Selasa, 22 Januari 2019

Manfaat Mandi Subuh

Ilustrasi Mandi



Forum Muslim - Sudah bersihkah sisa kencing anda ? Muslim - Mandi di pagi hari adalah sebuah aktivitas bermanfaat yang berguna untuk menyegarkan tubuh. Terkadang, mandi pagi dilakukan sekitar pukul 6 atau 7 pagi sebelum pergi bersekolah, bekerja, atau melakukan aktivitas lainnya. 

_*Namun, pernahkah Anda  mencoba mandi saat waktu subuh? Apa saja manfaat mandi subuh yang bisa didapatkan?*_

Sebelum membahas mengenai manfaat mandi subuh, banyak orang sudah membayangkan mandi subuh pasti akan terasa sangat dingin, sehingga akan memilih untuk tidak melakukannya. Meski banyak orang enggan melakukannya, nyata banyak manfaat mandi subuh yang bisa diperoleh, antara lain:

*1. Mengatasi Stres Hingga Depresi*

Manfaat mandi subuh yang pertama adalah kemampuannya mengatasi stres. Pada umumnya, stres bisa disebabkan karena terlalu banyak pikiran. Saat seseorang stres, biasanya tubuhnya bereaksi untuk mengonsumsi makanan sebanyak mungkin, pada akhirnya hal ini bisa saja menimbulkan gangguan penyakit pada tubuh.

Mulai sekarang, cobalah untuk mengatasi stres dengan cara mandi subuh. Hal ini dikarenakan mandi di waktu tersebut, tubuh akan mendapat pasokan _"oksigen"_ yang cukup. Sehingga, tingkat stres yang dirasakan akan berkurang akibat _"oksigen"_ yang memenuhi berbagai organ tubuh.

Selain itu, menurut sebuah penelitian, mandi subuh dapat menstimulasi titik biru pada otak–sumber utama _"noradrenalin"_ yang dapat membantu dalam mengurangi depresi secara kimiawi.

Saat ini, mandi subuh juga sering dijadikan sebagai terapi air dingin untuk mengaktifkan kembali sistem saraf sekaligus membantu pelepasan hormon yang dapat membantu seseorang yang depresi merasa lebih segar.

Selain itu, mandi subuh dengan air dingin juga dapat memicu pelepasan hormon _"endorfin"_ yang bekerja melawan hormon stres, serta menghasilkan _"serotonin"_ zat kimia di dalam otak yang dapat meredakan depresi.

Sebuah penelitian mengungkapkan, olahraga dengan memanfaatkan air dingin seperti berenang, dapat mengurangi gejala depresi. Jenis olahraga aerobik termasuk berenang dapat membantu mengurangi hormon stres dan membentuk zat-zat yang dapat mencegah kerusakan sel otak.


*2. Mengurangi Kadar Gula Darah*

Bagi yang gemar mengonsumsi makanan manis, maka risiko yang bisa dihadapi adalah meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Saat kadar gula dalam tubuh meningkatkan maka berisiko untuk menyebabkan risiko _"obesitas"_ hingga penyakit _"diabetes"._

Melihat risiko yang bisa dialami, maka mengurangi asupan-asupan manis harus dikurangi dengan segera. Selain mengurangi asupan manis, salah satu cara yang tidak disangka adalah dengan mandi subuh.

Manfaat mandi subuh dipercaya mampu mengurangi kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan adanya proses _"detoksifikasi"_ sehingga gula darah diseimbangkan oleh suhu air saat mandi subuh .


*3. Meningkatkan Kesuburan*

Bagi yang sudah menikah dan ingin segera mendapatkan momongan, manfaat mandi subuh dipercaya meningkatkan kesuburan. Sejumlah penelitian mengungkapkan, mandi subuh bisa meningkatkan hormon _"testoteron"_ dan _"esterogen"._


*4. Melancarkan Sirkulasi Darah*

Manfaat mandi subuh lainnya adalah mengurangi kaku persendian, meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Sementara itu, jika mandi menggunakan air hangat pada waktu subuh maka hal itu baik untuk membuat sirkulasi darah lebih lancar.


*5. Memberikan Dorongan Energi Tambahan*

Manfaat mandi subuh yang bisa langsung dirasakan adalah memberi dorongan energi ekstra. Saat mandi subuh menggunakan air dingin, tubuh akan meresponnya dengan 'bernapas' karena adanya asupan _"oksigen"_ pada kulit. Dampaknya, darah bisa terpompa cepat ke seluruh tubuh dan meningkatkan detak jantung.

Perlu diketahui, pada dasarnya tubuh sangat menyukai air, dan semua yang dapat dilakukan untuk memberinya _"hidrasi"_ dan kelembapan yang tepat, dapat membantu terlihat lebih baik.


*6. Mengurangi Rasa Nyeri*

Jika rasa nyeri muncul setelah melakukan latihan fisik, bisa mencoba mendapatkan manfaat mandi subuh. Sebuah studi menemukan bahwa mandi subuh dengan air dingin dapat efektif mengurangi nyeri otot 1 hingga 4 hari pasca latihan. Manfaat yang bisa didapatkan ini, diduga terkait dengan efek relaksasi dari air dingin.


*7. Meningkatkan Memori*

Bagi yang ingin memiliki daya ingat kuat di hari tua, cobalah untuk rutin mandi subuh. Manfaat mandi subuh dipercaya dapat membuat otak lebih dingin, yang pada akhirnya bisa membuat otak bekerja lebih keras dan memiliki daya ingat yang lebih baik. Tentu hal ini tidak lepas dari lancarnya peredaran di dalam tubuh yang membawa _"nutrisi"_ dan _"oksigen"_ menuju otak.


*8. Merangsang Sel Darah Putih*

Manfaat mandi subuh berikutnya adalah kemampuannya mengatasi penyakit. Mandi subuh dengan air dingin diduga mampu merangsang sel darah putih dalam aliran darah. Sel darah putih sendiri berfungsi untuk melawan infeksi di dalam tubuh. Oleh karena itu, agar tubuh mampu melawan serangan penyakit maka harus mandi subuh.


*9. Membuat Mata Terjaga*

Banyak orang yang masih mengalami kesulitan untuk membuka mata meskipun sudah ada di kamar mandi. Salah satu cara singkat untuk membuat mata melek dengan cepat adalah mandi subuh dengan air dingin.

Saat terkena air dingin, tubuh akan kaget dan langsung meningkatkan denyut jantung dan _"oksigen"_ ke dalam tubuh. Sentakan langsung air dingin di atas kepala dapat memicu sistem saraf pusat yang pada akhirnya membuat tubuh lebih energik.


Pada akhirnya, setiap orang memiliki alasan yang berbeda ketika melakukan aktivitas mandi, ada yang untuk melepaskan penat, menghilangkan kotoran atau meningkatkan semangat.

_*Namun, setelah melihat banyak manfaat mandi subuh, masihkah Anda ragu untuk melakukannya?*_

Mandi subuh bukanlah sebuah aktivitas biasa, karena fakta membuktikan banyak manfaat yang bisa didapatkan ketimbang rasa takut menghadapi dinginnya air ketika waktu subuh. (FM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini