Selasa, 01 September 2020

Jangan Mudah Percaya Kepada Siapapun



📚 إعانة الطالبين ٢٩٨/٤

ومن المهم أن لا تصدق ولا تقبل كل ما ينقل إليك من أفعال الناس وأقوالهم المنكرة، حتى تشاهد ذلك بنفسك أو ينقله إليك مؤمن تقي لا يجازف ولا يقول إلا الحق، وذلك لان حسن الظن بالمسلمين أمر لازم، وقد كثرت بلاغات الناس بعضهم على بعض، وعم التساهل في ذلك، وقلت المبالاة، وارتفعت الامانة، وصار المشكور عند الناس من وافقهم على أنفسهم - وإن كان غير مستقيم لله - والمذموم عندهم من خالفهم - وإن كان عبدا صالحا - فتراهم يمدحون من لا يستأهل المدح لموافقته إياهم، وسكوته على باطلهم، ويذمون من يخالفهم وينصحهم في دينهم. هذا حال الاكثر إلا من عصم الله، فوجب الاحتراز والتحفظ والاحتياط في جميع الأمور، فإن الزمان مفتون، وأهله عن الحق ناكبون، إلا من شاء الله منهم - وهم الاقلون - اه‍ـ

Termasuk perkara yang perlu di perhatikan adalah janganlah kamu mempercayai dan menerima segala sesuatu yang sampai padamu dari perbuatan dan perkataan yang tidak baik tentang seseorang, sampai kamu melihat sendiri perkara tersebut atau perkara tersebut berasal dari orang yang terkenal jujur dalam segala perbuatannya, sebab, husnudzon kepada sesama muslim adalah perkara yang wajib.

Sungguh telah menjadi hal yang lumrah dan biasa yang banyak terjadi di zaman ini adalah melebih-melebihkan perbuatan orang-orang satu dengan yang lainnya, dan sedikit sekali orang-orang yang memperhatikan masalah ini, dan sudah sedikit sekali orang yang dapat di percaya (amanah).

Orang yang di puji oleh masyarakat adalah yang orang yang setuju dan mendukung terhadap perbuatan mereka, meskipun orang tersebut adalah orang yang tidak taat kepada Allah ﷻ. Dan orang yang di benci oleh masyarakat adalah orang yang tidak sama dan menyalahkan perbuatan mereka, meskipun orang tersebut adalah orang yang sholeh.

Mereka akan memuji dan menyanjung orang yang tidak pantas mendapatkan pujian di sebabkan dia mendukung perbuatan mereka dan sebab dia membiarkan perbuatan mungkar yang mereka lakukan. Dan mereka akan mencela orang yang menyalahkan dan menasehati mereka.

Inilah gambaran kebanyakan masyarakat sekarang, kecuali mereka-mereka yang Allah ﷻ jaga. Maka wajib bagi kita untuk menjaga dan berhati-hati dalam setiap perkara, karena zaman ini banyak terjadi fitnah, dan masyarakat zaman ini banyak yang jauh dari kebenaran, kecuali mereka-mereka yang Allah ﷻ karunia hidayah dan itupun sangat sedikit.

Refrensi : I'anatut Thalibin, Juz : 4, hlm : 298

Sumber : dalwadakwah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar