Langsung ke konten utama

Jangan Merendahkan Bangsa Sendiri Demi Mengangkat Bangsa Lain

(By : Iramawati Oemar)

Pernah dengar jalan raya Anyer - Panarukan? Dikenal juga dengan nama jalan Raya Pos, jalan sepanjang 1.000 km yang membentang dari ujung barat pulau Jawa hingga ujung timur Jawa itu setiap 4,5 km ada didirikan pos perhentian dan penghubung pengiriman surat.

Jalan itu dibangun atas perintah Herman Willem Daendels, Gubernur Jendral Hindia Belanda yang memerintah selama 3 tahun saja (1808 - 1811). Meski dibangun lebih 200 tahun lalu ketika teknologi konstruksi masih sangat sederhana, namun infrastruktur sepanjang 1000 km itu selesai dalam waktu hanya 1 tahun. Dengan tangan besinya Daendels memaksa semua "kepala daerah" di Jawa mengirimkan rakyatnya untuk ikut kerja rodi membangun jalan raya itu.

Sebelum Daendels tiba di Batavia, sudah ada jalan dari Anyer menuju Batavia. Tapi Daendels melaluinya selama 4 hari (jangan-jangan lagu Sheila Madjid yang populer tahun '90an, "Antara Anyer Dan Jakarta", kisah cinta 3 malam, terinspirasi dari sini), karena buruknya kondisi jalan saat hujan. Akhirnya Daendels memerintahkan pelebaran dan pengerasan jalan itu, sehingga jarak Batavia - Anyer bisa ditempuh sehari saja.

Daendels mengandalkan pekerja lokal alias warga tanah jajahan untuk menggarapnya. Meski jadwalnya singkat karena "kejar tayang", namun terbukti jalan itu masih bagus hingga berpuluh-puluh tahun bahkan sampai Indonesia merdeka hampir 1,5 abad kemudian.

Artinya : ketrampilan pekerja/buruh lokal saat itu sudah bagus. Hanya tinggal diarahkan saja. Kualitas infrastruktur peninggalan Belanda umumnya bertahan lama, bahkan hingga puluhan tahun setelah Belanda meninggalkan Indonesia. Pekerjanya buruh lokal, tapi materialnya tidak ada yang dikorup. Campuran bahan pembuatnya prima, sesuai takaran yang seharusnya.

Pernah dengar istilah "konstruksi cakar ayam" yang dipakai dalam engineering konstruksi bangunan tinggi di tanah lembek? Ya, pencipta teori itu adalah anak bangsa Indonesia, Prof. Dr. Ir. Sedijatmo yang kini namanya diabadikan sebagai nama jalan toll menuju bandara Soetta. Teknik konstruksi itu memungkinkan pembangunan struktur konstruksi di atas tanah rawa-rawa. Metode rekayasa teknik itu ditemukan tahun 1961 ketika beliau ditugasi mendirikan 7 tower listrik tegangan tinggi di daerah rawa-rawa Ancol untuk menyalurkan listrik dari pusat tenaga listrik di Tanjung Priok ke Gelora Senayan dalam rangka Indonesia jadi tuan rumah Asian Games tahun 1962. Dengan ditemukannya teknik rekayasa itu, pendirian 7 menara listrik dapat dipercepat dan kokoh. Bukan hanya untuk gedung bertingkat, teknologi ini juga cocok untuk membangun jalan dan landasan. Dan teknologi ini banyak diadopsi. Bangga dong, karya anak bangsa Indonesia.

Ada juga Ir. Soetami, sosok sangat bersahaja yang sepanjang hayatnya beliau hidup dalam kesederhanaan, meski menjabat sebagai Menteri terlama, sejak jaman Presiden Soekarno hingga Soeharto.

Ir. Soetami ini yang menghitung konstruksi bangunan Gedung DPR/MPR yang masih bertahan kokoh berdiri hingga sekarang. Beliau juga yang mempelopori penggunaan konstruksi beton pra-tekan dalam pembangunan jembatan Semanggi. Entah berapa juta kendaraan yang sudah melaluinya dengan bobot mati berjuta-juta ton. Beliau pula pimpinan pusat proyek pembangunan jembatan Ampera yang melintas di atas sungai Musi, kebanggaan masyarakat Palembang. Waduk Jatiluhur dan bandara Ngurah Rai Denpasar juga proyek yang dipimpin beliau. Semua proyek raksasa itu fisiknya masih kokoh hingga berpuluh-puluh tahun setelah Ir. Soetami wafat pada 13 November 1980, dan setahun kemudian, pada 16 Desember 1981 Presiden Soeharto mengabadikan namanya di bendungan Karangkates, sebagai wujud penghormatan atas jasanya di bidang konstruksi.

Monumen Nasional yang menjulang tinggi dan masjid Istiqlal yang luar biasa megah dan terbesar pada jamannya, juga diarsiteki dan dibangun oleh anak bangsa sendiri. Sampai sekarang masih kokoh berdiri.

Semua proyek itu adalah mega proyek pada jamannya. Jika dikonversi ke nilai tukar USD sekarang, tentu nilainya juga milyaran US dolar. Bedanya, proyek-proyek jaman dulu dikerjakan dengan hati-hati, meski dikejar target namun tetap dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab, tanpa mengurangi material, dengan keterbatasan teknologi yang tersedia saat itu, justru melahirkan inovasi hebat dalam rekayasa teknik.

Masihkah ada yang meragukan kemampuan bangsa sendiri setelah lebih 70 tahun kita merdeka?!

Sejak jaman Orde Lama dan Orde Baru, Presiden Soekarno dan Soeharto menpercayakan konstruksi proyek-proyek raksasa dan prestisius kepada anak bangsa sendiri. Tak ada keraguan atas kemampuan. Dan hingga kini, bukti nyata kehebatan konstruksi buah karya mereka masih kokoh berdiri. Tidak ambruk, roboh, melorot, atau apapun, seperti proyek-proyek konstruksi belakangan ini.

Jika di tahun '60an sampai '70an saja pemimpin negeri ini mempercayakan proyek-proyek raksasa kepada bangsa sendiri, lalu mengapa di abad XXI ini kita justru meragukan bahkan meremehkan kemampuan tenaga kerja lokal?!

Padahal semua proyek prestisius di jaman Soekarno dan Soeharto itu sejak dari arsitektur, penghitungan konstruksi, hingga pelaksanaan proyek dan pengawasannya, semua melibatkan anak bangsa sendiri. Bukankah Soekarno juga seorang insinyur? Tentu beliau tahu betul seberapa layak seorang insinyur dipercaya menangani proyek raksasa.

Membanjirnya tenaga kerja asing (aseng) yang marak diberitakan media massa 2-3 tahun belakangan ini bukan hanya untuk tenaga ahli, namun juga tenaga kerja kasar atau level buruh. Inilah yang meresahkan masyarakat, sebab di tanah air tercinta ini, tenaga kerja lokal melimpah dan masih menunggu terbukanya lapangan kerja. Kalau saja setiap proyek memberdayakan tenaga kerja lokal, sedikit banyak pengangguran akan berkurang.

Ingat, Daendels saja mengandalkan pekerja lokal untuk menyelesaikan proyek prestisiusnya di awal abad ke-19. Masa iya sekarang, 2 abad kemudian, kita malah meragukannya?!

Tenaga kerja asing tentu sah saja, sepanjang masih dalam batas sebagai expert, karena keahlian teknisnya memang belum dimiliki tenaga kerja lokal. Itupun ada aturan yang mengharuskan tenaga kerja ahli dari asing harus didampingi oleh beberapa orang tenaga lokal yang di"kader" atau diproyeksikan untuk learning by doing, menyerap informasi dan teknologi dari sang ahli. Intinya : HARUS TERJADI PROSES TRANSFER OF KNOWLEDGE! Tidak boleh penggunaan tenaga kerja asing ahli itu berkelanjutan selamanya karena  dibiarkan tidak ada proses alih ilmu pengetahuan.

Sangat ironis jika seorang pejabat justru menyatakan tenaga kerja lokal keahliannya belum cukup mendukung proyek miliaran dolar.

Sedangkan Prof. Sedijatmo, Ir. Soetami, dkk sudah membuktikan keahlian mereka sejak lebih 50 tahun yang lalu. Bahkan jika dibandingkan dengan kualitas proyek konstruksi jaman now yang rentan ambruk dan melorot, hasil karya spektakuler para pakar era Orla dan Orba justru terbukti tangguh hingga sekarang.

SDM lokal tidak siap bersaing dengan tenaga kerja asing?! Ah..., yang benar saja. Pernyataan ini harus didukung bukti dan data empiris, hasil penelitian yang jumlah sampelnya dapat diterima secara statistik.

Bagi orang Indonesia yang berkesempatan belajar di manca negara, di negara maju, entah dengan beasiswa atau biaya sendiri, tentu bisa banyak bercerita bahwa kemampuan mahasiswa Indonesia di tanah rantau tak kalah dengan warga setempat. Bahkan di universitas-universitas asing ternama sekalipun. Prof. Dr. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie hanyalah salah satu contoh saja. Banyak cendekiawan asal Indonesia yang juga berprestasi setara dengan bangsa asing. Jadi, siapa bilang bangsa kita tak siap bersaing soal kerja?!

Pemerintahan kali ini mengusung slogan "kerja, kerja, kerja". Jadi sangat ironis jika "kerja" itu diserahkan kepada tenaga asing/aseng.

Di kabinet ini pula, untuk pertama kali ada Menko PMK, Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan. Sudah semestinya jika kemenkoan ini bertanggungjawab penuh atas peningkatan kualitas sumber daya manusia, termasuk peningkatan daya saing manusianya.

Jika pun benar sebagian bangsa ini masih belum bisa bersaing dengan pekerja asing/aseng, maka KEWAJIBAN kementrian inilah untuk memberdayakan mereka, memberi kesempatan untuk bekerja. Kalau tak diberi kesempatan untuk terus mengasah keahliannya, bagaimana bisa bersaing?!

Kalau pun toh benar sebagian anak bangsa ini mentalnya belum siap bersaing dengan bangsa asing/aseng, maka seharusnya program REVOLUSI MENTAL itu diarahkan untuk mendongkrak mental anak bangsa jadi bangsa yang percaya diri, tidak minder, tidak inferior. Bukan hanya membuat situs/website semata atau memesan kaos dan topi. Harus ada pembuktian nyata peningkatan kualitas dan daya saing manusia Indonesia.

Pernyataan pejabat negara semestinya memotivasi, bukan melemahkan daya saing. Jangan sampai nanti ada pernyataan bahwa bangsa kita belum mampu bikin cangkul, hanya karena ingin membenarkan impor cangkul dari luar negeri. Padahal, berabad-abad lampau bangsa kita yang dikenal masyarakat agraris ini sudah punya para pandai besi handal dan bisa memproduksi cangkul, dll.

Berabad-abad lampau, nenek moyang bangsa kita sudah bisa membangun candi Borobudur, Prambanan, dll.

Kenapa di abad XXI baru diragukan kemampuan dan keahlian anak bangsa di bidang konstruksi?!

Oh...come on! Please, jangan merendahkan diri dan melecehkan kemampuan bangsa sendiri. Bagaimana asing akan menghormati kita jika diri sendiri justru menghinakan diri?

Jika bukan bangsa Indonesia yang menghargai dirinya, jangan berharap bangsa lain akan menghargai kita.

🎼🎵

Indonesia tanah air beta, pusaka abadi nan jaya.

Indonesia sejak dulu kala slalu dipuja puja bangsa.

🎵🎶

Tulisan ini dibuat sebagai bentuk rasa cinta tanah air dan bangga jadi anak/orang Indonesia. Sekaligus prihatin jika kemampuan para pakar asli Indonesia yang sudah dibuktikan sejak Indonesia baru merdeka, kini dinafikan begitu saja. Mari kita motivasi anak bangsa bahwa kita bisa bersaing dengan bangsa asing dan aseng. Banyak tokoh negeri ini sudah membuktikannya. (FM)

Artikel Terkait

Komentar

Artikel Populer

Prahara Aleppo

French Foreign Minister Bernard Kouchner takes off a Jewish skull-cap, or Kippa, at the end of a visit to the Yad Vashem Holocaust Memorial in Jerusalem, Tuesday, Sept. 11, 2007. Kouchner is on an official visit to Israel and the Palestinian Territories. (AP Photo/Kevin Frayer) Eskalasi konflik di Aleppo beberapa hari terakhir diwarnai propaganda anti-rezim Suriah yang sangat masif, baik oleh media Barat, maupun oleh media-media “jihad” di Indonesia. Dan inilah mengapa kita (orang Indonesia) harus peduli: karena para propagandis Wahabi/takfiri seperti biasa, mengangkat isu “Syiah membantai Sunni” (lalu menyamakan saudara-saudara Syiah dengan PKI, karena itu harus dihancurkan, lalu diakhiri dengan “silahkan kirim sumbangan dana ke no rekening berikut ini”). Perilaku para propagandis perang itu sangat membahayakan kita (mereka berupaya mengimpor konflik Timteng ke Indonesia), dan untuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di Suriah. Tulisan i

Amalan Pada Malam Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Nabi Muhammad ﷺ bersabda: عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه أن رسول ﷺ قال: “من أحيا ليلة الفطر وليلة الأضحى لم يمت قلبه يوم تموت القلوب” رواه الطبراني في الكبير والأوسط. Dari Ubadah Ibn Shomit r.a. Sungguh Rosulullah ﷺ bersabda: "Barangsiapa menghidupkan malam Idul Fitri dan malam Idul Adlha, hatinya tidak akan mati, di hari matinya hati." ( HR.Thobaroni ) عن أبي أمامه رضي الله عنه عن النبي ﷺ قال : “من قام ليلتي العيدين محتسباً لم يمت قلبه يوم تموت القلوب”. وفي رواية “من أحيا” رواه ابن ماجه Dari Abi Umamah r.a, dari Nabi ﷺ, bersabda: Barangsiapa beribadah di dua malam Hari Raya dengan hanya mengharap ALLAH, maka hatinya tidak akan mati pada hari matinya hati. ( HR. Ibnu Majah ) Bagaimana cara menghidupkan dua Hari Raya itu? Telah disebutkan oleh Syaikh Abdul Hamid Al Qudsi, dengan mengamalkan beberapa amalan: 1. Syaikh Al Hafni berkata: Ukuran minimal menghidupkan malam bisa dengan Sholat Isya’ berjama’ah dan meniatkan diri untuk jama’ah Sholat Shubuh pada besoknya. Atau mempe

Sholawat-Sholawat Pembuka Hijab

Dalam Islam sangat banyak para ulama-ulama sholihin yang bermimpi Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam dan mendapatkan petunjuk atau isyarat untuk melakukan atau mengucapkan kalimat-kalimat tertentu (seperti dzikir, sholawat, doa dll ). Bahkan sebagian di antara mereka menerima redaksi sholawat langsung dari Rasulullah dengan ditalqin kata demi kata oleh Beliau saw. Maka jadilah sebuah susunan dzikir atau sholawat yg memiliki fadhilah/asror yg tak terhingga.  Dalam berbagai riwayat hadits dikatakan bahwa siapa pun yang bermimpi Nabi saw maka mimpi itu adalah sebuah kebenaran/kenyataan, dan sosok dalam mimpinya tersebut adalah benar-benar Nabi Muhammad saw. Karena setan tidak diizinkan oleh Alloh untuk menyerupai Nabi Muhammad saw. Beliau juga bersabda, "Barangsiapa yg melihatku dalam mimpi maka ia pasti melihatku dalam keadaan terjaga" ----------------------------- 1. SHOLAWAT JIBRIL ------------------------------ صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ SHOLLALLOOH 'ALAA MUHAMMA

3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup - Himayah atau Pemimpin Ulama di Tanah Banten

Forum Muslim - Banten merupakan provinsi Seribu Kyai Sejuta Santri. Tak heran jika nama Banten terkenal diseluruh Nusantara bahkan dunia Internasional. Sebab Ulama yang sangat masyhur bernama Syekh Nawawi AlBantani adalah asli kelahiran di Serang - Banten. Provinsi yang dikenal dengan seni debusnya ini disebut sebut memiliki paku atau penjaga yang sangat liar biasa. Berikut akan kami kupas 3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup. 1. Abuya Syar'i Ciomas Banten Selain sebagai kyai terpandang, masyarakat ciomas juga meyakini Abuya Syar'i sebagai himayah atau penopang bumi banten. Ulama yang satu ini sangat jarang dikenali masyarakat Indonesia, bahkan orang banten sendiri masih banyak yang tak mengenalinya. Dikarnakan Beliau memang jarang sekali terlihat publik, kesehariannya hanya berdia di rumah dan menerima tamu yg datang sowan ke rumahnya untuk meminta doa dan barokah dari Beliau. Banyak santri - santrinya yang menyaksikan secara langsung karomah beliau. Beliau jug

ALASAN ALI MENUNDA QISHASH PEMBUNUH UTSMAN

Oleh :  Ahmad Syahrin Thoriq   1. Sebenarnya sebagian besar shahabat yang terlibat konflik dengan Ali khususnya, Zubeir dan Thalhah telah meraih kesepakatan dengannya dan mengetahui bahwa Ali akan menegakkan hukum qishash atas para pemberontak yang telah membunuh Utsman.  Namun akhirnya para shahabat tersebut berselisih pada sikap yang harus diambil selanjutnya. Sebagian besar dari mereka menginginkan agar segera diambil tindakan secepatnya. Sedangkan Ali memilih menunda hingga waktu yang dianggap tepat dan sesuai prosedur. 2. Sebab Ali menunda keputusan untuk menegakkan Qishash adalah karena beberapa pertimbangan, diantaranya : Pertama, para pelaku pembunuh Ustman adalah sekelompok orang dalam jumlah yang besar. Mereka kemudian berlindung di suku masing-masing atau mencari pengaruh agar selamat dari hukuman. Memanggil mereka untuk diadili sangat tidak mungkin. Jalan satu-satunya adalah dengan kekuatan. Dan Ali menilai memerangi mereka dalam kondisi negara sedang tidak stabil sudah pas

Daun Pepaya Jepang, Aman Untuk Pakan Kambing di @kapurinjing

KH.MUNFASIR, Padarincang, Serang, Banten

Akhlaq seorang kyai yang takut memakai uang yang belum jelas  Kyai Laduni yang pantang meminta kepada makhluk Pesantren Beliau yang tanpa nama terletak di kaki bukit padarincang. Dulunya beliau seorang dosen IAIN di kota cirebon. Saat mendapatkan hidayah beliau hijrah kembali ke padarincang, beliau menjual seluruh harta bendanya untuk dibelikan sebidang sawah & membangun sepetak gubuk ijuk, dan sisa selebihnya beliau sumbangkan. Beliau pernah bercerita disaat krisis moneter, dimana keadaan sangatlah paceklik. Sampai sampai pada saat itu, -katanya- untuk makan satu biji telor saja harus dibagi 7. Pernah tiba tiba datanglah seseorang meminta doa padanya. Saat itu Beliau merasa tidak pantas mendoakan orang tersebut. Tapi orang tersebut tetap memaksa beliau yang pada akhirnya beliaupun mendoakan Alfatihah kepada orang tersebut. Saat berkehendak untuk pamit pulang, orang tersebut memberikan sebuah amplop yang berisi segepok uang. Sebulan kemudian orang tersebut kembali datang untuk memi

Kisah Siti Ummu Ayman RA Meminum Air Kencing Nabi Muhammad SAW

Di kitab Asy Syifa disebutkan bahwa Kanjeng Nabi Muhammad SAW punya pembantu rumah tangga perempuan bernama Siti Ummu Ayman RA. Dia biasanya membantu pekerjaan istri Kanjeng Nabi dan nginap di rumah Kanjeng Nabi. Dia bercerita satu pengalaman uniknya saat jadi pembantu Kanjeng Nabi. Kanjeng Nabi Muhammad itu punya kendi yang berfungsi sebagai pispot yang ditaruh di bawah ranjang. Saat di malam hari yang dingin, lalu ingin buang air kecil, Kanjeng Nabi buang air kecil di situ. Satu saat, kendi pispot tersebut hilang entah ke mana. Maka Kanjeng Nabi menanyakan kemana hilangnya kendi pispot itu pada Ummu Ayman. Ummu Ayman pun bercerita, satu malam, Ummu Ayman tiba-tiba terbangun karena kehausan. Dia mencari wadah air ke sana kemari. Lalu dia nemu satu kendi air di bawah ranjang Kanjeng Nabi SAW yang berisi air. Entah air apa itu, diminumlah isi kendi itu. Pokoknya minum dulu. Ternyata yang diambil adalah kendi pispot Kanjeng Nabi. Dan yang diminum adalah air seni Kanjeng Nabi yang ada dal

Abuya Syar'i Ciomas Banten

''Abuya Syar'i Ciomas(banten)" Abuya Syar'i Adalah Seorang Ulama Yg Sangat Sepuh. Menurut beliau sekarang beliau telah berrusia lebih dari 140 tahun. Sungguh sangat sepuh untuk ukuran manusia pada umumnya. Abuya Sar'i adalah salah satu murid dari syekh. Nawawi al bantani yg masih hidup. Beliau satu angkatan dengan kyai Hasyim asy'ary pendiri Nahdatul ulama. Dan juga beliau adalah pemilik asli dari golok ciomas yg terkenal itu. Beliau adalah ulama yg sangat sederhana dan bersahaja. Tapi walaupun begitu tapi ada saja tamu yg berkunjung ke kediamannya di ciomas banten. Beliau juga di yakini salah satu paku banten zaman sekarang. Beliau adalah kyai yg mempunyai banyak karomah. Salah satunya adalah menginjak usia 140 tahun tapi beliau masih sehat dan kuat fisiknya. Itulah sepenggal kisah dari salah satu ulama banten yg sangat berpengaruh dan juga kharismatik. Semoga beliau senantiasa diberi umur panjang dan sehat selalu Aaamiiin... (FM/ FB )

Mengelola Blog Wordpress dan Blogspot Melalui Ponsel

Di jaman gatget yang serba canggih ini, sekarang dasboard wordpress.com dan blogspot.com semakin mudah dikelola melalui ponsel. Namun pada settingan tertentu memang harus dilakukan melalui komputer seperti untuk mengedit themes atau template. Dan bagi kita yang sudah terbiasa "mobile" atau berada di lapangan maka kita bisa menerbitkan artikel kita ke blog wordpress.com melalui email yang ada di ponsel kita, so kita nggak usah kawatir.