Jumat, 27 November 2015

Nasehat untuk Erdogan


putin-erdogan

Oleh: Joserizal Jurnalis


Forummuslim.org - Situasi pasca penembakan Su-24 milik Rusia di dekat perbatasan Suriah dan Turki masih belum jelas, tetapi membuat banyak orang menunggu dengan cemas.
Rusia aktif melakukan geakan-gerakan diplomasi, termasuk dengan Perancis—anggota NATO yang baru saja rakyatnya menjadi korban serangan teror.
Selain siplomasi, Rusia juga melakukan persiapan militer dengan mengirimkan kapal perang ke Laut Tengah, mendekati Pantai Suriah. Rusia juga mengirim sistem pertahanan udara yang canggih (S-400) untuk 'menjaga' langit Suriah dari intervensi pesawat asing.
Artinya, tidak boleh lagi ada pesawat asing yang terbang di langit Suriah tanpa berkoordinasi dengan Rusia dan Suriah. Ini manuver yang cerdik.
Kontak-kontak militer sudah diputus. Sanksi-sanksi ekonomi sudah dan akan berlangsung.
Persiapan-persiapan militer lainnya sedang berlangsung.
NATO mulai terpecah. Perancis lebih merapat ke Rusia dan Jerman mengkritik Turki.
Hanya Inggris yang masih nyolot.
Bagaimana dengan Turki?
Turki masih ingin menunjukkan nyali. Apalagi pendukungnya di Indonesia, memuji Erdogan sebagai pahlawan. Mereka belum sadar, kalau Rusia ingin perang dengan Turki, cukup 10 rudal ICBM diluncurkan dari Rusia, apalagi kalau yang punya hulu ledak nuklir, selesai Turki.
Silahkan Turki lakukan kalkulasi. Saya sarankan, Erdogan harus low profile.
Saya berharap Turki cerdas, tidak terperangkap dalam permainan Zionis. Langkah-langkah diplomasi Turki ke depan sangat diharapkan untuk merangkul Rusia.
Tapi jika Turki membusungkan dada berhadapan dengan Rusia, seolah-olah Anda punya backing yang kuat, rakyat Turki akan mencatat Erdogan telah menyeret Turki ke dalam perang yang tak perlu.
Jangan terlalu bergantung dengan NATO, Anda akan ditinggalkan sendirian kalau Anda mendeklarasikan perang dengan Rusia.
Percayalah Erdogan. Walau saya tidak suka dengan peran Anda di Arab Spring, saya sayang ada rakyat Turki. Ini nasehat demi keselamatan semua orang. (LiputanIslam.com)
Mari share berita terpercaya, bukan hoax

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini