Sabtu, 18 November 2017

Serba Empat, Satu Yang Di Pilih Allah

 
Ilustrasi Syaikh Abdul Qadir Al Jailani
Syeikh Abdul Qadir al-Jilany berkata, Allah swt berfirman: “Dan Tuhanmu menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dia Memilih.” Allah memilih dari segala sesuatu yang ada, empat hal, lalu dipilihnya salah satu:

1.     Allah memilih empat Malaikat, Jibril, Mikail, Israfil dan Izrail, lalu Allah memilih Jibril.
2.     Allah memilih empat dari para Nabi  -- sholawat salam bagi mereka -- ; Ibrahim, Musa, Isa dan Muhammad. Lalu Allah swt memilih Nabi Muhammad saw.
3.     Allah memilih empat dari para sahabat, Abu Bakr, Umar, Utsman, dan Ali -Rodlyallahu anhum -- Lalu Allah swt memilih Abu Bakr ash--Shjiddiq ra.
4.     Allah memilih empat dari masjid: Masjidil Haram, Masjidil Aqsha, Masjid Nabawi Madinah yang Musyarrafah dan Masjid Thursina. Lalu Allah swt memilih Masjidil Haram.
5.     Allah memilih empat dari hari-hari: Hari  Idul Ftri, hari Idul Adha, hari Arafah, dan hari Asyura’. Lalu Allah swt memilih hari ‘Arafah.
6.     Allah memilih empat  dari malam. Malam Al-Bara’ah, Malam Qadar, Malam Jum’at, dan Malam Ied. Lalu Allah swt memilih Lailatul Qadar.
7.     Allah memilih empat dari lembah: lembah Makkah, Lembah Madinah, Lembah Baitul Muqaddas dan sepuluh Masjid. Lalu Allah swt memilih lembah Makkah.
8.     Allah memilih empat bukit: Bukit Uhud, Bukit Thur Sina, bukit Lukam, dan bukit Libanon, Lalu Allah swt memilih bukit Thursina.
9.     Allah memilih empat Sungai: sungai Jeihon, Sungai Seihunj, Sungai Niil, dan Sungai Eofrat. Lalu Allah swt memilih Sungai Niil.
10.  Allah memilih empat dari bulan: Bulan Rajab, Sya’ban, Ramadlan dan Muharram. Lalu Allah swt memilih Sya’ban.

KH. M. Luqman Hakim

Pengajar Pesantren Ciganjur, Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini