Sabtu, 05 Januari 2019

Tak Tik Anwar Sadat Ketika Merebut Gaza dan Tepi Barat Dari Israel


Anwar Sadat Presiden Mesir ketika berhasil merebut Gaza dan tepi barat sungai Yordan yang diduduki Israel  pada Oktober 1973 pakai taktik jitu. 

Berkali kali menggertak Israel akan menyerbu kedua wilayah yang diduduki Israel itu namun  tidak tidak terjadi. Sehingga baik Israel dan AS mulai berpikir jangan jangan Sadar cuma ngomong doang. 

Pas kali kesekian Sadat nggertak mau nyerang AS dan Israel berpikir ah paling juga cuma wacana. Tahu tahu kali ini Sadat serius dan berhasil mengusir Israel. 

Henrt Kissinger yang waktu itu menlu AS dalam memoarnya the Years of Upheaval menulis bahwa sebenarnya dia sudah punya feeling kali ini Sadat nggak main main dan bakal nyerang beneran. Tapi orang orang di gedung putih maupun CIA anggap Kissinger berhalusinasi. Akibatnya militer dan intelijen Israel itu tidak waspada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini