Langsung ke konten utama

Dakwah yang Mengubah Dunia

Mohamad Sobary


Oleh: Mohamad Sobary


Ada kearifan klasik yang menyentak kesadaran kita setiap kali kita membicarakan kembali makna surah al-Maun. Kiai Ahmad Dahlan bertanya pada para santrinya, apakah mereka mengerti surat tersebut dan serentak para santri menjawab mengerti.


Kiai kecewa karena para santri ternyata hanya menghafal ayat-ayat dalam surat pendek tersebut dan sama sekali tak menyentuh makna hakikinya. "Hafal dan paham itu tidak sama. kata kiai dengan sikap arif, dan para santri yang terkejut itu saling memandang. Tanda kita mengerti pesan penting surat itu bukan ditampakkan pada kemampuan kita melafalkan ayat demi ayat di dalamnya.


Mengerti di situ bukan lagi bagian dari dimensi kognitif di dalam hidup kita, melainkan tampilnya dimensi evaluatif dalam kesadaran kita menjadi suatu tindakan. Perintah suci yang hanya dipahami sebagai hafalan, menjadi sekedar bacaan tetapi tidak dikerjakan, jelas tidak akan mengubah tata kehidupan dunia ini. Pemahaman kiai Dahlan yang diwujudkan di dalam tindakan pernah menggemparkan "jagat". Ada yang mengerutkan kening. Ada yang bertanya apa maksudnya. Ada yang mencemooh.


Bagi orang yang menyaksikan film bagus, "Sang Pencerah" niscaya ingat betapa revolusioner pemikiran Kiai Ahmad Dahlan, pendiri organisasi dakwah Islamiah yang bernama Muhammadiyah itu. Sang kiai mengumpulkan anak-anak telantar, anakanak yatim-piatu yang tak terurus, dan gelandangan yang tak punya orang tua. Mereka dimandikan sendiri oleh sang kiai. Sesudah itu pakaian mereka diganti yang lebih bersih, lebih baik.


Kemudian dibawa masuk ke dalam suatu ruangan, dan diajari membaca dan menulis oleh sang kiai. Kritik, celaan dan sikap sinis yang muncul di dalam masyarakat Yogyakarta pada saat itu tak digubris sama sekali oleh sang kiai. Bagi beliau, inilah terjemahan terbaik surah al- Maun tadi.


Terjemahan bukan dalam bahasa, dari bahasa Arab ke dalam bahasa kita. Terjemahan seperti itu penting sekali bagi umat. Tetapi terjemahan dalam bentuk tindakan konkret memandikan anak-anak telantar, miskin dan yatim piatu, dan memberi mereka pendidikan jelas lebih penting. Ini wujud tindakan revolusioner yang pada waktu itu belum dilakukan oleh siapa pun.


Mungkin boleh juga dikatakan bahwa tindakan itu merupakan sebuah "temuan" dalam bentuk yang lain. Ini juga merupakan sikap seorang pionir di dalam bidang sosial dan kemanusiaan. Temuan ini tidak dipatenkan, dan tak dianggap karya pribadi. Makin banyak orang meniru makin baik. Makin banyak orang merasa ikut memilikinya akan menjadi semakin baik bagi usaha dakwah Islam yang ditempuh sang kiai.


Dakwah itu memiliki makna yang luas. Syiar Islam yang dilakukan sekelompok besar pemuda-pemudi yang menyerukan keluhuran Allah yang maha tinggi, dan menyebutkan kemuliaan Rasulullah yang merupakan teladan agung bagi manusia yang mengikutinya, itu termasuk dakwah. Mengajak orang lain untuk mengikuti ajaran agama, itu juga termasuk dakwah. Pada tahap permulaan gerakan Islam, dakwah berarti mengajak banyak kalangan menjadi pengikut Rasulullah.


Dakwah memang berarti menyeru, mengajak dan menyampaikan ajakan. Mereka yang didakwahi pada mulanya golongan orang-orang yang belum beragama dan diajak untuk masuk Islam. Dalam tahapan sejarah Islam selanjutnya, dakwah bisa berarti menyeru atau mengajak berbuat baik. Mengajak berbuat baik itu sudah dakwah. Seruan iniditujukan pada sesama orang Islam.


Seruan seperti itu merupakan bagian dari amar makruf (mengajak berbuat baik) dan nahi mungkar (mencegah dengan berbagai cara) apa pun yang merupakan tindakan buruk yang merugikan orang banyak. Di sini lama-lama dakwah tidak dimaksudkan mencari sebanyak-banyaknya pengikut, melainkan merupakan usaha pendalaman dan menawarkan pemahaman agama secara mendalam dan hakiki.



Berbuka puasa bersama di hotel-hotel mewah, didahului ceramah, yang berupa ajakan atau imbauan, dan usaha mempersegar iman, juga dakwah. Kita tidak tahu bagaimana pengaruh sosialnya di masyarakat. Kita tahu bahwa semangat berbuka bersama itu sudah terbentuk sebagai sebuah tradisi mewah di kalangan muslim kelas menengah, atau kelas atas di kota-kota besar di negeri kita.


Alangkah bagusnya, dan betapa besar dampak sosialnya di dalam masyarakat bila kelompok berbuka bersama itu juga berubah menjadi suatu gerakan. Kita sebut saja gerakan rohani politik. Isinya membangun rohani politik yang bersih, jujur dan transparan di dalam segenap perilaku seharihari. Dengan begitu, akan menjadi sifat baik dan melembaga.


Mereka akan dengan sendirinya menjauhi sifat korup, menentang korupsi dan pelan-pelan membangun suatu tata kehidupan yang memesona. Kelompok ini akan menjadi kekuatan besar melawan korupsi. Jika ada anggota kelompok yang ternyata korup, dia harus dikeluarkan. Yang korup bukan lagi anggota. Dia menjadi orang lain, karena tindakannya telah merusak tatanan moral dan nilai yang dimuliakan bersama.


Dia tidak ada lagi di dalam kebersamaan itu. Kemuliaan seperti ini kita tunggu. Kita mengharapkan munculnya suatu tindakan yang memesona orang banyak. Kelas menengah kota, atau kelas atas, yang giat berbuka bersama, tarawih bersama, dan murah hati menyantuni kaum lemah yang dibikin makin lemah oleh tatanan politik dan ekonomi kita, bisa menjadi pelopor. Kelas menengah macam ini memiliki potensi sangat besar.


Duit ada, pemikiran ada, kemurahan hati ada. Inilah kekuatan yang seyogianya mulai mengubah tradisi buka bersama, menjadi tindakan lebih revolusioner lagi. Buka bersama itu mulia, Tapi buka bersama disertai amal-amal saleh yang monumental, jelas jauh lebih mulia, lebih memesona. Kalau Kiai Dahlan sendirian bisa melakukannya, kelas menengah yang hebat ini pasti lebih mampu lagi.


Kecuali itu, kita menanti munculnya suara-suara di berbagai masjid kita, yang melakukan dakwahnya dengan lembut, dan menyentuh. Masjid tak usah bersaing dengan suara keras dan berlomba menjadi yang paling keras. Suara keras, hiruk-pikuk di masjid memang suara syiar Islam yang baik. Tapi berlomba menyuarakan keluhuran agama secara lembut, membaca ayatayat suci secara lembut, kelihatannya akan lebih menyentuh hati manusia.


Tak peduli penganut agama apa pun mereka akan lebih tersentuh kelembutan. Kaum muslimin/muslimat atau para penganut agama lain,akan lebih terpesona mendengar suara lembut dan segenap ekspresi kelembutan. Suatu ayat yang dibaca dengan sekeras-kerasnya, yang mengagetkan penduduk di sekitar masjid, atau dibaca secara fasih, tartil, tertib dan lembut, beda pengaruhnya.


Kefasihan dan kelembutan lebih memesona. Ini dakwah yang menyentuh dunia dalam kita. Dan mengubah kesadaran kita dari dalam. Sentuhan kelembutan ini wujud pesona yang agung, yang dibutuhkan setiap telinga, setiap hati. Dakwah Islam yang memesona seperti ini makin lama makin menjauh dari kita.


Padahal, ini harta kekayaan umat yang sangat berharga. Harta kekayaan tak boleh dibiarkan hilang begitu saja. Dakwah yang memesona, biarpun hanya katakata, bisa mengubah dunia. []



Koran SINDO, 7 Juli 2015
Mohamad Sobary | Esais, Anggota Pengurus Masyarakat Bangga Produk Indonesia, untuk Advokasi, Mediasi, dan Promosi. Penggemar Sirih dan Cengkih, buat Kesehatan.

Artikel Terkait

Komentar

Artikel Populer

Prahara Aleppo

French Foreign Minister Bernard Kouchner takes off a Jewish skull-cap, or Kippa, at the end of a visit to the Yad Vashem Holocaust Memorial in Jerusalem, Tuesday, Sept. 11, 2007. Kouchner is on an official visit to Israel and the Palestinian Territories. (AP Photo/Kevin Frayer) Eskalasi konflik di Aleppo beberapa hari terakhir diwarnai propaganda anti-rezim Suriah yang sangat masif, baik oleh media Barat, maupun oleh media-media “jihad” di Indonesia. Dan inilah mengapa kita (orang Indonesia) harus peduli: karena para propagandis Wahabi/takfiri seperti biasa, mengangkat isu “Syiah membantai Sunni” (lalu menyamakan saudara-saudara Syiah dengan PKI, karena itu harus dihancurkan, lalu diakhiri dengan “silahkan kirim sumbangan dana ke no rekening berikut ini”). Perilaku para propagandis perang itu sangat membahayakan kita (mereka berupaya mengimpor konflik Timteng ke Indonesia), dan untuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di Suriah. Tulisan i

Mengelola Blog Wordpress dan Blogspot Melalui Ponsel

Di jaman gatget yang serba canggih ini, sekarang dasboard wordpress.com dan blogspot.com semakin mudah dikelola melalui ponsel. Namun pada settingan tertentu memang harus dilakukan melalui komputer seperti untuk mengedit themes atau template. Dan bagi kita yang sudah terbiasa "mobile" atau berada di lapangan maka kita bisa menerbitkan artikel kita ke blog wordpress.com melalui email yang ada di ponsel kita, so kita nggak usah kawatir.

Sholawat-Sholawat Pembuka Hijab

Dalam Islam sangat banyak para ulama-ulama sholihin yang bermimpi Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam dan mendapatkan petunjuk atau isyarat untuk melakukan atau mengucapkan kalimat-kalimat tertentu (seperti dzikir, sholawat, doa dll ). Bahkan sebagian di antara mereka menerima redaksi sholawat langsung dari Rasulullah dengan ditalqin kata demi kata oleh Beliau saw. Maka jadilah sebuah susunan dzikir atau sholawat yg memiliki fadhilah/asror yg tak terhingga.  Dalam berbagai riwayat hadits dikatakan bahwa siapa pun yang bermimpi Nabi saw maka mimpi itu adalah sebuah kebenaran/kenyataan, dan sosok dalam mimpinya tersebut adalah benar-benar Nabi Muhammad saw. Karena setan tidak diizinkan oleh Alloh untuk menyerupai Nabi Muhammad saw. Beliau juga bersabda, "Barangsiapa yg melihatku dalam mimpi maka ia pasti melihatku dalam keadaan terjaga" ----------------------------- 1. SHOLAWAT JIBRIL ------------------------------ صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ SHOLLALLOOH 'ALAA MUHAMMA

Amalan Pada Malam Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Nabi Muhammad ﷺ bersabda: عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه أن رسول ﷺ قال: “من أحيا ليلة الفطر وليلة الأضحى لم يمت قلبه يوم تموت القلوب” رواه الطبراني في الكبير والأوسط. Dari Ubadah Ibn Shomit r.a. Sungguh Rosulullah ﷺ bersabda: "Barangsiapa menghidupkan malam Idul Fitri dan malam Idul Adlha, hatinya tidak akan mati, di hari matinya hati." ( HR.Thobaroni ) عن أبي أمامه رضي الله عنه عن النبي ﷺ قال : “من قام ليلتي العيدين محتسباً لم يمت قلبه يوم تموت القلوب”. وفي رواية “من أحيا” رواه ابن ماجه Dari Abi Umamah r.a, dari Nabi ﷺ, bersabda: Barangsiapa beribadah di dua malam Hari Raya dengan hanya mengharap ALLAH, maka hatinya tidak akan mati pada hari matinya hati. ( HR. Ibnu Majah ) Bagaimana cara menghidupkan dua Hari Raya itu? Telah disebutkan oleh Syaikh Abdul Hamid Al Qudsi, dengan mengamalkan beberapa amalan: 1. Syaikh Al Hafni berkata: Ukuran minimal menghidupkan malam bisa dengan Sholat Isya’ berjama’ah dan meniatkan diri untuk jama’ah Sholat Shubuh pada besoknya. Atau mempe

3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup - Himayah atau Pemimpin Ulama di Tanah Banten

Forum Muslim - Banten merupakan provinsi Seribu Kyai Sejuta Santri. Tak heran jika nama Banten terkenal diseluruh Nusantara bahkan dunia Internasional. Sebab Ulama yang sangat masyhur bernama Syekh Nawawi AlBantani adalah asli kelahiran di Serang - Banten. Provinsi yang dikenal dengan seni debusnya ini disebut sebut memiliki paku atau penjaga yang sangat liar biasa. Berikut akan kami kupas 3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup. 1. Abuya Syar'i Ciomas Banten Selain sebagai kyai terpandang, masyarakat ciomas juga meyakini Abuya Syar'i sebagai himayah atau penopang bumi banten. Ulama yang satu ini sangat jarang dikenali masyarakat Indonesia, bahkan orang banten sendiri masih banyak yang tak mengenalinya. Dikarnakan Beliau memang jarang sekali terlihat publik, kesehariannya hanya berdia di rumah dan menerima tamu yg datang sowan ke rumahnya untuk meminta doa dan barokah dari Beliau. Banyak santri - santrinya yang menyaksikan secara langsung karomah beliau. Beliau jug

KH.MUNFASIR, Padarincang, Serang, Banten

Akhlaq seorang kyai yang takut memakai uang yang belum jelas  Kyai Laduni yang pantang meminta kepada makhluk Pesantren Beliau yang tanpa nama terletak di kaki bukit padarincang. Dulunya beliau seorang dosen IAIN di kota cirebon. Saat mendapatkan hidayah beliau hijrah kembali ke padarincang, beliau menjual seluruh harta bendanya untuk dibelikan sebidang sawah & membangun sepetak gubuk ijuk, dan sisa selebihnya beliau sumbangkan. Beliau pernah bercerita disaat krisis moneter, dimana keadaan sangatlah paceklik. Sampai sampai pada saat itu, -katanya- untuk makan satu biji telor saja harus dibagi 7. Pernah tiba tiba datanglah seseorang meminta doa padanya. Saat itu Beliau merasa tidak pantas mendoakan orang tersebut. Tapi orang tersebut tetap memaksa beliau yang pada akhirnya beliaupun mendoakan Alfatihah kepada orang tersebut. Saat berkehendak untuk pamit pulang, orang tersebut memberikan sebuah amplop yang berisi segepok uang. Sebulan kemudian orang tersebut kembali datang untuk memi

Kisah Siti Ummu Ayman RA Meminum Air Kencing Nabi Muhammad SAW

Di kitab Asy Syifa disebutkan bahwa Kanjeng Nabi Muhammad SAW punya pembantu rumah tangga perempuan bernama Siti Ummu Ayman RA. Dia biasanya membantu pekerjaan istri Kanjeng Nabi dan nginap di rumah Kanjeng Nabi. Dia bercerita satu pengalaman uniknya saat jadi pembantu Kanjeng Nabi. Kanjeng Nabi Muhammad itu punya kendi yang berfungsi sebagai pispot yang ditaruh di bawah ranjang. Saat di malam hari yang dingin, lalu ingin buang air kecil, Kanjeng Nabi buang air kecil di situ. Satu saat, kendi pispot tersebut hilang entah ke mana. Maka Kanjeng Nabi menanyakan kemana hilangnya kendi pispot itu pada Ummu Ayman. Ummu Ayman pun bercerita, satu malam, Ummu Ayman tiba-tiba terbangun karena kehausan. Dia mencari wadah air ke sana kemari. Lalu dia nemu satu kendi air di bawah ranjang Kanjeng Nabi SAW yang berisi air. Entah air apa itu, diminumlah isi kendi itu. Pokoknya minum dulu. Ternyata yang diambil adalah kendi pispot Kanjeng Nabi. Dan yang diminum adalah air seni Kanjeng Nabi yang ada dal

ALASAN ALI MENUNDA QISHASH PEMBUNUH UTSMAN

Oleh :  Ahmad Syahrin Thoriq   1. Sebenarnya sebagian besar shahabat yang terlibat konflik dengan Ali khususnya, Zubeir dan Thalhah telah meraih kesepakatan dengannya dan mengetahui bahwa Ali akan menegakkan hukum qishash atas para pemberontak yang telah membunuh Utsman.  Namun akhirnya para shahabat tersebut berselisih pada sikap yang harus diambil selanjutnya. Sebagian besar dari mereka menginginkan agar segera diambil tindakan secepatnya. Sedangkan Ali memilih menunda hingga waktu yang dianggap tepat dan sesuai prosedur. 2. Sebab Ali menunda keputusan untuk menegakkan Qishash adalah karena beberapa pertimbangan, diantaranya : Pertama, para pelaku pembunuh Ustman adalah sekelompok orang dalam jumlah yang besar. Mereka kemudian berlindung di suku masing-masing atau mencari pengaruh agar selamat dari hukuman. Memanggil mereka untuk diadili sangat tidak mungkin. Jalan satu-satunya adalah dengan kekuatan. Dan Ali menilai memerangi mereka dalam kondisi negara sedang tidak stabil sudah pas

Abuya Syar'i Ciomas Banten

''Abuya Syar'i Ciomas(banten)" Abuya Syar'i Adalah Seorang Ulama Yg Sangat Sepuh. Menurut beliau sekarang beliau telah berrusia lebih dari 140 tahun. Sungguh sangat sepuh untuk ukuran manusia pada umumnya. Abuya Sar'i adalah salah satu murid dari syekh. Nawawi al bantani yg masih hidup. Beliau satu angkatan dengan kyai Hasyim asy'ary pendiri Nahdatul ulama. Dan juga beliau adalah pemilik asli dari golok ciomas yg terkenal itu. Beliau adalah ulama yg sangat sederhana dan bersahaja. Tapi walaupun begitu tapi ada saja tamu yg berkunjung ke kediamannya di ciomas banten. Beliau juga di yakini salah satu paku banten zaman sekarang. Beliau adalah kyai yg mempunyai banyak karomah. Salah satunya adalah menginjak usia 140 tahun tapi beliau masih sehat dan kuat fisiknya. Itulah sepenggal kisah dari salah satu ulama banten yg sangat berpengaruh dan juga kharismatik. Semoga beliau senantiasa diberi umur panjang dan sehat selalu Aaamiiin... (FM/ FB )

Daun Pepaya Jepang, Aman Untuk Pakan Kambing di @kapurinjing