Langsung ke konten utama

Yayasan Wahabi Masuk Atas Nama Pesantren Muhammadiyah, Karimunjawa Memanas

Pesantren Karimunjawa
Forummuslim.org - Karimunjawa bergejolak. Sekitar 500 lebih warga Desa Karimunjawa membubuhkan tanda tangan menolak dibangunnya pondok pesantren Al-Qudsy di Dusun Alang-Alang Rt. 02 Rw. 04, Desa Karimunjawa, Jepara, 28 Februari 2017.

Menurut keterangan yang didapatkan Dutaislam.com dari surat pernyataan sikap penolakan yang ditandatangi oleh jajaran pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Karimunjawa, pondok pesantren tersebut diprakarsai oleh Yayasan Al Muwahhidin yang berpusat di Medayu, Surabaya Jawa Timur.

Penolakan dilatarbelakangi oleh penyelidikan akurat dari warga Karimunjawa sendiri, dimana hasilnya menyebutkan kalau yayasan itu mengikuti paham dan ajaran Islam ekstrim wahabi. Sikap menolak juga didasari kekhawatiran terjadinya perbedaan dan perpecahan antara sesama warga masyarakat muslim Karimunjawa yang mayoritas berpaham ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyyah.

Karena itulah, warga meminta kepada Pemda Kabupaten Jepara untuk tidak memberikan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) kepada yayasan tersebut. Sayangnya, penolakan itu terjadi setelah hampir 80 persen bangunan pesantren Al-Qudsy hampir sempurna untuk ditempati.

Yang jadi masalah adalah munculnya persarikatan Muhammadiyah yang dalam proses pelaksanaaan proyek bangunan tersebut tidak pernah disebut sebelumnya. "Kalau dari asli awalnya, pelaksana proyeksnya, dan suara yang berkembang di masyarakat, tidak ada nama Muhammadiyah," kata Ahmad Kholiqin, Ketua MWC NU Karimunjawa kepada Dutaislam.com, Kamis (09/03/2017) siang. 

Menurut Kholiqin, warga Karimun cukup kaget ketika muncul nama Muhammadiyah. "Tidak ada plang Muhammadiyah di lokasi proyek yang dibangun, tidak ada sama sekali," ujarnya. Bahkan ia memastikan kalau Al Muwahhidin dibalik semua proyek bangunan sudah dimulai sejak dua tahun silam tersebut.

Ia juga menyayangkan proses pembangunan tanpa menunggu kejelasan status tanah yang bernilai sekitar 3 miliar tersebut. "Proses pembebasan tanah juga belum clear. Baru depe sekitar 40-an juta. Tapi kok sudah dibangun, itu pertanyaan kita," tambah Kholiqin.

Ia semakin curiga kalau itu bukan proyek pesantren milik Muhammadiyah sejak awal karena nama Muhammadiyah mulai muncul pasca terjadi aksi penolakan yang baru digalang sejak Rabu, 17 Januari 2017.

Tiba-tiba, katan Kholiqin, Pengurus Cabang Muhammadiyah Karimunjawa yang dulu diketuai oleh Solikul, beralih nama jadi Muhammad Syafaat dengan Sekretaris Muhammad Irwan. Itu tertulis dalam surat permohonan moril dan materil membantu permohonana ijin pesantren ke Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Jepara, bernomor 01/IV.0/A/2017, tertanggal 15 Februari 2017.

Ia yang pengurus NU biasanya akan diundang jika ada pelantikan pengurus ormas. "Biasanya kalau ada pengkuhan atau pelantikan pengurus baru Muhammadiyah, kita diundang. Walau benar atau tidak (pergantian) itu, tapi kita tidak diundang (pergantian pengurus)," imbuh Kholiqin. 

"Awal 2000 beliau jadi ketuanya (Muhammadiyah). Setelah ada penolakan (pesantrean Al-Qudsy), ia melepas," tegas Kholiqin. 

Terpisah, H Sucipto, Kordinator Aksi Penolakan Yayasan Al Muwahhidin juga mengkhawatirkan jika cop surat Muhammadiyah hanya akan membuat kisruh warga, "mereka membuat cop yang mengatasnamakan Muhammadiyah, baru kemarin 15 Februari 2017. Padahal bangunan itu sudah ada dua tahun," ujarnya kepada Dutaislam.com, Kamis (09/03/2017). 

"Saya sebagai masyarakat memang tidak menghendaki (pendirian) itu, dan soal Muhammadiyah, kenapa kok itu baru muncul sekarang," tanya Cipto.

Menurut keterangan yang dihimpun Dutaislam.com, lokasi pesantren yang terletak di perbukitan dilancarkan prosesnya oleh warga Karimunjawa sendiri yang kebetulan aktif di Muhammadiyah, bernama Solikul. "Informasi masyarakat terdekat, semua yang nangani itu semuanya Pak Solikul, berikut tim suksesnya," ujar Kholiqin yang juga diamini oleh Cipto. 

Kaget Ada Edaran

Saat Dihubungi Dutaislam.com, Solikul, yang disebut Kholiqin menjabat Pimpinan Muhammadiyah Karimunjawa mengaku memang memohon kepada Muhammadiyah Daerah Jepara agar dibantu. "Cabang memohon kepada pimpinan daerah agar ada pesantren di Karimunjawa," ujar Solikul kepada Dutaislam.com, Kamis (09/03/2017).

Menurut rencana, pondok itu fokus menjadi pesantren Muhammadiyah di bidang tahfidz Al-Qur'an. "Rencananya namanya Pondok Tahfidz Muhammadiyah," ujar Solikul. Ia juga mengaku kaget jika ternyata ponpes itu disebut sebagai aliran wahabi lalu ditolak oleh ratusan warga.

"Kok ada edaran ada aliran wahabi. Selama hidup saya dengar wahabi baru itu," sanggah Solikul ketika ditanya soal penolakan warga Karimunjawa. "Seneng aja ada pesantren Muhammadiyah, gitu aja," kata Solikul mendukung pesantren tersebut.

Ia mengaku tidak terlibat pembangunan sebagaimana santer dikabarkan warga sekitar tanah calon bangunan pesantren. "Saya sama sekali tidak terlibat serupiah pun," terangnya sambil menyatakan kalau Muhammad Irwan, sekretaris Muhammadiyah Karimunjawa di surat permohonan bantuan pendirian ponpes ke PDM Jepara adalah keponakannya yang direncanakan jadi calon tenaga pengajar pesantren.

KH Fahrur Razi, Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Jepara membenarkan jika Muhammadiyah memang akan melakukan teken kesepahaman dengan Yayasan al-Muwahhidin yang mendanai.
"Karena kita diajak kerjasama, prinsipnya mereka ya harus mengikuti aturan-atauran. Dasar kita kan wa taawanu alal birri wat taqwa. Apalagi kami memang membutuhkan tenaga-tenaga Hafidz Qur'an, karena kami punya 125 masjid dan mushalla di seluruh Jepara. Sementara dari kami Muhammadiyah masih kekurangan," terang Fahrur Razi kepada Dutaislam.com via sambugan seluler, Kamis (09/03/2017) sore. 

Muhammadiyah, lanjut Fahrur, sifatnya hanya bekerjasama. "Al Muwahhidin kan banyak orang Muhammadiyah, bincang-bincang, muncullah ide seperti itu (kerjasama)," terangnya. Ia juga menyatakan akan menandatangani surat kerjasama pendirian pesantren pada pertengahan April 2017 mendatang setelah berulangkali terjadi pembicaraan antar kedua belah pihak. 

Ia juga menyatakan kalau yayasan Al-Muwahhidin itu sifatnya memang membantu peribadatan, sosial dan lainnya, "Muhammadiyah itu kan masih banyak tanah wakaf yang belum terisi," imbuh Fahrur.

"Makanya saya kerjasama karena saya tahu persis, wong itu fokusnya tahfidz, ya sudah," lanjut Fahrur menolak tuduhan wahabi atas yayasan tersebut. "Adanya penolakan itu mungkin dia tidak tahu, mestinya kan ada tabayun dulu. Belum ada tabayun," ujarnya.

Awalnya, warga Karimun tidak pernah mempermasalahkan bangunan itu karena dikira akan dijadikan tempat bisnis semacam hotel atau tujuan wisata.

"Dikira hotel, ternyata setelah ditelusuri ketemu nama Al Muawahhidin. Saya bergerak karena sudah mendapatkan informasi yang akurat," tutur Cipto, kordinator aksi penolakan pesantren, -yang disebutnya akan menyebarkan paham wahabi itu. Karimunjawa akan memanas jika tidak segera menemukan penyelesaian. [dutaislam]

Artikel Terkait

Komentar

Artikel Populer

Prahara Aleppo

French Foreign Minister Bernard Kouchner takes off a Jewish skull-cap, or Kippa, at the end of a visit to the Yad Vashem Holocaust Memorial in Jerusalem, Tuesday, Sept. 11, 2007. Kouchner is on an official visit to Israel and the Palestinian Territories. (AP Photo/Kevin Frayer) Eskalasi konflik di Aleppo beberapa hari terakhir diwarnai propaganda anti-rezim Suriah yang sangat masif, baik oleh media Barat, maupun oleh media-media “jihad” di Indonesia. Dan inilah mengapa kita (orang Indonesia) harus peduli: karena para propagandis Wahabi/takfiri seperti biasa, mengangkat isu “Syiah membantai Sunni” (lalu menyamakan saudara-saudara Syiah dengan PKI, karena itu harus dihancurkan, lalu diakhiri dengan “silahkan kirim sumbangan dana ke no rekening berikut ini”). Perilaku para propagandis perang itu sangat membahayakan kita (mereka berupaya mengimpor konflik Timteng ke Indonesia), dan untuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di Suriah. Tulisan i

3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup - Himayah atau Pemimpin Ulama di Tanah Banten

Forum Muslim - Banten merupakan provinsi Seribu Kyai Sejuta Santri. Tak heran jika nama Banten terkenal diseluruh Nusantara bahkan dunia Internasional. Sebab Ulama yang sangat masyhur bernama Syekh Nawawi AlBantani adalah asli kelahiran di Serang - Banten. Provinsi yang dikenal dengan seni debusnya ini disebut sebut memiliki paku atau penjaga yang sangat liar biasa. Berikut akan kami kupas 3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup. 1. Abuya Syar'i Ciomas Banten Selain sebagai kyai terpandang, masyarakat ciomas juga meyakini Abuya Syar'i sebagai himayah atau penopang bumi banten. Ulama yang satu ini sangat jarang dikenali masyarakat Indonesia, bahkan orang banten sendiri masih banyak yang tak mengenalinya. Dikarnakan Beliau memang jarang sekali terlihat publik, kesehariannya hanya berdia di rumah dan menerima tamu yg datang sowan ke rumahnya untuk meminta doa dan barokah dari Beliau. Banyak santri - santrinya yang menyaksikan secara langsung karomah beliau. Beliau jug

Amalan Pada Malam Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Nabi Muhammad ﷺ bersabda: عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه أن رسول ﷺ قال: “من أحيا ليلة الفطر وليلة الأضحى لم يمت قلبه يوم تموت القلوب” رواه الطبراني في الكبير والأوسط. Dari Ubadah Ibn Shomit r.a. Sungguh Rosulullah ﷺ bersabda: "Barangsiapa menghidupkan malam Idul Fitri dan malam Idul Adlha, hatinya tidak akan mati, di hari matinya hati." ( HR.Thobaroni ) عن أبي أمامه رضي الله عنه عن النبي ﷺ قال : “من قام ليلتي العيدين محتسباً لم يمت قلبه يوم تموت القلوب”. وفي رواية “من أحيا” رواه ابن ماجه Dari Abi Umamah r.a, dari Nabi ﷺ, bersabda: Barangsiapa beribadah di dua malam Hari Raya dengan hanya mengharap ALLAH, maka hatinya tidak akan mati pada hari matinya hati. ( HR. Ibnu Majah ) Bagaimana cara menghidupkan dua Hari Raya itu? Telah disebutkan oleh Syaikh Abdul Hamid Al Qudsi, dengan mengamalkan beberapa amalan: 1. Syaikh Al Hafni berkata: Ukuran minimal menghidupkan malam bisa dengan Sholat Isya’ berjama’ah dan meniatkan diri untuk jama’ah Sholat Shubuh pada besoknya. Atau mempe

ALASAN ALI MENUNDA QISHASH PEMBUNUH UTSMAN

Oleh :  Ahmad Syahrin Thoriq   1. Sebenarnya sebagian besar shahabat yang terlibat konflik dengan Ali khususnya, Zubeir dan Thalhah telah meraih kesepakatan dengannya dan mengetahui bahwa Ali akan menegakkan hukum qishash atas para pemberontak yang telah membunuh Utsman.  Namun akhirnya para shahabat tersebut berselisih pada sikap yang harus diambil selanjutnya. Sebagian besar dari mereka menginginkan agar segera diambil tindakan secepatnya. Sedangkan Ali memilih menunda hingga waktu yang dianggap tepat dan sesuai prosedur. 2. Sebab Ali menunda keputusan untuk menegakkan Qishash adalah karena beberapa pertimbangan, diantaranya : Pertama, para pelaku pembunuh Ustman adalah sekelompok orang dalam jumlah yang besar. Mereka kemudian berlindung di suku masing-masing atau mencari pengaruh agar selamat dari hukuman. Memanggil mereka untuk diadili sangat tidak mungkin. Jalan satu-satunya adalah dengan kekuatan. Dan Ali menilai memerangi mereka dalam kondisi negara sedang tidak stabil sudah pas

Sholawat-Sholawat Pembuka Hijab

Dalam Islam sangat banyak para ulama-ulama sholihin yang bermimpi Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam dan mendapatkan petunjuk atau isyarat untuk melakukan atau mengucapkan kalimat-kalimat tertentu (seperti dzikir, sholawat, doa dll ). Bahkan sebagian di antara mereka menerima redaksi sholawat langsung dari Rasulullah dengan ditalqin kata demi kata oleh Beliau saw. Maka jadilah sebuah susunan dzikir atau sholawat yg memiliki fadhilah/asror yg tak terhingga.  Dalam berbagai riwayat hadits dikatakan bahwa siapa pun yang bermimpi Nabi saw maka mimpi itu adalah sebuah kebenaran/kenyataan, dan sosok dalam mimpinya tersebut adalah benar-benar Nabi Muhammad saw. Karena setan tidak diizinkan oleh Alloh untuk menyerupai Nabi Muhammad saw. Beliau juga bersabda, "Barangsiapa yg melihatku dalam mimpi maka ia pasti melihatku dalam keadaan terjaga" ----------------------------- 1. SHOLAWAT JIBRIL ------------------------------ صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ SHOLLALLOOH 'ALAA MUHAMMA

Daun Pepaya Jepang, Aman Untuk Pakan Kambing di @kapurinjing

Mengelola Blog Wordpress dan Blogspot Melalui Ponsel

Di jaman gatget yang serba canggih ini, sekarang dasboard wordpress.com dan blogspot.com semakin mudah dikelola melalui ponsel. Namun pada settingan tertentu memang harus dilakukan melalui komputer seperti untuk mengedit themes atau template. Dan bagi kita yang sudah terbiasa "mobile" atau berada di lapangan maka kita bisa menerbitkan artikel kita ke blog wordpress.com melalui email yang ada di ponsel kita, so kita nggak usah kawatir.

KH.MUNFASIR, Padarincang, Serang, Banten

Akhlaq seorang kyai yang takut memakai uang yang belum jelas  Kyai Laduni yang pantang meminta kepada makhluk Pesantren Beliau yang tanpa nama terletak di kaki bukit padarincang. Dulunya beliau seorang dosen IAIN di kota cirebon. Saat mendapatkan hidayah beliau hijrah kembali ke padarincang, beliau menjual seluruh harta bendanya untuk dibelikan sebidang sawah & membangun sepetak gubuk ijuk, dan sisa selebihnya beliau sumbangkan. Beliau pernah bercerita disaat krisis moneter, dimana keadaan sangatlah paceklik. Sampai sampai pada saat itu, -katanya- untuk makan satu biji telor saja harus dibagi 7. Pernah tiba tiba datanglah seseorang meminta doa padanya. Saat itu Beliau merasa tidak pantas mendoakan orang tersebut. Tapi orang tersebut tetap memaksa beliau yang pada akhirnya beliaupun mendoakan Alfatihah kepada orang tersebut. Saat berkehendak untuk pamit pulang, orang tersebut memberikan sebuah amplop yang berisi segepok uang. Sebulan kemudian orang tersebut kembali datang untuk memi

Kisah Siti Ummu Ayman RA Meminum Air Kencing Nabi Muhammad SAW

Di kitab Asy Syifa disebutkan bahwa Kanjeng Nabi Muhammad SAW punya pembantu rumah tangga perempuan bernama Siti Ummu Ayman RA. Dia biasanya membantu pekerjaan istri Kanjeng Nabi dan nginap di rumah Kanjeng Nabi. Dia bercerita satu pengalaman uniknya saat jadi pembantu Kanjeng Nabi. Kanjeng Nabi Muhammad itu punya kendi yang berfungsi sebagai pispot yang ditaruh di bawah ranjang. Saat di malam hari yang dingin, lalu ingin buang air kecil, Kanjeng Nabi buang air kecil di situ. Satu saat, kendi pispot tersebut hilang entah ke mana. Maka Kanjeng Nabi menanyakan kemana hilangnya kendi pispot itu pada Ummu Ayman. Ummu Ayman pun bercerita, satu malam, Ummu Ayman tiba-tiba terbangun karena kehausan. Dia mencari wadah air ke sana kemari. Lalu dia nemu satu kendi air di bawah ranjang Kanjeng Nabi SAW yang berisi air. Entah air apa itu, diminumlah isi kendi itu. Pokoknya minum dulu. Ternyata yang diambil adalah kendi pispot Kanjeng Nabi. Dan yang diminum adalah air seni Kanjeng Nabi yang ada dal

Abuya Syar'i Ciomas Banten

''Abuya Syar'i Ciomas(banten)" Abuya Syar'i Adalah Seorang Ulama Yg Sangat Sepuh. Menurut beliau sekarang beliau telah berrusia lebih dari 140 tahun. Sungguh sangat sepuh untuk ukuran manusia pada umumnya. Abuya Sar'i adalah salah satu murid dari syekh. Nawawi al bantani yg masih hidup. Beliau satu angkatan dengan kyai Hasyim asy'ary pendiri Nahdatul ulama. Dan juga beliau adalah pemilik asli dari golok ciomas yg terkenal itu. Beliau adalah ulama yg sangat sederhana dan bersahaja. Tapi walaupun begitu tapi ada saja tamu yg berkunjung ke kediamannya di ciomas banten. Beliau juga di yakini salah satu paku banten zaman sekarang. Beliau adalah kyai yg mempunyai banyak karomah. Salah satunya adalah menginjak usia 140 tahun tapi beliau masih sehat dan kuat fisiknya. Itulah sepenggal kisah dari salah satu ulama banten yg sangat berpengaruh dan juga kharismatik. Semoga beliau senantiasa diberi umur panjang dan sehat selalu Aaamiiin... (FM/ FB )