Langsung ke konten utama

Perang Fakta dan Opini Antara Tragedi Bagi Sembako Maut di Monas VS Persekusi di CFD, Cerminan Masyarakat Yang Terbelah

•••••••

Bangsa ini memang sudah "terbelah", diakui atau tidak, suka atau tidak dengan kenyataan ini, kita tak bisa menampik fakta bahwa masyarakat kita telah terbelah sejak Pilpres 2014 dan kembali menajam ketika Pilgub DKI 2017 lalu.
Jangankan soal aspirasi politik dan preferensi terhadap tokoh, bahkan sekedar untuk bersimpati pada korban-korban kejahatan kemanusiaan maupun sekedar mengutuk kelalaian suatu kelompok yang mengakibatkan korban jiwa, sebagian dari kita harus "mikir" dulu, bertanya dulu siapa korbannya. Dari kubu 'kami' atau 'mereka'. Bahkan seandainya korban bukan dari kubu 'kami'  atau 'mereka', kira-kira membawa nilai tambah tidak untuk kubu 'kami' kalau kami ikut mengecam/mengutuki pelaku atau minimal memberikan simpati kepada korban.

Kita tentu masih ingat soal Hermansya, yang dipersekusi dengan alasan mobilnya menyenggol mobil lain di jalan tol. Karena Hermansya adalah ahli IT yang turut memberikan pendapatnya bahwa chat-sex yang dituduhkan kepada Habib Rizieq Shihab adalah palsu, maka yang memberikan simpati serta mengutuki pelaku adalah kubu yang pro Habib Rizeq.
Sementara yang kontra Habib Rizieq alih-alih bersimpati kepada korban, mereka justru menebarkan fitnah keji menyangkut kehidupan pribadi istri Pak Hermansya, yang malam itu justru jadi perempuan hebat yang tanpa rasa takut dan panik mampu membawa suaminya yang terluka parah ke RS sehingga nyawanya tertolong.
Gila! Cukuplah kalian diam jika tak mau menyampaikan simpati. Bukannya malah memperkeruh keadaan dengan menambah penderitaan moril korban dengan fitnah keji. Mungkin kalau bisa mereka malah ingin memuji kerja preman-preman yang telah membacok Hermansya, na'udzubillaah...!

Jangan lagi ditanya apa pendapat mereka soal persekusi yang menimpa Ustadz Tengku Zulkarnain, Fahri Hamzah dan Ustadz Abdus Somad. Padahal persekusi itu melibatkan banyak orang yang membawa senjata tajam, masuk ke hotel bahkan ke area di dalam bandara yang seharusnya terjamin keamanannya.
Jangan berharap persekusi terhadap nama-nama tersebut akan mendapat simpati dari sekelompok masyarakat yang menganggap tokoh-tokoh tersebut adalah bagian dari kubu 'mereka'.

Bagaimana dengan Novel Baswedan?!
Dia penyidik KPK, sudah jadi penyidik sejak lama, bahkan menangani kasus korupsi besar melibatkan pejabat negara sudah sejak kasus Nazaruddin, tahun 2011, juga Irjen Pol. Djoko Susilo tahun 2012.
Dulu mungkin semua pihak memujinya dan siap membelanya.
Tapi ketika Novel mengalami persekusi oleh orang-orang misterius, pagi hari sepulang sholat Subuh yang menyebabkan sebelah matanya buta tersiram air keras, hanya sebagian masyarakat yang mengecam habis-habisan apa yang menimpa Novel.
Meski Novel Baswedan bukanlah bagian dari kubu 'kami' maupun kubu 'mereka', namun karena Novel adalah penyidik KPK yang saat itu sedang dikonfrontir dengan salah satu anggota DPR RI yang tak lain juga aktivis bahkan pentolan dari organisasi pendukung cagub DKI petahana, maka simpati kepada derita Novel Baswedan pun hanya mengalir dari sebagian masyarakat saja. Novel yang orang "netral"pun seakan diposisikan 'bukan kubu kami' oleh sebagian masyarakat kita.

Itulah cerminan dari masyarakat yang terbelah. Perspektif tentang "korban" dan "persekusi" pun dibuat menjadi bias.
Tergantung siapa yang jadi korban dan siapa yang jadi pelaku.

*** *** ***

Yang lagi ramai jadi topik perbincangan sepekan ini adalah 2 kejadian yang sama-sama NYATA, dalam arti benar-benar terjadi, terlepas apakah kejadian tersebut murni terjadi begitu saja ataukah merupakan kejadian yang direkayasa alias sudah disetting sedemikian rupa agar terjadi.
Dua peristiwa itu terjadi di tempat dan waktu yang berbeda, dalam 2 hari yang berurutan yaitu Sabtu dan Minggu, tanggal 28 dan 29 April 2018.

Kejadian pertama adalah terenggutnya 2 nyawa anak-anak dalam event pembagian sembako yang diselenggarakan oleh Forum Untukmu Indonesia di Monas, pada Sabtu siang, 28 April 2018.
Beberapa hari sebelumnya upaya pengumpulan massa sudah dilakukan dengan cara membagikan 3 buah kupon warna-warni : 1 kupon sembako, 1 kupon makan dan 1 lagi kupon entah apa. Kupon-kupon berlogo burung merpati itu kabarnya dibagi-bagikan melalui RT dan RW kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Sabtu siang, 28 April, massa yang hadir untuk menukarkan kupon membludak. Yang datang ke Monas warga kurang mampu yang tergiur iming-iming sembako murah.
Celakanya, panitia tidak melakukan persiapan yang memadai. Sudahlah makanan yang disajikan kurang layak (karena hanya nasi plus 2 potong nugget dan saos sambal), masih harus antri panjang di bawah terik matahari pula.
Paket sembako yang dibagikan pun sangat minim.
Tampak bahwa panitia dengan modal cekak namun ingin mengumpulkan massa dalam jumlah besar.

Akibat ketidaksigapan panitia, jumlah massa yang antri tidak seimbang dengan jumlah panitia yang melayani, maka antrian panjang itupun memicu desak-desakan. Ditambah dengan kondisi panas, maka mulailah ada yang terjatuh.
Tak ada yang sigap menolong anak yabg jatuh di tengah lautan massa, ditambah cuaca panas, maka jatuhlah 2 korban jiwa. Nyawa mereka tak bisa diselamatkan.
Innalillahi wa inna ilaihi roji'uun...

Peristiwa kedua terjadi keesokan harinya, Minggu pagi, 29 April 2018, di area Car Free Day (CFD) sekitar jalan Thamrin dan sekitarnya.
Seorang Ibu mengenakan kaos bertuliskan "Dia sibuk kerja" bersama putranya, berjalan berdua di antara ratusan bahkan ribuan massa yang mengenakan kaos bertagar #2019gantiPresiden.
Tak pelak, si ibu mengalami kejadian yang tidak menyenangkan. Dia dikerumuni laki-laki berkaos "ganti presiden" bahkan dikibas-kibaskan uang, disodorkan makanan, dll.
Putranya kemudian menangis, sementara si ibu berteriak-teriak menyatakan dirinya tidak takut. Bahkan lucunya, si ibu langsung berteriak "Muslim macam apa kalian?!" padahal orang-orang yang mengelilinginya sama sekali tak memakai atribut yang menjadi ciri penanda khas Muslim. 
Dari mana si ibu bisa menyimpulkan pria-pria pengganggunya adalah Muslim?!

Kasus ini benar terjadi, si ibu benar mengalami kejadian tidak menyenangkan itu. Walaupun kemudian ada kecurigaan bahwa kejadian tersebut tidaklah murni melainkan setting-an.
Karena ada beberapa orang yang dikategorikan sebagai pelaku dan juga korban, yang amat sangat kebetulan memakai gelang yang sama, berbentuk mirip tasbih di pergelangan tangan mereka.

Oke, abaikan dulu soal settingan atau murni kejadian spontan, kita fokuskan bagaimana reaksi publik dan aparat yang tercipta atas 2 kejadian di atas.

*** *** ***

YANG MISKIN DIREMEHKAN, YANG AKTIVIS DI-BLOW UP

Korban dari kejadian pertama adalah wong cilik, kelompok masyarakat miskin. Orang tua almarhum Rizki tidak memiliki akaes kepada sumber-sumber informasi dan advokasi.
Boro-boro punya akun medsos, kenal medsos saja mungkin tidak. Maka, kondisi LEMAH inilah yang kemudian justru membuat beberapa pihak makin gampang menyepelekan derita keluarga korban.

Aparat kepolisian awalnya membantah kabar ada yang meninggal dalam acara bagi sembako di Monas. Ketika kemudian foto jenazah viral di media sosial dan WAG, polisi baru mengakui benar ada yang mati. Namun kemudian ada yang menyatakan bahwa yang meninggal itu adalah anak yang mengidap keterbelakangan mental.
Wow! Apakah jika seandainya pun benar korban terbelakang mentalnya, lalu kematiannya menjadi "nothing"?! Seolah seperti kematian kucing kurap yang tak perlu dipersoalkan?!
Astaghfirullah! Dia anak bangsa Indonesia juga lho! Yang harus meregang nyawa demi sepaket sembako tak seberapa dan sekotak kecil nasi berlauk nugget.
Miris jika kita tak punya empati pada saudara sebangsa yang mengalami kejadian ini!

Lalu berikutnya dinyatakan bahwa si anak meninggal bukan karena antri sembako, melainkan berada di luar pagar Monas. Jika benar berada di luar pagar Monas, maka tentunya orang yang jatuh akan mudah diselamatkan, karena tidak berada dalam kerumunan massa.

Lagi pula, jika kematian kedua anak tersebut tidak ada hubungannya dengan acara bagi-bagi sembako, kenapa pula panitia harus meminta maaf dan mengakui mereka lalai serta menyesalinya, seperti diungkap Pak Wagub Sandiaga Uno?! Sandi nge-hoax?! Ya tinggal dituntut saja, agar terbukti siapa yang berbohong!

Jika meninggalnya diluar pagar Monas, kenapa pula ada orang yang mendatangi keluarga korban mengaku dari Relawan Merah Putih, meminta keluarga korban agar tutup mulut, tidak berbicara kepada siapapun termasuk kepada media, soal kematian anaknya?! 

Kemiskinan, rendahnya pendidikan, minimnya wawasan, tidak adanya akses pada sumber informasi, tidak dimilikinya jaringan pembelaan, lengkap sudah penderitaan keluarga korban meninggal. Seharusnya dalam kondisi NORMAL hal ini akan menyulut simpati, mengundang rasa iba dan menggerakan hati untuk membela.
Namun kenyataannya tidak demikian, sebab HATI NURANI SUDAH MATI!

Mohon maaf ibu Komariah, kami tak bersimpati pada anda, kami terpaksa katakan kematian anak anda hoax belaka, anak anda mati bukan karena antri sembako, itu semua kami lakukan karena kalian bukan dari kubu 'kami' sedangkan panitia penyelenggara acara adalah kubu 'kami'.
Apakah demikian pemikiran mereka yang mencoba mengecilkan arti kematian kedua anak akibat berdesakan antri sembako?!

Miskin atau kaya, berpendidikan tinggi atau tidak, kehilangan nyawa anak sama perihnya. Kasih sayang orang tua terhadap anaknya tidak bisa diukur dari kelas sosial ekonomi.
Justru karena wong cilik yang kehilangan, seharusnya malah memicu kepekaan nurani untuk membelanya agar mereka mendapatkan hak-haknya.
Bukan malah mengeroyok mereka dengan mengecilkan penderitaannya.

Keluarga korban sebenarnya bukan bagian dari kubu manapun. Mereka bukan dari kubu 'kami' atau 'mereka' dalam konteks bangsa yang terbelah karena situasi politik ini.
Tetapi, ikut membela keluarga korban dan memblow up kasus kematian kedua anak tersebut, sama sekali tidak membawa keuntungan bagi kelompok tertentu. Bahkan bisa jadi justru akan merugikan kubu 'mereka' karena panitia akan jadi "tersangka" utama. Sedangkan panitia penyelenggara acara, diduga kuat adalah bagian dari kubu 'mereka'.

Sebaliknya, dari kejadian kedua di are CFD hari Minggu, ibu Susi, adalah seseorang yang well connected dengan media sosial. Hanya selang hitungan jam, dia sudah menyebarluaskan kabar tentang apa yang menimpa dirinya melalui akun medsosnya. Dengan narasi yang heroik, dia mampu mengeksplorasi kejadian yang menimpanya.
Teman-temannya langsung merespon dan memviralkan.

Latar belakangnya sebagai aktivis (sebagaimana diakui oleh anggota PSI yang mendampingi ibu Susi melapor ke kepolisian) membuat ibu Susi punya akses luas untuk mendapatkan pembelaan. Dia punya jaringan, itu sebabnya para aktivis sosmed dari kubu tertentu langsung menjadikannya super hero wanita yang terus menerus ditulis kisahnya dan diviralkan.

Begitupun media televisi. Dalam tempo sekejap kejadian yang menimpa ibu Susi segera dikemas dalam berbagai bentuk tayangan. Bahkan program acara Mata Najwa pun memberikan panggung khusus bagi ibu Susi.

Selain aktivis, ibu Susi juga seorang marketing Meikarta. Dia pernah mengabarkan dirinya menerima fee dari Meikarta. Tentunya fee diterima atas keberhasilannya memasarkan hunian di Meikarta. Seorang marketing tidak diragukan lagi pasti memiliki kemampuan verbal yang baik, punya kemampuan persuasif/mempengaruhi orang lain, mampu membujuk dan meyakinkan orang lain. Maka, lengkaplah sudah segala kelebihan ibu Susi. Sangat kontras dengan segala kelemahan ibu Komariyah yang kehilangan Rizki, putranya.

Perpaduan antara figur aktivis sekaligus marketing dalam sosok Susi, sebenarnya sudah cukup membuatnya mampu membela dirinya.
Lihatlah bagaimana dia me-manage penampilannya, dari yang semula rambut tergerai menjadi tertutup kerudung.
Dari semula Susi selalu menampilkan wajah cerah ceria penuh tawa di akun medsosnya, bahkan foto-foto pada hari kejadian pun yang dia unggah masih foto dengan tawa lebar penuh percaya diri. Namun pasca peristiwa di CFD dan sejak wajahnya mulai disorot kamera media massa, dia tidak lagi umbar tawa. Susi bahkan mulai mengesankan wajah seorang "korban". Di acara Mata Najwa, Susi bahkan melengkapi ceritanya dengan tangis.
How come?! Pada saat kejadian dia begitu berani berteriak-teriak, setelah kejadian masih bangga menulis di akun FBnya tanpa ada nuansa sedih, tapi 3 hari kemudian tampil dengan polesan make up tebal, hijab yang mulai tertutup ala ibu pejabat, plus isak tangis.
Sebuah panggung istimewa yang tidak akan diberikan media massa komersiil kepada ibu Komariyah yang lugu, polos, miskin dan tidak camera-face.
Bu Komariyah tidak akan mampu bertutur dengan baik dan dramatis, karena yang bisa dia lakukan hanyalah bercerita apa adanya, jika ditanya.

Tapi itulah ironisnya, sosok Susi yang memiliki banyak kelebihan, kemampuan verbal yang bagus, akses ke media sosial dan media mainstream, justru malah mengundang blow up dan pembelaan.
Sekali lagi, ini BUKAN SOAL KEBERPIHAKAN, tapi karena Susi adalah kubu 'kami' bagi kelompok tertentu.
Dan kenapa ibu Komariyah tidak layak dibela?! Sebab dia dan anaknya adalah korban eksploitasi kubu 'kami' dari kelompok tersebut.

*** *** ***

KEJADIAN MANA YANG MENUTUPI KEJADIAN LAINNYA??

Logikanya, jika ada kejadian yang hendak ditutupi dengan memunculkan kejadian lainnya, maka manakah yang ditutupi?! 
Namanya juga "MENUTUPI", maka logisnya kejadian yang lebih dulu terjadi ditutupi dengan kejadian yang belakangan, bukan?!
Nah!!

Kejadian di Monas adalah kejadian yang lebih dulu terjadi.
Kedua anak malang itu meninggal di hari Sabtu, 28 April 2018.
Sedangkan kejadian persekusi yang menimpa ibu Susi baru terjadi esok harinya, Minggu pagi, 29 April 2018.

Jadi, jika ada yang mengatakan bahwa upaya untuk mengabarkan kematian 2 anak dalam event bagi-bagi sembako oleh Forum Untukmu Indonesia itu hanya untuk menutupi kasus persekusi yang menimpa Susi Ferawati, mungkin orang tersebut harus dijungkir balik dulu agar otaknya kembali normal.

Betapa tidak, bagaimana mungkin kejadian yang lebih dulu terjadi kok malah untuk menutupi kejadian yang belakangan?!

Kematian kedua anak itu harus diusut tuntas, seperti kata Reza Indragiri Amriel, seorang kriminolog yang juga aktivis Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, bukan semata karena 2 anak itu sudah meninggal, tapi demi hak-hak anak lainnya, yang pada event tersebut juga kehilangan hak-haknya, tidak mendapatkan pelayanan semestinya, hanya saja anak-anak lainnya masih beruntung karena tidak sampai terjatuh dan terinjak-injak massa.
Jika ada yang menyuarakan agar panitia bertanggung jawab atas kematian 2 anak tersebut, ini demi KEADILAN SOSIAL bagi siapapun rakyat Indonesia, meski mereka miskin seperti ibu Komariyah.
Bukan karena hendak menenggelamkan kasus ibu Susi.

Sekali lagi, perang fakta dan opini atas 2 kasus di atas sudah meniadakan rasa simpati kepada wong cilik, hanya karena dia bukan kubu 'kami'.
Nyawa 2 anak yang melayang sia-sia menjadi tidak berharga dibandingkan seorang ibu yang merasa dipersekusi. 
Itu semua karena 2 anak malang itu bukan kubu 'kami' bagi sebagian pihak.
Termasuk bagi aparat penegak hukum dan pemodal media mainstream???
Publik tentu bisa menilai sendiri.

Masyarakat yang terbelah telah membuat hati nurani makin kering dan mungkin lama-lama mati.
Keadilan sosial hanya slogan tanpa ruh, tanpa spirit.
SAYA INDONESIA, SAYA PANCASILA, hanyalah teriakan membentur tembok, yang pada prakteknya menjadi "kamu di kubu siapa, baru kami akan bela".
Kalau kamu bukan kubu 'kami', maaf saja, deritamu hanyalah soal kecil bagi kami.
Bahkan kematian pun tak membuat kami iba. Karena yang mati bukan dari kubu 'kami'.

Innalillaahi wa inna ilaihi roji'uun..., kali ini untuk KEMATIAN HATI NURANI BANGSA YANG TERBELAH.

=IO=

Artikel Terkait

Komentar

Artikel Populer

Prahara Aleppo

French Foreign Minister Bernard Kouchner takes off a Jewish skull-cap, or Kippa, at the end of a visit to the Yad Vashem Holocaust Memorial in Jerusalem, Tuesday, Sept. 11, 2007. Kouchner is on an official visit to Israel and the Palestinian Territories. (AP Photo/Kevin Frayer) Eskalasi konflik di Aleppo beberapa hari terakhir diwarnai propaganda anti-rezim Suriah yang sangat masif, baik oleh media Barat, maupun oleh media-media “jihad” di Indonesia. Dan inilah mengapa kita (orang Indonesia) harus peduli: karena para propagandis Wahabi/takfiri seperti biasa, mengangkat isu “Syiah membantai Sunni” (lalu menyamakan saudara-saudara Syiah dengan PKI, karena itu harus dihancurkan, lalu diakhiri dengan “silahkan kirim sumbangan dana ke no rekening berikut ini”). Perilaku para propagandis perang itu sangat membahayakan kita (mereka berupaya mengimpor konflik Timteng ke Indonesia), dan untuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di Suriah. Tulisan i

ALASAN ALI MENUNDA QISHASH PEMBUNUH UTSMAN

Oleh :  Ahmad Syahrin Thoriq   1. Sebenarnya sebagian besar shahabat yang terlibat konflik dengan Ali khususnya, Zubeir dan Thalhah telah meraih kesepakatan dengannya dan mengetahui bahwa Ali akan menegakkan hukum qishash atas para pemberontak yang telah membunuh Utsman.  Namun akhirnya para shahabat tersebut berselisih pada sikap yang harus diambil selanjutnya. Sebagian besar dari mereka menginginkan agar segera diambil tindakan secepatnya. Sedangkan Ali memilih menunda hingga waktu yang dianggap tepat dan sesuai prosedur. 2. Sebab Ali menunda keputusan untuk menegakkan Qishash adalah karena beberapa pertimbangan, diantaranya : Pertama, para pelaku pembunuh Ustman adalah sekelompok orang dalam jumlah yang besar. Mereka kemudian berlindung di suku masing-masing atau mencari pengaruh agar selamat dari hukuman. Memanggil mereka untuk diadili sangat tidak mungkin. Jalan satu-satunya adalah dengan kekuatan. Dan Ali menilai memerangi mereka dalam kondisi negara sedang tidak stabil sudah pas

3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup - Himayah atau Pemimpin Ulama di Tanah Banten

Forum Muslim - Banten merupakan provinsi Seribu Kyai Sejuta Santri. Tak heran jika nama Banten terkenal diseluruh Nusantara bahkan dunia Internasional. Sebab Ulama yang sangat masyhur bernama Syekh Nawawi AlBantani adalah asli kelahiran di Serang - Banten. Provinsi yang dikenal dengan seni debusnya ini disebut sebut memiliki paku atau penjaga yang sangat liar biasa. Berikut akan kami kupas 3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup. 1. Abuya Syar'i Ciomas Banten Selain sebagai kyai terpandang, masyarakat ciomas juga meyakini Abuya Syar'i sebagai himayah atau penopang bumi banten. Ulama yang satu ini sangat jarang dikenali masyarakat Indonesia, bahkan orang banten sendiri masih banyak yang tak mengenalinya. Dikarnakan Beliau memang jarang sekali terlihat publik, kesehariannya hanya berdia di rumah dan menerima tamu yg datang sowan ke rumahnya untuk meminta doa dan barokah dari Beliau. Banyak santri - santrinya yang menyaksikan secara langsung karomah beliau. Beliau jug

Sholawat-Sholawat Pembuka Hijab

Dalam Islam sangat banyak para ulama-ulama sholihin yang bermimpi Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam dan mendapatkan petunjuk atau isyarat untuk melakukan atau mengucapkan kalimat-kalimat tertentu (seperti dzikir, sholawat, doa dll ). Bahkan sebagian di antara mereka menerima redaksi sholawat langsung dari Rasulullah dengan ditalqin kata demi kata oleh Beliau saw. Maka jadilah sebuah susunan dzikir atau sholawat yg memiliki fadhilah/asror yg tak terhingga.  Dalam berbagai riwayat hadits dikatakan bahwa siapa pun yang bermimpi Nabi saw maka mimpi itu adalah sebuah kebenaran/kenyataan, dan sosok dalam mimpinya tersebut adalah benar-benar Nabi Muhammad saw. Karena setan tidak diizinkan oleh Alloh untuk menyerupai Nabi Muhammad saw. Beliau juga bersabda, "Barangsiapa yg melihatku dalam mimpi maka ia pasti melihatku dalam keadaan terjaga" ----------------------------- 1. SHOLAWAT JIBRIL ------------------------------ صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ SHOLLALLOOH 'ALAA MUHAMMA

Daun Pepaya Jepang, Aman Untuk Pakan Kambing di @kapurinjing

KENAPA SUAMI BISA SELINGKUH??

Ilustrasi Keluarga Oleh :  Mufrodah Odah Pernah menonton drama Korea berjudul LOVE, MARRIAGE AND DIVORCE? Drama ini mengisahkan tiga perempuan yang diselingkuhi oleh suami mereka. Jadi, aku rasa drama ini cukup menjawab, kenapa seorang suami bisa berselingkuh.  Kita bahas satu persatu ya. 🫰 PEREMPUAN PERTAMA: Boo Hye Ryung, 30 th. Penyiar radio Cantik, muda, modis, karir cemerlang. Itulah Boo Hye Ryung. Namun, sang suami yang bekerja sebagai pengacara, tetap berselingkuh dengan seorang janda yang usianya jauh lebih tua hingga janda itu hamil.  Suami Boo Hye Rung bilang jika dia selingkuh karena istrinya tidak pandai dalam urusan rumah tangga (tidak menyiapkan dan memasakkan makanan), juga karena istrinya tidak ingin segera punya anak alias ingin fokus di karir dulu. Juga, karena kadang istrinya lebih mendominasi.  Kata kunci: cantik, modis, muda, karir cemerlang, tapi tidak pandai mengurus urusan rumah tangga. 🫰 PEREMPUAN KEDUA: Lee Si Eun, 50 th.  Penulis program radio Ibu dari dua

Tafsir Kemenag : Tafsir Al-Qur'an Surat Al-An'am Ayat 155

وَهٰذَا كِتٰبٌ اَنْزَلْنٰهُ مُبٰرَكٌ فَاتَّبِعُوْهُ وَاتَّقُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَۙ  ( الانعام : ١٥٥)   Dan Al-Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat. ( QS. Al-An'am ayat 155 ). Ayat ini menjelaskan peranan Al-Qur'an bagi manusia. Dan ini adalah Kitab Al-Qur'an yang Kami turunkan melalui Malaikat Jibril dengan penuh berkah, yakni segala macam kebaikan, baik lahir maupun batin, yang sangat berguna bagi kehidupan manusia di dunia maupun di akhirat. Ikutilah apa yang ada di dalamnya, amalkanlah isinya, dan bertakwalah, jagalah dirimu dari api neraka, waspadalah, dan taatilah ketentuan yang ada di dalam kitab itu. Itu semua agar kamu mendapat rahmat kasih sayang dari Allah. Orang yang diberi kasih sayang dari Allah akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Ayat ini kembali menerangkan sifat-sifat dan kedudukan Al-Qur'an yang mencakup segala macam petunjuk dan hukum syariat yang di

KH.MUNFASIR, Padarincang, Serang, Banten

Akhlaq seorang kyai yang takut memakai uang yang belum jelas  Kyai Laduni yang pantang meminta kepada makhluk Pesantren Beliau yang tanpa nama terletak di kaki bukit padarincang. Dulunya beliau seorang dosen IAIN di kota cirebon. Saat mendapatkan hidayah beliau hijrah kembali ke padarincang, beliau menjual seluruh harta bendanya untuk dibelikan sebidang sawah & membangun sepetak gubuk ijuk, dan sisa selebihnya beliau sumbangkan. Beliau pernah bercerita disaat krisis moneter, dimana keadaan sangatlah paceklik. Sampai sampai pada saat itu, -katanya- untuk makan satu biji telor saja harus dibagi 7. Pernah tiba tiba datanglah seseorang meminta doa padanya. Saat itu Beliau merasa tidak pantas mendoakan orang tersebut. Tapi orang tersebut tetap memaksa beliau yang pada akhirnya beliaupun mendoakan Alfatihah kepada orang tersebut. Saat berkehendak untuk pamit pulang, orang tersebut memberikan sebuah amplop yang berisi segepok uang. Sebulan kemudian orang tersebut kembali datang untuk memi

Abuya Syar'i Ciomas Banten

''Abuya Syar'i Ciomas(banten)" Abuya Syar'i Adalah Seorang Ulama Yg Sangat Sepuh. Menurut beliau sekarang beliau telah berrusia lebih dari 140 tahun. Sungguh sangat sepuh untuk ukuran manusia pada umumnya. Abuya Sar'i adalah salah satu murid dari syekh. Nawawi al bantani yg masih hidup. Beliau satu angkatan dengan kyai Hasyim asy'ary pendiri Nahdatul ulama. Dan juga beliau adalah pemilik asli dari golok ciomas yg terkenal itu. Beliau adalah ulama yg sangat sederhana dan bersahaja. Tapi walaupun begitu tapi ada saja tamu yg berkunjung ke kediamannya di ciomas banten. Beliau juga di yakini salah satu paku banten zaman sekarang. Beliau adalah kyai yg mempunyai banyak karomah. Salah satunya adalah menginjak usia 140 tahun tapi beliau masih sehat dan kuat fisiknya. Itulah sepenggal kisah dari salah satu ulama banten yg sangat berpengaruh dan juga kharismatik. Semoga beliau senantiasa diberi umur panjang dan sehat selalu Aaamiiin... (FM/ FB )

Kenapa Mimbar Rasulullah SAW Berada Di Kiri Arsyi ?

Rasulullah Saw bersabda, "Ketahuilah bahwa mimbarnya Nabi Ibrahim AS berada disebelah kanan Arsy dan mimbarku disebelah kiri Arsy-Nya Allah Swt". Maka para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, engkau lebih utama dari Nabi Ibrahim. Kenapa engkau ditempatkan disebelah kiri Arsy, sedangkan Nabi Ibrahim disebelah kanannya Arsy?". Rasulullah menjawab, "Jalan ke Surga berada disebelah kanan Arsy, sedangkan jalan menuju Neraka disebelah kiri Arsy. Aku berada disebelah kiri, supaya aku dapat melihat umatku yang akan dimasukkan ke Neraka dan kemudian aku berikan syafa'at kepadanya". Ketika aku berada dimimbarku, aku mendengar jeritan umatku, berteriak-teriak seraya berkata,"Pahalaku sedikit dan dosaku banyak!". Rasulullah Saw berkata kepada Malaikat,"Jangan masukkan dia ke Neraka". Malaikat menjawab, "Aku adalah Malaikat yang melaksanakan apa saja yang diperintahkan Allah Swt kepadaku". Maka Rasulullah turun dari mimba