Senin, 26 Juni 2017

Manfaat Telor Asin

Telor Asin
Forum Muslim - Pasti Anda telah akrab mendengar makanan bernama telur asin. Ya, dinamakan telur asin karena telur ini sudah dibersihkan dan direndam dalan larutan air garam selama berhari-hari, umunnya dalam 12 hari. Saat proses pengasinan pada telur asin membuat berbagai unsur vitamin mudah terserah oleh tubuh.
Seperti yang kita tahu, telur asin mengandung bermacam vitamin dan mineral seperti vitamin A dan C, zat besi, fosfor dan kalsium. Telur asin juga mengandung 137 kalori, 165 mg potasium, 1,08 karbohidrat, 9,51 protein, 656 mg kolesterol, dan 10,23 gr lemak.
Keunggulan telur asin dengan telur biasa adalah protein dalam telur asin bukan lagi protein biasa, namun sudah berubah menjadi asam amino karena proses pengasinan. Asam amino sangat penting fungsinya, karena sebagai penyusun protein. Selain itu banyak khasiat yang akan Anda dapat dari kandungan kalsium dan zat besi.
Meski demikian mengkonsumsi telur asin secara berlebih juga akan membahayakan diri Anda. Mengkonsumsi sebutir telur asin dalam sehari dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, melebihi jumlah kolesterol yang direkomendasikan, yakni 300 mg. Anda bisa mendapat 300-600 kolesterol dalam tubuh Anda, bahkan lebih, tergantung pada proses pembuatannya.
Perhatikan jumlah sodium yang masuk dalam tubuh Anda, jangan sampai melebih batas yang direkomendasikan, 2000 mg atau 5 gr dalam sehari. Jika Anda hendak mengkonsumsi telor asin, kurangin kadar sodium pada makanan lain, karena kadar sodium dalam telur asin bisa memenuhi sampai 30% sodium yang Anda butuhkan dalam sehari. (Merah Putih)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini