Kamis, 27 Desember 2018

Penyebab Tidak Populernya Kajian Arkeologi, Antropologi dan Sosiologi di Kalangan Sarjana Timur Tengah

Ust. Abdi Kurnia Djohan
Forum Muslim - Prof. Jawwad Ali sangat menyayangkan tidak adanya keinginan Pemerintah Negara-negara Arab untuk mendorong riset tentang Arab pada masa Jahiliyyah. Selama ini informasi tentang Arab pada masa Jahiliyyah hanya didapat dari Umru'ul Qais. Itu pun jumlahnya terbatas.

Kebalikan dari Pemerintah Negara-negara Arab, Negara-negara Barat memberi support yang tidak sedikit kepada para ilmuwannya untuk menggali informasi tentang Arab pada masa jahiliyyah. Sehingga pada akhirnya, para ilmuwan Arab sangat bergantung kepada hasil riset ilmuwan Barat tentang Arab pada masa Jahiliyyah.

Menurut Prof. Jawwad Ali, tidak semestinya isu kebangkitan paganisma menjadi ketakutan Pemerintah Negara-negara Arab untuk mendorong riset tentang Arab pada masa jahiliyyah. Riset tentang itu, utamanya riset arkeologis penting dilakukan untuk memperjelas jejak bangsa Arab dari masa Nabi Ibrahim hingga masa Nabi Muhammad.

Dari penjelasan Prof. Jawwad Ali di atas, saya bisa memahami kenapa kajian arkeologi, antropologi dan juga sosiologi tidak begitu populer di kalangan sarjana Timur Tengah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini