Minggu, 14 Juni 2020

Bargantunglah Pada Sifat-Sifat Ketuhanannya



كن باوصاف ربوبيته متعلقا، وباوصاف عبود يّـتك متحققا

“Bersandarlah selalu pada sifat-sifat ke-Tuhanan-Nya الله, dan perhatikan/ perlihatkan sifat-sifat kehambaanmu sendiri."

Arti bersandar/ bergantung pada sifat-sifat ke-Tuhanan (Rububiyyah) ialah: Ingatlah selalu sifat-sifat ke-Tuhanan الله, yaitu: Maha kaya, Maha kuasa, Maha mengetahui, Maha mulia, Maha kuat dan sifat-sifat sempurna lainnya.
Sedangkan memperlihatkan sifat-sifat kehambaan (Ubudiyyah) ialah: Menyadari sifat-sifat hamba spt: fakir/ miskin, lemah, bodoh, hina, tak berdaya. Maka Hamba harus bergantung/ bersandar diri pada sifat-sifat ke-Tuhanan الله, sehingga الله memberi pertolongan dan bantuan dan menitipkan sifat-sifat Rububiyyahnya pada hambaNya, seperti: menjadi kaya billah (karena الله), kuasa billah, ‘alim/ pandai billah, mulya billah, kuat billah.

منعك ان تدّعي ماليس لك مما للمخلوقين افيبيح لك ان تدعي وصفه وهو ربّ العلمين

“Allah melarang engkau mengkui apa-apa yang bukan hakmu dari hak-hak orng lain, Apakah الله memperbolehkan kepadamu,mengakui sifat-sifat الله, sedangkan الله itu dzat yang menguasai dan merajai alam semesta."

Pangakuanmu terhadap apa yang bukan menjadi sifat-sifatmu itu bagian dari kedholiman yang besar. Dan bagian dari paling jeleknya perkara yang jelek menurut para ‘aarifin yaitu: menyekutukan الله di dalam hatinya hamba, dengan mengakui sebagian dari sifat-sifat ke-Tuhanan الله,dengan I’tiqod dan ucapan. itu berarti merebut kedudukan الله dan sombong kepada الله.

Ibnu Abbas رضي الله عنه. berkata: رَسُول اللهﷺ . Bersabda dalam hadits qudsi: “الْكِبْرِيَاءُ رِدَائِي، وَالْعَظَمَةُ إِزَارِي، فَمَنْ نَازَعَنِي وَاحِدًا مِنْهُمَا، القيتُهُ فِي النَّارِ”.

(Kesombongan itu kainku (selendangku) dan keAgungan/ kebesaran itu sebagai sarungKu, dan siapa yang merebut salah satunya dari Aku, maka Aku akan melemparkannya kedalam neraka”.)

رَسُول اللهﷺ telah bersabda: tiada seorang yang lebih cemburu dari الله, karena itu الله mengharamkan segala perbuatan keji, dan karena itu pula الله takkan mengampuni orang yang menyekutukanNya dengan sesuatu apapun. Karena itu pula sifat-sifat kesempurnaan الله, tidak boleh dikurangi walaupun sedikit.

Sumber :  https://telegram.me/kitabhikam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar