Langsung ke konten utama

Berkenalan dengan Federalisme


image

Indonesia dalam Kaitannya dengan dan Liberalisme umumnya memang membahas tentang konstitusi ala sistem , hal yang menarik membahas soal federalisme adalah pertama tentang filosofinya khususnya perkembangan teorinya yg ditulis oleh beberapa orang, dalam konteks justice John sangat relevan bila dijadikan salah satu rujukan pemikiran ini.  John lahir di Baltimore, Maryland , Hal ini juga diketahui bahwa dia  sangat kuat pemikirannya tentang kontrak sosial hipotetis setelah pemikiran kuno kontrak sosial ala Rousseau. Tapi apa artinya ini dalam hal teori federalisme, mari kita berkenalan

John Rawls telah menerima relatif lebih banyak perhatian. Khususnya pemikiran liberalism dan justice yang tumbuh di Amerika, tentu pertumbuhan federalisme di eropa atau Amerika jauh berbeda dengan tumbuhnya pemikiran ini di Indonesia, justice Menurut John Rawls adalah kebajikan pertama yang harus dilakukan oleh lembaga-lembaga sosial. Sebuah teori bisa  direvisi, jika tidak benar, karena keadilan itu menyangkal  hilangnya kebebasan untuk beberapa hal dalam memproses kebenaran dan kebaikan yang lebih besar. Pandangan Rawls tentang kekuasaan adalah bahwa ia mengubah subjek orang-orang yang berpikir tentang utilitarianisme lama. Menurut Rawls struktur federalisme dalam hipotetis memberikan berbagai jenis pengertian baru dalam utilitarianisme konstitusi. Teori ini di Indonesia sangat banyak ditentang, karena menganggap bahwa pemikiran republik dan kesatuan itu jauh lebih ideal. contoh,  selama 75 tahun lamanya negara ini disimbolkan sebagai sentralisme utopis, dimana semua kebijakan tetap tersentral kepada pemerintahan pusat di Jakarta, sehingga Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang terpisah pisah dan sangat tidak dinamis dalam integrasi komunikasi lokalnya, issu desentralisasi yang bisa menjebatani ide federalis secara teoritik ini menjadi tidak efektif juga. Feodalisme dari di Indonesia  memang berdampak mendalam pada politik dan ekonomi.

Pada tahun 1987, situasi rupanya masih belum membaik. Sekelompok pembaharu muda menyerahkan laporan kepada pemerintah di mana mereka menyatakan penyesalannya bahwa reformasi di Indonesia pun dianggap telah mati suri. Kelompok  pemuda masih tetap menginginkan adanya perubahan, khususnya perubahan tentang kebijakan yang tidak terfokus kepada Jakarta. Contoh banyaknya penolakan  proyek pembangunan yang sudah 99% di implementasikan, seperti proyek reklamasi, proyek kreta cepat, mangkraknya beberapa proyek tol laut dan kapal hewan dsb.

John Rawls dari  judul buku Theory of Justice yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai teori keadilan adalah sebuah buku yang menganalisis filsafat John Rawls tentang liberalisme konstitusi, Konstitusi adalah sebuah proses politik. Dalam konteks konstitusi Indonesia proses ini dijelaskan dalam domain sebelum dan sesudah amandement UUD 45, konstitusi yang terbuat dari Konstitusi lama (sebelum Amandemen 1998). Konstitusi secara filosofis merupakan alternatif dalam pemikiran utilitarianisme, ini adalah sisi lain yang belum tercover di dalam positif dan dari ide-ide .

Pemikiran Rasionalisme Hobbs, Marxisme, dll, mereka memiliki prinsip umum keadilan atau justice yang terdapat di dalam lembaga-lembaga liberal, sistem politik dan penggunaan  kata federalisme adalah untuk melihat bagaimana mereka mengukurnya sampai kepada karakteristik khusus hukum yg lahir dan sistem yang digunakan itu berbeda dengan daerah daerah lain secara otoritas, contoh daerah daerah istemewa. Untuk itu, di negara-negara di mana Adat telah dibina kebebasan politiknya, cabang-cabang lainnya seperti legislatif dan yudikatif sering dipakai juga sebagai alat legitimasi warga negara dalam sebuah negara federal sebagai invasi bentuk eksekutif.

image

Amerika dalam sejarah pemikiran federalisme juga merujuk dari sejarah pemikiran institusi yang mungkin lebih bervariasi dan cocok dalam perkembangan politik di tanah air yang sangat . Contoh hukuman mati, Indonesia adalah negara yg konsisten memberlakukan hukuman sadis ini, sebagai bentuk liberalisme HAM, namun hak membunuh diri masih menjadi perdebatan, kemudian soal pemilihan langsung, juga merupakan bagean dari konstitusi liberal, contoh lain adalah esensi judicial review dan pengadilan konstitusi. Manakah yg masih mengikuti pra liberal dan konstitusi dari Belanda.? Hampir sudah tidak ada.

Kalau Indonesia dianggap tidak mengikuti gaya federalism konstitusi, atau bahkan liberalisme konstitusi, kemudian apakah kalian menganggap kompilasi hukum Islam adalah bentuk legal politik yang beradaptasi dengan agama khususnya Islam, maka pertanyaan yang mendasar adalah mengapa Indonesia juga menerima hukum perkawinan campuran? Hanya yang belum adalah hukum perkawinan sejenis saja. Itulah yang saya maksud kita ini telah mengikuti dengan tidak sadar liberalisme namun dengan sadar menolaknya. Federalisme yang kami pikir  adalah tentu saja dalam konteks yg lebih luas lagi, tidak hanya hukum namun tentang ketatanegaraan. Indonesia memakai faham itu atau tidak? terminologi ini tentu saja akan kita kembalikan pada realitas pluralisme dan utilitarianisme klasik yang sudah banyak dilakukan oleh pejabat daerah ketika mengambil kebijakan, hampir Perda dilakukan sesuai selera pejabat daerah, bahkan pejabat daerah setingkat bupati bisa dengan seenaknya merubah simbol daerah, memisahkan atau menyatukan wilayah kecamatan atau desa hanya dalam rangka pertimbangan efesiensi anggaran belanja daerah. Nah bukankah daerah sudah dianggap siap atas pemisahan dan lokalitas federalis khusus seperti bentuk persemakmuran Amerika mix dengan teori federalisme di Eropa dalam Republik Persatuan Indonesia yg tidak merusak persatuan republik Indonesia?

Secara objektivis mana yang membuat penilaian interpersonal yang kuat dari utilitas kebebasan pejabat daerah seperti contoh diatas dalam konteks pemikiran Rawls Ini?,  menganggap serius perbedaan antara jugment dan justice dalam filosofi ketatanegaraan adalah melihat masalah yang mengizinkan penilaian interpersonal tentang konstitusi liberal. Misalnya kita memiliki hanya mengambil teori cabang dan filsafat Pancasila? , Jika kita meninggalkan banyak kitab hukum dan sejarah sampai sekarang, kemudian hanya akses ke amandemen hukum tahun 1998. Kita tidak bisa beradaptasi lagi struktur negara untuk kepentingan budaya lain dari Belanda atau hukum filsafat, ide, apalagi pemisahan antara kapitalisme dan komunisme, atau ide federalisme dengan ide otokratisme

Kami ingin kembali realistis untuk teori federalisme pada beberapa sumber dasar dalam masyarakat bahwa negara bisa memiliki dampak tumpul kepada filsafat politik yang  melihat hal yang  belum berubah dalam soal tradisi dan konflik terutama  sebelum reformasi 1997 tahun yang lalu. Oleh karena itu fokus setelah reformasi di tahun 1997 diskusi utama reformer hanyalah menumbangkan rezim orba sampai ke akar akarnya,  dan dianggap sebagai tema kusam dalam filsafat politik bangsa Indonesia. Bahkan ketakutan zombi itu sampai merambah kesudut sudut surau dan sosial media dengan jargon anti federalisme? Bukankah ini aneh? mengatakan bahwa studi konstitusi politik harus memperhatikan  filsafat politik dengan mempertimbangkan masalah lain pada norma-norma hukum adalah hal yg tidak bisa ditinggalkan,  memungkinkan orang untuk menggunakan bentuk utilitas maksimum dari para pendukung masing-masing cenderung membuat kasus issu federalisme menjadi bias dengan pemikiran komunisme sosialis di bidang ekonomi.

Pandangan mereka terutama dengan menunjuk kerugian dari pandangan lain. Pertama, masalah konflik dan tradisi kesatuan menyebutkan kesatuan tunggal wilayah dan kekuasaan otokratis yang hidup dalam masyarakat khususnya politik yang hidup lebat di Jakarta. Kedua, Rawls memandang bagian substantif studi federalisme, liberalisme bukanlah sebagai kontribusi  dalam argumentasi tentang proses pembentukan kehendak diskursif mengenai institusi dasar masyarakat kapitalis, tapi hasil dari teori keadilan yang   mengerahkan untuk membatasi moral dan argumentasi yg berfungsi untuk menyelesaikan konflik dan tindakan dengan cara konsensus. Jika argumentasi moral untuk menghasilkan perjanjian, politik selevel kontrak politik, maka tidak cukup bagi individu untuk merenungkan apakah ia dapat persetujuan secara normatif, yang dibutuhkan adalah suatu proses nyata argumentasi di mana individu, institusi dan politik yang bersangkutan anatara daerah satu dan daerah lain dalam negara federasi bisa bekerja sama seperti teori  konstitusi lain yang mempengaruhi beberapa situasi politik antara tradisi dan konflik dalam filsafat politik.

Contoh tentang membangun kekuasaan, untuk mengontrol perubahan UU, dsb. Menurut teori konstitusi yang paling beragam untuk mempelajari tentang bagian-bagian dari  proses konstitusi ini adalah otoritas, penilaian dan hak-hak individu. Dalam liberalisme klasik disebutkan kita harus melibatkan keragaman dengan pendekatan lokasi, contoh ketepatan sumber daya manusia, beaya politik yang tinggi dan mungkin daerah daerah yg terpencil yg tidak cuman butuh pelayanan dan keadilan apalagi kesejahteraan namun juga butuh ekspresi demokratisasi.

(1787) berpandangan konstitusi di Amerika, konstitusi yang dihasilkan dari pembahasan yg dampaknya selama  bertahun-tahun berpengaruh kepada kemakmuran rakyatnya, dan federalisme itu telah mengilhami  dari Pemerintah Amerika, gangguan yg tidak masuk akal yang berpengaruh kepada proses kebijakan orang yang mengambil  manfaat dari kemajuan ilmu politik dan tentu saja kebebasan.  Rousseau dalam tradisi hukum dan konstitusi ini perlu menulis untuk dipelajari dalam konteks sejarah hak mereka, perhatian khusus harus diberikan pada bagaimana  teori hukum  yang diterapkan dan oleh siapa. Dalam hal ini, Rousseau mengambil geneva sebagai sempel penelitiannya. Hal ini dapat sangat membantu dalam menjelaskan mengapa Rousseau bereaksi seperti yang ia lakukan dalam tradisi hukum? ideologi yg menjadi konflik nilai, terlihat bisa membahas tentang konstitusi dari aspek teori kontrak sosial seperti representasi, eksistensi terbatas, membatasi partisipasi, keanekaragaman lokal dan terakhir sebuah konflik.? Kematian negara bisa berasal dari dampak  ide-ide tentang republic yg tidak mau berkembang, bahkan menafikan seperti halnya menganalogikan bahwa rakyat itu belum tentu berbicara dan menginginkan, seperi sindiran Gunawan Muhamad ttg kritik pemikiran paska kolonial, benarkah plorentar yg berbicara? Si miskin yg meminta? Indonesia memiliki masalah masalah berat dalam politik pembangunan, yaitu seringnya mereka itu lupa.

Artikel Terkait

Komentar

Artikel Populer

Prahara Aleppo

French Foreign Minister Bernard Kouchner takes off a Jewish skull-cap, or Kippa, at the end of a visit to the Yad Vashem Holocaust Memorial in Jerusalem, Tuesday, Sept. 11, 2007. Kouchner is on an official visit to Israel and the Palestinian Territories. (AP Photo/Kevin Frayer) Eskalasi konflik di Aleppo beberapa hari terakhir diwarnai propaganda anti-rezim Suriah yang sangat masif, baik oleh media Barat, maupun oleh media-media “jihad” di Indonesia. Dan inilah mengapa kita (orang Indonesia) harus peduli: karena para propagandis Wahabi/takfiri seperti biasa, mengangkat isu “Syiah membantai Sunni” (lalu menyamakan saudara-saudara Syiah dengan PKI, karena itu harus dihancurkan, lalu diakhiri dengan “silahkan kirim sumbangan dana ke no rekening berikut ini”). Perilaku para propagandis perang itu sangat membahayakan kita (mereka berupaya mengimpor konflik Timteng ke Indonesia), dan untuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di Suriah. Tulisan i

ALASAN ALI MENUNDA QISHASH PEMBUNUH UTSMAN

Oleh :  Ahmad Syahrin Thoriq   1. Sebenarnya sebagian besar shahabat yang terlibat konflik dengan Ali khususnya, Zubeir dan Thalhah telah meraih kesepakatan dengannya dan mengetahui bahwa Ali akan menegakkan hukum qishash atas para pemberontak yang telah membunuh Utsman.  Namun akhirnya para shahabat tersebut berselisih pada sikap yang harus diambil selanjutnya. Sebagian besar dari mereka menginginkan agar segera diambil tindakan secepatnya. Sedangkan Ali memilih menunda hingga waktu yang dianggap tepat dan sesuai prosedur. 2. Sebab Ali menunda keputusan untuk menegakkan Qishash adalah karena beberapa pertimbangan, diantaranya : Pertama, para pelaku pembunuh Ustman adalah sekelompok orang dalam jumlah yang besar. Mereka kemudian berlindung di suku masing-masing atau mencari pengaruh agar selamat dari hukuman. Memanggil mereka untuk diadili sangat tidak mungkin. Jalan satu-satunya adalah dengan kekuatan. Dan Ali menilai memerangi mereka dalam kondisi negara sedang tidak stabil sudah pas

3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup - Himayah atau Pemimpin Ulama di Tanah Banten

Forum Muslim - Banten merupakan provinsi Seribu Kyai Sejuta Santri. Tak heran jika nama Banten terkenal diseluruh Nusantara bahkan dunia Internasional. Sebab Ulama yang sangat masyhur bernama Syekh Nawawi AlBantani adalah asli kelahiran di Serang - Banten. Provinsi yang dikenal dengan seni debusnya ini disebut sebut memiliki paku atau penjaga yang sangat liar biasa. Berikut akan kami kupas 3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup. 1. Abuya Syar'i Ciomas Banten Selain sebagai kyai terpandang, masyarakat ciomas juga meyakini Abuya Syar'i sebagai himayah atau penopang bumi banten. Ulama yang satu ini sangat jarang dikenali masyarakat Indonesia, bahkan orang banten sendiri masih banyak yang tak mengenalinya. Dikarnakan Beliau memang jarang sekali terlihat publik, kesehariannya hanya berdia di rumah dan menerima tamu yg datang sowan ke rumahnya untuk meminta doa dan barokah dari Beliau. Banyak santri - santrinya yang menyaksikan secara langsung karomah beliau. Beliau jug

Daun Pepaya Jepang, Aman Untuk Pakan Kambing di @kapurinjing

Sholawat-Sholawat Pembuka Hijab

Dalam Islam sangat banyak para ulama-ulama sholihin yang bermimpi Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam dan mendapatkan petunjuk atau isyarat untuk melakukan atau mengucapkan kalimat-kalimat tertentu (seperti dzikir, sholawat, doa dll ). Bahkan sebagian di antara mereka menerima redaksi sholawat langsung dari Rasulullah dengan ditalqin kata demi kata oleh Beliau saw. Maka jadilah sebuah susunan dzikir atau sholawat yg memiliki fadhilah/asror yg tak terhingga.  Dalam berbagai riwayat hadits dikatakan bahwa siapa pun yang bermimpi Nabi saw maka mimpi itu adalah sebuah kebenaran/kenyataan, dan sosok dalam mimpinya tersebut adalah benar-benar Nabi Muhammad saw. Karena setan tidak diizinkan oleh Alloh untuk menyerupai Nabi Muhammad saw. Beliau juga bersabda, "Barangsiapa yg melihatku dalam mimpi maka ia pasti melihatku dalam keadaan terjaga" ----------------------------- 1. SHOLAWAT JIBRIL ------------------------------ صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ SHOLLALLOOH 'ALAA MUHAMMA

KENAPA SUAMI BISA SELINGKUH??

Ilustrasi Keluarga Oleh :  Mufrodah Odah Pernah menonton drama Korea berjudul LOVE, MARRIAGE AND DIVORCE? Drama ini mengisahkan tiga perempuan yang diselingkuhi oleh suami mereka. Jadi, aku rasa drama ini cukup menjawab, kenapa seorang suami bisa berselingkuh.  Kita bahas satu persatu ya. 🫰 PEREMPUAN PERTAMA: Boo Hye Ryung, 30 th. Penyiar radio Cantik, muda, modis, karir cemerlang. Itulah Boo Hye Ryung. Namun, sang suami yang bekerja sebagai pengacara, tetap berselingkuh dengan seorang janda yang usianya jauh lebih tua hingga janda itu hamil.  Suami Boo Hye Rung bilang jika dia selingkuh karena istrinya tidak pandai dalam urusan rumah tangga (tidak menyiapkan dan memasakkan makanan), juga karena istrinya tidak ingin segera punya anak alias ingin fokus di karir dulu. Juga, karena kadang istrinya lebih mendominasi.  Kata kunci: cantik, modis, muda, karir cemerlang, tapi tidak pandai mengurus urusan rumah tangga. 🫰 PEREMPUAN KEDUA: Lee Si Eun, 50 th.  Penulis program radio Ibu dari dua

Tafsir Kemenag : Tafsir Al-Qur'an Surat Al-An'am Ayat 155

وَهٰذَا كِتٰبٌ اَنْزَلْنٰهُ مُبٰرَكٌ فَاتَّبِعُوْهُ وَاتَّقُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَۙ  ( الانعام : ١٥٥)   Dan Al-Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat. ( QS. Al-An'am ayat 155 ). Ayat ini menjelaskan peranan Al-Qur'an bagi manusia. Dan ini adalah Kitab Al-Qur'an yang Kami turunkan melalui Malaikat Jibril dengan penuh berkah, yakni segala macam kebaikan, baik lahir maupun batin, yang sangat berguna bagi kehidupan manusia di dunia maupun di akhirat. Ikutilah apa yang ada di dalamnya, amalkanlah isinya, dan bertakwalah, jagalah dirimu dari api neraka, waspadalah, dan taatilah ketentuan yang ada di dalam kitab itu. Itu semua agar kamu mendapat rahmat kasih sayang dari Allah. Orang yang diberi kasih sayang dari Allah akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Ayat ini kembali menerangkan sifat-sifat dan kedudukan Al-Qur'an yang mencakup segala macam petunjuk dan hukum syariat yang di

KH.MUNFASIR, Padarincang, Serang, Banten

Akhlaq seorang kyai yang takut memakai uang yang belum jelas  Kyai Laduni yang pantang meminta kepada makhluk Pesantren Beliau yang tanpa nama terletak di kaki bukit padarincang. Dulunya beliau seorang dosen IAIN di kota cirebon. Saat mendapatkan hidayah beliau hijrah kembali ke padarincang, beliau menjual seluruh harta bendanya untuk dibelikan sebidang sawah & membangun sepetak gubuk ijuk, dan sisa selebihnya beliau sumbangkan. Beliau pernah bercerita disaat krisis moneter, dimana keadaan sangatlah paceklik. Sampai sampai pada saat itu, -katanya- untuk makan satu biji telor saja harus dibagi 7. Pernah tiba tiba datanglah seseorang meminta doa padanya. Saat itu Beliau merasa tidak pantas mendoakan orang tersebut. Tapi orang tersebut tetap memaksa beliau yang pada akhirnya beliaupun mendoakan Alfatihah kepada orang tersebut. Saat berkehendak untuk pamit pulang, orang tersebut memberikan sebuah amplop yang berisi segepok uang. Sebulan kemudian orang tersebut kembali datang untuk memi

Abuya Syar'i Ciomas Banten

''Abuya Syar'i Ciomas(banten)" Abuya Syar'i Adalah Seorang Ulama Yg Sangat Sepuh. Menurut beliau sekarang beliau telah berrusia lebih dari 140 tahun. Sungguh sangat sepuh untuk ukuran manusia pada umumnya. Abuya Sar'i adalah salah satu murid dari syekh. Nawawi al bantani yg masih hidup. Beliau satu angkatan dengan kyai Hasyim asy'ary pendiri Nahdatul ulama. Dan juga beliau adalah pemilik asli dari golok ciomas yg terkenal itu. Beliau adalah ulama yg sangat sederhana dan bersahaja. Tapi walaupun begitu tapi ada saja tamu yg berkunjung ke kediamannya di ciomas banten. Beliau juga di yakini salah satu paku banten zaman sekarang. Beliau adalah kyai yg mempunyai banyak karomah. Salah satunya adalah menginjak usia 140 tahun tapi beliau masih sehat dan kuat fisiknya. Itulah sepenggal kisah dari salah satu ulama banten yg sangat berpengaruh dan juga kharismatik. Semoga beliau senantiasa diberi umur panjang dan sehat selalu Aaamiiin... (FM/ FB )

Kenapa Mimbar Rasulullah SAW Berada Di Kiri Arsyi ?

Rasulullah Saw bersabda, "Ketahuilah bahwa mimbarnya Nabi Ibrahim AS berada disebelah kanan Arsy dan mimbarku disebelah kiri Arsy-Nya Allah Swt". Maka para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, engkau lebih utama dari Nabi Ibrahim. Kenapa engkau ditempatkan disebelah kiri Arsy, sedangkan Nabi Ibrahim disebelah kanannya Arsy?". Rasulullah menjawab, "Jalan ke Surga berada disebelah kanan Arsy, sedangkan jalan menuju Neraka disebelah kiri Arsy. Aku berada disebelah kiri, supaya aku dapat melihat umatku yang akan dimasukkan ke Neraka dan kemudian aku berikan syafa'at kepadanya". Ketika aku berada dimimbarku, aku mendengar jeritan umatku, berteriak-teriak seraya berkata,"Pahalaku sedikit dan dosaku banyak!". Rasulullah Saw berkata kepada Malaikat,"Jangan masukkan dia ke Neraka". Malaikat menjawab, "Aku adalah Malaikat yang melaksanakan apa saja yang diperintahkan Allah Swt kepadaku". Maka Rasulullah turun dari mimba