Kamis, 08 Agustus 2019

Socrates, Buta Huruf dan Pharmakon

Syaikhul Pramukiyyin
Husni Iskandar:
sebenarnya bukan suatu hal yg aneh bila ada seorang buta huruf mampu membuat revolusi tatanan sosial dan mempengaruhi sejarah umat manusia. jangan terjebak logika sekolah (baca: modenisme) yg selalu melihat aksara sebagai satu-satunya ukuran pengetahuan.
mbak @Dewi Kunti tahu socrates ?
socrates adalah salah satu, jika tidak bisa disebut satu-satunya, filsuf terbesar dari yg pernah hidup. dia adalah guru Plato. tulisan-tulisan Plato pada dasarnya adalah mencatat pemikiran yg disampaikan oleh Socrates. plato mengikutinya kemana saja dan mencatat segala pemikiran Socrates. dan filsuf Alfred Whitehead mengatakan bahwa pada dasarnya seluruh bangunan filsafat peradaban barat itu hanyalah rangkaian catatan kaki dari filsafat Plato. artinya seluruh bangunan filsafat barat itu hanyalah "turunan" dari pemikiran plato. murid dari Socrates.
padahal plato sendiri hanyalah pencatat dan pengulas pemikiran Socrates, guru yg selalu diikutinya. socrates sendiri tidak pernah menulis buku. karena socrates memang buta huruf. dan seumur hidupnya menolak untuk belajar baca menulis. dalam suatu dialog antara Plato dengan gurunya ini, Plato bertanya pada Socrates, mengapa dia menolak untuk belajar membaca/tulis ?
Socrates menjawab bahwa penemuan baca tulis itu adalah sebuah pharmakon. sulit mencari padanan istilah pharmakon, kalo pernah lihat lambang kedokteran berupa segelas bisa ular, itu lambang pharmakon. bisa ular tapi dijadikan simbol universal kedokteran. di Yunani, kata kuno pharmacon aslinya merujuk pada ritual peribadatan pada dewa Athena untuk memohon, perlindungan, kejayaan dan kesejahteraan melalui penyembelihan gadis-gadis perawan. sebuah paradox. secara sederhana pharmakon bisa diartikan, sebuah obat bagi orang yg sakit, tapi juga sebuah racun bagi orang yg sehat.
Komentar
Tulis komentar...
  • Novrian Eka Sandhi Mungkin jg spt Beethoven, seorang maestro musik klasik yg (kok) tuna rungu. Tapi toh ternyata ada.
  • Holil Vhasco Dagama Yg buta hurup pun pintar bangat kalo disuruh ngitung duit lho...

    Sy sering menemukan ibu2 atw bapak2 saat disuruh baca ga bisa...saat disuruh nulis apa lagi...tapi saat disuruh ngitung duit teliti dan pinter bangat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini