Sabtu, 08 Juli 2017

Tips Aman Bertransaksi Dari Kejahatan Perbankan

Ilustrasi Kejahatan Perbankan - File alblaad.com
Forum Muslim - Bank Syariah Mandiri melalui websitenya memberikan tips menjaga keamanan transaksi nasabah, seiring dengan maraknya kejahatan-kejahatan perbankan.
Berikut 6 tips menjaga keamanan bertransaksi dari kejahatan perbankan sebagaimana dilansir dari Situs Bisnis.com:
1. Jangan membuat Password/PIN Otorisasi yang merupakan pengulangan dari User ID. Pembuatan/perubahan Password/PIN Otorisasi dilakukan secara berkala.
2. Jangan membuat Password/PIN Otorisasi yang dapat ditebak dengan mudah oleh orang lain, seperti nomor telepon, tanggal kelahiran, nomor kendaraan, atau data pribadi lainnya. Sebaiknya Password dibuat dengan kombinasi angka yang unik dan tidak bermakna. Semakin acak, semakin bagus.
3. Jangan membuat Password/PIN Otorisasi yang berurut seperti 123456 atau Password/PIN Otorisasi yang merupakan pengulangan satu angka seperti : 111111
4. Jangan pernah memberikan User ID & Password, PIN Otorisasi dan TAN (nomor identifikasi personal) Anda pada orang lain, termasuk orang-orang terdekat Anda dan bahkan pihak bank sekalipun.
5. Jangan mencatat User ID & Password/PIN Otorisasi/TAN pada kertas atau menyimpannya secara tertulis ditempat yang orang lain bisa membacanya, contoh: agenda atau kalender. Jangan pula menuliskan User ID & Password/PIN Otorisasi/TAN Anda atau menyimpannya di hard disk komputer, disket, telepon seluler atau benda-benda riskan lainnya. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa mengingatnya tanpa harus menuliskannya.
6. Berhati-hati menggunakan User ID & Password layanan Internet Banking agar tidak terlihat atau dibaca orang lain.
Jika Anda menggunakan layanan Internet Banking, sebelum memasukkan User ID & Password, Anda harus selalu meyakinkan bahwa situs yang Anda kunjungi benar. Pastikan bahwa halaman internet banking yang Anda kunjungi merupakan milik Bank Syariah Mandiri, yaitu adanya tampilan tulisan “http://www.syariahmandiri.co.id“ pada field address. Dan pada saat Anda telah meng-klik tombol login field address, disana akan tampil tulisan “https://bsmnet.syariahmandiri.co.id“, (FM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini