Kamis, 30 Januari 2020

Amalan-amalan Untuk Memperlancar Rejeki dari Rasulullah SAW



1. Dikutip dari Kitab أبواب الفرج karya Prof. Dr. Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki RahimahuLLAAH diriwayatkan bahwa seorang Sahabat mengeluh kepada Rasulullah ﷺ dan berkata : "Ya Rasulallah, kenapa dunia seolah-olah tidak menginginkanku, semua usahaku bangkrut, peternakan dan pertanianku pun selalu gagal panen?"
Sambil tersenyum Nabi Muhammad ﷺ mengajarkan tasbihnya para Malaikat serta tasbihnya penghuni alam semesta yaitu kalimat :
سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم واستغفر الله
SUBHANALLAH WA BIHAMDIHI SUBHANALLAHIL 'AZHIM WASTAGHFIRULLAH

Lalu Nabi ﷺ bersabda : "Bacalah 100 kali sebelum terbit Fajar."
Maka dunia akan merangkak mendatangimu, dunia akan memohon kepada الله agar engkau miliki dan mengejarmu tanpa kau mengejarnya"

Selang beberapa bulan kemudian, sahabat tadi kembali lagi dan bercerita : Ya Rasulallah sekarang aku bingung dengan hartaku kemana harus aku letakkan hasil usaha dan peternakanku karena demikian banyaknya"

Habib Umar pernah menjelaskan sebaiknya doa tsb dibaca sebelum subuh, tapi bila terlewat bisa dibaca sesudah subuh.

2. Sebuah hadis yg diriwayatkan Sahal bin Sa’ad Radhiyallahu ‘anhu menyebutkan,
“Seorang laki-laki datang kepada Nabi Muhammad Saw. Dan ia mengadukan kefakiran yang menimpanya. Lalu beliau bersabda: "Apabila kamu masuk ke rumahmu, ucapkanlah salam (assalamualaikum) jika ada seseorang di dalamnya. Dan jika tidak ada orang di dalamnya, ucapkan salam untukku dan untuk dirimu (assalamualaika ayyuhannabiyyu warohmatullohi wabarokatuh assalamualaina wa ala ibadillahissolihin) lalu bacalah Qul Huwallaahu Ahad tiga kali." 
Lalu laki-laki tersebut melakukannya. Maka Allah melimpahruahkan rezeki orang tersebut, sehingga membanjiri tetangga-tetangganya.

3.  Disebutkan oleh Syekh Abu Bakar bin Sayyid M Syatho Dimyathi dalam karyanya Hasyiyah I‘anatut Thalibin ala Fathil Mu‘in.

وردت عن النبي صلى الله عليه وسلم في أحاديث صحيحة كثيرة، أمر بها بعض أصحابه لتوسعة الرزق، وقال بعض العارفين: وهي مجربة لبسط الرزق الظاهر والباطن، وهي هذه: لا إله إلا الله الملك الحق المبين، كل يوم مئة مرة. 
Telah diriwayatkan banyak hadits sahih dari Nabi saw bahwa beliau saw memerintahkan sejumlah sahabatnya untuk mengamalkan bacaan ini demi memperluas rezeki. Sebagian ‘arifin mengatakan, amalan ini mujarab dalam melapangkan rezeki lahir maupun batin. Bacaan yang dimaksud ialah “La ilaha illallah. Almalikul haqqul mubin” setiap hari 100 kali"

4. Sebuah hadis yg diriwayatkan oleh Sayyidina Anas, bahwa Rasulullah bersabda, 
من قرأ يوم الجمعة اللهم اغنني بفضلك عمن سواك وبحلالك عن حرمك سبعين مرات لم يبلغ جمعتين الا ان اغناه الله
"Barangsiapa membaca di hari jumat 70x, ALLAHUMMA AGHNINI BIFADHLIKA 'AMMAN SIWAAKA WA BIHALAALIKA 'AN HARAMIKA, maka tidak sampai lewat dua jumat disugihkan Allah"

5.  Dalam kitab Tafsir al-Qurthubi dikisahkan bahwa suatu ketika Nabi Muhammad Shallallaahu ‘Alaihi wa Sallam bertanya kepada Jubair bin Mu'thim, “Wahai Jubair, apakah engkau suka apabila engkau akan bepergian, engkau termasuk dalam orang yang  berpenampilan baik dan paling banyak perbekalannya ?” Jawab Jubair, “Ya”.
Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda lagi, “Kalau begitu wahai Jubair, bacalah enam surah dalam al-Quran ini, yaitu mulai dari surah al-Kafirun sampai dengan surah An-Naas. Mulailah dengan membaca basmalah.”
Kemudian Jubair berkata, “Demi Allah, sebelum aku mengamalkan amalan tersebut aku termasuk orang yang tidak memiliki banyak harta. Setiap kali bepergian, aku termasuk orang yang berpenampilan lusuh dan paling sedikit membawa bekal. Namun, setelah aku mengamalkan amalan di atas tersebut, aku menjadi orang yang apabila bepergian selalu paling baik penampilannya dan termasuk yang paling banyak perbekalannya, hingga aku kembali dari perjalananku.”

Berkat Rasulullah berkat Wali-waliallah semoga kita diberi taufiq oleh Allah sehingga bisa mengamalkannya. Semoga kita semua disugihkan Allah, sugih dunia sugih akhirat sugih ilmu sugih amal sugih dzohir sugih batin...amin ya Robbal alamin...
اللهم صل على سيدنا محمد واله وصحبه وسلم

Tidak ada komentar:

Posting Komentar