Senin, 19 Agustus 2019

Etika Bepergian ke Pasar Bagi Perempuan

Ilustrasi Belanja ke Pasar - File Wego
Forum Muslim - Pasar/mall adalah tempat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup keluarga, mulai dari kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Jadi wajar kalau banyak perempuan atau ibu rumah tangga pergi ke pasar. Namun kiranya perlu lebih berhati-hati terkait dengan hukum yang ditimbulkan dari aktivitas rutin itu.

Ulama memberikan penjelasan dalam hal perempuan keluar rumah baik itu ke pasar/mall atau acara-acara lain. Aktivitas berbelanja ke pasar dan mall hukumnya bisa haram apabila menimbulkan fitnah, misalnya jika mengenakan pakaian yang tidak patut.

Bahtsul masail dalam Muktamar ke-8 NU pernah membahas hal tersebut dengan merujuk pada kitab Is’ad ar-Rafiq ‘ala Syarh Sullam at-Taufiq karya Syekh Muhammad Babashil sebagai berikut :

قَالَ فِي الزَّوَاجِرِ وَهُوَ مِنَ الْكَبَائِرِ لِصَرِيْحِ هَذِهِ اْلأَحَادِيْثِ….عَلَى مَا إِذَا تَحَقَّقَتْ الْفِتْنَةُ

Dalam al-Zawajir Ibn hajar al-Haitami berkata: “Keluarnya wanita dari rumah dengan memakai parfum dan berhias meskipun seizin suami itu (bisa menyebabkan) dosa besar …. ketika nyata-nyata akan terjadi fitnah.”

Perlu digarisbawahi di sini bahwa hukum-hukum yang disebutkan di atas terikat dengan ada tidaknya fitnah. Fitnah yang dimaksud di sini, sebagaimana dalam kitab-kitab fiqih, adalah mengundang nafsu birahi laki-laki serta adanya gangguan/tidak adanya rasa aman.

Untuk itu, apabila perempuan mau bepergian ke pasar/mall hendaknya memakai pakaian yang sewajarnya, menutup aurat, tidak memakai perhiasan yang mencolok dan memperhatikan situasi yang ada terkait keamanan dirinya. Lebih baik dalam perjalanan ke pasar atau mall didampingi oleh mahramnya.

Demikian jawaban dari kami, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Semoga Allah Ta’ala selalu memberi kekuatan kepada kita untuk melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya serta memberikan keselamatan bagi kita di dunia dan akhirat. Aamiin.

والله أعلم بالصواب
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ihya’ Ulumuddin
Tim Bahtsul Masail NU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini