Forum Muslim - Siapa yang tidak kenal dengan lalat? Binatang mungil yang selalu hinggap pada tempat-tempat yang kotor dan menjijikkan, terbang kesana-kemari menebarkan penyakit. Sehingga kita merasa takut dan jijik, jika lalat hinggap pada makanan kita. Namun, tahukah anda, ternyata gara-gara lalat dapat menyebabkan seseorang masuk ke dalam surga yang penuh dengan kenikmatan yang abadi. Sebaliknya, gara-gara lalat menyebabkan seseorang dilemparkan ke dalam neraka yang menyala-nyala dan siksanya tiada berakhir. Mungkin ada diantara pembaca merasa takjub. Tapi, ketakjuban seperti ini lumrah, sebab dahulu para sahabat juga takjub dan heran ketika mendengarkan Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam menceritakan hal itu.
Dari sahabat Thariq bin Shihab bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Ada seseorang masuk surga gara-gara seekor lalat dan ada seseorang yang masuk neraka gara-gara lalat ". Para sahabat bertanya, "Bagaimana hal itu bisa terjadi, wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Ada dua orang berjalan melewati suatu kaum yang mempunyai berhala. Mereka tidak memperbolehkan seorang pun melewati berhala itu sebelum mempersembahkan kepadanya suatu kurban. Maka berkatalah mereka (kaum itu) kepada salah seorang dari laki-laki tersebut, "Berkurbanlah!" Dia menjawab, "Aku tidak memiliki sesuatu pun untuk dikorbankan". Mereka berkata lagi kepadanya,
"Berkorbanlah, walaupun hanya seekor lalat. Maka laki-laki itu berkorban dengan seekor lalat. Lalu mereka pun membiarkannya meneruskan perjalanan. Maka ia pun masuk neraka. Kemudian
kaum itu berkata lagi kepada seorang yang lain, "Berkurbanlah!!" Lalu laki-laki itu menjawab, "Aku sama sekali tidak pernah menjadikan kurbanku
kepada seorang pun, selain Allah Azza wa Jalla . Maka kaum itu memenggal lehernya dan masuklah ia ke dalam surga". [HR. Ahmad dalam Az-Zuhud (15), dan Abu Nu'aim dalam Al-Hilyah (1/203). Hadits ini di-shahih-kan oleh Abu Ya'la Muhammad Aiman As-Salafy dalam Bughyah Al-Mustafid (hal. 150)].
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata,"Orang ini berkurban dengan
sesuatu yang hina (tidak berharga) dan tidak bisa dimakan, akan tetapi ketika ia meniatkan hal itu dapat mendekatkan dirinya kepada berhala, maka jadilah ia seorang yang musyrik. Lalu iapun masuk ke dalam neraka". [Lihat Al-Qaul Al-Mufid Syarh Kitab At-Tauhid (1/142), cet. Darul Aqidah)]
Syaikh Abdur Rahman bin Hasan Alusy Syaikh rahimahullah berkata, "Jika begini kondisi orang yang mendekatkan diri kepada berhala dengan seekor lalat maka bagaimana lagikeadaannya orang-orang yang menggemukkan untanya, sapinya, dan kambingnya untuk mendekatkan diri mereka dengan menyembelihnya dan berkurban kepada sesuatu yang disembah selain Allah berupa mayat, orang yang gaib, thogut, tempat-tempat keramat, pohon, batu, atau selain dari itu. Orang musyrikin di masa sekarang mereka menganggap yang demikian itu lebih afdhol dari pada menyembelih di hari kurban idul adha yang telah disyariatkan. Terkadang sebagian diantara mereka mencukupkan diri dengan berkurban kepada selain Allah saja. Karena besarnya
rasa takut, pengagungan dan harapan mereka kepada selain Allah. Sungguh musibah ini telah merata. [Lihat Qurrah 'Uyun Al-Muwahhidin, (hal 71)]
Jika kita mencermati ucapan Syaikh Abdur Rahman bin Hasan Alusy Syaikh, dan membandingkannya dengan realita dan fakta yang terjadi di sekitar kita, maka kita akan melihat pemandangan yang sangat ironis dan memilukan. Apa yang beliau katakan, jelas
terjadi di depan mata kita, "bagaikan matahari di siang bolong". Liriklah orang yang selalu melakukan ritual-ritual berupa pesta laut di pantai Laut Selatan. Mereka menyembelih hewan kurban kepada Nyi Roro Kidul sebagai bentuk kesyukuran atau tolak bala. Ironinya, justru yang menyerukan dan membela hal ini adalah orang-orang yang disebut "pemuka-pemuka adat" yang pada hakikatnya mereka adalah orang-orang yang tidak paham tentang agama Allah. Seandainya mereka paham, niscaya mereka tidak akan menyeruh manusia ke neraka Jahannam. Seandainya mereka paham, tentunya mereka tidak akan menyelisihi perintah Allah yang mereka membacanya setiap hari, bahkan di setiap shalatnya.
"Katakanlah sesunggunya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah Rabbnya alam semesta"
Mereka telah memalingkan ibadah yang agung ini (yaitu menyembelih) kepada selain Allah. Padahal menyembelih hanya boleh dipersembahkan oleh seorang muslim hanya kepada Allah. Menyembelih termasuk ibadah yang paling agung, karena sebesar-besar ibadah harta adalah berkurban (menyembelih hewan ternak).
Syaikhul Islam Ahmad bin Abdil Halim Al-Harraniy rahimahullah berkata, "Ibadah badaniyah (dengan anggota badan) yang paling utama ialah shalat sedangkan ibadah dengan harta yang paling utama adalah berkurban. Perkara yang terkumpul pada seorang hamba dalam shalat tidaklah terkumpul pada ibadah selainnya sebagaimana diketahui oleh pemilik hati yang hidup. Perkara yang terkumpul dalam ibadah kurban apabila dia menggabungkan
antara iman dan keikhlasan dari kekuatan keyakinan dan persangkaan yang baik akan menghasilkan perekara yang mengagumkan. Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam banyak melakukan shalat dan berkurban". [Lihat Fathul
Majid Syarh Kitab At-Tauhid (hal.120), cet. Dar Ad-Dakwah Al-Islamiyyah)
Seorang yang
menyembelih kepada selain Allah Subhanahu wa Ta’ala merupakan orang yang musyrik, telah
mengangkat makhluk yang disembelihkan tersebut sebagai sembahan selain Allah.
Orang ini akan dilaknat oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala
lewat lisan Rasul-Nya.
Ali bin Tholib radiallahu ‘anhu berkata,
"Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengatakan kepadaku empat kalimat: ”Allah melaknat orang yang menyembelih kepada selain Allah, Allah
melaknat orang yang melaknat kedua orang tuanya, Allah melaknat orang yang
melindungi mubtadi' (pembuat bid'ah/ajaran baru dalam agama), Allah melaknat
orang yang mengubah tanda batas tanah." [HR. Muslim dalam Shohih-nya
(1178) dan An Nasa'iy dalam As-Sunan (7/232)]
Berkurban atau
menyembelih merupakan ibadah yang hanya diarahkan kepada Allah, karena telah
dimaklumi, Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan kita untuk suatu tugas
yang agung, yaitu hanya beribadah
kepada-Nya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
”Tidaklah aku menciptakan jin dan manusia kecuali agar mereka beribadah
kepada-Ku" (QS.Adz-Dzariyaat :56)
Penafsir Ulung Al-Qur’an, Abdullah Ibnu Abbas radhiallahu
‘anhuma berkata,
"Beribadah kepada-Ku, artinya: men-tauhid-(mengesa)kan-Ku".
Syaikh Muhammad bin Sulaiman At Tamimiy rahimahullah berkata
dalam Al-Qowa’id
Al-Arba’ (hal. 14), "Jika
kamu sudah mengetahui bahwa Allah menciptakanmu untuk beribadah kepada-Nya,
ketahuilah! Sesungguhnya ibadah itu tidak dinamakan ibadah, kecuali dengan tauhid, sebagaimana shalat itu tidak
dinamakan shalat kecuali bersama thaharah
(wudhu’).
Jika syirik masuk ke dalam ibadah, maka rusaklah (ibadah tersebut-pent) sebagaimana hadats, apabila
masuk ke dalam thaharah (wudhu’)".
Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdullah Alu Fauzan hafizahullah berkata, "Engkau termasuk manusia dalam ayat
ini, dan engkau mengetahui bahwa Allah tidak menciptakanmu dengan sia-sia atau
untuk makan dan minum saja serta hidup bebas dan bergembira dalam dunia ini,
tidaklah demikian, Allah menciptakanmu untuk beribadah hanya kepada-Nya." [Lihat
Syarah
Al-Qawa'id Al-Arba' (hal. 14-15)]
Jadi, keberadaan
kita di muka bumi ini adalah untuk beribadah
hanya kepada-Nya dan tidak kepada selainnya. Namun perlu diingat, para
hamba beribadah kepada Allah, bukan berarti Allah butuh kepada hamba-Nya,
justru mereka butuh kepada-Nya, karena Allah Maha Kaya, tidak butuh kepada alam
semesta ini.
Allah berfirman:
”Tidaklah aku menciptakan jin dan
manusia kecuali agar mereka beribadah kepada-Ku. Aku tidak menghendaki rezki
sedikitpun dari mereka, dan aku tidak menghendaki supaya mereka memberi aku
makan" (QS. Adz-Dzariyaat:
56-57)
Syaikh Al-Fauzan hafizahullah berkata
dalam Syarh
Al-Qawaid Al-Arba’ hal. 15), "Allah
'Azza wa Jalla dialah yang memberi makan dan tidak diberi makan. Tidak butuh kepada
makanan dan ketidakbutuhan Allah sesuai dengan Dzat-Nya. Allah tidak butuh
kepada ibadahmu seandainya kamu kufur maka tidak akan berkurang sedikitpun
kekuasaan Allah 'Azza wa Jalla . Akan tetapi kaulah yang butuh kepada-Nya
yaitu butuh beribadah kepada-Nya. Karena diantara rahmat-Nya bahwasanya Allah
memerintahkannmu untuk beribadah kepada-Nya untuk kebaikanmu. Karena apabila
kau beribadah kepada-Nya maka sesungguhnya Allah 'Azza
wa Jalla akan memuliakanmu
dengan balasan dan fahala, maka ibadah adalah sebab Allah memberikan kemuliaan
kepadamu di dunia dan di akhirat. Maka siapakah yang mendapatkan faidah dalam
ibadah? Yang mendapatkan faidah adalah
hamba itu sendiri. Adapun Allah maka sesungguhnya Dia tidak butuh kepada
hamba-Nya".
Jadi, jika orang menyembelih kepada selain Allah,
berupa malaikat, nabi, wali-wali, roh, jin, pohon, batu dan sebagainya,
maka dia telah melakukan kesyirikan, dan pelakunya kafir ‘keluar dari islam’,
serta seluruh amalannya akan dihapus. Karena ia telah mempersekutukan Allah
dengan
makhluk-makhluk
tersebut, dan mengangkatnya sebagai tandingan bagi Allah dalam beribadah
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,
"Dan Sesungguhnya Telah
diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. "Jika kamu
mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu
termasuk orang-orang yang merugi". (QS. Az-Zumar: 65)
Oleh karena itu,
murnikanlah ibadahmu hanya untuk Allah, janganlah engkau campur adukkan dengan
noda-noda kesyirikan sehingga merusak segalanya, laksana nila setitik, susu
sebelanga rusak. Namun jika kalian bersihkan dari noda syirik, niscaya kalian
akan mendapatkan keamanan dari siksa Allah di dunia, dan akhirat, serta
mendapatkan petunjuk, tidak sesat !!
Allah 'Azza wa Jalla berfirman, ”Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan
kezhaliman (syirik), mereka Itulah yang
mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat
petunjuk ”.
(QS. Al An’am: 82)
Allah 'Azza wa Jalla berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah
Allah" Kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, Maka malaikat akan
turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah
merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang Telah dijanjikan
Allah kepadamu". Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan
akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh
(pula) di dalamnya apa yang kamu minta. Sebagai hidangan (bagimu) dari Tuhan yang
Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". (QS. Fushsilat: 30-32)
Inilah jaminan
Allah di dunia dan di akhirat bagi hamba-hamba yang men-tauhid-kan Allah. Mereka ridho Allah sebagai Rabbnya, Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam sebagai nabinya dan islam sebagaian agamanya.
Sumber : Ilmoe
Komentar
Posting Komentar