Langsung ke konten utama

Rohingya, Yaman dan Para Jihadis

arsa
Forum Muslim - Rupanya, meskipun sudah membuat 5 tulisan, masih ada hal penting yang belum saya bahas, yaitu keberadaan "jihadis" Rohingya di Myanmar.
Saya masih belum sempat meneliti mendalam tentang ARSA (soalnya, saya pengamat Timteng, bukan Asia Tenggara). Tapi dari pernyataan resmi pemerintah Myanmar dan pemberitaan media-media internasional disebutkan bahwa ada kelompok bersenjata bernama Pasukan Keselamatan Rohingya Arakan (Arakan Rohingya Salvation Army, ARSA).
Keberadaan ARSA menjadi dalih bagi kekerasan yang dilakukan oleh tentara Myanmar terhadap kaum Rohingya. Narasinya: tentara menggrebek kamp-kamp pengungsi Rohingya untuk menangkapi milisi ARSA, karena sebelumnya mereka telah menembaki tentara.
Suu Kyi juga membela perilaku tentara dengan mengkambinghitamkan teroris. Seperti diberitakan BBC, Suu Kyi mengatakan bahwa banyak informasi salah yang beredar; dan informasi itu disebar untuk mendukung "kepentingan teroris."
Menurut BBC, Suu Kyi tak menjelaskan lebih lanjut pihak yang ia sebut sebagai "teroris." Namun selama ini, pemerintah Myanmar selalu menyebut ARSA sebagai teroris.
Okelah, teroris memang harus ditangkapi. Densus kita juga berjuang keras menangkapi teroris. Problemnya, seperti dilaporkan Burma Human Rights Network, militer tak hanya menghincar ARSA, tapi juga membantai orang Rohingya yang tak terkait dengan serangan itu.
Akibat serbuan militer sejak 2 pekan lalu, selain 400-an orang Rohingya tewas, 120 ribuan lainnya mengungsi keluar dari Rakhine, menuju perbatasan Bangladesh. Padahal di sana sudah ada 400.000 pengungsi yang hidup dalam kamp-kamp yang amat buruk dan menyedihkan. Bangladesh yang juga negara miskin, tak sanggup lagi menampung, sehingga melarang masuk pengungsi yang baru.
pengungsi rohingya
Jadi, ada 2 persoalan di sini:
(1) Ada orang-orang yang terusir di sana-sini, dalam kondisi amat-sangat buruk. Kita bisa melihat sendiri kondisi mereka lewat layar televisi. Artinya, ini faktual, ada ratusan ribu orang Rohingya, sebagian besarnya perempuan dan anak-anak, yang benar-benar dalam kondisi tertindas. Masih tidak mau membantu dan menyalah-nyalahkan mereka, menyebut "gara-gara mereka sendiri, ngapain bunuh tentara Myanmar??" [tentu seperti saya tulis sebelumnya, CARA membantunya harus bijak, bukan dengan hate-speech pada kaum Buddha Indonesia, apalagi ke pemerintah sendiri]
(2) Ada falasi yang dilakukan jika memotong rentetan konflik puluhan tahun ini pada momen munculnya ARSA. Coba dibaca lagi seri Kuliah Logika di Fanpage ini, bagian "falasi non causa pro-causa". Ini mirip dengan falasinya Obama: "Israel berhak melindungi dirinya karena diserang oleh teroris Palestina". Konflik puluhan tahun sebelumnya dilupakan begitu saja.
Nah, lanjut ke soal milisi jihad ini. ARSA ini memang terindikasi kuat terkait dengan Al Qaida/ISIS. International Crisis Group mengatakan bahwa para anggota ARSA telah dilatih di luar negeri. Pemimpinnya adalah Attaullah Abu Ammar Jununi, lahir dari orang tua Rohingya di Karachi, Pakistan, dan dibesarkan di Mekah, Arab Saudi. Menurut Sputnik, pada bulan Januari 2017 polisi India menangkap minimalnya 500 orang Rohingya yang menggunakan paspor India untuk ke Arab Saudi, untuk bergabung dengan ISIS.
Buat para facebooker pemerhati Timteng, semoga masih ingat tulisan saya soal Al Qaida di Yaman. Dengan alasan untuk memberantas Al Qaida, AS mengebomi Yaman pada 2010. Korban terbesarnya tentu saja bukan antek Al Qaida, tapi warga sipil. Selama tahun 2009 pun, AS sudah menggelontorkan dana 70 juta dollar untuk membantu pemerintah Yaman memberantas terorisme (saat itu dipimpin oleh Presiden Ali Abdullah Saleh, AAS).
Ketika Arab Spring berlangsung, Yaman juga bergolak, rakyat melakukan demo besar-besaran memprotes AAS yang selama 30 tahun berkuasa dengan amat despotik, sementara mayoritas rakyat Yaman hidup miskin (Yaman adalah salah satu negara termiskin di dunia).
Yang demo ini siapa? Maaf ya, bukan Al Qaida. Para demonstran adalah rakyat yang berasal dari berbagai faksi, baik Sunni, maupun Syiah. Memang yang paling disebut-sebut adalah kelompok Houthi yang Syiah Zaidiyah (beda dengan Syiah di Iran), sehingga diframing oleh media massa internasional ini adalah perseteruan kaum Syiah melawan faksi pro-Saudi. (AAS memang akhirnya kabur ke Saudi, begitu pula penggantinya, Mansur Hadi).
Tahun 2015, Saudi mulai membombardir Yaman untuk mengembalikan "demokrasi" di Yaman (silahkan tertawa). Maksudnya, Saudi ingin agar Yaman menghormati demokrasi, kembali menerima Mansur Hadi sebagai presiden.
Lha trus, Al Qaida-nya ada dimana? Mudah sekali ditebak, dalam peperangan ini, mereka malah memerangi Houthi (sejalan dengan kepentingan Saudi). Lalu ujug-ujug masuk pula ISIS ke Yaman, juga memerangi Houthi.
Balik lagi ke Myanmar. Kalau berkaca pada konflik Suriah dan Yaman, sangat mudah dipahami petanya: ngapain itu Al Qaida ujug-ujug ada di sana? Mereka ini proxy-nya siapa? Silahkan baca lagi analisis geopolitik di status saya sebelumnya. Rumusnya: follow the money. Lihat kemana aliran uang terbesar mengalir, di sanalah aktor utama konflik ini berada.[]
NB: kalau mau tahu kemana aliran uangnya, silahkan baca beberapa link ini. Anda akan ketemu nama Soros, yang hampir selalu muncul dalam berbagai konflik di muka bumi ini (era kontemporer). Selamat mumet.
soros-myanmar
—————————–
NB: seperti pernah saya jelaskan, menganalisis konflik itu perlu dibedakan antara akar/penyebab utama, pemicu, aggravating (yang memperuncing konflik, milisi "jihad" bisa masuk ke sini), dan mobilizing factor (faktor Suu Kyi bisa masuk ke sini).

oilcurse
Di antara para pembaca tulisan bagian atas ada yang masih salah paham maksud tulisan saya. Ada yang salah paham karena sentimen agama (seolah-olah, dengan membahas keterlibatan korporasi dalam konflik Myanmar, artinya anti Islam karena tidak peduli pada Rohingya), ada yang karena bekerja di perusahaan yang bergelimang uang berkat perang sehingga punya kepentingan untuk menyalahpahamkan (menggeser diskusi ke arah lain), ada juga karena memang benar-benar belum paham karena tulisan saya yang terlalu singkat.
Jadi khusus untuk golongan ke-3, yang saya asumsikan memang ingin terus belajar, saya putuskan untuk melanjutkan tulisan tersebut.
Dalam menganalisis konflik dengan perspektif ekonomi-politik, rumusnya begini: follow the money. Lihat kemana aliran uang terbesar mengalir, di sanalah aktor utama konflik ini berada, di sanalah akar konflik. Dalam konflik, ada yang disebut “akar”, ada yang disebut “pemicu”. Pemicu konflik, bisa apa saja, bergantung daerahnya.
Di Yaman, pemicu konflik adalah penggulingan rezim Mansour Hadi oleh gerakan reformasi rakyat (yang didominasi kelompok Syiah Houthi, tapi sebenarnya sangat banyak faksi yang bergabung di dalamnya, baik dari mahzab Sunni maupun Syiah). Setelah Mansour Hadi mengungsi ke Saudi, Saudi pun membombardir Yaman sejak 2015, hingga hari ini. Media pun beramai-ramai memframing bahwa ini perang Sunni (Saudi) lawan Syiah (Houthi).
Di Suriah, pemicu konflik adalah adanya kelompok-kelompok oposisi yang menginginkan demokratisasi (ingin menggulingkan Assad yang sejak masa ayahnya, hingga kini, total sudah 46 tahun berkuasa). Tapi ketika proses demokratisasi berlangsung, isu berubah jadi “penegakan khilafah” dan meletuslah “jihad melawan rezim Syiah”.
Di Myanmar, pemicu konflik terbaru (serangan militer terhadap kamp pengungsi Rohingya di Arakan, sehingga ratusan ribu etnis Rohingya mengungsi keluar Myanmar) disebut-sebut adalah: karena adanya milisi bersenjata (ARSA) yang menyerang polisi. Jadi, statusnya: polisi/militer hanya ‘sekedar’ melakukan penumpasan teroris. “Kebetulan”, etnis Rohingya beragama Islam, dan pemerintah Myanmar didominasi etnis Burma yang beragama Buddha. Muncul pula tokoh-tokoh Buddha yang rasis, antara lain Biksu Wirathu, yang sering mengeluarkan hate-speech anti-Muslim. Konflik Myanmar pun diframing sebagai konflik agama Islam vs Buddha.
DIMANA AKAR KONFLIK?
Sekali lagi, dalam menganalisis konflik, yang perlu dicari benar-benar adalah apa AKAR-nya. Jangan sampai, akar tertukar dengan PEMICU. Untuk Myanmar, saya juga sudah tulis (cek 6 tulisan saya sebelumnya, di FP ini), bahwa agama bukan akar konflik.Salah satu buktinya, masjid-masjid berdiri di Myanmar dan umat Islam tidak mengalami gangguan dalam beribadah. Muslim pun pernah menjadi anggota parlemen. Bukti lain, yang didiskriminasi dan mengalami penindasan junta militer Myanmar bukan cuma etnis Rohingya, tapi etnis-etnis minoritas lainnya terutama yang berada di kawasan yang kaya sumber daya, antara lain suku Karen dan Kachin yang mayoritas beragama Kristiani.
Untuk Yaman dan Suriah, saya sudah pernah menulis panjang lebar. Ada kekayaan alam dan posisi geopolitik yang sangat strategis yang dimiliki kedua negara ini. Kalian pikir, kalau kedua negara ini benar-benar miskin, tak punya apa-apa yang bisa menghasilkan balik modal uang triliunan Dollar, Amerika, Saudi, dan sekutu mereka mau menggelontorkan uang yang amat-sangat besar untuk perang?
soros-suu kyi
Soros dan Aung San Suu Kyi
Nah sekarang, untuk Myanmar.Minimalnya ada 5 faktor yang berjalin-berkelindan dalam membicarakan Myanmar:
1. Faktor klaim sejarah (apakah benar etnis Rohingya berhak jadi warga negara Myanmar, bagaimana sejarahnya, bla..bla..). Menurut saya, kalau ini diperdebatkan, tidak akan pernah tercapai resolusi konflik. Seperti kata teman saya, perdebatan seperti ini bagaikan “memutar kain sarung, tak bersua mana ujung mana pangkalnya”.
2. Faktor politik domestik Myanmar (pembahasan mengenai Suu Kyi, faksi-faksi pendukung Suu Kyi, bagaimana mereka selama ini berusaha mendapatkan suara dalam pemilu, yang tak lain tak bukan, dengan mengedepankan hate speech kepada Muslim).
3. Faktor gerakan “jihad”. Baik di Yaman, Suriah, dan Myanmar, ada gerakan “jihadis” dalam versi masing-masing, tapi posisinya beda-beda karena model konflik yang berbeda.
4. Faktor domestik Indonesia (bagaimana respon Indonesia terhadap konflik ini; ini juga memunculkan perdebatan tak berkesudahan karena ada pihak-pihak berkepentingan menunggangi. Padahal, kita sudah punya aturan tersendiri dalam menyikapi konflik internasional, Kemenlu sudah paham betul apa langkah yang perlu dan mungkin untuk diambil, ada yang disebut “kepentingan nasional” yang selalu jadi parameter utama sebuah negara dalam bertindak.)
5. Faktor ekonomi-politik, ini akan membahas akar konflik, yang berasumsi bahwa segala konflik besar pasti UUD (ujung-ujungnya duit), pasti ada sumber daya alam yang sedang diperebutkan. Ada negara-negara adidaya yang terlibat di sini, yang sebenarnya, merekalah yang sanggup meresolusi konflik. Posisi Indonesia jauh berbeda dengan negara-negara adidaya ini. Mereka, kalau mau, bisa menekan junta militer. Sementara Indonesia, hanya bisa sebatas memberikan bantuan dan dorongan dalam kerangka persahabatan.
Di faktor ke-5 ini, pembahasannya agak dilematis. Yang diperlukan adalah “berjarak” dari konflik. Ada penulis yang saking ingin menyadarkan publik bahwa konflik Myanmar bukan konflik agama, melainkan perebutan sumber daya alam, malah TERPELESET: membela junta militer dan sikap diam Suu Kyi, dan menyebut konflik Myanmar adalah hoax. Ada pula yang saking anti junta militer, malah terpeleset ikut “gerakan demokratisasi” Myanmar, tanpa sadar bahwa di balik gerakan demokratisasi itu ada Soros.
Seperti saya isyaratkan di bagian 1ada Soros di Myanmar. Rekam sejak Soros sejak lama adalah berada di belakang aksi-aksi penggulingan rezim di berbagai negara, mulai dari Eropa Timur, Timteng, hingga Indonesia. Coba kita kilas-balik ke Indonesia 1998 untuk memahami betapa dilematisnya: rakyat Indonesia selama 30 tahunan berada di rezim Orba yang represif dan anti-demokrasi. Apakah Suharto perlu digantikan dengan rezim yang demokratis? Ya. Tapi, jangan lupa, ada tangan Soros yang sangat berperan di dalam proses ini. Krisis moneter yang sangat parah waktu itu akibat kerjaan Soros, menjadi pemicu demo besar-besaran anti-Suharto.
Begitu pula Myanmar. Soros mendanai sejumlah organisasi yang tergabung dalam Burma Task Force, yang aktif menyerukan kepada dunia internasional “hentikan genosida terhadap minoritas muslim Rohingya”. Betul, minoritas Rohingya tertindas. Betul, sebaiknya rejim junta militer Myanmar dibubarkan penuh dan negeri itu dijalankan dengan demokratis. Tidak seperti sekarang, di atas kertas ada Suu Kyi yang berkuasa (dan demokratis), padahal tetap saja militer yang punya kendali penuh.
Tapi, ketika Soros berperan penting dalam proses ini, faktor ekonomi-politik akan menjadi penting dibahas. Manalah mau seorang pedagang kaya repot-repot menggelontorkan dana banyak untuk “membantu muslim Rohingya” bila tidak ada balik modalnya? Ini baru 1 Soros. Belum lagi taipan lain yang juga punya kepentingan ekonomi di Myanmar. Di antara mereka pun saling berseteru, saling melempar counter-issue.
Dan ingat, ini bukan cuma untuk Myanmar ya. Ilmu, pengetahuan, dan kemampuan bersikap kritis ini penting dimiliki untuk diaplikasikan di negeri sendiri.
Seperti ditulis teman saya, “Jadi rakyat jangan tegang-tegang amat. Pemilik modal itu nggak peduli ente nyembah Tuhan atau komet, Khalifahnya Abu Bakar atau Ali Bin Abu Thalib, Amerika atau China. Yang penting bisnis bisa jalan.”

Artikel Terkait

Komentar

Artikel Populer

Prahara Aleppo

French Foreign Minister Bernard Kouchner takes off a Jewish skull-cap, or Kippa, at the end of a visit to the Yad Vashem Holocaust Memorial in Jerusalem, Tuesday, Sept. 11, 2007. Kouchner is on an official visit to Israel and the Palestinian Territories. (AP Photo/Kevin Frayer) Eskalasi konflik di Aleppo beberapa hari terakhir diwarnai propaganda anti-rezim Suriah yang sangat masif, baik oleh media Barat, maupun oleh media-media “jihad” di Indonesia. Dan inilah mengapa kita (orang Indonesia) harus peduli: karena para propagandis Wahabi/takfiri seperti biasa, mengangkat isu “Syiah membantai Sunni” (lalu menyamakan saudara-saudara Syiah dengan PKI, karena itu harus dihancurkan, lalu diakhiri dengan “silahkan kirim sumbangan dana ke no rekening berikut ini”). Perilaku para propagandis perang itu sangat membahayakan kita (mereka berupaya mengimpor konflik Timteng ke Indonesia), dan untuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di Suriah. Tulisan i

Sholawat-Sholawat Pembuka Hijab

Dalam Islam sangat banyak para ulama-ulama sholihin yang bermimpi Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam dan mendapatkan petunjuk atau isyarat untuk melakukan atau mengucapkan kalimat-kalimat tertentu (seperti dzikir, sholawat, doa dll ). Bahkan sebagian di antara mereka menerima redaksi sholawat langsung dari Rasulullah dengan ditalqin kata demi kata oleh Beliau saw. Maka jadilah sebuah susunan dzikir atau sholawat yg memiliki fadhilah/asror yg tak terhingga.  Dalam berbagai riwayat hadits dikatakan bahwa siapa pun yang bermimpi Nabi saw maka mimpi itu adalah sebuah kebenaran/kenyataan, dan sosok dalam mimpinya tersebut adalah benar-benar Nabi Muhammad saw. Karena setan tidak diizinkan oleh Alloh untuk menyerupai Nabi Muhammad saw. Beliau juga bersabda, "Barangsiapa yg melihatku dalam mimpi maka ia pasti melihatku dalam keadaan terjaga" ----------------------------- 1. SHOLAWAT JIBRIL ------------------------------ صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ SHOLLALLOOH 'ALAA MUHAMMA

Amalan Pada Malam Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Nabi Muhammad ﷺ bersabda: عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه أن رسول ﷺ قال: “من أحيا ليلة الفطر وليلة الأضحى لم يمت قلبه يوم تموت القلوب” رواه الطبراني في الكبير والأوسط. Dari Ubadah Ibn Shomit r.a. Sungguh Rosulullah ﷺ bersabda: "Barangsiapa menghidupkan malam Idul Fitri dan malam Idul Adlha, hatinya tidak akan mati, di hari matinya hati." ( HR.Thobaroni ) عن أبي أمامه رضي الله عنه عن النبي ﷺ قال : “من قام ليلتي العيدين محتسباً لم يمت قلبه يوم تموت القلوب”. وفي رواية “من أحيا” رواه ابن ماجه Dari Abi Umamah r.a, dari Nabi ﷺ, bersabda: Barangsiapa beribadah di dua malam Hari Raya dengan hanya mengharap ALLAH, maka hatinya tidak akan mati pada hari matinya hati. ( HR. Ibnu Majah ) Bagaimana cara menghidupkan dua Hari Raya itu? Telah disebutkan oleh Syaikh Abdul Hamid Al Qudsi, dengan mengamalkan beberapa amalan: 1. Syaikh Al Hafni berkata: Ukuran minimal menghidupkan malam bisa dengan Sholat Isya’ berjama’ah dan meniatkan diri untuk jama’ah Sholat Shubuh pada besoknya. Atau mempe

ALASAN ALI MENUNDA QISHASH PEMBUNUH UTSMAN

Oleh :  Ahmad Syahrin Thoriq   1. Sebenarnya sebagian besar shahabat yang terlibat konflik dengan Ali khususnya, Zubeir dan Thalhah telah meraih kesepakatan dengannya dan mengetahui bahwa Ali akan menegakkan hukum qishash atas para pemberontak yang telah membunuh Utsman.  Namun akhirnya para shahabat tersebut berselisih pada sikap yang harus diambil selanjutnya. Sebagian besar dari mereka menginginkan agar segera diambil tindakan secepatnya. Sedangkan Ali memilih menunda hingga waktu yang dianggap tepat dan sesuai prosedur. 2. Sebab Ali menunda keputusan untuk menegakkan Qishash adalah karena beberapa pertimbangan, diantaranya : Pertama, para pelaku pembunuh Ustman adalah sekelompok orang dalam jumlah yang besar. Mereka kemudian berlindung di suku masing-masing atau mencari pengaruh agar selamat dari hukuman. Memanggil mereka untuk diadili sangat tidak mungkin. Jalan satu-satunya adalah dengan kekuatan. Dan Ali menilai memerangi mereka dalam kondisi negara sedang tidak stabil sudah pas

3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup - Himayah atau Pemimpin Ulama di Tanah Banten

Forum Muslim - Banten merupakan provinsi Seribu Kyai Sejuta Santri. Tak heran jika nama Banten terkenal diseluruh Nusantara bahkan dunia Internasional. Sebab Ulama yang sangat masyhur bernama Syekh Nawawi AlBantani adalah asli kelahiran di Serang - Banten. Provinsi yang dikenal dengan seni debusnya ini disebut sebut memiliki paku atau penjaga yang sangat liar biasa. Berikut akan kami kupas 3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup. 1. Abuya Syar'i Ciomas Banten Selain sebagai kyai terpandang, masyarakat ciomas juga meyakini Abuya Syar'i sebagai himayah atau penopang bumi banten. Ulama yang satu ini sangat jarang dikenali masyarakat Indonesia, bahkan orang banten sendiri masih banyak yang tak mengenalinya. Dikarnakan Beliau memang jarang sekali terlihat publik, kesehariannya hanya berdia di rumah dan menerima tamu yg datang sowan ke rumahnya untuk meminta doa dan barokah dari Beliau. Banyak santri - santrinya yang menyaksikan secara langsung karomah beliau. Beliau jug

Daun Pepaya Jepang, Aman Untuk Pakan Kambing di @kapurinjing

KH.MUNFASIR, Padarincang, Serang, Banten

Akhlaq seorang kyai yang takut memakai uang yang belum jelas  Kyai Laduni yang pantang meminta kepada makhluk Pesantren Beliau yang tanpa nama terletak di kaki bukit padarincang. Dulunya beliau seorang dosen IAIN di kota cirebon. Saat mendapatkan hidayah beliau hijrah kembali ke padarincang, beliau menjual seluruh harta bendanya untuk dibelikan sebidang sawah & membangun sepetak gubuk ijuk, dan sisa selebihnya beliau sumbangkan. Beliau pernah bercerita disaat krisis moneter, dimana keadaan sangatlah paceklik. Sampai sampai pada saat itu, -katanya- untuk makan satu biji telor saja harus dibagi 7. Pernah tiba tiba datanglah seseorang meminta doa padanya. Saat itu Beliau merasa tidak pantas mendoakan orang tersebut. Tapi orang tersebut tetap memaksa beliau yang pada akhirnya beliaupun mendoakan Alfatihah kepada orang tersebut. Saat berkehendak untuk pamit pulang, orang tersebut memberikan sebuah amplop yang berisi segepok uang. Sebulan kemudian orang tersebut kembali datang untuk memi

Kisah Siti Ummu Ayman RA Meminum Air Kencing Nabi Muhammad SAW

Di kitab Asy Syifa disebutkan bahwa Kanjeng Nabi Muhammad SAW punya pembantu rumah tangga perempuan bernama Siti Ummu Ayman RA. Dia biasanya membantu pekerjaan istri Kanjeng Nabi dan nginap di rumah Kanjeng Nabi. Dia bercerita satu pengalaman uniknya saat jadi pembantu Kanjeng Nabi. Kanjeng Nabi Muhammad itu punya kendi yang berfungsi sebagai pispot yang ditaruh di bawah ranjang. Saat di malam hari yang dingin, lalu ingin buang air kecil, Kanjeng Nabi buang air kecil di situ. Satu saat, kendi pispot tersebut hilang entah ke mana. Maka Kanjeng Nabi menanyakan kemana hilangnya kendi pispot itu pada Ummu Ayman. Ummu Ayman pun bercerita, satu malam, Ummu Ayman tiba-tiba terbangun karena kehausan. Dia mencari wadah air ke sana kemari. Lalu dia nemu satu kendi air di bawah ranjang Kanjeng Nabi SAW yang berisi air. Entah air apa itu, diminumlah isi kendi itu. Pokoknya minum dulu. Ternyata yang diambil adalah kendi pispot Kanjeng Nabi. Dan yang diminum adalah air seni Kanjeng Nabi yang ada dal

Abuya Syar'i Ciomas Banten

''Abuya Syar'i Ciomas(banten)" Abuya Syar'i Adalah Seorang Ulama Yg Sangat Sepuh. Menurut beliau sekarang beliau telah berrusia lebih dari 140 tahun. Sungguh sangat sepuh untuk ukuran manusia pada umumnya. Abuya Sar'i adalah salah satu murid dari syekh. Nawawi al bantani yg masih hidup. Beliau satu angkatan dengan kyai Hasyim asy'ary pendiri Nahdatul ulama. Dan juga beliau adalah pemilik asli dari golok ciomas yg terkenal itu. Beliau adalah ulama yg sangat sederhana dan bersahaja. Tapi walaupun begitu tapi ada saja tamu yg berkunjung ke kediamannya di ciomas banten. Beliau juga di yakini salah satu paku banten zaman sekarang. Beliau adalah kyai yg mempunyai banyak karomah. Salah satunya adalah menginjak usia 140 tahun tapi beliau masih sehat dan kuat fisiknya. Itulah sepenggal kisah dari salah satu ulama banten yg sangat berpengaruh dan juga kharismatik. Semoga beliau senantiasa diberi umur panjang dan sehat selalu Aaamiiin... (FM/ FB )

Mengelola Blog Wordpress dan Blogspot Melalui Ponsel

Di jaman gatget yang serba canggih ini, sekarang dasboard wordpress.com dan blogspot.com semakin mudah dikelola melalui ponsel. Namun pada settingan tertentu memang harus dilakukan melalui komputer seperti untuk mengedit themes atau template. Dan bagi kita yang sudah terbiasa "mobile" atau berada di lapangan maka kita bisa menerbitkan artikel kita ke blog wordpress.com melalui email yang ada di ponsel kita, so kita nggak usah kawatir.