Langsung ke konten utama

Politik Islam dan Politisasi Islam



Forummuslim.org - Islam sering disebut sebagai agama yang "kaffah", agama yang mengatur seluruh tatanan kehidupan umatnya. Mulai dari hal terkecil, seperti cara memakai dan melepas sandal hingga hal yang besar, seperti tata cara berpolitik yang bertujuan untuk mengatur hajat hidup orang banyak.

Dalam bahasa Arab (bahasa yang lazim digunakan oleh umat Islam), term politik identik dengan kata "siyasah", yang berarti mengatur atau mengurusi. Sehingga jika diartikan secara terminologi, politik dalam Islam (siyasah) bisa bermakna tata cara mengatur atau mengurus seluruh umat Islam.

Berkaitan dengan hal ini, Nabi Muhammad Saw bersabda: "Siapa saja yang bangun pagi dengan tujuan selain Allah maka ia bukanlah (hamba) Allah, dan siapa saja yang bangun pagi namun tidak memperhatikan urusan kaum muslimin maka ia bukan dari golongan mereka." (HR. Al Hakim).

Namun yang menjadi persoalan mendasar adalah, bagaimana bentuk politik Islam secara jelasnya? Apakah Madinah yang dipimpin oleh nabi Muhammad bisa dikategorikan sebagai manifestasi dari formulasi politik beliau?

Menurut penulis, piagam Madinah merupakan undang-undang berisi perjanjian yang menetapkan hak, dan kewajiban bagi kaum Muslimin, Yahudi, serta kelompok-kelompok lain di kota Madinah, sehingga bisa menjadi suatu komunitas, yang di dalam bahasa Arab disebut dengan "ummah".

Kalimat "ummah" sendiri, dalam piagam Madinah terdapat pada dua pasal, yakni pasal 1 dan 25. Menurut Ali Syari'ati, konsep ummah dalam Pasal 1 dari piagam Madinah bersifat eksklusif, hanya bagi umat Islam. Hal ini berarti, golongan manusia yang tidak berakidah sama, tidak dapat disebut sebagai umat yang satu. Sehingga konsep "ummah" dalam pengertian khusus (pengikut Nabi Muhammad Saw) berlaku disini. (M. Latif Fauzi: 2005).

Sedangkan dalam pasal 25, golongan Yahudi dan sekutunya sebagai bagian dari "ummah" sehingga konsep "ummah" secara umum (seluruh generasi umat manusia tanpa memandang batsan agama), berlaku dalam pasal ini.

Jika menilik perbedaan dari konsep"ummah" di atas, penulis menyimpulkan bahwa Nabi Muhammad saw, berusaha membangun sebuah negara yang menaungi berbagai golongan, tanpa membedakan suku maupun agama, dimana beliau sebagai pemimpin negara yang berhak mengambil keputusan jika dalam setiap permasalahan, sebagaimana tertera dalam pasal 23.

Nabi Muhammad Saw telah mengajarkan kepada umatnya cara membangun sebuah negara (state) dengan tingkat heterogenitas tinggi, sehingga salah jika ada yang mengatakan bahwa nabi Muhammad hanyalah bertugas untuk menyampaikan risalah tanpa memperhatikan keadaan sosio-politik masyarakat Madinah waktu itu.

Itu semua tidak berarti bahwa Islam mengharuskan umatnya untuk membangun sebuah negara, sebab tidak ada satu perintah pun, entah itu dalam Qur'an maupun hadis yang mewajibkan umat Islam mendirikan negara. Nabi Muhammad Saw hanya mengajari dan memberikan contoh kepada kita, bagaimana membangun negara melalui Piagam Madinah, meskipun konsep negara modern baru muncul berabad-abad setelah beliau wafat.

Konteks Kekinian

Banyak kelompok-kelompok Islam yang menginginkan kembalinya kejayaan Islam masa lampau dengan mimpi mendirikan negara Islam/khilafah internasional. Mereka menggunakan ayat-ayat Al-Qur'an sebagai legitimasi atas keinginan tersebut, diantaranya adalah QS al-Maidah ayat 44, 45, dan 47.

Ayat-ayat tersebut menerangkan bahwa, barang siapa yang memutuskan perkara tidak dengan hukum Allah, maka mereka adalah golongan orang-orang yang kafir, zalim dan fasik. Dalam perspektif mereka, hakim (pemutus perkara) haruslah seorang khalifah, artinya khalifah dengan khilafahnya menjadi wajib diwujudkan.

Mereka juga menggunakan ijma' sahabat sebagai legitimasi untuk mendirikan khilafah, yakni pasca wafatnya Rasulullah Saw, para sahabat berkumpul untuk memilih satu khalifah. Pendapat ini dikuatkan dengan argumen yang menunjukkan bahwa khilafah telah ada sejak awal mula Islam hingga keruntuhan Turki Usmani pada 1924.

Imam al-Qurthubi dalam al-Jami' li Ahkam al-Qur'an menjelaskan bahwa, QS al-Maidah ayat 44-47 turun di kalangan orang-orang Yahudi, sebagaimana dijelaskan dalam shahih muslim dari sahabt al-Bar'bi azib. Menurut beliau, jika seorang muslim melakukan dosa besar (asal tidak menghalalkannya), ia masih dihukumi sebagai muslim, bukan kafir. Beliau juga menambahkan, bahwa dalam ayat -ayat diatas terdapat makna tersembunyi (izhmar), yakni "Barang siapa yang tidak memakai hukum Allah karena menolak al-Qur'an dan mengingkarinya, maka ia digolongkan sebagai orang-orang kafir.

DR. Ainur Rofiq menyebutkan bahwa pada masa awal Islam sampai runtuhnya kekhalifahan Utsmani tidak hanya ada satu khilafah saja, selain itu juga tidak ada kesatuan khilafah yang kontinyu pada masa tersebut. Beliau juga menambahkan bahwa, konsekuensi khilafah versi Islam garis kanan atau HTI, membuka peluang menjadi negara absolut dan autokritik. Alasannya adalah kewenangan khalifah yang terlalu besar. Pola separasi kekuasaan; legislatif, eksekutif dan yudikatif ada di tangan khalifah, sementara bawahannya hanya memmiliki kewenangan delegasi, bukan atribusi. (DR. Ainur Rofiq al-Amin: 2012).

Padahal kita semua tahu bahwa, nabi Muhammad selalu mengajak para sahabatnya untuk bermusyawarah sebelum mengambil keputusan, meskipun beliau adalah pengambil keputusan. Hal-hal semacam itu pula yang dilaksanakan oleh Khulafaur Rasyidin, para penerus kepemimpinan beliau. Melalui sifat tersebut, beliau mengajarkan dan mencontohkan kepada kita bahwa Islam adalah agama yang demokratis dan segala sesuatunya bisa didiskusikan, kecuali dalam bidang aqidah. [Oleh: Moeh. Zainal Abidin/FM]

Artikel Terkait

Komentar

Artikel Populer

Prahara Aleppo

French Foreign Minister Bernard Kouchner takes off a Jewish skull-cap, or Kippa, at the end of a visit to the Yad Vashem Holocaust Memorial in Jerusalem, Tuesday, Sept. 11, 2007. Kouchner is on an official visit to Israel and the Palestinian Territories. (AP Photo/Kevin Frayer) Eskalasi konflik di Aleppo beberapa hari terakhir diwarnai propaganda anti-rezim Suriah yang sangat masif, baik oleh media Barat, maupun oleh media-media “jihad” di Indonesia. Dan inilah mengapa kita (orang Indonesia) harus peduli: karena para propagandis Wahabi/takfiri seperti biasa, mengangkat isu “Syiah membantai Sunni” (lalu menyamakan saudara-saudara Syiah dengan PKI, karena itu harus dihancurkan, lalu diakhiri dengan “silahkan kirim sumbangan dana ke no rekening berikut ini”). Perilaku para propagandis perang itu sangat membahayakan kita (mereka berupaya mengimpor konflik Timteng ke Indonesia), dan untuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di Suriah. Tulisan i

Sholawat-Sholawat Pembuka Hijab

Dalam Islam sangat banyak para ulama-ulama sholihin yang bermimpi Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam dan mendapatkan petunjuk atau isyarat untuk melakukan atau mengucapkan kalimat-kalimat tertentu (seperti dzikir, sholawat, doa dll ). Bahkan sebagian di antara mereka menerima redaksi sholawat langsung dari Rasulullah dengan ditalqin kata demi kata oleh Beliau saw. Maka jadilah sebuah susunan dzikir atau sholawat yg memiliki fadhilah/asror yg tak terhingga.  Dalam berbagai riwayat hadits dikatakan bahwa siapa pun yang bermimpi Nabi saw maka mimpi itu adalah sebuah kebenaran/kenyataan, dan sosok dalam mimpinya tersebut adalah benar-benar Nabi Muhammad saw. Karena setan tidak diizinkan oleh Alloh untuk menyerupai Nabi Muhammad saw. Beliau juga bersabda, "Barangsiapa yg melihatku dalam mimpi maka ia pasti melihatku dalam keadaan terjaga" ----------------------------- 1. SHOLAWAT JIBRIL ------------------------------ صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ SHOLLALLOOH 'ALAA MUHAMMA

Amalan Pada Malam Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Nabi Muhammad ﷺ bersabda: عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه أن رسول ﷺ قال: “من أحيا ليلة الفطر وليلة الأضحى لم يمت قلبه يوم تموت القلوب” رواه الطبراني في الكبير والأوسط. Dari Ubadah Ibn Shomit r.a. Sungguh Rosulullah ﷺ bersabda: "Barangsiapa menghidupkan malam Idul Fitri dan malam Idul Adlha, hatinya tidak akan mati, di hari matinya hati." ( HR.Thobaroni ) عن أبي أمامه رضي الله عنه عن النبي ﷺ قال : “من قام ليلتي العيدين محتسباً لم يمت قلبه يوم تموت القلوب”. وفي رواية “من أحيا” رواه ابن ماجه Dari Abi Umamah r.a, dari Nabi ﷺ, bersabda: Barangsiapa beribadah di dua malam Hari Raya dengan hanya mengharap ALLAH, maka hatinya tidak akan mati pada hari matinya hati. ( HR. Ibnu Majah ) Bagaimana cara menghidupkan dua Hari Raya itu? Telah disebutkan oleh Syaikh Abdul Hamid Al Qudsi, dengan mengamalkan beberapa amalan: 1. Syaikh Al Hafni berkata: Ukuran minimal menghidupkan malam bisa dengan Sholat Isya’ berjama’ah dan meniatkan diri untuk jama’ah Sholat Shubuh pada besoknya. Atau mempe

3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup - Himayah atau Pemimpin Ulama di Tanah Banten

Forum Muslim - Banten merupakan provinsi Seribu Kyai Sejuta Santri. Tak heran jika nama Banten terkenal diseluruh Nusantara bahkan dunia Internasional. Sebab Ulama yang sangat masyhur bernama Syekh Nawawi AlBantani adalah asli kelahiran di Serang - Banten. Provinsi yang dikenal dengan seni debusnya ini disebut sebut memiliki paku atau penjaga yang sangat liar biasa. Berikut akan kami kupas 3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup. 1. Abuya Syar'i Ciomas Banten Selain sebagai kyai terpandang, masyarakat ciomas juga meyakini Abuya Syar'i sebagai himayah atau penopang bumi banten. Ulama yang satu ini sangat jarang dikenali masyarakat Indonesia, bahkan orang banten sendiri masih banyak yang tak mengenalinya. Dikarnakan Beliau memang jarang sekali terlihat publik, kesehariannya hanya berdia di rumah dan menerima tamu yg datang sowan ke rumahnya untuk meminta doa dan barokah dari Beliau. Banyak santri - santrinya yang menyaksikan secara langsung karomah beliau. Beliau jug

Daun Pepaya Jepang, Aman Untuk Pakan Kambing di @kapurinjing

ALASAN ALI MENUNDA QISHASH PEMBUNUH UTSMAN

Oleh :  Ahmad Syahrin Thoriq   1. Sebenarnya sebagian besar shahabat yang terlibat konflik dengan Ali khususnya, Zubeir dan Thalhah telah meraih kesepakatan dengannya dan mengetahui bahwa Ali akan menegakkan hukum qishash atas para pemberontak yang telah membunuh Utsman.  Namun akhirnya para shahabat tersebut berselisih pada sikap yang harus diambil selanjutnya. Sebagian besar dari mereka menginginkan agar segera diambil tindakan secepatnya. Sedangkan Ali memilih menunda hingga waktu yang dianggap tepat dan sesuai prosedur. 2. Sebab Ali menunda keputusan untuk menegakkan Qishash adalah karena beberapa pertimbangan, diantaranya : Pertama, para pelaku pembunuh Ustman adalah sekelompok orang dalam jumlah yang besar. Mereka kemudian berlindung di suku masing-masing atau mencari pengaruh agar selamat dari hukuman. Memanggil mereka untuk diadili sangat tidak mungkin. Jalan satu-satunya adalah dengan kekuatan. Dan Ali menilai memerangi mereka dalam kondisi negara sedang tidak stabil sudah pas

KH.MUNFASIR, Padarincang, Serang, Banten

Akhlaq seorang kyai yang takut memakai uang yang belum jelas  Kyai Laduni yang pantang meminta kepada makhluk Pesantren Beliau yang tanpa nama terletak di kaki bukit padarincang. Dulunya beliau seorang dosen IAIN di kota cirebon. Saat mendapatkan hidayah beliau hijrah kembali ke padarincang, beliau menjual seluruh harta bendanya untuk dibelikan sebidang sawah & membangun sepetak gubuk ijuk, dan sisa selebihnya beliau sumbangkan. Beliau pernah bercerita disaat krisis moneter, dimana keadaan sangatlah paceklik. Sampai sampai pada saat itu, -katanya- untuk makan satu biji telor saja harus dibagi 7. Pernah tiba tiba datanglah seseorang meminta doa padanya. Saat itu Beliau merasa tidak pantas mendoakan orang tersebut. Tapi orang tersebut tetap memaksa beliau yang pada akhirnya beliaupun mendoakan Alfatihah kepada orang tersebut. Saat berkehendak untuk pamit pulang, orang tersebut memberikan sebuah amplop yang berisi segepok uang. Sebulan kemudian orang tersebut kembali datang untuk memi

Kisah Siti Ummu Ayman RA Meminum Air Kencing Nabi Muhammad SAW

Di kitab Asy Syifa disebutkan bahwa Kanjeng Nabi Muhammad SAW punya pembantu rumah tangga perempuan bernama Siti Ummu Ayman RA. Dia biasanya membantu pekerjaan istri Kanjeng Nabi dan nginap di rumah Kanjeng Nabi. Dia bercerita satu pengalaman uniknya saat jadi pembantu Kanjeng Nabi. Kanjeng Nabi Muhammad itu punya kendi yang berfungsi sebagai pispot yang ditaruh di bawah ranjang. Saat di malam hari yang dingin, lalu ingin buang air kecil, Kanjeng Nabi buang air kecil di situ. Satu saat, kendi pispot tersebut hilang entah ke mana. Maka Kanjeng Nabi menanyakan kemana hilangnya kendi pispot itu pada Ummu Ayman. Ummu Ayman pun bercerita, satu malam, Ummu Ayman tiba-tiba terbangun karena kehausan. Dia mencari wadah air ke sana kemari. Lalu dia nemu satu kendi air di bawah ranjang Kanjeng Nabi SAW yang berisi air. Entah air apa itu, diminumlah isi kendi itu. Pokoknya minum dulu. Ternyata yang diambil adalah kendi pispot Kanjeng Nabi. Dan yang diminum adalah air seni Kanjeng Nabi yang ada dal

Abuya Syar'i Ciomas Banten

''Abuya Syar'i Ciomas(banten)" Abuya Syar'i Adalah Seorang Ulama Yg Sangat Sepuh. Menurut beliau sekarang beliau telah berrusia lebih dari 140 tahun. Sungguh sangat sepuh untuk ukuran manusia pada umumnya. Abuya Sar'i adalah salah satu murid dari syekh. Nawawi al bantani yg masih hidup. Beliau satu angkatan dengan kyai Hasyim asy'ary pendiri Nahdatul ulama. Dan juga beliau adalah pemilik asli dari golok ciomas yg terkenal itu. Beliau adalah ulama yg sangat sederhana dan bersahaja. Tapi walaupun begitu tapi ada saja tamu yg berkunjung ke kediamannya di ciomas banten. Beliau juga di yakini salah satu paku banten zaman sekarang. Beliau adalah kyai yg mempunyai banyak karomah. Salah satunya adalah menginjak usia 140 tahun tapi beliau masih sehat dan kuat fisiknya. Itulah sepenggal kisah dari salah satu ulama banten yg sangat berpengaruh dan juga kharismatik. Semoga beliau senantiasa diberi umur panjang dan sehat selalu Aaamiiin... (FM/ FB )

Mengelola Blog Wordpress dan Blogspot Melalui Ponsel

Di jaman gatget yang serba canggih ini, sekarang dasboard wordpress.com dan blogspot.com semakin mudah dikelola melalui ponsel. Namun pada settingan tertentu memang harus dilakukan melalui komputer seperti untuk mengedit themes atau template. Dan bagi kita yang sudah terbiasa "mobile" atau berada di lapangan maka kita bisa menerbitkan artikel kita ke blog wordpress.com melalui email yang ada di ponsel kita, so kita nggak usah kawatir.