Langsung ke konten utama

Profil Syaikh Kholil Bangkalan

Syaihona Kholil Bangkalan - File http://formal-mlg.or.id
Forum Muslim -  Syaikhona Muhammad Kholil merupakan ulama besar yang berasal dari Kabupaten  Bangkalan. Dilahirkan dari keluarga santri yaitu KH. Abdul Latief, mempunyai pengaruh besar pada masa itu dalam peradaban nusantara. Silsilahnya nyambung ke Rasulullah Saw.
Lahirnya Syaikhona Kholil mengalami berbagai kontroversi yang muncul ke permukaan. RKH. Fuad Amin Imron (2012), merangkum enam referensi dari berbagai sumber, diantaranya: (1) Syaifur Rachman (2001:6) menuliskan bahwa Syaikhona Kholil Bangkalan lahir pada hari Ahad Pahing tanggal 11 Jumadil Akhir 1235 H. Yaitu bertepatan dengan tanggal 14 Maret 1802 M.; (2) Mokh. Syaiful Bakhri (2006:27) menguraikan bahwa kelahiran Kiai Kholil jatu pada tanggal 11 Jumadil Itsniyah 1235 H. Bertepatan pada hari Selasa; (3) Muhammad Rifai (2010:21) menjelaskan bahwa Syaikhona Kholil lahir pada hari Selasa tanggal 11 Jumadil Akhir 1225 H yang bertepatan dengan tahun 1835 M.; (4) Sumber yang lain menegaskan bahwa Kiai Kholil Bangkalan lahir pada tahun 1252 H atau tahun 1835 M. (Tulisan di posting oleh Malik pada tanggal 26 November 1998); (5) Abdul Rozaki (2009) menuliskan bahwa syaikhona Kholil lahir pada tahun 1819; dan (6) KH. Mahfudz Hadi (2010:35) menyebutkan Syaikhona Kholil lahir di Desa Langgundih Bangkalan pada pukul 10.00 WIB. Tepatnya pada hari Selasa tanggal 11 Jumadil Akhir 1252 H/ 20 September 1834 M.Namun demikian, WordPress menuliskan tentang biografi Syaikhona Kholil dilahirkan di Bangkalan pada hari Selasa tanggal 27 Januari 1820 M atau 11 Jumadil Akhir 1235 H.
Mbah Kholil kecil sudah menunjukkan bakatnya dalam pendidikan dan ilmu pengetahuan. Gemblegan “militer” dari sang ayah yang seorang ulama besar juga mempunyai implikasi signifikan terhadap perkembangan Kiai Kholil. Diusia mudanya sudah mampu hafal Nadham Alfiyah dengan baik.
Pada masa remaja, kiai Kholil kecil menghabiskan masanya dari pesantren ke pesantren untuk menggembleng ilmunya dibawah naungan pendidikan agama. Fuad Amin (2012) menjelaskan bahwa pendidikan pesantren kiai Kholil dilakukan sejak tahun 1852 H-1858 Hatau sekitar 6 tahun, antara lain mengaji kepada Kiai Sholeh Bungah Gresik, Kiai Muhammad Noer Langitan, Kiai Arif Pasuruan, Kiai Asyik Bangil Pasuruan, Kiai Noerhasan Sidogiri Kraton Pasuruan, Kiai Abu Dzarrin Winongan, dan Kiai Abdul Bashar Banyuwangi.
Setelah itu, kehausan akan ilmu agama, Syaikhona Kholil memutuskan untuk berangkan ke Makkatul Mukarromah untuk menuntut ilmu yang lebih luas. Sehingga menjadikan dirinya lebih berkualitas, alim lahir dan bathin serta mempunyai charisma yang tinggi untuk perubahan masyarakat Madura yang lebih baik dan berperadaban. Guru-gurunya selamat di Makkah antara lain Syaikh Imam Muhammad Nawai Al-Bantani, syaikh Umar Khativ Bima, Syaikh Ahmad Khatib Sambas, Syaikh Ali Rahbini dan beberapa guru lainnya yang cenderung kepada paham alhussunnah wal jamaah.
Setelah menghabiskan dengan belajar ilmu agama dari berbagai penjuru dunia, sampailah pada ketika dimana syaikhona Khalil mengabdikan dirinya untuk masyarakat dan bangsa. Melalui pendidikan pesantren sebagai sumber pengetahuan dan peradaban bagi masyarakat Madura, syaikhona Kholil mendiri dua pondok pesantren. Ponpes Jangkebuan. Menurut penuturan KH. Ali bin Badri Azmatkhan (2007) dalam Fuad Amin (2012) bahwa pondok itu dibangun pada hari Jumat, 19 Rajab 1290 H.Semula dibangunlah masjid untuk tempat ibadah masyarakat sekitar. Kemudian dijadikan sebagai tempat terpaan bagi masyarakat yang ingin belajar ilmu agama atas bimbingannya. Kedua adalah pondok pesantren Kademangan.
Secara prinsip, kelahiran pondok pesantren bagi syaikhona kholil merupakan untuk mewujudkan masyarakat Madura yang berkualitas dan bermoral tinggi. Pendidikan pesantren dipandang lebih mencerminkan kehidupan yang harmonis dan dinamis dalam dinamika kehidupan manusia. Pendidikan agama sangat berperan terhadap kehidupan dunia. Jika pendidikan agamanya bagus dan baik, maka untuk urusan dunia insya Allah dapat dimudahkan. Mengedepankan nilai-nilai moral, syariat dan akhlak dijadikan sebagai modal pembentukan karakter manusia seutuhnya, hingga sekarang charisma syaikhona kholil masih terus mengembang dikehidupan yang serba modern. Ini menunjukkan bukti bahwa kemanfaatan ilmu pengetahuan tergantung dari implikasi yang ditransformasikan.
Membangun Peradaban Masyarakat
Atas kegigihan dan kealimannya terhadap ilmu agama, Syaikhona kholil dikenal oleh masyarakat secara luar dari tanah Madua dan Jawa, bahkan ke Luar Jawa namanya sudah memancarkan charisma ulamanya. Banyak karya dihasilkan oleh ulama kharismatik ini. Karya yang paling fenomenal adalah karya ukhuwah islamiyah melalui organisasi Nahdhatul Ulama (NU) yang dipelopori oleh muridnya sendiri yaitu Hadratus Syaikh Hasyim As’ari.
Kiai Kholil mengirimkan pesan spiritual melalui Kiai As’ad Syamsul Arifin yang ditujukan kepada Kiai Hasyim As’ari (Fuad Amin, 2012). Pesan dari Kiai Kholil itu berupa “tongkat Musa” dan “tasbih”. Atas pesan spiritual inilah menjadikan kiai Hasyim As’ari mendirikan NU sebagai organisasi keagamaan yang mengakomodir seluruh kebutuhan masyarakat yang berhaluan ahlussunnah wal jamaah.
Prakarsa Syaikhona Kholil dalam pendirian NU diakui oleh para ulama. Kiai Hasyim Asy’ari menyampaikan bahwa kiai Kholil adalah guru yang sangat dihormati oleh para kiai dan ulama jawa dan Madura (Fuad Amin, 2012). Syaikhona Kholil yang mendorong organisasi NU agar segera dibentuk. Beliau yang memberikan isyarat bahwa keberadaan NU di tengah-tengah masyarakat sangat dibutuhkan sebagai penentu arah beragama, berbangsa dan bernegara untuk sebuah kemaslahatan.
Peran serta Syaikhona Kholil terhadap NU merupakan sebuah karya agung atas pengabdiannya kepada ummat. Dari pesan dan karamahnya, dibantu dengan ketiga guru dan santrinya yaitu, Kiai Hasyim Asy’ari, KH. Wahab Hasbullah dan KH. As’ad Syamsul Arifin melalui karyanya yang disebut “Tokoh Empat Serangkai” sebagai wadah bagi para ulama-ulama pesantren.
Karya yang sampai hari ini menjadi tonggak kehidupan masyarakat Indonesia melalui organisasi yang dilahirkannya adalah sebuah bentuk keniscayaan untuk direnungkan dan diimplementasikan dalam kehidupan yang semakin kompleks.
Kiai kholil juga dikenal dengan matan alfiyahnya yang sudah diamalkan sejak masih muda. Menjadi penting bagi para santrinya untuk bisa mengaplikasikan matan alfiya diamalkan dan dihafalkan sebagai isyarat memahmi dan mengerti dalam tata bahasa arab. Kitab Tarjamah Alfiyah merupakan karya beliau menjadi rujukan di pesantren-pesantren.
Anwar Siradj pernah menceritakan tentang karya alfiya syaikhona kholil bangkalan ini. Dijelaskan oleh Kiai Anwar bahwa beliau kesulitan dalam mempelajari kitba alfiyah. Berbagai pesantren telah didatangi, belajar pada kiai-kiai besar juga sudah dilakukan, namun pemahaman terhadap kitab alfiyah tidak maksimal. Kemudian, pada suatau hari Kiai Anwar mendapatkan petunjuk, bahwa untuk bisa memahami dengan baik kitab alfiyah harus dipelajari di tempat Makam Syaikhona Kholil di Bangkalan. Petunjuk itu dilakukan oleh Kiai Anwar selama satu bulan lamanya, dengan semangat dan motivasinya untuk bisa menghafal secara baik, maka dalam waktu satu bulan, kiai Anwar mampu menghafalkannya. Tentunya dibawah bimbingan syaikhona kholi secara bathiniyah. (www.indospritual.com).
Kitab alfiyah sampai hari ini menjadi rujukan utama di pesantren-pesantren sebagai pedoman penguasaan terhadap bahasa arab dan memahami kitab kuning (kitab klasik). Dari kitab alfiyah itulah, banyak memunculkan ide kreatif bagi para santrinya untuk membuat sebuah syiiran yang menceritakan kehidupan syaikhona kholis sejak kecil hingga wafat yang pengucapannya hampir sama dengan ketika membaca kitab alfiyah.
Menjadi perenungan bagi kita sebagai manusia biasa yang hidup dalam zaman yang semakin kompleks, memetik pelajaran dari kehidupan syaikhona kholil dalam menjalani hidup dan kehidupan, menuntut ilmu pengetahuan sebagai gerbang perubahan masyarakat menjadi lebih baik, kealiman dan kearifannya mampu mengguncang peradaban manusia. Semoga kita mampu meneladaninya untuk kehidupan yang lebih baik dan berkualitas, bermanfaat dan barakah.
Daftar Bacaan
– Fuad Amin Imron. 2012. Syaikhona Kholil Bangkalan: Penentu Berdirinya Nahdlatul Ulama. Penerbit Khalista     Surabaya dan Penainsani Sidoarjo.
– WordPress. 2013. Biografi KH. Kholil Bangkalan Madura (Syaikhona Mbah Kholil).
– https://kumpulanbiografiulama.wordpress.com/2013/01/21/ biografi-kh-kholil-bangkalan-madura-syaikhona-mbah-kholil/. Diakses tangal 15 Agustus 2015.
– www.indospritual.com. 2013. KH. Kholil Bangkalan: Punya Pasukan Lebah Penghancur Musuh.
– http://www.indospiritual.com/artikel_kh-kholil-bangkalan-punya-pasukan-lebah-penggempur-musuh.html. Diakses tanggal 28 Agustus 2015.
Sumber : Tasamuh.id

Artikel Terkait

Komentar

Artikel Populer

Prahara Aleppo

French Foreign Minister Bernard Kouchner takes off a Jewish skull-cap, or Kippa, at the end of a visit to the Yad Vashem Holocaust Memorial in Jerusalem, Tuesday, Sept. 11, 2007. Kouchner is on an official visit to Israel and the Palestinian Territories. (AP Photo/Kevin Frayer) Eskalasi konflik di Aleppo beberapa hari terakhir diwarnai propaganda anti-rezim Suriah yang sangat masif, baik oleh media Barat, maupun oleh media-media “jihad” di Indonesia. Dan inilah mengapa kita (orang Indonesia) harus peduli: karena para propagandis Wahabi/takfiri seperti biasa, mengangkat isu “Syiah membantai Sunni” (lalu menyamakan saudara-saudara Syiah dengan PKI, karena itu harus dihancurkan, lalu diakhiri dengan “silahkan kirim sumbangan dana ke no rekening berikut ini”). Perilaku para propagandis perang itu sangat membahayakan kita (mereka berupaya mengimpor konflik Timteng ke Indonesia), dan untuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di Suriah. Tulisan i

Mengelola Blog Wordpress dan Blogspot Melalui Ponsel

Di jaman gatget yang serba canggih ini, sekarang dasboard wordpress.com dan blogspot.com semakin mudah dikelola melalui ponsel. Namun pada settingan tertentu memang harus dilakukan melalui komputer seperti untuk mengedit themes atau template. Dan bagi kita yang sudah terbiasa "mobile" atau berada di lapangan maka kita bisa menerbitkan artikel kita ke blog wordpress.com melalui email yang ada di ponsel kita, so kita nggak usah kawatir.

3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup - Himayah atau Pemimpin Ulama di Tanah Banten

Forum Muslim - Banten merupakan provinsi Seribu Kyai Sejuta Santri. Tak heran jika nama Banten terkenal diseluruh Nusantara bahkan dunia Internasional. Sebab Ulama yang sangat masyhur bernama Syekh Nawawi AlBantani adalah asli kelahiran di Serang - Banten. Provinsi yang dikenal dengan seni debusnya ini disebut sebut memiliki paku atau penjaga yang sangat liar biasa. Berikut akan kami kupas 3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup. 1. Abuya Syar'i Ciomas Banten Selain sebagai kyai terpandang, masyarakat ciomas juga meyakini Abuya Syar'i sebagai himayah atau penopang bumi banten. Ulama yang satu ini sangat jarang dikenali masyarakat Indonesia, bahkan orang banten sendiri masih banyak yang tak mengenalinya. Dikarnakan Beliau memang jarang sekali terlihat publik, kesehariannya hanya berdia di rumah dan menerima tamu yg datang sowan ke rumahnya untuk meminta doa dan barokah dari Beliau. Banyak santri - santrinya yang menyaksikan secara langsung karomah beliau. Beliau jug

Amalan Pada Malam Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Nabi Muhammad ﷺ bersabda: عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه أن رسول ﷺ قال: “من أحيا ليلة الفطر وليلة الأضحى لم يمت قلبه يوم تموت القلوب” رواه الطبراني في الكبير والأوسط. Dari Ubadah Ibn Shomit r.a. Sungguh Rosulullah ﷺ bersabda: "Barangsiapa menghidupkan malam Idul Fitri dan malam Idul Adlha, hatinya tidak akan mati, di hari matinya hati." ( HR.Thobaroni ) عن أبي أمامه رضي الله عنه عن النبي ﷺ قال : “من قام ليلتي العيدين محتسباً لم يمت قلبه يوم تموت القلوب”. وفي رواية “من أحيا” رواه ابن ماجه Dari Abi Umamah r.a, dari Nabi ﷺ, bersabda: Barangsiapa beribadah di dua malam Hari Raya dengan hanya mengharap ALLAH, maka hatinya tidak akan mati pada hari matinya hati. ( HR. Ibnu Majah ) Bagaimana cara menghidupkan dua Hari Raya itu? Telah disebutkan oleh Syaikh Abdul Hamid Al Qudsi, dengan mengamalkan beberapa amalan: 1. Syaikh Al Hafni berkata: Ukuran minimal menghidupkan malam bisa dengan Sholat Isya’ berjama’ah dan meniatkan diri untuk jama’ah Sholat Shubuh pada besoknya. Atau mempe

KH.MUNFASIR, Padarincang, Serang, Banten

Akhlaq seorang kyai yang takut memakai uang yang belum jelas  Kyai Laduni yang pantang meminta kepada makhluk Pesantren Beliau yang tanpa nama terletak di kaki bukit padarincang. Dulunya beliau seorang dosen IAIN di kota cirebon. Saat mendapatkan hidayah beliau hijrah kembali ke padarincang, beliau menjual seluruh harta bendanya untuk dibelikan sebidang sawah & membangun sepetak gubuk ijuk, dan sisa selebihnya beliau sumbangkan. Beliau pernah bercerita disaat krisis moneter, dimana keadaan sangatlah paceklik. Sampai sampai pada saat itu, -katanya- untuk makan satu biji telor saja harus dibagi 7. Pernah tiba tiba datanglah seseorang meminta doa padanya. Saat itu Beliau merasa tidak pantas mendoakan orang tersebut. Tapi orang tersebut tetap memaksa beliau yang pada akhirnya beliaupun mendoakan Alfatihah kepada orang tersebut. Saat berkehendak untuk pamit pulang, orang tersebut memberikan sebuah amplop yang berisi segepok uang. Sebulan kemudian orang tersebut kembali datang untuk memi

ALASAN ALI MENUNDA QISHASH PEMBUNUH UTSMAN

Oleh :  Ahmad Syahrin Thoriq   1. Sebenarnya sebagian besar shahabat yang terlibat konflik dengan Ali khususnya, Zubeir dan Thalhah telah meraih kesepakatan dengannya dan mengetahui bahwa Ali akan menegakkan hukum qishash atas para pemberontak yang telah membunuh Utsman.  Namun akhirnya para shahabat tersebut berselisih pada sikap yang harus diambil selanjutnya. Sebagian besar dari mereka menginginkan agar segera diambil tindakan secepatnya. Sedangkan Ali memilih menunda hingga waktu yang dianggap tepat dan sesuai prosedur. 2. Sebab Ali menunda keputusan untuk menegakkan Qishash adalah karena beberapa pertimbangan, diantaranya : Pertama, para pelaku pembunuh Ustman adalah sekelompok orang dalam jumlah yang besar. Mereka kemudian berlindung di suku masing-masing atau mencari pengaruh agar selamat dari hukuman. Memanggil mereka untuk diadili sangat tidak mungkin. Jalan satu-satunya adalah dengan kekuatan. Dan Ali menilai memerangi mereka dalam kondisi negara sedang tidak stabil sudah pas

Abuya Syar'i Ciomas Banten

''Abuya Syar'i Ciomas(banten)" Abuya Syar'i Adalah Seorang Ulama Yg Sangat Sepuh. Menurut beliau sekarang beliau telah berrusia lebih dari 140 tahun. Sungguh sangat sepuh untuk ukuran manusia pada umumnya. Abuya Sar'i adalah salah satu murid dari syekh. Nawawi al bantani yg masih hidup. Beliau satu angkatan dengan kyai Hasyim asy'ary pendiri Nahdatul ulama. Dan juga beliau adalah pemilik asli dari golok ciomas yg terkenal itu. Beliau adalah ulama yg sangat sederhana dan bersahaja. Tapi walaupun begitu tapi ada saja tamu yg berkunjung ke kediamannya di ciomas banten. Beliau juga di yakini salah satu paku banten zaman sekarang. Beliau adalah kyai yg mempunyai banyak karomah. Salah satunya adalah menginjak usia 140 tahun tapi beliau masih sehat dan kuat fisiknya. Itulah sepenggal kisah dari salah satu ulama banten yg sangat berpengaruh dan juga kharismatik. Semoga beliau senantiasa diberi umur panjang dan sehat selalu Aaamiiin... (FM/ FB )

Sholawat-Sholawat Pembuka Hijab

Dalam Islam sangat banyak para ulama-ulama sholihin yang bermimpi Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam dan mendapatkan petunjuk atau isyarat untuk melakukan atau mengucapkan kalimat-kalimat tertentu (seperti dzikir, sholawat, doa dll ). Bahkan sebagian di antara mereka menerima redaksi sholawat langsung dari Rasulullah dengan ditalqin kata demi kata oleh Beliau saw. Maka jadilah sebuah susunan dzikir atau sholawat yg memiliki fadhilah/asror yg tak terhingga.  Dalam berbagai riwayat hadits dikatakan bahwa siapa pun yang bermimpi Nabi saw maka mimpi itu adalah sebuah kebenaran/kenyataan, dan sosok dalam mimpinya tersebut adalah benar-benar Nabi Muhammad saw. Karena setan tidak diizinkan oleh Alloh untuk menyerupai Nabi Muhammad saw. Beliau juga bersabda, "Barangsiapa yg melihatku dalam mimpi maka ia pasti melihatku dalam keadaan terjaga" ----------------------------- 1. SHOLAWAT JIBRIL ------------------------------ صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ SHOLLALLOOH 'ALAA MUHAMMA

Kisah Siti Ummu Ayman RA Meminum Air Kencing Nabi Muhammad SAW

Di kitab Asy Syifa disebutkan bahwa Kanjeng Nabi Muhammad SAW punya pembantu rumah tangga perempuan bernama Siti Ummu Ayman RA. Dia biasanya membantu pekerjaan istri Kanjeng Nabi dan nginap di rumah Kanjeng Nabi. Dia bercerita satu pengalaman uniknya saat jadi pembantu Kanjeng Nabi. Kanjeng Nabi Muhammad itu punya kendi yang berfungsi sebagai pispot yang ditaruh di bawah ranjang. Saat di malam hari yang dingin, lalu ingin buang air kecil, Kanjeng Nabi buang air kecil di situ. Satu saat, kendi pispot tersebut hilang entah ke mana. Maka Kanjeng Nabi menanyakan kemana hilangnya kendi pispot itu pada Ummu Ayman. Ummu Ayman pun bercerita, satu malam, Ummu Ayman tiba-tiba terbangun karena kehausan. Dia mencari wadah air ke sana kemari. Lalu dia nemu satu kendi air di bawah ranjang Kanjeng Nabi SAW yang berisi air. Entah air apa itu, diminumlah isi kendi itu. Pokoknya minum dulu. Ternyata yang diambil adalah kendi pispot Kanjeng Nabi. Dan yang diminum adalah air seni Kanjeng Nabi yang ada dal

Daun Pepaya Jepang, Aman Untuk Pakan Kambing di @kapurinjing