Rabu, 15 Maret 2017

Manfaat Terong Biru

Terong Ungu
Forum Muslim - Kami pasti sudah tak asing lagi dengan terong ungu, bukan? Terong yang dapat diolah menjadi beragam masakan ini ternyata mengandung sejuta manfaat. Bagi kamu yang tidak terlalu menyukai olahan terong, tak ada salahnya jika sekarang kamu mengubah cita rasa kamu setelah mengetahui manfaat sayuran ini. Yuk, simak ulasan lengkap mengenai manfaat terong ungu berikut!

1. Memberi Nutrisi dan Menyehatkan Otak
Kandungan phytonutrisi anthocyanin yang disebut nasunin dalam kulit terong ungu sangat berkhasiat untuk menutrisi salah satu organ terpenting tubuh kita, yaitu otak. Selain menutrisi otak, nasunin juga berguna untuk melindungi membrane sel otak dari radikal bebas berbahaya. Dengan adanya nasunin ini, otak kita akan mendapatkan nutrisi yang lebih baik dan memudahkan untuk berpikir.

2. Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung
Kandungan nasunin pada terong juga sangat bermanfaat untuk mengikat zat besi dalam tubuh. Zat besi yang ada pada tubuh memang sangat baik untuk imunitas dan transport oksigen. Namun, zat besi yang berlebihan dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Manfaat terong ungu untuk kesehatan tubuh yang satu ini, sungguh luar biasa. Karena, selain nasinin, kandungan fitronutrien dalam terong juga berkhasiat untuk relaksasi pembulih darah di jantung.

3. Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok
Bila seseorang sudah terbiasa merokok, untuk menghentikannya memang sangat sulit, bukan? Nah, jika kamu sedang berusaha untuk berhenti merokok, tak ada salahnya menambah terong dalam pola makan sehari-hari mu. Terong dapat membantu menekan hasrat merokok karena terong dikenal mengandung sejumlah kecil nikotin. Mengonsumsi terong adalah salah satu cara hebat dan alami untuk menghentikan kebiasaan merokok, bukan?

4. Untuk Diet Sehat
Seorang ilmuwan dari Universitas Graz, Jerman, telah melakukan penelitian  hingga menemukan hasil yang sama dari salah satu manfaat terong  ini. Dalam penelitiannya ditemukan bahwa terong dapat membantu mencegah tumbuhnya kolestrol jahat dalam tubuh. Selain itu, terong juga terbukti dapat mencegah dan menghambat tumbuhnya plak-plak lemak yang dapat membuat timbulnya penyakit ateroklerosis, atau radang pembulih darah.

5. Mencegah Terjadinya Anemia
Manfaat terong ungu untuk kesehatan tubuh yang lain yaitu dapat mencegah terjadinya anemia. Itu karena kandungan nutrisi , vitamin dan Zat besi yang terdapat dalam terong yang sangat berguna dan bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia  yang sering terjadi pada beberapa orang yang kekurangan akan zat besi.

6. Sebagai Anti Bakteri
Kandungan Vitamin C yang terdapat dalam terong dapat menjadi sumber anti virus dan anti bakteri yang sangat efektif . Ini semua karena kandungan yang terdapat pada terong yaitu antara lain folat, serat, Vitamin B, mangan, tembaga, kalium, Vitamin K, triptofan, Vitamin C dan Magnesium.

Manfaat terong ungu untuk kesehatan tubuh sangat luar biasa, ya. Nah, selain manfaat-manfaat di atas, antioksidan dalam terong juga sangat berkhasiat untuk mencegah sel kanker, anti mikroba, dan anti virus untuk imunitas tubuh. Serat pada buah dan terutama kulit terong juga sangat bermanfaat untuk menjaga kulit dan rambut tetap sehat, serta dapat mengobati kanker usus besar. Jika kamu bukan penggemar olahan terong, tak ada salahnya mencoba menambahkan terong pada menu makanan sehat mu. [Ma Zu]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini