Langsung ke konten utama

Hukum Allah



Oleh : Muhsin Labib
Saya bermalam di rumah teman di sebuah desa yang cukup jauh dari kota Jember. Kasian namanya. Saat kami berbincang ringan sambil minum kopi, angin mengirimkan suara ngaji Quran. Menurut teman saya, mengkhamatkan al-Quran merupakan tradisi umum bila seseorang wafat. Dia menyebutkan beberapa tujuan lain di balik khataman.
Saat asyik ngobrol, terdengar ayat "و من لم يحكم بما انزل الله فأولئك هم الكافرون" (Sesiapa yang tidak menghukum dengan apa yang diturunkan oleh Allah, maka mereka adalah orang-orang kafir).
Asmawi, sohibul bait yang cukup lama nyantri, melontarkan sebuah pertanyaan berat, "Bagaimana memaknai ayat itu? Bukankah ayat itu menegaskan bahwa hukum Allah wajib diterapkan?"
Ini bukan pertanyaan baru. Beberapa kali saya mendapatkan pertanyaan serupa. Tema "Hukum Allah" termasuk tema krusial dan sensitif karena kerap dikaitkan oleh sebagaian umat Islam dengan isu "negara Islam".
Mari kita bahas tema "negara Islam" dalam beberapa premis dan poin sebagai berikut:
1. Secara umum, kewajiban menerapkan hukum Allah adalah sesuatu yang tidak diingkari oleh setiap Muslim.
2. Setelah memastikan kewajiban tersebut, yang perlu diperjelas adalah bagaimana memastikan sesuatu sebagai hukum Allah dan lainnya sebagai hukum selain Allah. Faktanya, kelompok2 Islam berselisih tentang substansi dan definisi hukum Allah.
Artinya, sekadar meyakini wajibnya menerapkan hukum Allah tidak berarti bisa menerapkannya secara langsung.
3. Setelah menyepekati metode penentuan sesuatu sebagai hukum Allah dan setelah mengandaikan setiap Muslim sepakat tentang metode khusus penentuan hukum Allah, maka yang perlu diperjelas adakah penafsiran tunggal tentang teks2 yang dianggap memuat hukum2 Allah supaya bisa diterapkan dan diberlakukan. Faktanya, tidak ada tafsir tunggal yang diterima oleh semua umat Islam kecuali beberapa hukum global seperti wajibnya shalat dan haramnya makan babi.
4. Setelah menyepakati penafsiran tunggal yang diterima oleh semua Muslim tentang hukumm Allah, yang perlu diperjelas adalah kriteria-kriteria penafsir yang diterima oleh semua yang mengimani kewajiban menerapkannya. Faktanya, jumlah penafsir, yang kompeten dan yang ngawur, sangat banyak.
5. Setelah menerima penafsir tunggal tentang hukum Allah, yang perlu diperjelas adalah apakah semua termuat dalam al-Quran. Faktanya, al-Quran tidak memuat semua hukum Allah.
6. Setelah memastikan penafsiran tunggal al-Quran, yang perlu diperjelas apakah al-Quran menetapkan hukum rinci ataukah umum. Faktanya, sebagian besar hukum dalam ayat2 muhkam bersifat umum dan tidak rinci.
7. Setelah memastikan bahwa hukum Allah tidak bisa dierapkan hanya dengan bahan ayat2 yang tidak spesifik dan rinci, yang harus diperjelas apakah Allah menurunkan hukum selain al-Quran atau tidak. Faktanya, hukum Allah tidak hanya diturunkan dalam al-Quran.
8. Bila disepakati bahwa Sunnah adalah wahyu kedua yang diturunkan atas Nabi SAW sebagai sumber hukum Allah, yang perlu diperjelas bagaimana menentukan sebuah teks sebagai Sunnah Nabi. Faktanya umat Islam mengaku mengikuti Sunnah Nabi namun berbeda dalam menentukan kriteria2 Sunnah Nabi SAW.
9. Bila ada hadis2 yang dianggap 'mutawatir' atau matan dan sanadnya diterima secara luas , maka yang perlu diperjelas cukupkah hadis2 mutawatir tersebut memuat hukum2 Allah yang tidak termuat dalam al-Quran dan hukum2 yang tidak dirincikan di dalamnya. Faktanya, umat Islam tidak bersepakat tentang jenis hadis2 mutawatir.
10. Bila dipastikan bahwa Sunnah dan hadis mutawatir sebagai wahyu yang memuat hukum2 Allah yang spesifik, maka yang perlu disepakati adalah kriteria2 "mutawatir". Faktanya setiap kelompok berlomba menetapkan kriteria2 mutawatir secara berbeda.
11. Bila dipastikan sejumlan hadis sebagai mutawatir sebagai dasar penetapan (penyimpulan) para ulama, maka yang perlu disepekati adalah kriteria-kriteria ulama yang diterima sebagai penyimpul hukum Allah. Faktanya, tak ada kriteria2 khusus dan ketat yang disepakati tentang identitas ulama oleh seluruh umat yang telah mengimani kewajiban menerapkan hukum Allah.
12. Anggaplah semua hadis mutawatir disepakati oleh umat Islam, yang perlu dipertanyakan apakah semua teks hadis tentang hukum tergolong mutawatir ataukah tidak. Faktanya, perbedaan terbesar antara Sunni dan Syiah bahkan intra mazhab2 Sunni berkisar seputar hukum alias fikih.
13. Anggaplah semua mazhab sepakat tentang hukum2 dalam hadis (melalui fusi atau apapun), yang perlu dipertanyakan apakah "penerapan" hukum Allah itu berlaku atas Muslim semata ataukah Muslim dan non Muslim. Faktanya, non Muslim tidak meyakininya sebagai hukum Allah.
14. Anggaplah penerapan hukum Allah berlaku atas Muslim semata, maka yang perlu dipertanyakan apakah pemberlakuannya bersifat personal/individual atau interpersonal/sosial. Faktanya, tidak semua individu sepakat tentang keberlakuannya secara sosial.
15. Anggaplah hukum Allah berlaku atas Muslim dan non Muslim, maka yang perlu dipertanyakan apa dasar hukum pemberlakuannya atas individu yang tidak menganggapnya sebagai hukum Allah. Faktanya, penerapkan hukum yang diyakini sebagai hukum Allah atas muslim dan non Muslim menimbulkan resistensi karena hal itu meniscayakan pemaksaan.
16. Anggaplah hukum Allah itu berlaku atas Muslim dan non Muslim, setuju atau tidak, maka yang perlu dipertanyakan siapakah sosok yang bisa diterima sebagai penegak dan pemberlaku hukum Allah atas semua individu. Faktanya, umat Islam tidak pernah bersepakat tentang figur unggul sebagai pemegang otoritas pemberlaku hukum Allah, bahkan sebagian menafikan kriteria keunggulan dan kesucian selain Nabi SAW.
Kesimpulan:
Selama tidak ada otoritas yang disepakati dan selama setiap individu tidak menerima figur otoritatif sebagai pemberlaku hukum Allah dan sebagai pemegang otoritas vertikalNya, maka hukum Allah berlaku secara personal bagi setiap pribadi yang meyakininya dengan metode pilihannya masing-masing. Setiap individu berkewajiban menerapkan hukum Allah alias agama yang diyakininya dan tidak berhak memberlakukannya secara represif atas pribadi lain.

Tak terasa obrolan santai di rumah yang teduh itu berlangsung lama. Diskusi baru berhenti setelah kedatangan teman virtual yang mau bersilaturahmi di darat. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Komentar

Artikel Populer

Prahara Aleppo

French Foreign Minister Bernard Kouchner takes off a Jewish skull-cap, or Kippa, at the end of a visit to the Yad Vashem Holocaust Memorial in Jerusalem, Tuesday, Sept. 11, 2007. Kouchner is on an official visit to Israel and the Palestinian Territories. (AP Photo/Kevin Frayer) Eskalasi konflik di Aleppo beberapa hari terakhir diwarnai propaganda anti-rezim Suriah yang sangat masif, baik oleh media Barat, maupun oleh media-media “jihad” di Indonesia. Dan inilah mengapa kita (orang Indonesia) harus peduli: karena para propagandis Wahabi/takfiri seperti biasa, mengangkat isu “Syiah membantai Sunni” (lalu menyamakan saudara-saudara Syiah dengan PKI, karena itu harus dihancurkan, lalu diakhiri dengan “silahkan kirim sumbangan dana ke no rekening berikut ini”). Perilaku para propagandis perang itu sangat membahayakan kita (mereka berupaya mengimpor konflik Timteng ke Indonesia), dan untuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di Suriah. Tulisan i

ALASAN ALI MENUNDA QISHASH PEMBUNUH UTSMAN

Oleh :  Ahmad Syahrin Thoriq   1. Sebenarnya sebagian besar shahabat yang terlibat konflik dengan Ali khususnya, Zubeir dan Thalhah telah meraih kesepakatan dengannya dan mengetahui bahwa Ali akan menegakkan hukum qishash atas para pemberontak yang telah membunuh Utsman.  Namun akhirnya para shahabat tersebut berselisih pada sikap yang harus diambil selanjutnya. Sebagian besar dari mereka menginginkan agar segera diambil tindakan secepatnya. Sedangkan Ali memilih menunda hingga waktu yang dianggap tepat dan sesuai prosedur. 2. Sebab Ali menunda keputusan untuk menegakkan Qishash adalah karena beberapa pertimbangan, diantaranya : Pertama, para pelaku pembunuh Ustman adalah sekelompok orang dalam jumlah yang besar. Mereka kemudian berlindung di suku masing-masing atau mencari pengaruh agar selamat dari hukuman. Memanggil mereka untuk diadili sangat tidak mungkin. Jalan satu-satunya adalah dengan kekuatan. Dan Ali menilai memerangi mereka dalam kondisi negara sedang tidak stabil sudah pas

3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup - Himayah atau Pemimpin Ulama di Tanah Banten

Forum Muslim - Banten merupakan provinsi Seribu Kyai Sejuta Santri. Tak heran jika nama Banten terkenal diseluruh Nusantara bahkan dunia Internasional. Sebab Ulama yang sangat masyhur bernama Syekh Nawawi AlBantani adalah asli kelahiran di Serang - Banten. Provinsi yang dikenal dengan seni debusnya ini disebut sebut memiliki paku atau penjaga yang sangat liar biasa. Berikut akan kami kupas 3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup. 1. Abuya Syar'i Ciomas Banten Selain sebagai kyai terpandang, masyarakat ciomas juga meyakini Abuya Syar'i sebagai himayah atau penopang bumi banten. Ulama yang satu ini sangat jarang dikenali masyarakat Indonesia, bahkan orang banten sendiri masih banyak yang tak mengenalinya. Dikarnakan Beliau memang jarang sekali terlihat publik, kesehariannya hanya berdia di rumah dan menerima tamu yg datang sowan ke rumahnya untuk meminta doa dan barokah dari Beliau. Banyak santri - santrinya yang menyaksikan secara langsung karomah beliau. Beliau jug

Sholawat-Sholawat Pembuka Hijab

Dalam Islam sangat banyak para ulama-ulama sholihin yang bermimpi Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam dan mendapatkan petunjuk atau isyarat untuk melakukan atau mengucapkan kalimat-kalimat tertentu (seperti dzikir, sholawat, doa dll ). Bahkan sebagian di antara mereka menerima redaksi sholawat langsung dari Rasulullah dengan ditalqin kata demi kata oleh Beliau saw. Maka jadilah sebuah susunan dzikir atau sholawat yg memiliki fadhilah/asror yg tak terhingga.  Dalam berbagai riwayat hadits dikatakan bahwa siapa pun yang bermimpi Nabi saw maka mimpi itu adalah sebuah kebenaran/kenyataan, dan sosok dalam mimpinya tersebut adalah benar-benar Nabi Muhammad saw. Karena setan tidak diizinkan oleh Alloh untuk menyerupai Nabi Muhammad saw. Beliau juga bersabda, "Barangsiapa yg melihatku dalam mimpi maka ia pasti melihatku dalam keadaan terjaga" ----------------------------- 1. SHOLAWAT JIBRIL ------------------------------ صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ SHOLLALLOOH 'ALAA MUHAMMA

Daun Pepaya Jepang, Aman Untuk Pakan Kambing di @kapurinjing

KENAPA SUAMI BISA SELINGKUH??

Ilustrasi Keluarga Oleh :  Mufrodah Odah Pernah menonton drama Korea berjudul LOVE, MARRIAGE AND DIVORCE? Drama ini mengisahkan tiga perempuan yang diselingkuhi oleh suami mereka. Jadi, aku rasa drama ini cukup menjawab, kenapa seorang suami bisa berselingkuh.  Kita bahas satu persatu ya. 🫰 PEREMPUAN PERTAMA: Boo Hye Ryung, 30 th. Penyiar radio Cantik, muda, modis, karir cemerlang. Itulah Boo Hye Ryung. Namun, sang suami yang bekerja sebagai pengacara, tetap berselingkuh dengan seorang janda yang usianya jauh lebih tua hingga janda itu hamil.  Suami Boo Hye Rung bilang jika dia selingkuh karena istrinya tidak pandai dalam urusan rumah tangga (tidak menyiapkan dan memasakkan makanan), juga karena istrinya tidak ingin segera punya anak alias ingin fokus di karir dulu. Juga, karena kadang istrinya lebih mendominasi.  Kata kunci: cantik, modis, muda, karir cemerlang, tapi tidak pandai mengurus urusan rumah tangga. 🫰 PEREMPUAN KEDUA: Lee Si Eun, 50 th.  Penulis program radio Ibu dari dua

Tafsir Kemenag : Tafsir Al-Qur'an Surat Al-An'am Ayat 155

وَهٰذَا كِتٰبٌ اَنْزَلْنٰهُ مُبٰرَكٌ فَاتَّبِعُوْهُ وَاتَّقُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَۙ  ( الانعام : ١٥٥)   Dan Al-Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat. ( QS. Al-An'am ayat 155 ). Ayat ini menjelaskan peranan Al-Qur'an bagi manusia. Dan ini adalah Kitab Al-Qur'an yang Kami turunkan melalui Malaikat Jibril dengan penuh berkah, yakni segala macam kebaikan, baik lahir maupun batin, yang sangat berguna bagi kehidupan manusia di dunia maupun di akhirat. Ikutilah apa yang ada di dalamnya, amalkanlah isinya, dan bertakwalah, jagalah dirimu dari api neraka, waspadalah, dan taatilah ketentuan yang ada di dalam kitab itu. Itu semua agar kamu mendapat rahmat kasih sayang dari Allah. Orang yang diberi kasih sayang dari Allah akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Ayat ini kembali menerangkan sifat-sifat dan kedudukan Al-Qur'an yang mencakup segala macam petunjuk dan hukum syariat yang di

KH.MUNFASIR, Padarincang, Serang, Banten

Akhlaq seorang kyai yang takut memakai uang yang belum jelas  Kyai Laduni yang pantang meminta kepada makhluk Pesantren Beliau yang tanpa nama terletak di kaki bukit padarincang. Dulunya beliau seorang dosen IAIN di kota cirebon. Saat mendapatkan hidayah beliau hijrah kembali ke padarincang, beliau menjual seluruh harta bendanya untuk dibelikan sebidang sawah & membangun sepetak gubuk ijuk, dan sisa selebihnya beliau sumbangkan. Beliau pernah bercerita disaat krisis moneter, dimana keadaan sangatlah paceklik. Sampai sampai pada saat itu, -katanya- untuk makan satu biji telor saja harus dibagi 7. Pernah tiba tiba datanglah seseorang meminta doa padanya. Saat itu Beliau merasa tidak pantas mendoakan orang tersebut. Tapi orang tersebut tetap memaksa beliau yang pada akhirnya beliaupun mendoakan Alfatihah kepada orang tersebut. Saat berkehendak untuk pamit pulang, orang tersebut memberikan sebuah amplop yang berisi segepok uang. Sebulan kemudian orang tersebut kembali datang untuk memi

Abuya Syar'i Ciomas Banten

''Abuya Syar'i Ciomas(banten)" Abuya Syar'i Adalah Seorang Ulama Yg Sangat Sepuh. Menurut beliau sekarang beliau telah berrusia lebih dari 140 tahun. Sungguh sangat sepuh untuk ukuran manusia pada umumnya. Abuya Sar'i adalah salah satu murid dari syekh. Nawawi al bantani yg masih hidup. Beliau satu angkatan dengan kyai Hasyim asy'ary pendiri Nahdatul ulama. Dan juga beliau adalah pemilik asli dari golok ciomas yg terkenal itu. Beliau adalah ulama yg sangat sederhana dan bersahaja. Tapi walaupun begitu tapi ada saja tamu yg berkunjung ke kediamannya di ciomas banten. Beliau juga di yakini salah satu paku banten zaman sekarang. Beliau adalah kyai yg mempunyai banyak karomah. Salah satunya adalah menginjak usia 140 tahun tapi beliau masih sehat dan kuat fisiknya. Itulah sepenggal kisah dari salah satu ulama banten yg sangat berpengaruh dan juga kharismatik. Semoga beliau senantiasa diberi umur panjang dan sehat selalu Aaamiiin... (FM/ FB )

Kenapa Mimbar Rasulullah SAW Berada Di Kiri Arsyi ?

Rasulullah Saw bersabda, "Ketahuilah bahwa mimbarnya Nabi Ibrahim AS berada disebelah kanan Arsy dan mimbarku disebelah kiri Arsy-Nya Allah Swt". Maka para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, engkau lebih utama dari Nabi Ibrahim. Kenapa engkau ditempatkan disebelah kiri Arsy, sedangkan Nabi Ibrahim disebelah kanannya Arsy?". Rasulullah menjawab, "Jalan ke Surga berada disebelah kanan Arsy, sedangkan jalan menuju Neraka disebelah kiri Arsy. Aku berada disebelah kiri, supaya aku dapat melihat umatku yang akan dimasukkan ke Neraka dan kemudian aku berikan syafa'at kepadanya". Ketika aku berada dimimbarku, aku mendengar jeritan umatku, berteriak-teriak seraya berkata,"Pahalaku sedikit dan dosaku banyak!". Rasulullah Saw berkata kepada Malaikat,"Jangan masukkan dia ke Neraka". Malaikat menjawab, "Aku adalah Malaikat yang melaksanakan apa saja yang diperintahkan Allah Swt kepadaku". Maka Rasulullah turun dari mimba