Jumat, 14 Juli 2017

Gempa Bumi Langka Yang Mengguncang Korea Utara Diduga Terkait Uji Coba Nuklir

Ilustrasi Gempa Korea Utara
Forum Muslim - Gempa bawah laut mengguncang perairan terlepas pantai Korea Utara. Gempa berkekuatan 5, 9 Taraf Richter (SR) itu adalah momen langka di lokasi itu.
Sebagaimana lansiran dari situs Nasionalisme, Badan Survey Geologi Amerika Serikat, USGS menyebutkan, gempa mengguncang sekitaran 190 km. tenggara kota Chongjin pada Kamis awal hari saat setempat. Chongjin adalah kota paling besar ke-3 di Korut.
Menurut pakar seismologi USGS Julie Dutton pada Reuters, Kamis (13/7/2017), gempa sebesar itu adalah momen langka di lokasi itu. Dikatakannya, paling akhir kali gempa besar mengguncang lokasi itu yaitu pada th. 1994.
Momen kegempaan sempat berlangsung saat Korut lakukan eksperimen nuklir bawah tanah. Tetapi menurut Dutton, tidak ada hal yang memberikan indikasi gempa kesempatan ini karena eksperimen nuklir. Sampai kini semuanya eksperimen nuklir bawah tanah Korut dikerjakan di darat. Korut terhitung sudah lima kali lakukan eksperimen nuklir, termasuk juga dua eksperimen nuklir yang dikerjakan th. kemarin.
Juru bicara Departemen Pertahanan AS juga menyebutkan, selama ini tidak ada tanda-tanda kalau gempa langka itu berlangsung karena eksperimen nuklir.
Kantor berita Korea Selatan, Yonhap seperti ditulis AFP, Kamis (13/7/2017) memberikan laporan, pakar geofisika USGS, John Bellini juga menyebutkan gempa itu bukanlah karena eksperimen nuklir.
” Itu (gempa) berlangsung pada 500 km. dibawah basic laut, ” katanya pada Yonhap. ” Itu gempa alami, ” paparnya.
USGS menyebutkan, gempa ini diprediksikan tidak menyebabkan rusaknya ataupun jatuhnya korban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini