Rabu, 06 Mei 2020

Memahami Rahasia Pemberian dan Penolakan Allah (2)

Ilustrasi - File Pribadi


اِنَّمَا يوُءَلِّمكَ المَنْعُ لِعَدَمِ فَهْمِكَ عَنِ اللهِ فيهِ 

"Sesungguhnya sebab terasa pedihnya penolakan الله kepadamu itu, karena engkau tidak mengerti hikmah rahmat الله dalam penolakan (tidak memberikan keinginan/harapanmu) itu."

Sebagian dari tanda memahami penolakan (tidak mengabulkan do'a) dari الله yaitu:

1. Kita bisa memahami bahwasannya الله menghendaki kita menghadap kepadaNya, selalu bergantung kepadaNya, dan tanda dikasihi الله, karena apabila الله mencintai hambanya maka hamba itu akan dijaga dari kesenangan dunia.

2. Kita bisa memahami bahwasannya الله akan menapakkan kita ke jalan orang-orang yang dekat dengan الله. Seperti kata Syeikh al-Fudhail dalam munajatnya : Ya Tuhanku, Engkau memberi lapar padaku dan keluargaku, dan Engkau tidak memberi pakaian padaku dan keluargaku, yang itu semua biasanya diperuntukkan orang-orang pilihan, lalu kenapa aku bisa mendapatkan kedudukan yang seperti itu?.

3. Kita bisa memahami bahwasannya dunia itu rusak, hina dan akan musnah, dan kita merasa senang dengan simpanan untuk kita besok di akhirat.

   Dengan memahami itu semua akan membuka hati kita. Dan apabila hati kita telah terbuka maka kita bisa memahami bahwa penolakan dari الله itu lebih menyenangkan. Jadi الله tidak memberi itulah Hakikatnya pemberian الله.

  Tiada sempurna Iman dan keyakinan seseorang kepada الله sebelum ia memiliki dua sifat: 

1.    Percaya penuh kepada الله, yakni bersandar dan berharap hanya kepada الله.

2.  Bersyukur kepada الله karena dihindarkan dari padanya apa yang diujikan pada orang lain yaitu berupa kekayaan dunia.
Juga tidak sempurna iman keyakinan hamba sebelum ia mengerti bahwa pemberian الله sesuatu yang manfaat. Dan penolakan الله itu karena madhorot/bahaya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar