Langsung ke konten utama

31 Manfaat Buah Tin Si “Buah dari Surga” Buah tin segar kaya manfaat






Buah Tin

Forum Muslim - Khasiat buah tin sudah cukup fenomenal sekali. Tidak hanya populer di kalangan masyarakat umum saja, tetapi manfaat buah tin juga telah disebutkan dalam Al-Qur'an, tepatnya di suat At-tin 1-2.

Berikut ini firman Allah SWT dalam Al-Qur'an dan hadits terkait khasiat buah tin bagi manusia.

" Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina," (at-Tin: 1-2)

Abu Darda radhiallahu'anhu juga meriwayatkan sabda Nabi bahwa:

"Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok" (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma'aad )"

Pohon buah tin atau ara

Firman dan hadist diatas sebenarnya telah menunjukan seberapa besarnya manfaat buah tin bagi manusia. Nah bagi Anda yang belum mengetahui khasiat buah tin si "Buah dari surga" pada kesempatan kali ini saya sajikan informasinya khusus untuk Anda.

Namun sebelum kita membahas informasi tersebut, silahkan simak terlebih dahulu informasi kandungan buah tin dan nutrisinya.

Nutrisi dan Kandungan Buah Tin

Buah tin terkenal sebagai buah dengan kandungan nutrisi cukup lengkap, baik itu nutrisi dalam bentuk vitamin ataupun mineral. Kandungan-kandungan inilah yang menjadi alasan para ahli memposisikan buah tin sebagai buah super nutrition.

Buah tin kering sering untuk oleh-oleh haji dan umroh

Dilansir dari California Fig-s Advisory, Nutritional value per 100 g (3.5 oz) antara lain adalah:

- Energi 250 kcal 1040 kJ

- Karbohidrat 63.87 g

- Gula 47.92 g

- Dietary fiber (serat) 9.8 g

- Lemak 0.93 g

- Protein 3.30 g

- Thiamine (Vit. B1) 0.085 mg 7%

- Niacin (Vit. B3) 0.619 mg 4%

- Riboflavin (Vit. B2) 0.082 mg 5%

- Pantothenic acid (B5) 0.434 mg 9%

- Vitamin B6 0.106 mg 8%

- Magnesium 68 mg 18%

- Folat (Vit. B9) 9 μg 2%

- Vitamin C 1.2 mg 2%

- Zinc 0.55 mg 6%

- Kalsium 162 mg 16%

- Iron 2.03 mg 16%

- Fosfor 67 mg 10%

- Potassium 680 mg 14%

Kandungan nutrisi buah tin atau ara memang cukup tinggi sekali, akan tetapi sangat jarang masyarakat Indonesia yang mengonsumsi buah tin secara rutin. Biasanya buah satu ini dibeli untuk oleh-oleh ibadah haji dan umroh. Padahal di Indonesia sendiri sebenarnya sudah banyak budidaya buah tin, hanya saja harganya terbilang masih cukup mahal.

Khasiat Buah Tin Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Jaga kesehatan keluarga dengan konsumsi buah tin/ara

1. Mengatasi hipertensi dan jantung koroner

Tekanan darah tinggi dapat muncul disebabkan karena adanya penyempitan pembuluh darah, apabila kondisi tersebut dibiarkan maka akan menyebabkan munculnya penyakit jantung koroner yang sangat berbahaya.

Buah tin mengandung senyawa mineral alami seperti magnesium, fosfor, omega 3, omega 6, dan fenol. Kandungan-kandungan mineral alami inilah yang cukup berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah munculnya penyakit jantung koroner.

2. Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh

Buah tin terkenal sebagai jenis buah yang mengandung serat larut cukup baik. Menurut ahli, kandungan serat larut berupa pektin dalam buah tin sangatlah berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Manfaat buah tin satu ini dapat muncul karena ketika pektin masuk kedalam tubuh, kandungan tersebut akan menyapu semua kolesterol dan membuangnya melalui sistem ekskresi. Baik itu ekskresi berupa BAB, keringat, ataupun dalam bentuk air seni.

3. Mencegah serangan jantung

Serangan jantung menjadi penyakit mematikan nomor satu di seluruh dunia, kurang dari satu menit 1 orang meninggal dunia akibat penyakit tersebut. Maka dari itu, cegah penyakit jantung mulai dari sekarang.

Munculnya serangan jantung dapat disebabkan karena kadar natrium dalam tubuh cukup tinggi, natrium ini akan menimbulkan penyempitan pembuluh dan plak yang membuat kinerja jantung semakin berat dalam mendistribusikan darah keseluruh tubuh.

Menurut penelitian yang telah dilakukan di Arab Saudi, buah tin mengandung senyawa kalium tinggi yang cukup baik untuk menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Para ahli juga berpendapat, konsumsi buah tin minimal 1x sehari akan membantu menekan resiko Anda terkena serangan jantung mendadak.

4. Baik untuk penderita diabetes

Mungkin dokter akan menyarankan seorang penderita diabetes untuk tidak mengonsumsi makanan manis. Namun meskipun buah tin itu manis, kandungan glukosa dan fruktosa dalam buah ini tidak akan membuat kadar gula dalam darah Anda naik.

Sebab selain mengandung glukosa dan fruktosa, buah tin juga mengandung serat larut dan karbohidrat. Kedua kandungan inilah yang akan menghambat proses penyerapan gula berlebih pada bagian sistem pencernaan Anda secara optimal. Bahkan, beberapa ahli menambahkan buah satu ini juga cukup efektif untuk mencegah diabetes, namun dengan syarat konsumsi tidak berlebihan.


5. Mencegah kanker mematikan

Selain penyakit serangan jantung, kanker juga menjadi jenis penyakit mematikan nomor kedua di dunia. Munculnya kanker dapat disebabkan karena berbagai macam faktor, termasuk salah satunya adalah radikal bebas.

Adanya radikal bebas dapat merusak sel kulit dan mengaktifkan pertumbuhan sel secara abnormal (sel kanker). Untuk mencegahnya Anda dapat konsumsi buah tin, sebab buah satu ini mengandung polyfenolyang bertindak sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

Ada banyak sekali jenis kanker yang dapat dicegah dengan konsumsi buah tin, seperti kanker serviks, kanker payyu-darra, kanker otak, dan lainnya. Selain itu, kandungan serat larutnya dipercaya juga cukup efektif mencegah kanker kolon (usus besar).

6. Mencegah keropos tulang dan menguatkannya

Khasiat buah tin / ara selanjutnya adalah baik untuk tulang. Osteoporosis merupakan salah satu jenis penyakit tulang yang bisa dicegah dengan mengonsumsi buah tin secara rutin.

Dalam buah tin terkandung senyawa kalsium yang cukup tinggi, bahkan para ahi gizi mengungkapkan kandungan kalsium dan fosfor dalam buah tin lebih tinggi dari pada kandungan dalam susu.

Bagi Anda usia 30 keatas konsumsi kalsium sangat berkhasiat untuk mencegah osteoporosis, sedangkan untuk anak-anak nutrisi tersebut akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi secara optimal.

7. Meninggikan badan secara alami

Apakah Anda ingin tinggi? apabila benar demikian, silahkan konsumsi buah tin setiap harinya. dengan berbagai kandungan mineral alaminya, termasuk kalsium, fosfor, magnesium, mangan, dll buah satu ini cukup berkhasiat untuk menambah tinggi badan Anda secara maksimal.

Selain menambah tinggi badan, kandungan nutrisi lengkap dalam buah tin juga baik untuk menggantikan konsumsi susu bagi Anda yang mengalami alergi susu, terutama alergi susu sapi.

8. Menggemukan badan

Program diet sehat tidak hanya bertujuan untuk menguruskan badan saja, namun beberapa orang yang krempeng memerlukan berat badan lebih. Untuk meningkatkan berat badan Anda, silahkan konsumsi buah tin bersamaan dengan susu sebelum tidur.

Cara ini sudah saya coba sendiri, dan hasilnya dalam seminggu badan lebih berisi dan berat badan naik 2 kg. Tidak perlu takut kegemukan, sebab kandungan serat dalam buah ini tidak akan menyebabkan timbunan lemak tubuh, tetapi malah menyebabkan tubuh lebih kencang.

9. Mengatasi susah tidur atau insomnia

Gajala susah tidur dapat muncul disebabkan karena berbagai macam faktor, mulai dari konsumsi minuman berkafein (kopi) sampai dengan kondisi stres dan trauma. Selain mengatasi stres, Anda juga bisa menghilangkan susah tidur tersebut dengan konsumsi buah tin.

Menurut penelitian di Universitas Yale, buah tin mengandung senyawa tryptophan yang cukup efektif untuk memberikan rasa nyaman, tenang, dan rileks bagi pikiran kita. Sehingga sangatlah baik untuk menghilangkan insomnia dan membuat tidur lebih nyenyak.

10. Mampu mengatasi anemia (kekurangan darah)

Manfaat buah tin bagi anemia sangatlah luar biasa. Buah satu ini dipercaya mampu mengoptimalkan pembentukan hemoglobin (HB) dalam darah kita. dengan demikian, buah tin bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi anemia.

Khasiat buah tin untuk penambah darah ini dapat muncul disebabkan karena kandungan zat besi yang cukup tinggi. dimana kandungan zat besi inilah yang menjadi bahan baku pembentukan hemoglobin darah Anda.

11. Sumber nutrisi yang cukup baik dan lengkap

Buah tin tidak mengandung lemak jahat, garam, dan kolesterol, akan tetapi mengandung kalsium, serat, dan kalium yang cukup tinggi. Selain itu buah tin juga mengandung sodium yang cukup rendah.

Buah tin juga mengandung kaya akan senyawa benzaldehida (senyawa anti-kanker seperti beta-karoten). Menariknya lagi buah satu ini juga diperkaya dengan kandungan vitamin penting untuk tubuh, seperti vitamin A, B, dan C.

Dengan berbagai macam kandungan nutrisi diatas, kita akan mendapatkan gizi harian yang cukup.

12. Mengatasi susah BAB (sembelit)

Sejak jaman dahulu kala buah tin sudah banyak digunakan sebagai herbal pencahar alami. kandungan serat yang bersifat laktasif dalam buah ini dipercaya mampu menyembuhkan sembelit kronis.

Khasiat buah tin tidak hanya mampu menyembuhkan sembelit kronis saja, tetapi dengan konsumsi secara rutin buah ini juga cukup baik untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan tubuh Anda.

Baca: Manfaat buah pepaya bantu atasi susah BAB

13. Baik untuk wasir dan ambeien (lihat hadist diatas)

Khasiat buah tin untuk wasir atau ambeien telah disebutkan secara jelas dalam hadist sabda Nabi Muhammad SAW diatas. Dikatakan buah satu ini cukup baik untuk menyembuhkan wasir dan encok.

Setelah dilakukan penelitian mendalam mengenai hal tersebut ternyata memang benar, dalam buah tin ini mengandung senyawa flavonoid cukup tinggi yang mampu mencegah radikal bebas dan peradangan penyebab wasir semakin parah.

Para ahli juga berpendapat, dengan konsumsi buah tin setiap hari minimal 1 butir, maka wasir seseorang akan sembuh dengan sangat mudaj sekali.

14. Mencegah tumor jinak dan ganas

Tumor jinak merupakan sebuah penyakit pada permukaan organ tubuh yang disebabkan karena adanya pertumbuhan sel secara abnormal. Dikatakan jinak, karena benjolan yang muncul tidak merusak jaringan di sekitarnya.

Buah tin mengandung benzaldehide dan phenol, kandungan kedua senyawa ini dipercaya mampu menghentikan pertumbuhan parasit, jamur, dan virus yang menjadi penyebab munculnya tumor jinak.

Tidak hanya mampu mencegah tumor jinak saja, namun kombinasi antara antioksidan juga cukup efektif untuk membantu Anda cegah penyakit tumor ganas.

15. Mengatasi gangguan sistem pernapasan

Asma merupakan gejala sesak napas yang disebabkan karena adanya infeksi peradangan pada bagian saluran pernafasan tubuh, lebih tepatnya pada bagian alveolus (saluran menuju paru).

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi jus buah tin setiap harinya. dengan kandungan antibakterial dan antiseptik, infeksi saluran pernapasan tersebut dapat teratasi dengan sangat mudah sekali.

16. Mengobati bisul-bisul dan abses

Bisul dan abses merupakan penyakit pada bagian kulit, munculnya penyakit ini disebabkan karena adanya alergi dan infeksi bakteri/kuman tertentu. Dengan kandungan antibakterialnya, buah tin cukup berkhasiat untuk mengatasi adanya penyakit kulit tersebut.

Caranya cukup mudah, tinggal Anda mengoleskan halusan buah tin secara merata ke bagian kulit yang bermasalah. Lalu diamkan sampai mengering dan bilas dengan menggunakan air hangat.

17. Mempercepat penyembuhan luka baru

Luka sayatan benda tajam, luka terkabar, dan luka baru lainnya bisa Anda sembuhkan dengan menggunakan buah tin. Sebab buah satu ini mengandung antiseptik yang mampu mempercepat penyembuhan luka tersebut.

Manfaat buah tin satu ini akan semakin maksimal, apabila Anda juga mengoleskan buah tersebut secara langsung pada bagian luka. Ya walaupun sebenarnya sangat perih menurut saya.

18. Mengobati sakit tenggorokan

Kurangnya kelembaban pada tenggorokan bisa menyebabkan bagian organ tersebut terasa sakit, bahkan jika dibiarkan akan menyebabkan munculnya pendarah. Penyakit tenggorokan ini sering disebut juga dengan sore throat.

Buah tin mngandung lendir yang cukup tinggi, kandungan lendir inilah yang mampu mengatasi sakit tenggorokan Anda dengan cara melembabkannya secara alami. Anda bisa mengonsumsi jus buah tin tanpa menggunakan tambahan pemanis gula.

Khasiat Buah Tin Untuk Diet Sehat

Buah tin baik untuk diet sehat

19. Mampu menurunkan berat badan

Buah tin kombinasi dengan susu sangat baik untuk meningkatkan berat badan, namun apabila Anda ingin menurunkan berat badan silahkan konsumsi jus buah tin saja (tanpa tambahan susu).

Menurut para ahli diet sehat seperti Dr OZ, kandungan serat terlarut dalam buah satu ini mampu mengikat lemak dalam tubuh dan membuangnya melalui sistem pencernaan.

Namun untuk mendapatkan manfaat buah tin bagi diet secara maksimal, silahkan terapkan pula dengan melakukan olahraga secara rutin.


Khasiat Buah Tin Khusus Untuk Pria dan Wanita

Buat tin, rahasia kuat untuk pria

20. Mencegah penuaan pada wanita menopause

Gejala-gejala penuaan memang wajar terjadi, dan bahkan setiap orang akan mengalami fase penuaan tersebut, terleboh jika memasuki menopause. Namun Anda bisa menghambatnya dengan mengonsumsi buah tin setiap hari.

Menurut penelitian, seseorang yang mengonsumsi buah kaya akan serat (seperti buah tin), mereka akan mengalami resiko penuaan yang lebih rendah dari orang lain. Bahkan beberapa ahli berpendapat konsumsi buah tin akan membuat kita nampak lebih awet muda.


21. Mencegah kanker prostat

Kanker prostat sangatlah beresiko menyerang bagi pria dan wanita dewasa yang sudah memasuki usia lebih dari 30 tahun. Untuk mencegahnya saya sarankan Anda mengonsumsi buah tin.

Sebab buah tin mengandung senyawa coumarins, yang menurut para ahli kandungan tersebut akan sangat baik untuk membantu Anda mencegah penyakit kanker prostat di usia lebih dari 30 tahun.

22. Meningkatkan kekuatan pria ketika di ranjang

Hubungan suami istri akan semakin harmanis manakala pasangan pria memiliki kekuatan atau stamina yang lebih besar. Dipercaya buah tin mampu mengatasi kelemahan bagi seorang pria.

Berikut cara mendapatkan khasiat buah tin bagi keperkasaan tersebut.

- Siapkan 2-3 buah tin yang masih segar, lalu ambil daging buahnya.

- Kemudian rendam daging buah tersebut kedalam 1 gelas susu selama semalam.

- Ketika pagi konsumsilah ramuah herbal tersebut secara rutin.

Dengan menerapkan cara diatas selama 1 bulan, maka Anda akan mendapatkan keperkasaan yang tiada tandingannya. Dijamin !

Manfaat Buah Tin Untuk Kecantikan Secara Alami

Atasi jerawat dengan masker buah tin

23. Merawat kesehatan dan kecantikan kulit

Kandungan coumarins diatas tidak hanya bermanfaat untuk mencegah kanker prostat saja, namun lebih dari itu kandungan tersebut juga mampu merawat kesehatan kulit.

Hal ini dapat terjadi karena coumarins bersifat sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kulit menjadi rusak. bahkan kandunan vitamin C tinggi dalam buah tin juga dipercaya mampu mencerahkan kulit dengan mengoptimalkan regenerasi sel baru

24. Membersihkan penyumbatan pori dan mengatasi jerawat

Munculnya jerawat salah satunya dapat disebabkan karena adanya penyumbatan pori oleh minyak dan sisa kotoran yang menempel. Semakin banyak minyak dan kotoran pada wajah, maka jerawat yang muncul akan semakin banyak pula.

Khasiat buah tin untuk mengatasi penyumbatan tersebut cukup besar. buah satu ini mengandung mineral alkali yang mampu mengontrol pH kulit. Selain itu kandungan tersebut juga mampu membersihkan kulit pori-pori dari masalah penyumbatan secara alami.

Caranya cukup dengan mengonsumsi buah tin setiap harinya, atau bisa juga dengan mengoleskan halusan buah tersebut secara merata pada bagian wajah selama 15-30 menit sehari saja.

Manfaat Buah Tin Untuk Ibu Hamil

Buah tin baik untuk menu makan ibu hamil

25. Baik untuk ibu sedang hamil dan baru saja melahirkan

Khasiat buah tin bagi ibu hamil sangatlah luar biasa. Dengan kandungan berbagai nutrisi di dalamnya seperti asam folat, protein, serat, kalsium, dan berbagai mineral alami lainnya, mambuat buah satu ini cukup baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan janin dalam kandungan.

Buah tin atau ara tidak hanya bermanfaat saat kehamilan saja, tetapi kandungan zat besi dalam buah tersebut juga sangat baik untuk ibu yang baru saja melahirkan. Sebab menurut para ahli, ketika melahirkan seorang ibu akan mengalami defisiensi (kekurangan) banyak zat besi.

Manfaat Buah Tin Untuk Makanan

Makanan dari buah tin

26. Membuat berbagai olahan makanan lezat

Di Eropa dan negara-negara barat lainnya, buah tin sering dimanfaatkan sebagai pengganti gula atau pemanis. Sebab buah satu ini memiliki rasa manis yang cukup tinggi, bahkan manisnya buah tin matang bisa melebihi manisnya gula.

Biasanya buah tin dimanfaatkan untuk membuat puding, roti, selai, jeli, taart, dan masih banyak lagi. Anda pun juga bisa membuat makanan-makanan tersebut dengan memanfaatkan manisnya buah tin.

27. Baik untuk dikonsumsi siapa saja

Dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap, membuat buah tin bisa dikonsumsi siapa saja. Baik itu mulai dari anak-anak, ramaja, dewasa, dan bahkan lansia.

Untuk anak-anak, khasiat buah tin mampu mengoptimalkan pertumbuhan mereka, sedangkan untuk remaja Anda bisa menggunakan buah ini untuk kecantikan dan diet. Pada lansia, buah tin bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Khasiat Daun Pohon Buah Tin Bagi Pengobatan

Daun pohon tin juga berkhasiat

Manfaat buah tin memang cukup besar, namun selain itu daun pohon buah tin ternyata juga memiliki manfaat yang sama besarnya. Terutama manfaat untuk pengobatan penyakit.

28. Mampu menurunkan tingkat trigliserida

Trigliserida merupakan jenis kolesterol jahat yang ada dalam tubub kita, semakin tinggi lemak jahat/kolesterol tersebut maka akan semakin berbahaya sekali bagi kesehatan.

Untuk menurunkannya, Anda dapat mengonsumsi teh dari daun pohon ara atau tin. Selain membantu menurunkan trigliserida, kandungan mineral dalam teh ara juga cukup baik untuk menyegarkan tubuh.

29. Meluruhkan batu ginjal

Khasiat daun pohon tin atau ara selanjutnya adalah meluruhkan batu ginjal. Daun pohon ara mengandung saponin dan alkaloid yang bersifat diuretik, sifatnya inilah yang dapat melarutkan kotoran dan batu pada organ ginjal secara maksimal.

Anda bisa mendapatkan khasiat daun ara tersebutr dengan merebus dan mengonsumsinya secara rutin setiap hari, usahakan sehari minimal konsumsi sebanyak 1 kali saja.

30. Mengontrol kadar gula dalam darah

Selain buahnya berkhasiat menurunkan kadar gula dalam darah, daun ara ternyata juga berkhasiat untuk mengontrol kadar gula dalam darah secara optimal. sebab daun tin dipercaya mampu meningkatkan sensitivitas hormon insulin dalam memecah glukosa dalam tubuh.

31. Meningkatkan sistem imun tubuh (kekebalan)

Konsumsilah teh daun ara secara rutin setiap harinya, dengan kandungan bio-flavonoid, polifenol, dan vitamin C yang bersifat antioksidan, sistem kekebalan tubuh Anda akan semakin meningkat.

Sehingga tubuh akan lebih kuat dalam menangkal berbagai macam serangan penyakit, baik itu penyakit ringan ataupun penyakit yang bersifat bahaya.

Itulah berbagai manfaat buah tin si "buah dari surga". Untuk mendapatkan semua khasiat buah tin diatas, silahkan konsumsi jus buahnya dan gunakan masker daging buah tin secara rutin setiap hari.

Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba... !

Sumber : Dokter FB

Artikel Terkait

Komentar

Artikel Populer

Prahara Aleppo

French Foreign Minister Bernard Kouchner takes off a Jewish skull-cap, or Kippa, at the end of a visit to the Yad Vashem Holocaust Memorial in Jerusalem, Tuesday, Sept. 11, 2007. Kouchner is on an official visit to Israel and the Palestinian Territories. (AP Photo/Kevin Frayer) Eskalasi konflik di Aleppo beberapa hari terakhir diwarnai propaganda anti-rezim Suriah yang sangat masif, baik oleh media Barat, maupun oleh media-media “jihad” di Indonesia. Dan inilah mengapa kita (orang Indonesia) harus peduli: karena para propagandis Wahabi/takfiri seperti biasa, mengangkat isu “Syiah membantai Sunni” (lalu menyamakan saudara-saudara Syiah dengan PKI, karena itu harus dihancurkan, lalu diakhiri dengan “silahkan kirim sumbangan dana ke no rekening berikut ini”). Perilaku para propagandis perang itu sangat membahayakan kita (mereka berupaya mengimpor konflik Timteng ke Indonesia), dan untuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di Suriah. Tulisan i

ALASAN ALI MENUNDA QISHASH PEMBUNUH UTSMAN

Oleh :  Ahmad Syahrin Thoriq   1. Sebenarnya sebagian besar shahabat yang terlibat konflik dengan Ali khususnya, Zubeir dan Thalhah telah meraih kesepakatan dengannya dan mengetahui bahwa Ali akan menegakkan hukum qishash atas para pemberontak yang telah membunuh Utsman.  Namun akhirnya para shahabat tersebut berselisih pada sikap yang harus diambil selanjutnya. Sebagian besar dari mereka menginginkan agar segera diambil tindakan secepatnya. Sedangkan Ali memilih menunda hingga waktu yang dianggap tepat dan sesuai prosedur. 2. Sebab Ali menunda keputusan untuk menegakkan Qishash adalah karena beberapa pertimbangan, diantaranya : Pertama, para pelaku pembunuh Ustman adalah sekelompok orang dalam jumlah yang besar. Mereka kemudian berlindung di suku masing-masing atau mencari pengaruh agar selamat dari hukuman. Memanggil mereka untuk diadili sangat tidak mungkin. Jalan satu-satunya adalah dengan kekuatan. Dan Ali menilai memerangi mereka dalam kondisi negara sedang tidak stabil sudah pas

3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup - Himayah atau Pemimpin Ulama di Tanah Banten

Forum Muslim - Banten merupakan provinsi Seribu Kyai Sejuta Santri. Tak heran jika nama Banten terkenal diseluruh Nusantara bahkan dunia Internasional. Sebab Ulama yang sangat masyhur bernama Syekh Nawawi AlBantani adalah asli kelahiran di Serang - Banten. Provinsi yang dikenal dengan seni debusnya ini disebut sebut memiliki paku atau penjaga yang sangat liar biasa. Berikut akan kami kupas 3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup. 1. Abuya Syar'i Ciomas Banten Selain sebagai kyai terpandang, masyarakat ciomas juga meyakini Abuya Syar'i sebagai himayah atau penopang bumi banten. Ulama yang satu ini sangat jarang dikenali masyarakat Indonesia, bahkan orang banten sendiri masih banyak yang tak mengenalinya. Dikarnakan Beliau memang jarang sekali terlihat publik, kesehariannya hanya berdia di rumah dan menerima tamu yg datang sowan ke rumahnya untuk meminta doa dan barokah dari Beliau. Banyak santri - santrinya yang menyaksikan secara langsung karomah beliau. Beliau jug

Daun Pepaya Jepang, Aman Untuk Pakan Kambing di @kapurinjing

Sholawat-Sholawat Pembuka Hijab

Dalam Islam sangat banyak para ulama-ulama sholihin yang bermimpi Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam dan mendapatkan petunjuk atau isyarat untuk melakukan atau mengucapkan kalimat-kalimat tertentu (seperti dzikir, sholawat, doa dll ). Bahkan sebagian di antara mereka menerima redaksi sholawat langsung dari Rasulullah dengan ditalqin kata demi kata oleh Beliau saw. Maka jadilah sebuah susunan dzikir atau sholawat yg memiliki fadhilah/asror yg tak terhingga.  Dalam berbagai riwayat hadits dikatakan bahwa siapa pun yang bermimpi Nabi saw maka mimpi itu adalah sebuah kebenaran/kenyataan, dan sosok dalam mimpinya tersebut adalah benar-benar Nabi Muhammad saw. Karena setan tidak diizinkan oleh Alloh untuk menyerupai Nabi Muhammad saw. Beliau juga bersabda, "Barangsiapa yg melihatku dalam mimpi maka ia pasti melihatku dalam keadaan terjaga" ----------------------------- 1. SHOLAWAT JIBRIL ------------------------------ صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ SHOLLALLOOH 'ALAA MUHAMMA

KENAPA SUAMI BISA SELINGKUH??

Ilustrasi Keluarga Oleh :  Mufrodah Odah Pernah menonton drama Korea berjudul LOVE, MARRIAGE AND DIVORCE? Drama ini mengisahkan tiga perempuan yang diselingkuhi oleh suami mereka. Jadi, aku rasa drama ini cukup menjawab, kenapa seorang suami bisa berselingkuh.  Kita bahas satu persatu ya. 🫰 PEREMPUAN PERTAMA: Boo Hye Ryung, 30 th. Penyiar radio Cantik, muda, modis, karir cemerlang. Itulah Boo Hye Ryung. Namun, sang suami yang bekerja sebagai pengacara, tetap berselingkuh dengan seorang janda yang usianya jauh lebih tua hingga janda itu hamil.  Suami Boo Hye Rung bilang jika dia selingkuh karena istrinya tidak pandai dalam urusan rumah tangga (tidak menyiapkan dan memasakkan makanan), juga karena istrinya tidak ingin segera punya anak alias ingin fokus di karir dulu. Juga, karena kadang istrinya lebih mendominasi.  Kata kunci: cantik, modis, muda, karir cemerlang, tapi tidak pandai mengurus urusan rumah tangga. 🫰 PEREMPUAN KEDUA: Lee Si Eun, 50 th.  Penulis program radio Ibu dari dua

Tafsir Kemenag : Tafsir Al-Qur'an Surat Al-An'am Ayat 155

وَهٰذَا كِتٰبٌ اَنْزَلْنٰهُ مُبٰرَكٌ فَاتَّبِعُوْهُ وَاتَّقُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَۙ  ( الانعام : ١٥٥)   Dan Al-Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat. ( QS. Al-An'am ayat 155 ). Ayat ini menjelaskan peranan Al-Qur'an bagi manusia. Dan ini adalah Kitab Al-Qur'an yang Kami turunkan melalui Malaikat Jibril dengan penuh berkah, yakni segala macam kebaikan, baik lahir maupun batin, yang sangat berguna bagi kehidupan manusia di dunia maupun di akhirat. Ikutilah apa yang ada di dalamnya, amalkanlah isinya, dan bertakwalah, jagalah dirimu dari api neraka, waspadalah, dan taatilah ketentuan yang ada di dalam kitab itu. Itu semua agar kamu mendapat rahmat kasih sayang dari Allah. Orang yang diberi kasih sayang dari Allah akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Ayat ini kembali menerangkan sifat-sifat dan kedudukan Al-Qur'an yang mencakup segala macam petunjuk dan hukum syariat yang di

KH.MUNFASIR, Padarincang, Serang, Banten

Akhlaq seorang kyai yang takut memakai uang yang belum jelas  Kyai Laduni yang pantang meminta kepada makhluk Pesantren Beliau yang tanpa nama terletak di kaki bukit padarincang. Dulunya beliau seorang dosen IAIN di kota cirebon. Saat mendapatkan hidayah beliau hijrah kembali ke padarincang, beliau menjual seluruh harta bendanya untuk dibelikan sebidang sawah & membangun sepetak gubuk ijuk, dan sisa selebihnya beliau sumbangkan. Beliau pernah bercerita disaat krisis moneter, dimana keadaan sangatlah paceklik. Sampai sampai pada saat itu, -katanya- untuk makan satu biji telor saja harus dibagi 7. Pernah tiba tiba datanglah seseorang meminta doa padanya. Saat itu Beliau merasa tidak pantas mendoakan orang tersebut. Tapi orang tersebut tetap memaksa beliau yang pada akhirnya beliaupun mendoakan Alfatihah kepada orang tersebut. Saat berkehendak untuk pamit pulang, orang tersebut memberikan sebuah amplop yang berisi segepok uang. Sebulan kemudian orang tersebut kembali datang untuk memi

Abuya Syar'i Ciomas Banten

''Abuya Syar'i Ciomas(banten)" Abuya Syar'i Adalah Seorang Ulama Yg Sangat Sepuh. Menurut beliau sekarang beliau telah berrusia lebih dari 140 tahun. Sungguh sangat sepuh untuk ukuran manusia pada umumnya. Abuya Sar'i adalah salah satu murid dari syekh. Nawawi al bantani yg masih hidup. Beliau satu angkatan dengan kyai Hasyim asy'ary pendiri Nahdatul ulama. Dan juga beliau adalah pemilik asli dari golok ciomas yg terkenal itu. Beliau adalah ulama yg sangat sederhana dan bersahaja. Tapi walaupun begitu tapi ada saja tamu yg berkunjung ke kediamannya di ciomas banten. Beliau juga di yakini salah satu paku banten zaman sekarang. Beliau adalah kyai yg mempunyai banyak karomah. Salah satunya adalah menginjak usia 140 tahun tapi beliau masih sehat dan kuat fisiknya. Itulah sepenggal kisah dari salah satu ulama banten yg sangat berpengaruh dan juga kharismatik. Semoga beliau senantiasa diberi umur panjang dan sehat selalu Aaamiiin... (FM/ FB )

Kenapa Mimbar Rasulullah SAW Berada Di Kiri Arsyi ?

Rasulullah Saw bersabda, "Ketahuilah bahwa mimbarnya Nabi Ibrahim AS berada disebelah kanan Arsy dan mimbarku disebelah kiri Arsy-Nya Allah Swt". Maka para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, engkau lebih utama dari Nabi Ibrahim. Kenapa engkau ditempatkan disebelah kiri Arsy, sedangkan Nabi Ibrahim disebelah kanannya Arsy?". Rasulullah menjawab, "Jalan ke Surga berada disebelah kanan Arsy, sedangkan jalan menuju Neraka disebelah kiri Arsy. Aku berada disebelah kiri, supaya aku dapat melihat umatku yang akan dimasukkan ke Neraka dan kemudian aku berikan syafa'at kepadanya". Ketika aku berada dimimbarku, aku mendengar jeritan umatku, berteriak-teriak seraya berkata,"Pahalaku sedikit dan dosaku banyak!". Rasulullah Saw berkata kepada Malaikat,"Jangan masukkan dia ke Neraka". Malaikat menjawab, "Aku adalah Malaikat yang melaksanakan apa saja yang diperintahkan Allah Swt kepadaku". Maka Rasulullah turun dari mimba