Senin, 09 Oktober 2017

Anjuran Membaca Sholawat Ketika Sedang Minikmati Hidangan



Forum Muslim - Mengawali pagi ini, kami dikejutkan dg sebuah keterangan yg menjelaskan tentang keagungan baginda Nabi saw dan keampuhan dalam membaca sholawat kepadanya, dalam tulisan tersebut dijelaskan bahwa ternyata ketika makan nasi juga disunnahkan untuk membaca sholawat kepada baginda Nabi Muhammad saw, dengan alasan karena nasi itu diciptakan dari nur Nabi muhammad Saw

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم.

Dalam kitab Syarah Sittina mas'alah karya  Al alamah Assyeikh Ahmad Almihi di jelaskan :

ويسنّ الاكثار عند اكله من الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم لانه كان جوهرا في الجنّة أودع الله فيه نور محمد صلى الله عليه وسلم فلما خرج منه النور المحمدى تفتت فخلق منه الارز.(ستّين مسئلة.ص ٦٨).

Di sunnahkan perbanyak membaca sholawat kepada Nabi Muhammad saw ketika makan nasi, karena nasi itu adalah mutiara surga yang Alloh titipkan atau letakkan di dalamnya nur Nabi muhammad SAW, maka ketika nur Nabi muhammad SAW keluar maka mutiara itu pecah berkeping2 maka Alloh ciptakan nasi dari mutiara surga. (Sittina mas'alah hal:64).

Dan Sayyidina. 'Ali bin Abi Tholib KRW juga berkata :

عن على ابن ابي طالب كرّم اللّه وجهه انّ كلّ ما انبته الارض فيه دواء و داء الّا الارزّ فانّه شفاء لاداء فيه.

Dari sayidina Ali bin abi tholib karomallohu wajhah, desungguhnya setiap sesuatu yang tumbuh di bumi itu mengandung obat dan penyakit kecuali nasi bahwa sesungguhnya nasi mengandung obat dan tidak ada penyakit di dlmnya.

Dan dari keterangan di atas ternyata nasi ini di ciptakan oleh Allah Swt dari nur Nabi muhammad saw maka dari itu kita di sunnah kan membaca sholawat kepada Nabi mohammad SAW.

Hal senada juga di sebutkan dalam kitab albajuri oleh Al ‘alamah al fadhil Assyeih Ali bin qosim al bajuri di terangkan.

وتسنّ الصلاة على النبي صلى اللّه عليه وسلّم عند اكله لانّه خلق من نوره.(حاشيه الباجورى على ابن قاسم الغزى،الجزء الأول،ص ٢٦٤).

Dan di sunnahkan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad saw ketika memakan nasi karena nasi di ciptakan dari nur Nabi muhammad Saw.

Wallahu 'Alam Bishshowab.
Semoga bermanfaat.
selamat beraktifitas.
semoga sukses selalu.

(Muhdhor Ahmad - Kanzuz sholawat, pkl, 9/10/2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini