Kamis, 09 April 2020

Jangan Menuduh Allah




طلبُكَ منهُ اِتـِّهامٌ لهُ وطلَبُكَ لهُ غيْبَة ٌمنكَ عنـْهُ وطلبكَ لغيرِهِ لقِلَّةِ حياءـكَ منهُ وطلَبُكَ من غيرهِ لِوُجُودِ بُعْدِكَ عَنْهُ

"Permintaanmu dari الله mengandung  pengertian menuduh الله, khawatir tidak memberimu. Dan engkau memohon kepada الله supaya mendekatkan dirimu kepada-Nya, berarti engkau masih merasa jauh dari pada-Nya”

Dan engkau memohon kepada الله untuk mencapai kedudukan dunia dan akhirat, membuktikan tiada malunya engkau kepada-Nya, dan permohonanmu kepada sesuatu selain dari الله menunjukkan engkau jauh dari pada-Nya. 

Permohonan seorang hamba kepada الله terbagi dalam empat macam, dan kemudian kesemuanya itu tidak tepat bila diteliti dengan seksama dan mendalam. 

Permintaan kepada الله mempunyai pengertian menuduh, sebab sekiranya ia percaya bahwa الله akan memberi tanpa minta, ia tidak akan minta, disebabkan karena khawatir tidak diberi apa yang dibutuhkannya menurut pendapatnya, atau menyangka الله melupakannya, dan lebih jahat lagi bila ia merasa berhak, tetapi oleh الله belum juga diberi. 

Dan permintaanmu untuk taqarrub, menunjukkan bahwa engkau merasa ghaib dari pada-Nya. Sedang permintaanmu sesuatu dari kepentingan-kepentingan duniawi membuktikan tiada malunya engkau dari pada-Nya, sebab sekiranya engkau malu dari الله tentu tidak merasa ada kepentingan bagimu selain mendekat kepada-Nya. Sedang bila engkau minta dari sesuatu selain الله, membuktikan jauhmu dari pada-Nya, sebab sekiranya engkau mengetahui bahwa الله dekat kepadamu, tentu engkau tidak akan meminta selain kepada-Nya. Kecuali permintaan yang semata-mata untuk menurut perintah الله, karena hanya inilah yang benar. 

Sumber : https://telegram.me/kitabhikam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar