Kamis, 08 Agustus 2019

Manuskrip Al Qur'an Tertua

Sumber : Anwar Roy
19 jam
bahkan Al-Qur'an tertua yg masih tersimpan hari ini, adalah Al-Qur'an dari jamannya khalifah Umar bin Abdul Aziz, menurut prof Mun'im Sirry(intelektual NU) dalam bukunya polemik islam awal, sudah tidak bisa ditemukan lagi manuskrip asli dari al-qur'an dan bukti keontetikan al-qur'an hanyalah klaim bahwa banyaknya penghafal al-qur'an yg menjaga kemurnian bacaan qur'an selama generasi bergenerasi.
--
jadi.. apakah karena ndak ada manuskrip asli, lantas qur'an sudah pasti wahyu dari Allah??
bagaiman dg tuduhan injil dan taurat yg dipalsukan sementara yg asli juga ndak pernah ditunjukkan atau memang ndak ada?
--
--
--
Kalau Islam itu hasil revolusi budaya arab yang dilanda perang antar suku, seharusnya di arab sudah tidak ada perang antar sesama arab dong.
--
Kalau islam itu adalah agama rahmat bagi seluruh dunia, seharusnya hari ini seluruh dunia sudah terahmati dan damai sejahtera dong.
--
Kalau islam itu adalah agama damai, seharusnya tidak pernah ada perang diantara sesama muslim dong.
--
silahkan teruskan sendiri permainan "kalau" dan "seharusnya" -nya
Komentar
Tulis komentar...
  • Anwar Roy Dewi Kunti banyak ilmu nih biar sampeyan jangan stagnan dalam wawasan
    2
    • Flash Fadrial Anwar Roy Dewi Kunti tak bisa menerima kebenaran om.. meskipun dia juga memahami bahwa menerima kebenaran bukan berarti harus mengikutinya, kenapa demikian karena tak ada proses dialektika yg setara di inner circle dia, sementara dialektika yg dibangunnya dimedsos bukanlah proses dialogis, tapi lebih pada salah upaya dakwah dia atas kebenaran akalnya. Buktinya mas suami merasa ateis, meskipun mas suami masih rajin ke masjid.. Pendeknya ijal om.. Indak jaleh
      1
    • Dewi Kunti Flash Fadrial kemaren sudah saya jawab kalau itu adalah upaya untuk bergaul dg dunia ateis kok.
      1
    • Anwar Roy Flash Fadrial jangan pesimis. Nabi aja ditimpuki ga pesimis. Dewi Kunti paling nimpukin kue ke kita
      1
    • Flash Fadrial Anwar Roy karena apa yg disampaikan Dewi Kunti nggak menarik lagi om, satu satunya yg menarik tinggal menunggu aplikasi dakwah nya yg katanya akan di list nya di playstore
    • Dewi Kunti Flash Fadrial sudah ada.. kemaren kan sudah saya kasih linknya toh.. ya nanti akan banyak, sekarang masih satu.
    • Dewi Kunti masih dalam bentuk google book, nanti mungkin akan ada dalam bentuk aplikasi android atau IOS
    • Flash Fadrial Dewi Kunti terlebih lagi itu, itu ta'qiyah, saya meyakini bahwa mas suami dan mbak tidak sekufu, mbak lebih tinggi satu level dari mas suami sehingga dalam koridor dan tujuan hidup mas suami, mbak layak di pertahankannya sebagai istri, itulah keadaan yg membuat mbak menjadi stronger dan semakin mandiri secara psikologis
    • Flash Fadrial #dipertahankan sebagai istri typo
    • 1
    • Hendra Yana Kalo saya sih malas untuk berdebat dengannya.

      Amalmu untukmu, amalku untukku.
      Lihat Lainnya
      1
    Tulis balasan...
  • Silvi Pipie Silviany lohhh kan sdh ada penghafal Alquran, gimana sih? makanya tetap terjaga meskipun misalnya nihhh misalnya manuskrip aslinya hilang, dibakar, lagian dulu jg dikumpulin susah payah dr yg ditulis di batu, daun, kulit dst

    trs sy nanya ya, mbaknya tau ga ada penghafal injil n taurat sama persis bahasa hafalannya di seluruh dunia, spt Alquran...ada ga?? shg klo ada aman bs di re write gituuu
    3
  • Dzakiyah Changazi Koto apakah ada agama lain yg menghapal isi kitabnya luar kepala sampai ke titik komanya tanpa ada kesalahan?
    • Anwar Roy Bacalah karya karya orientalis semisal Bell terkait topik ini
    • Ulil Albab Bekasi Sungguh mulia adabmu Dewi Kunti, belum mengetahui dan belum paham al-Quran ternyata anda sudah bilang Qur'an tidak asli bahkan bilang Qur'an buatan manusia. 
      Bisa masuk buku rekor dunia nih...
      1
    • Ulil Albab Bekasi Orang-orang Arab yg ahli sastra pada masa kehidupan Nabi Muhammad SAW saja menyerah saat berhadapan dengan Qur'an. 
      Saking menyerahnya mereka bilang Muhammad adalah seorang dukun dan tukang sihir.
      2
    • Dzakiyah Changazi Koto Dewi Kunti kenapa menghapal al qur'an kamu katakan bukan tindakan bijak? saya dan suami sudah mentamamkan al qur'an walau bisa dibilang tdk mungkin ada yg mutqin 100 persen , tapi ketika kami mendengar ayat al qur'an dibacakan oleh seseorang, maka kami bisa tau ada yg salah meski satu huruf saja yang salah dibacakan oleh orang itu, apalagi jika ada yang sengaja mengubah isinya spt yang beberapa kali ditemukan al qur'an palsu beredar ditengah masyarakat. Dan seluruh penghapal al qur'an diseluruh dunia akan saling mengoreksi satu harakat saja isi al qur'an yang berubah. selupa2nya penghapal al qur'an, dia akan tau ada yang salah ketika ayat palsu dibacakan.
    • Dewi Kunti Dzakiyah Changazi Koto silahkan gunakan waktu anda untuk menghafal qur'an dg kegiatan yg lain, yg lebih bermanfaat. misalnya mendalami maknanya, membandingkan beberapa versi tafsir dari kelompok anda ataupun di luar kelompok anda
    Tulis balasan...
  • Biand Andri Semakin saya mengikuti pendapat tante dewi kunti, semakin saya bersyukur diberi hidayah iman agama Islam.
    8
  • Izmy Ilham Al-azhari Coba baca buku, the history Quranic text, from revelation to compilation karya Mustafa A'zami.
    Buku itu sudah cukup membungkam para orientalis serta pemikir muslim yg terpengaruh pemikirannya dengan orientalis yg menyerang keabsahan Al-Quran.
    3
    Tulis balasan...

  • Febri Ardian Manuskrip yg disimpan di Tashkent Uzbekistan. Carbon dating abad ke 2 Hijriah.
    Keterangan foto tidak tersedia.
    2
  • Fathurrahman Lillâh Sungguh saya tertawa (tertawa wajar, bukan ngejek). Yg dimaksud manuskrip itu apa? Qur'an gak pernah ada perubahan dr bentuk apapun. Itu ilmiah. Kalo ada ilmuan jenis apapun yg membawa istilah manuskrip dgn penggiringan seolah quran beda dgn yg di awal (disamakan dgn kitab lain), dijamin dia gak akan pernah menemukan bukti ilmiah. Gak akan. Never. 

    Kalo ada org yg melihat misal perbedaan dalam bacaan quran dan menganggap itu bagian dr invaliditas, itu tentu jg akan jd bahan lelucon praktis. Spontan org akan tersenyum. Dan itu asli, bukan ejekan. 😁😁😁
    • Dewi Kunti Fathurrahman Lillâh secra textual memang tidak bisa diubah, tetapi secara kontekstual qur’an malah sering di revisi makna-maknanya. 
      Mufassir inilah yg senantiasa merevisi makna qur’an. Iya saya bilang merevisi walau secara ilmiyah mereka disebutnya m
      engintepretasi.

      Tapi intepretasi baru yg diproduksi, biasanya selalu meruntuhkan intepretasi awal yg diproduksi sebelumnya (revisi) 
      Dan pada revisi makna inilah qur’an berubah ubah.

      Misal ya, perubahan makna itu bisa dilihat dari adanya silang pendapat tentang bentuk pemerintahan sebuah komunitas. Khilafah atau negara bangsa? Al-Qur’an memang mengaturnya, tapi maknanya tidak tunggal. 

      Keontetikan semacam ini saya anggap sebagai keontetikan semu yg melahirkan banyak kitab kitab baru sebagai revisi.
      1
    • Fathurrahman Lillâh Alhamdulillah. Di bagian orisinality teks sampean sdh percaya. Adapun mufassir merevisi, revisi itu bukan merubah makna. Revisi atau interpretasi terjadi krn hukum quran yg perennial dgn waktu dan jaman. Siapapun boleh menafsirkan quran, tentu dgn syarat lah.. 😊😊

      __
      Interpretasi baru itu menguatkan dan melegitimasi tafsir awal. Dan, yg baru td ttp berpijak dr yg awal. Merubah makna? Gak ada. Tunjukkan kalo sampean menemukan. Yang ada adalah khazanah (kekayaan makna) dr setiap mufradat alquran. 

      __
      Nah, ini masalah juga teramat klasik. Bahkan sejak sepeninggal, kalau boleh dibilang beberapa detik setelah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam wafat, saat itu jg terjadi perdebatan. Padahal, org2 saat itu bisa disebut para saint, org2 superior. Tapi Islam pun sangat demokratis bs ttp mengakomodir perbedaan pandangan saat itu. 

      Makna tunggal? Nyaris gak ada yg namanya makna tunggal. Hukum alam, hukum ogika membatasi itu. Ingat. Tidak ada di dunia ini "makna tunggal". Wong semua ciptaan ini ada karena rangkapan2. Jadi, kalau sampean minta makna tunggal utk khilafah dan khalifah, wah... Gak mungkin mbak. Sangat berat utk memaknai tunggal thd setiap materi, gaib maupun kasat mata. 😊😊😊

      __
      Kalau yg spt itu mbakyu menganggap pseudo ontentik, lalu spt apa keaslian yg sampean maksud. Bahkan keaslian mukjijat quran adalah flesibiltas. Kalo kesesuaian td dianggap bukan sebagai keaslian, maka kendaraan yg sampean miliki dan barang2 lain, semua palsu. 😂😂😁😁

      Aku nulis angel2 opo yo tenan sampean woco yu???
    Tulis balasan...

  • Uyung Uyung Di NU sendiri, pendapat prof Mun'im Sirry sendiri bgmn? apakah menjadi pendapat yg ada bantahannya?
    1
  • Fathurrahman Lillâh Ketahuilah, qur'an itu sebenarnya, hakikinya gak perlu manuskrip. Bahkan pembukuannya saja di awal2 jd perdebatan. 

    Makanya saya ngakak kalo ada hoax pesan berantai soal perubahan qur'an. Katanya quran sdh dirubah oleh si anu. Tentu lucu. Mustahil redaksi qur'an berubah dan begitu saja tanpa diketahui.
    • Dewi Kunti Fathurrahman Lillâh apakah itu standar ukuran sebuah wahyu??? Tidak bisa diubah oleh siapapun dan tetap terjaga keoriginalitasannya???
      1
    • Fathurrahman Lillâh Tentu. Salah satunya. Krn banyak benda2 lain tak berubah sejak jaman awal diciptakan. Dan itu bukan wahyu. 

      Akan tetapi bukan hanya itu. Dan sdh pasti ada beberapa standar lain. 


      Setiap orang bisa klaim apapun yg diyakininya sebagai hal istimewa. Di tahap berikutnya, keistimewaan dimaksud harus diuji dgn/oleh sarana yg sepadan.
      1
    Tulis balasan...

  • Irfan AbuRaihan Ke-otentikan Al Qur'an dapat dibuktikan dengan tidak adanya versi lain dibelahan bumi manapun selain Al Qur'an yg ada saat ini.
  • Ismail Zain Mushaf tertua itu salinan dari lembaran asli yang tercecer. Yang lebih asli tentunya dari ingatan peghapal quran pada masa mushaf ditulis ulang.
  • Febri Ardian Manuskrip disimpan di Topkapi, Istanbul. Abad ke 1 Hijriah.
    Keterangan foto tidak tersedia.
  • Ibnu Hajar Filenya dalam bentuk PDF, dibedah sampai susunan matematikanya.. RASULULLAH SHALALLAHU ALAIHI WA SALLAM pun belum tau saat itu ada penjumlahan matematika nya dalam Al-Qur'an. Siapa yang menyusun?
    Ahli matematika??
    Keterangan foto tidak tersedia.
    2
    Tulis balasan...

  • Ibnu Hajar Struktur matematika dalam Al-Qur'an
    1
    Tulis balasan...

  • JoyArah Logika2 Berfikir aja bisanya otak manusia dasar sombong sekali ... padahal Al Quran Itu Memberitahu Untuk Masuk Surga Atau Neraka ada musuh yang nyata iblis pertarungan hak dan batil, Kalau mau ngak ada perang Ya Di Surga Nanti....Di dunia Berharap ngak ada perang dia lupa ada iblis yang selalu mengoda manusia melakukan kerusakan salah satu anak buah iblis ya seperti dewi kunti ...ciri anak buah iblis atau syetan jenis manusia itu mengikari keberadaan Allah ...mengikari adanya Tuhan
    2
  • Umar Ali Wong penghafal Quran zaman now saja bejibun, gitu koq pake frase "klaim"?

    Memang Asbuniyuun itu bebas
    1
  • Ain El'mursyid Mba dewi kunti, Anda ragu dg al-qur'an??? Di coba aja bikin sendiri yg persis sama dg al-qur'an dr segala sisi (dr tata bahasa dll),, bisa gak??????????? Minta bantuan jin dan teman2 nya jg boleh,, yg kaya al-qur'an tp loh ya,,, 😊😊😊
    1
  • Fajrin Namora Sama2 baca Al-fathihah dan Ayat Kursi😁 abis itu tidur udah malam😬
  • Fathurrahman Lillâh Pertanyaan2 Dewi Kunti itu sungguh sdh terlalu sederhana dijawab. Dgn logika dan buktk, bukan dgn perasaan dan persepsi spt tuhan mbak Dewi.

    Pertanyaan2 itu gimana ya... Mungkin seolah (bagi penanya) dianggap "wah..." 😁😁😁. Sementara materi2 itu, yoalah... Sdh terlalu lama. Kitab2 abad pertengahan hijriyah saja sdh menjawab. 

    O
    h iya, tp saya gak bs menjawab lho ya...
    1
  • Gambar mungkin berisi: teks
  • Gambar mungkin berisi: teks
  • Gambar mungkin berisi: teks
  • Gambar mungkin berisi: teks
  • Gambar mungkin berisi: teks
  • Gambar mungkin berisi: teks
  • Gambar mungkin berisi: dalam ruangan
  • The Qur'anic Manuscripts
    ISLAMIC-AWARENESS.ORG
    The Qur'anic Manuscripts
    The Qur'anic Manuscripts
    2
    • Febri Ardian Disini bejibun klo mo cari manuskrip dated sebelum masa Umar bin Abdul Aziz. Papirus2 zaman nabi masih hidup aja ada. Berikut lokasi penyimpanannya. Cukup lengkap.
      1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar