Langsung ke konten utama

Profil KH. Muhammad Sanusi Al-Babakani

KH. Muhammad Sanusi Al-Babakani - File tasamuh.id

Forum Muslim - Kiai Muhammad Sanusi merupakan salah seorang ulama besar yang berasal dari Cirebon. Meskipun beliau telah lama wafat, pengaruh dan jasa-jasanya masih membekas dan diamalkan oleh banyak orang hingga sekarang. Ia dikenal sebagai seorang ulama yang sangat ‘alim-allamah dan zuhud. Hampir tidak ada seorang pun khususnya di Jawa Barat yang tidak mengenal sosok Kiai Muhammad Sanusi. Kiai Muhammad Sanusi bernama asli Markab, lahir di Desa Winduhaji, Kuningan – Jawa Barat pada malam jum’at 12 Rabi’ul awal 1322 H, bertepatan dengan 12 Januari 1904 M dari pasangan Kiai Agus Ma’ani bin Kiai Aki Natakariya dengan Ibu Nyai Asnita binti Kuwu Kiai Kauri.
KH. Muhammad Sanusi yang biasa disapa “Mbah” merupakan anak ke tiga dari tujuh bersaudara. Adapun saudara-saudaranya antara lain Aminah (meninggal dunia saat usia 8 tahun), Mir’ati (meninggal dunia saat berusia 6 tahun), Sarpan (Abdur Rahim), Zaenab, Suknasih, Kasem (meninggal dunia saat usia 7 hari). Sedangkan saudara yang se-ayah lain ibu, adalah Kun’ah dan Saodah (meninggal dunia saat usia 5 tahun).
Tidak banyak riwayat hidup Mbah yang bisa diungkap pada masa kecilnya, kecuali ada beberapa catatan beliau yang menjelaskan bahwa ketika umur 4 tahun pernah terjatuh dari bangku ketika hendak mengambil genting. Umur 6 tahun terserang penyakit panas,dan karena panasnya yang sangat hebat itulah sang ibu bernadzar jika sembuh akan berziarah ke makam Nyai Manis Kuningan. Pada usia 8 tahun, Mbah dikhitan oleh dukun sunat Murkawi.
Pada saat usia 10 tahun, Mbah Sanusi disekolahkan di Volk School (Sekolah Rakyat) yang terletak di Desa Ciporang. Kendati sudah berumur 10 tahun, Mbah Sanusi termasuk murid yang paling kecil. Dalam buku catatan Mbah Sanusi, setiap sore dirinya selalu mengaji di pesantren Kiai Ghazali.
Pada masa kecilnya, Mbah diberi julukan “anak kecil yang pandai menjawab”, dikarenakan selalu bisa menjawab setiap pertanyaan KH. Ghazali tentang ilmu faraidh (ilmu waris) yang terkenal rumit secara spontanitas dengan benar. Padahal para santri yang lain tidak ada yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Tanggal 10 Juli 1915 M, Mbah menerima surat tanda tamat belajar dari sekolah Ciporang dengan prestasi juara satu.
Setelah tamat Sekolah Rakyat dan tamat pengajian di Kiai Ghazali, Mbah meneruskan pendidikannya di Sekolah Dinas (Sekolah Calon Birokrat) di Kabupaten Kuningan. Di sekolah inilah Mbah mendalami hobi menulisnya hingga ia pernah memenangkan kejuaraan penulis lagu terbaik. Tanggal 11 Dzul Qo’dah 1337 H, Mbah mulai mesantren di Kyai Damanhuri Pakebon selama kurang lebih 6 bulan, lalu Mbah dipindahkan oleh kyai Damanhuri ke pesantren Sarajaya Karangsembung, Sindanglaut, Cirebon, di Kiai Zen karena terlalu pintar. Saat itu Mbah Sanusi masih menginjak usia 15 tahun. Di pesantren ini Mbah diperlakukan lebih istimewa dengan memperoleh kamar yang juga dihuni oleh Kiai-nya, sehingga setiap saat Mbah bisa mensuritauladani sosok seorang guru.
Baru setengah tahun di pesantren Sarajaya, Mbah Sanusi mendapat kabar ibunda tercintanya sakit dan disuruh pulang. Setelah diberitahu hingga tiga kali masih belum pulang, akhirnya Mbah dijemput paksa oleh saudaranya yang bernama Kerta Adiwangsa. Karena kegigihannya dalam belajar, Mbah menolak untuk pulang dan memilih tinggal di pesantren untuk mengaji. Menurut cerita dari Kiai Mudzakir, cucu dari Mbah Sanusi, sampai pada akhirnya pengasuh memerintahkan Mbah Sanusi untuk pulang.

“Pulanglah sejenak,masalah panjang-pendeknya umur tidak ada yang tahu. mengenai ngaji, mungkin bisa nambal (private)”.

Tiga hari sepeninggal ibundanya, Mbah memilih berangkat kembali ke pesantren untuk menimba ilmu yang sempat tertinggal. Ujian yang menghalangi Mbah dalam belajar tidak cukup hanya itu. Di pesantren, Mbah dibenci oleh teman santrinya yang iri dengan Mbah. Kejahilannya selalu mengancam keselamatan Mbah. Tak hanya itu, Mbah diberikan musibah berupa penyakit kulit yang sangat menjijikan. Kulitnya bernanah dan berbau busuk-amis. Akibat itulah Mbah semakin dijauhi oleh seluruh teman-temannya. Apabila saatnya mengaji, Mbah selalu dipisah tempatnya di bawah kolong (saat itu langgar berupa rumah panggung yang terbuat dari bilik kayu.
Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, Mbah menjadi kaligrafer bayaran. Karya-karyanya sering dijual bahkan hingga sering mendapat orderan karena tulisan Mbah (baik arab maupun latin) sangat bagus sekali. Hasil uang yang didapat Mbah selalu digunakan untuk membeli kitab. Bahkan sering pula mengirimkan uang ke rumah untuk kebutuhan sekolah adiknya.
Kendati secara materi telah tercukupi, mbah selalu hidup dalam ke-zuhudan. Bahkan pernah suatu ketika, Mbah makan nasi yang dicampur sedikit pasir bersih dengan tujuan menghilangkan rasa nafsu hayawani. Mbah tidak pernah mau makan sebelum ia hafal setiap mata pelajaran yang ia pelajari.
Setelah cukup lama mesantren, Mbah diminta menjadi menantu oleh Kiai Ma’ruf (saudara dari Kiai Zen). Sikap tawadhu’ dan patuhnya terhadap guru, maka Mbah hanya sami’na wa atho’naa. Maka pada tanggal 24 Dzulhijah 1341 H, secara resmi Mbah dinikahkan dengan Nyai Qona’ah binti KH. Ma’ruf.
Pada hari kamis tanggal 27 Muharram 1341 H, Mbah berangkat lagi mesantren di Cikalong Tasikmalaya mengikuti jejak guru terdahulunya, Kiai Zakaria. Tentunya setelah memohon pengertian dan keikhlasan dari istri dan mertuanya. Namun, agar lebih berkonsentrasi dan lebih thuma’ninah dalam belajar, Mbah meminta restu dari mertua dan istrinya untuk mentalak. Hingga pada akhirnya tanggal 15 Rajab 1341 H Nyai Qona’ah di-thalak.
Rabu, 4 Sya’ban 1341 H (1922 M) Mbah pindah mesantren di Babakan- Ciwaringin -Cirebon, Jawa Barat. Jumlah santri saat itu masih 60 orang dengan lurah pondoknya bernama Kiai Nawawi dari Majalengka. Sementara pengasuhnya adalah Kiai Isma’il, Kiai Dawud, Kiai Muhammad, dan Kiai Amin Sepuh.
Meski sudah sebulan mondok di Babakan, Mbah mengalami tidak betah di situ. Karenanya Mbah menghadap kiai untuk meminta nasihat. Adapun nasihatnya berupa “orang mesantren itu sama dengan orang yang bertapa. Kalau tidak kuat menghadapi godaan, tidak akan sukses. Orang yang akan sukses besar tentu godaannya besar pula. Ibarat pohon yang menjulang tinggi, maka akan semakin besar angin yang menerpa. Maka bersabarlah”.
Karena kecerdasan ide dan kepintaran ilmunya, Mbah dipercaya menjadi kepala pondok. Diamanahi menjadi kepala pondok membuat banyak menyita waktu Mbah karena harus membagi waktu antara mengurus santri dan mengaji.
Pada suatu hari Mbah mendapat panggilan dari Kiai Amin Sepuh dan diberi tahu bahwa kiai menjodohkan Mbah dengan saudari iparnya. Padahal di rumah, Mbah pun dijodohkan dengan puteri Kuwu bernama Nyai Robi’ah. Mbah pun mulai dilema. Akhirnya melakukan sholat istikhoroh, dan mendapat jawaban bahwa harus menikah dengan apa yang dijodohkan oleh Kyainya. Maka pada tanggal 10 Syawal 1344 H (1926), Mbah menikah dengan Nyai Hj. Sa’adah binti KH. Ali bin Kyai Masinah, seorang janda dari Kyai Halif (Desa Lontangjaya). Nyai Sa’adah merupakan kakak ipar dari KH. Amin sepuh dan telah mempunyai seorang putera bernama Atho’illah.
Meskipun secara status Mbah adalah saudara tua KH. Amin Sepuh, namun Mbah tetap takdzim dan menghormati KH. Amin Sepuh sebagai gurunya. Hingga di kemudian hari KH. Amin Sepuh dijuluki sebagai Kiai Sepuh, dan Mbah dijuluki sebagai Kiai Anom.
PENGAJIAN TAHRIRAN DAN MADRASI

Sewaktu Mbah mulai mengajar di Pondok Pesantren Babakan tahun 1922 M, dimulailah pengajian nahwu dengan menggunakan sistem tahriran serta diajarkannya tulis-menulis secara kurikulum madrasah. Hal ini belum pernah terjadi di Pondok Pesantren manapun. Oleh karena itu, banyak tokoh ulama sekitar yang tidak menyetujuinya karena dianggap sistem tahriran seperti bioskop dan sistem madrasah Tasyabbuh dengan penjajah Belanda, karenanya harus dihindarkan. Sebenarnya tujuan utama Mbah hanya ingin mengarahkan bagaimana cara belajar yang efektif. Mbah berpikir, jika cara itu dihentikan, maka jelas akan berakibat memperlambat kemampuan bernalar, optimalisasi penguasaan isi materi menjadi tidak sempurna.
Mbah pura-pura tidak mendengar saja dan terus menjalankan keyakinannya dalam membuat program tersebut. Hingga pada suatu hari datanglah sepucuk surat dari kantor POS Jamblang yang ditunjukan kepada Mbah. isinya bernada ancaman.
“Sanusi, kamu harus menghentikan sistem pengajian dan madrasah. kalau tidak menurut, mending kamu mampus ke Kuningan !” wassalam, Johar Balarante.
Setelah menerima surat itu, hati Mbah terenyuh dan sedih. Untuk itu Mbah berniat mengecek kebenaran surat itu dan sekaligus tabayyun/klarifikasi ke Kiai Johar di Balarante. Ternyata sesampainya di Balarante tidak terjadi apa-apa. Bahkan Mbah disambut hangat dan dihormati.
Untuk lebih meyakinkan, akhirnya Mbah memberanikan diri menanyakan langsung kepada beliau, “maaf Rama, apa benar Rama kirim surat ke saya?”. Dijawab oleh Kiai Johar “Tidak, apa ada surat? Lewat mana datangnya?” maka Mbah pun menjawab, “ada Rama, dari Kantor Pos”.
Kemudian dibacalah surat itu oleh Kyai Johar, dan diklarifikasi oleh Kiai Johar bahwa beliau tidak pernah mengirimkan surat itu. Kiai Johar hanya tidak mengizinkan Mbah mengajar dengan sistem seperti orang kafir. Namun, jika tidak ada metode lain, gunakan saja lembaran kertas yang lebar, kemudian ditulisi. Agar ketika selesai digunakan bisa digulung, dan ketika dibutuhkan lagi bisa dibuka. Menurut Kiai Johar, yang terpenting jangan sampai menggunakan papan tulis kapur yang digunakan untuk menulis Al-Qur’an/Hadits. Karena apabila dihapus akan menjadi debu yang beterbangan. Dan apabila diinjak sama artinya menginjak Al-Qur’an.
Mbah pun menuruti saran Kiai Johar. Namun, setelah satu tahun menjalaninya dan dirasa kurang efektif, maka Mbah melakukan taktik baru, yaitu tetap membuat papan tulis yang diberi bingkai bentuk asbak bertujuan supaya menjadi wadah bagi debu kapur yang telah dihapus.
Namun demikian, Mbah tetap tawadhu’ dan mengormati semua Kyai Sepuh meskipun banyak orang tahu bahwa karismatik Mbah lebih tinggi daripada para Kyai sepuh lainnya. Sifat tawadhu’ Mbah yang patut disuritauladani seperti kepada KH. Amin Sepuh (Adik Iparnya) tetap tidak berani berjalan mendahuluinya, atau sholat di depannya. Bahkan untuk hal semacam sandal pun jika kebetulan berada di tempat yang sama, Mbah tidak pernah berada didepan sandal Kiai Amin Sepuh dikarenakan rasa takdzim-nya terhadap beliau. Begitulah cerita dari Kiai Ali Munir, cucu dari Mbah Sanusi yang saat ini menjadi Pengasuh Pesantren Assanusi.
SEBAGAI ULAMA PEJUANG

Pada zaman perjuangan merebut kemerdekaan, andil Mbah sangatlah besar. Terutama dalam pengadaan bidang logistik dan persenjataan. Mbah banyak mengirim pedang panjang, bambu runcing, dan keris kepada para santinya serta pasukan Hizbullah. Tak hanya itu, Mbah juga banyak merekrut para pemuda untuk ikut berjuang melawan penjajahan. Bahkan pernah diceritakan bahwa Hadratussyaikh KH. M. Hasyim ‘Asy’ari bersama Bung Tomo di Surabaya tidak akan menyatakan perang sebelum mendapat restu dari ulama Cirebon, salah-satunya KH. Muhammad Sanusi. Mbah-lahyang mencetuskan resolusi jihad bersama KH. M. Hasyim Asy’ari dan ikut bertempur bersama Bung Tomo.
Mbah pun sudah sering keluar-masuk penjara karena hal itu. Perlakukan kurang manusiawi dilakukan para pemberontak terhadap Mbah. Pukulan dengan gagang senapan laras panjang kerap kali diterima Mbah. Akibatnya, Mbah agak sedikit condong bila berjalan.
SEBAGAI SASTRAWAN DAN PENULIS

Dibalik sosok Kiai Muhammad Sanusi yang tegas berwibawa dan alim, ternyata Mbah adalah seorang penulis yang produktif. Terlihat dari banyaknya buku catatan yang banyak mengupas perjuangan para santri dalam meraih kemerdekaan, sejarah pesantren, hingga riwayat hidup dirinya sendiri. Mbah Sanusi merupakan seorang ulama yang pandai bersyair. Mbah Sanusi pun banyak sekali mengarang kitab dari pelbagai disiplin ilmu seperti Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Falak, Faraidh, Nahwu, Shorof, Fiqh, Tafsir, Ilmu tafsir, Akhlaq, maupun Tasawuf. Kitab-kitab yang ditulis Mbah merupakan kitab yang bertuliskan Bahasa Jawa Pegon (Bahasa Jawa yang ditulis menggunakan huruf Arab), Bahasa Indonesia, Bahasa Arab.
Di antara karya-karyanya antara lain “Jadwal Sholat Abadi” yang digunakan hampir di semua wilayah III Cirebon (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan). Jadwal sholat abadi ini dibuat pada tahun 1359 H; “Kitabul Adab fii durusi Al-Awwaliyah fii Al-Akhlaqil Mardhiyah” yang ditulis dalam Bahasa Jawa ini berisi tentang tata krama murid terhadap guru, anak terhadap orang tua, rakyat terhadap pemerintah, tatakrama orang mencari ilmu, tatakrama persahabatan(pergaulan), tatakrama seseorang terhadap dirinya sendiri dan masih banyak lainnya seputar adab; “Tanwiir Al-Qulub” yang berupa sya’ir berbahasa Jawa tentang aqidah, menjelaskan tentang Ahlu Sunnah wal Jama’ah, surga dan neraka, tauhid, malaikat dan sebagainya; “Sya’ir Wasiat” yang ditulis dalam bahasa Indonesia, berisi tentang tuntunan untuk mencari ilmu yang benar; “Kitabu At-Tabsyiru wa At-Takhdziru” berupa sya’ir berbahasa Jawa pegon yang mengupas kejadian-kejadian di akhirat seperti nikmat kubur, azab kubur, hisab, syafaat, haudh, dlan lain-lain; “Bisyri Al-Anami bi Fadho.ili Al-Hikami As-Shiyami ‘Alaa Madzahibi Al-A’immati Al-Arbi’atil A’lami.” Kitab ini berbahasa Arab yang menjelaskan seputar ibadah puasa dan keutamaan-keutamaannya; “Aronu Kalaami fii Syi’ri Al-‘Ilmi An-Nahwi Billughotil Jawiyah” yang berupa syair kitab Jurumiyah Tahriran. Kitab ini ditulis dalam Bahasa Jawa tentang nahwu yang merujuk pada kitab jurumiyah; “Tadzkirotul Ikhwan” yang ditulis dalam bahasa Arab, membahas seputar aqidah-akhlaq; “Baabu al-Jum’ati wa Dzuhri” yang ditulis dalam bahasa Arab, membahas seputar syarat, rukun dan sunnah sholat jum’at dan dzuhur; “Kitab Fasolatan”, kitab ini membahas seputar do’a-do’a dan niat sholat wajib, panduan sholat sunnah, panduan tahlil dan lain-lain.
PESAN TERAKHIR

Pada hari Jum’at tanggal 31 Mei 1974 bakda Isya’, semua putra-putri Mbah Sanusi dipanggil menghadap Mbah dikarenakan Mbah mengalami sakit yang cukup parah. Sambil menasihati dan dan memberikan beberapa wasiat, minta dipijiti hingga pukul 23.00 WIB mereka disuruh pulang kembali. Esok harinya, Sabtu 1 Juni 1974 pukul 08.00 WIB Mbah kembali memanggil puteranya untuk dihantar ke RSU Gunung Jati Cirebon yang ternyata menurut diagnosa dokter bahwa jantung Mbah telah pecah. Hingga beberapa saat kemudian, tepatnya pada pukul 12.30 WIB Mbah menghembuskan nafas terakhirnya.
Menjelang maghrib, jenazah Mbah dikebumikan di pekuburan keluarga di depan Masjid Jami’ Raudhotu At-Tholibien Pondok Pesantren Babakan – Ciwaringin-Cirebon, berdampingan dengan makam gurunya, KH. Amin Sepuh.
Terdapat pesan Mbah Sanusi yang paling diingat oleh generasi berikutnya dan para santri, yaitu “Wekel Ngaji Supaya Dadi Wong Pinter, Wekel Jama’ah Supaya Dadi Wong Bener”, (Rajin mengaji agar menjadi orang yang pintar, dan rajin sholat berjama’ah supaya menjadi orang yang benar : dalam sikap dan perbuatan).
Demikian itu merupakan pesan bahwa untuk bahagia di dunia dan akhirat maka harus dilakukan dengan rajin mengaji dan rajin sholat berjama’ah. tak hanya itu, mbah juga menganjurkan bahwa mondok itu minimal harus 7 tahun lamanya. karena selama tujuh tahun itulah perkiraan ilmu yang didapat di pesantren sudah betul-betul matang.

Daftar Bacaan:

Buku Catatan Hidup Mbah Sanusi
Dr. AR. Idham Kholid, KH. M. Sanusi al-Babakani: Filsafat, Nilai, Paham Keagamaan dan Perjuangannya, Bekasi: Pustaka Isfahan, 2011
Muhammad Mudzakir, Kakek dan Guruku Al-Maghfurlah KH. M. Sanusi
Wawancara KH. Mudzakir (cucu Mbah Sanusi)
Wawancara KH Abdul Qohar (Pengasuh Pondok Pesantren Assanusiah lil Banat)
Wawancara Kiai Ali Munir “Pengasuh Pondok Pesantren Assanusi” (Cucu Mbah Sanusi)
Wawancara Ust. Muthohirin (kepala pondok Assanusi)
 Sumber : Tasamuh.id

Artikel Terkait

Komentar

Artikel Populer

Prahara Aleppo

French Foreign Minister Bernard Kouchner takes off a Jewish skull-cap, or Kippa, at the end of a visit to the Yad Vashem Holocaust Memorial in Jerusalem, Tuesday, Sept. 11, 2007. Kouchner is on an official visit to Israel and the Palestinian Territories. (AP Photo/Kevin Frayer) Eskalasi konflik di Aleppo beberapa hari terakhir diwarnai propaganda anti-rezim Suriah yang sangat masif, baik oleh media Barat, maupun oleh media-media “jihad” di Indonesia. Dan inilah mengapa kita (orang Indonesia) harus peduli: karena para propagandis Wahabi/takfiri seperti biasa, mengangkat isu “Syiah membantai Sunni” (lalu menyamakan saudara-saudara Syiah dengan PKI, karena itu harus dihancurkan, lalu diakhiri dengan “silahkan kirim sumbangan dana ke no rekening berikut ini”). Perilaku para propagandis perang itu sangat membahayakan kita (mereka berupaya mengimpor konflik Timteng ke Indonesia), dan untuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di Suriah. Tulisan i

ALASAN ALI MENUNDA QISHASH PEMBUNUH UTSMAN

Oleh :  Ahmad Syahrin Thoriq   1. Sebenarnya sebagian besar shahabat yang terlibat konflik dengan Ali khususnya, Zubeir dan Thalhah telah meraih kesepakatan dengannya dan mengetahui bahwa Ali akan menegakkan hukum qishash atas para pemberontak yang telah membunuh Utsman.  Namun akhirnya para shahabat tersebut berselisih pada sikap yang harus diambil selanjutnya. Sebagian besar dari mereka menginginkan agar segera diambil tindakan secepatnya. Sedangkan Ali memilih menunda hingga waktu yang dianggap tepat dan sesuai prosedur. 2. Sebab Ali menunda keputusan untuk menegakkan Qishash adalah karena beberapa pertimbangan, diantaranya : Pertama, para pelaku pembunuh Ustman adalah sekelompok orang dalam jumlah yang besar. Mereka kemudian berlindung di suku masing-masing atau mencari pengaruh agar selamat dari hukuman. Memanggil mereka untuk diadili sangat tidak mungkin. Jalan satu-satunya adalah dengan kekuatan. Dan Ali menilai memerangi mereka dalam kondisi negara sedang tidak stabil sudah pas

3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup - Himayah atau Pemimpin Ulama di Tanah Banten

Forum Muslim - Banten merupakan provinsi Seribu Kyai Sejuta Santri. Tak heran jika nama Banten terkenal diseluruh Nusantara bahkan dunia Internasional. Sebab Ulama yang sangat masyhur bernama Syekh Nawawi AlBantani adalah asli kelahiran di Serang - Banten. Provinsi yang dikenal dengan seni debusnya ini disebut sebut memiliki paku atau penjaga yang sangat liar biasa. Berikut akan kami kupas 3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup. 1. Abuya Syar'i Ciomas Banten Selain sebagai kyai terpandang, masyarakat ciomas juga meyakini Abuya Syar'i sebagai himayah atau penopang bumi banten. Ulama yang satu ini sangat jarang dikenali masyarakat Indonesia, bahkan orang banten sendiri masih banyak yang tak mengenalinya. Dikarnakan Beliau memang jarang sekali terlihat publik, kesehariannya hanya berdia di rumah dan menerima tamu yg datang sowan ke rumahnya untuk meminta doa dan barokah dari Beliau. Banyak santri - santrinya yang menyaksikan secara langsung karomah beliau. Beliau jug

Sholawat-Sholawat Pembuka Hijab

Dalam Islam sangat banyak para ulama-ulama sholihin yang bermimpi Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam dan mendapatkan petunjuk atau isyarat untuk melakukan atau mengucapkan kalimat-kalimat tertentu (seperti dzikir, sholawat, doa dll ). Bahkan sebagian di antara mereka menerima redaksi sholawat langsung dari Rasulullah dengan ditalqin kata demi kata oleh Beliau saw. Maka jadilah sebuah susunan dzikir atau sholawat yg memiliki fadhilah/asror yg tak terhingga.  Dalam berbagai riwayat hadits dikatakan bahwa siapa pun yang bermimpi Nabi saw maka mimpi itu adalah sebuah kebenaran/kenyataan, dan sosok dalam mimpinya tersebut adalah benar-benar Nabi Muhammad saw. Karena setan tidak diizinkan oleh Alloh untuk menyerupai Nabi Muhammad saw. Beliau juga bersabda, "Barangsiapa yg melihatku dalam mimpi maka ia pasti melihatku dalam keadaan terjaga" ----------------------------- 1. SHOLAWAT JIBRIL ------------------------------ صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ SHOLLALLOOH 'ALAA MUHAMMA

Daun Pepaya Jepang, Aman Untuk Pakan Kambing di @kapurinjing

KENAPA SUAMI BISA SELINGKUH??

Ilustrasi Keluarga Oleh :  Mufrodah Odah Pernah menonton drama Korea berjudul LOVE, MARRIAGE AND DIVORCE? Drama ini mengisahkan tiga perempuan yang diselingkuhi oleh suami mereka. Jadi, aku rasa drama ini cukup menjawab, kenapa seorang suami bisa berselingkuh.  Kita bahas satu persatu ya. 🫰 PEREMPUAN PERTAMA: Boo Hye Ryung, 30 th. Penyiar radio Cantik, muda, modis, karir cemerlang. Itulah Boo Hye Ryung. Namun, sang suami yang bekerja sebagai pengacara, tetap berselingkuh dengan seorang janda yang usianya jauh lebih tua hingga janda itu hamil.  Suami Boo Hye Rung bilang jika dia selingkuh karena istrinya tidak pandai dalam urusan rumah tangga (tidak menyiapkan dan memasakkan makanan), juga karena istrinya tidak ingin segera punya anak alias ingin fokus di karir dulu. Juga, karena kadang istrinya lebih mendominasi.  Kata kunci: cantik, modis, muda, karir cemerlang, tapi tidak pandai mengurus urusan rumah tangga. 🫰 PEREMPUAN KEDUA: Lee Si Eun, 50 th.  Penulis program radio Ibu dari dua

Tafsir Kemenag : Tafsir Al-Qur'an Surat Al-An'am Ayat 155

وَهٰذَا كِتٰبٌ اَنْزَلْنٰهُ مُبٰرَكٌ فَاتَّبِعُوْهُ وَاتَّقُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَۙ  ( الانعام : ١٥٥)   Dan Al-Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat. ( QS. Al-An'am ayat 155 ). Ayat ini menjelaskan peranan Al-Qur'an bagi manusia. Dan ini adalah Kitab Al-Qur'an yang Kami turunkan melalui Malaikat Jibril dengan penuh berkah, yakni segala macam kebaikan, baik lahir maupun batin, yang sangat berguna bagi kehidupan manusia di dunia maupun di akhirat. Ikutilah apa yang ada di dalamnya, amalkanlah isinya, dan bertakwalah, jagalah dirimu dari api neraka, waspadalah, dan taatilah ketentuan yang ada di dalam kitab itu. Itu semua agar kamu mendapat rahmat kasih sayang dari Allah. Orang yang diberi kasih sayang dari Allah akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Ayat ini kembali menerangkan sifat-sifat dan kedudukan Al-Qur'an yang mencakup segala macam petunjuk dan hukum syariat yang di

KH.MUNFASIR, Padarincang, Serang, Banten

Akhlaq seorang kyai yang takut memakai uang yang belum jelas  Kyai Laduni yang pantang meminta kepada makhluk Pesantren Beliau yang tanpa nama terletak di kaki bukit padarincang. Dulunya beliau seorang dosen IAIN di kota cirebon. Saat mendapatkan hidayah beliau hijrah kembali ke padarincang, beliau menjual seluruh harta bendanya untuk dibelikan sebidang sawah & membangun sepetak gubuk ijuk, dan sisa selebihnya beliau sumbangkan. Beliau pernah bercerita disaat krisis moneter, dimana keadaan sangatlah paceklik. Sampai sampai pada saat itu, -katanya- untuk makan satu biji telor saja harus dibagi 7. Pernah tiba tiba datanglah seseorang meminta doa padanya. Saat itu Beliau merasa tidak pantas mendoakan orang tersebut. Tapi orang tersebut tetap memaksa beliau yang pada akhirnya beliaupun mendoakan Alfatihah kepada orang tersebut. Saat berkehendak untuk pamit pulang, orang tersebut memberikan sebuah amplop yang berisi segepok uang. Sebulan kemudian orang tersebut kembali datang untuk memi

Abuya Syar'i Ciomas Banten

''Abuya Syar'i Ciomas(banten)" Abuya Syar'i Adalah Seorang Ulama Yg Sangat Sepuh. Menurut beliau sekarang beliau telah berrusia lebih dari 140 tahun. Sungguh sangat sepuh untuk ukuran manusia pada umumnya. Abuya Sar'i adalah salah satu murid dari syekh. Nawawi al bantani yg masih hidup. Beliau satu angkatan dengan kyai Hasyim asy'ary pendiri Nahdatul ulama. Dan juga beliau adalah pemilik asli dari golok ciomas yg terkenal itu. Beliau adalah ulama yg sangat sederhana dan bersahaja. Tapi walaupun begitu tapi ada saja tamu yg berkunjung ke kediamannya di ciomas banten. Beliau juga di yakini salah satu paku banten zaman sekarang. Beliau adalah kyai yg mempunyai banyak karomah. Salah satunya adalah menginjak usia 140 tahun tapi beliau masih sehat dan kuat fisiknya. Itulah sepenggal kisah dari salah satu ulama banten yg sangat berpengaruh dan juga kharismatik. Semoga beliau senantiasa diberi umur panjang dan sehat selalu Aaamiiin... (FM/ FB )

Kenapa Mimbar Rasulullah SAW Berada Di Kiri Arsyi ?

Rasulullah Saw bersabda, "Ketahuilah bahwa mimbarnya Nabi Ibrahim AS berada disebelah kanan Arsy dan mimbarku disebelah kiri Arsy-Nya Allah Swt". Maka para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, engkau lebih utama dari Nabi Ibrahim. Kenapa engkau ditempatkan disebelah kiri Arsy, sedangkan Nabi Ibrahim disebelah kanannya Arsy?". Rasulullah menjawab, "Jalan ke Surga berada disebelah kanan Arsy, sedangkan jalan menuju Neraka disebelah kiri Arsy. Aku berada disebelah kiri, supaya aku dapat melihat umatku yang akan dimasukkan ke Neraka dan kemudian aku berikan syafa'at kepadanya". Ketika aku berada dimimbarku, aku mendengar jeritan umatku, berteriak-teriak seraya berkata,"Pahalaku sedikit dan dosaku banyak!". Rasulullah Saw berkata kepada Malaikat,"Jangan masukkan dia ke Neraka". Malaikat menjawab, "Aku adalah Malaikat yang melaksanakan apa saja yang diperintahkan Allah Swt kepadaku". Maka Rasulullah turun dari mimba