Minggu, 22 September 2019

Mau Promil? Jangan Sembarangan Minum Obat

 
Ilustrasi Rangkaian test Promil
Forum Muslim - Ini dibuat untuk menanggapi viralnya status xxx. Padahal status ini ada sejak tahun 2015 namun muncul lagi sekarang. Ybs kosong 9bln yg berarti blm termasuk kategori infertil.


Pada statusnya, beliau menceritakan promil dengan konsumsi ever e dan folavit. Setelah kosong 9 bulan akhirnya berhasil hamil. Pemakaian obat tersebut tanpa resep dokter, karena memang bisa dibeli bebas.


Sayangnya, status ini dilike puluhan ribu orang yg kebanyakan pastinya perempuan2 yg belum diamanahkan utk punya anak. Selain dilike, status juga di share ribuan kali tanpa ditelaah dulu kebenarannya dan efeknya buat diri sendiri dan orang lain.


Saya membayangkan sudah berapa banyak orang mengikuti saran tersebut dan sudah berapa banyak yg mulai merasakan 'efeknya'?


Karena, konsumsi suplemen vitamin e secara sembarang pada wanita yg menderita penyakit rahim seperti kista, polip, miom, tumor akan semakin menyuburkan penyakit tersebut. Pil penyubur (termasuk suplemen vit e) adalah pupuk tidak hanya buat sel telur, namun juga buat penyakit rahim. Dari yg jumlahnya hanya satu, bisa jadi 2,3,4 bahkan lebih banyak. dari ukuran 2cm bisa berkembang cepat menjadi 5 bahkan 8cm. Lantas, ketika minum suplemen vit e dan penyubur tsb, sudah tau kah rahimnya sehat atau tidak?


Asam folat adalah vitamin, bukan berfungsi sebagai penyubur atau obat supaya hamil. Asam folat yg terkandung dalam folavit fungsinya agar tubuh wanita punya cadangan asam folat ketika hamil. Asam folat ini berguna agar janin dapat tumbuh berkembang, tidak keguguran. Asam folat ini jg terdapat didalam produk susu perencanan kehamilan dan susu ibu hamil. Asam folat alami banyak ditemui pada pisang, alpukat.


Kenapa saya tergerak untuk mengkonfirmasi meluruskan penggunaan suplemen vit e untuk promil?

Karena masalah infertil itu bukan hanya sebatas sel telur, sedangkan suplemen vit e hanya berfungsi untuk membesarkan sel telur. Padahal bukan hanya sel telur saja yg besar, tapi penyakit rahim juga ikut membesar. karenanya konsumsi nya harus dlm pengawasan dokter.


Salah satu syarat promil yg baik adalah tidak sembarang mengkonsumsi obat2an, termasuk golongan penyubur.

Agar promil bisa berjalan efektif, efisien, tepat sasaran, baiknya dilakukan tes terlebih dahulu baru melakukan terapi atau minum obat sesuai diagnosa tes. Pengecekan terlebih dulu sebelum memulai promil penting karena dapat meminimalkan resiko tubuh mencoba2 hal yg sebenarnya tidak perlu, meminimalkan waktu krn wanita makin berumur makin beresiko hamil dan pastinya meminimalkan biaya utk pengeluaran yg sebenarnya tidak perlu terjadi.


Masalah infertil untuk wanita sangat banyak. harus dilakukan serangkaian tes. Tes untuk program hamil yaitu:

1. Usg atau usg transvaginal.

Ini pemeriksaan dasar yg harus dilakukan semua wanita menikah utk melihat kondisi rahim. Jika ingin melihat ukuran sel telur matang bisa dilakukan usg transvaginal mulai hari ke-11 haid (setelah haid bersih). Jika ukuran sel telur normal, buat apa penyubur? Biaya usg tergantung RS, biasanya pada kisaran 100-250rb.


2. Setelah pemeriksaan usg, bisa dilanjutkan dengan pemeriksaan HSG (atas rekomendasi dokter)

HSG dilakukan spesialis radiologi. Rahim akan disemprot cairan kontras dan hasilnya diberikan dlm bentuk foto seperti rontgen. HSG berfungsi utk melihat kondisi tuba falopi. Tuba falopi adalah saluran tempat sperma berenang utk bertemu sel telur. Jika tuba falopi tersumbat atau terjadi pembengkakan berisi cairan, maka sperma tidak akan bertemu sel telur. Jadi, sel telur yg sdh dipupuk pakai penyubur itu tidak akan ketemu pujaan hatinya. Langkah pengobatan bkn konsumsi penyubur atau suplemen vit e sepabrik ya 😅 tapi bisa salahsatunya dilakukan hidroturbasi (tiup), diatermi, atau laparoskopi. jadi sekali lagi, buat apa vit e nya 😂


HSG juga berfungsi melihat bentuk rahim. Bentuk rahim memiliki pengaruh untuk mensukseskan program hamil. Jika bentuk rahim diketahui, kita dapat 'mengakali' posisi HB atau pasca HB agar pertemuan penting mudah terjadi. Biaya HSG tergantung rumah sakitnya. Kisaran 600-3juta.


3. Setelah HSG, bisa dilakukan tes hormon. Bisa dirujuk oleh dokter kalau diindikasikan ada gangguan hormon pada pasien spt: haid tidak teratur, sel telur saat usg transv kecil, pengidap diabetes dan indikasi lainnya bs lakukan tes ini. Jika terbukti maka terapinya obat resep dokter. pemberian vit e dg wanita yg mengalami gangguan hormon bisa membuat hormon makin tidak stabil. Dokter kandungan terkadang meresepkan penyubur, namun hanya untuk beberapa kali siklus (dibatasi). Hormon tidak stabil jg bs memicu tumbuhnya penyakit rahim.


4. Tes TORCH. Untuk melihat infeksi virus dan parasit ditubuh. Infeksi masa kini yg tinggi dapat mengakibatkan bentuk sel telur tdk normal. Bisa saja kecil2 atau keriput. Sel telur normal bentuknya mulus dengan ukuran ketika matang minimal 16mm-25mm. Selain akibatkan sulit hamil, torch juga sering mengakibatkan keguguran berulang krn janin tidak berkembang digerogoti torch. Ibu hamil dg torch jg dapat melahirkan bayi namun dg resiko terkena dampak torch spt kelainan jantung bawaan, syndrom rubella, dan byk lg. Biaya tes ini kisaran 2,5juta lbh.


5. Tes ACA atau kekentalan darah. Darah yg terlalu kental jg menyulitkan terjadinya kehamilan. Ibu hamil dg kekentalan darah akan diresepkan pengencer darah pada semester 1 sampai 2 kehamilan. Darah yg terlalu kental akan membuat nutrisi sulit diserap janin shg bisa keguguran. Vit e tidak bs membuat drah lbh mengencer. Biaya tes ini sekitar 1,1-2jt


6. Tes asa atau antibodi sperma. Kasus ini jarang dijumpai. Tubuh menolak sperma, menganggapnya musuh sehingga kehamilan gagal terjadi. Pengidap asa tinggi mungkin saja hamil namun bisa terjadi keguguran berulang krn janin dianggap musuh. Terapinya dg suntikan bkn suplementasi vit e atau pil penyubur.


Selain itu jg suami harus mau diperiksa. Analisis sperma, usg testis dan tes darah. Karena pembuahan terjadi krn dua belah pihak kan?


Jadi sayangilah diri sendiri, aplagi aset yg perempuan miliki: rahim, 2 indung telur dan 2 tuba falopi. Sebelum promil, penuhi diri dengan pengetahuan supaya tdk salah terapi. Cocok di orang lain, blm tentu kita cocok juga. Sdh bisa promil kedokter kalau sdh setahun berhubungan teratur namun blm hamil..


Anak adalah hak prerogatif Allah. Kita manusia hanya berusaha dan diwajibkan berusaha. Namun dalam berusaha ada kaidah2 yg harus dipatuhi. Misal tidak memasukkan unsur syirik kedalam ikhtiar.


Selain itu, dlm ikhtiar kita juga wajib menjaga diri sendiri dari akibat buruk perbuatan kita. Cari pengobatan yg efeknya tidak buruk ke tubuh.


Yang saya tekankan disini bukanlah tidak boleh minum suplemen vit e, namun jangan konsumsi obat promil tanpa pengawasan dokter, salah satunya suplemen vit e. Karena jika diresepkan dokter, berati pasien sudah didiagnosa dan dirasa perlu mengkonsumsi, ditakar dosisnya oleh dokter sesuai tubuh pasien dan dibatasi kapan konsumsi perlu dihentikan atau diganti obat lain. bukan inisiatif diri pribadi, dosis pribadi. Karena jika sudah menikah setahun dan intens melakukan HB namun belum hamil, mungkin ada indikasi medis ketidaksuburan dan harus dicek satu persatu. Jadi jgn menambah kemungkinan penyakit baru sedangkan penyakit lainnya belum diobati.


Jangan lupa dekatkan diri kepada Allah...


Semoga bermanfaat ☺️ (Ihs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini