu minyak gratis hingga puluhan tahun mendatang. Jika tidak, kami tak akan lindungi pesawat mereka secara khusus. Bayarlah!”
Selanjutnya, Trump juga mengolok-olok para pemimpin AS terdahulunya. Katanya, “Apakah Anda melihat bagaimana beberapa negara Arab memanipulasi para pemimpin politik kita yang bodoh untuk melindungi mereka dari IS? Bagaimana bisa mereka tidak membayar?”

Tak lupa, Trump juga menjadikan ancaman Iran untuk memeras Arab lebih banyak lagi. “Kami siap melindungi beberapa negara Arab dari Iran dan lainnya dengan cara mengirimkan kapal perang. Berapa yang kalian sanggup bayar untuk perlindungan ini?” cuitannya pada suatu kesempatan.
Kemudian, Presiden AS itu juga merangkum strategi baru dan proyek masa depan AS setelah berkuasa melalui salah satu cuitannya. “Kalian (Arab, red) mendapat milayaran dolar setiap harinya melalui minyak. Kalian juga memerlukan bantuan kami untuk perlindungan. Untuk itu kalian harus membayar banyak, tidak sekedar basa-basi.”

Trump juga mengungkit kelemahan Arab dan ketidakmampuan mereka dalam melindungi negara mereka sendiri. Trump lalu memprovokasi Arab dalam salah satu cuitannya, “Musuh melakukan penyerangan kepada mereka (Arab, red), tapi mereka tidak melakukan hal yang sama. Untuk itu, kalian harus membayar dengan kekayaan mutlak kepada kami untuk perlindungan. Terutama karena kekayaan mereka triliunan banyaknya.”

Dalam cuitan yang lain, Trump tidak sungkan menghina Arab. Katanya, “Kami ingin tahu berapa harga yang mampu dibayarkan pihak yang kami bantu untuk menyelamatkan mereka dari kepunahan total. Bayarlah sekarang!” (Dakwatuna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini