Langsung ke konten utama

Mengenal Kelompok Ahli Takfiri

Henny Mono
Oleh: Henny Mono*
Di Indonesia ada  kelompok Jamaah Asharut Daulah, di Philipina ada Kelompok Abu Sayyaf, yang keduanya menyatakan berbaiat kepada kelompok Islamic State Irak dan Siria (ISIS), yang bermarkas di kawasan Timur Tengah. Sasaran mereka, yang dianggap musuh, tidak semata orang-orang non-muslim, tapi juga kalangan muslim sendiri. Siapakah mereka? _Koq_ begitu ekstrem dan berani mati.
Sepertiu diberitakan, kelompok ini beberapa waktu lalu melakukan aksi di kawasan Tuban Jawa Timur. Mereka menyerang pos polisi, sebelum kemudian dilibas pasukan Brimod Polda Jatim di ladang jagung. Sementara di kawasan semenanjung Sinai, Mesir, mereka melakukan aksi bunuh diri di gereja Mar Grigis Alexandria saat perayaan Minggu Palma menjelang peringatan paska. Sedangkan di Stochlom, Swedia, mereka melakukan aksi menabrakan truk curian di kerumunan pejalan kaki.
Dr. Usamah Sayyid al-Azyari, seorang dosen pada Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, melakukan penelitian tentang tindak tanduk gerakan ekstrem ini. Bukunya telah terbit dengan judul: Al-Haq al-Mubin fi al-Radd ‘ala Man Tala’aba bi al-Din al Tayyarat al Mutatharrifah min al-Ikhwan ila al-Daisy fi Mizan al-Ilm. Versi bahasa Indonesia: Islam Radikal: Telaah Kritis Radikalisme dari Ikhwanul Muslimin hingga ISIS. Buku ini menggunakan  pendekatan metodologi akademik yang ilmiah, membahas tentang kelahiran dan pertumbuhan/perkembangan gerakan Islam radikal dewasa ini.
Menurutnya, berbagai peristiwa yang menimpa umat Islam dewasa ini telah menimbulkan keguncangan psikologis yang tidak stabil. Di tengah semua keadaan itu, muncul sebuah gerakan yang ingin mencari dasar dan rujukan dari Alquran dan As-sunnah dengan semangat keagamaan yang kuat. Kelompok ini, telah menciptakan metode berpikir sendiri dan menisbatkan sejumlah pandangannya kepada syariat Islam. Karena itu mereka bersemangat untuk berdakwah, memberikan ceramah yang menyentuh hati agar manusia berpegang kepada Islam, serta menjalankan dan membelanya.
Kelemahannya, mereka tidak memiliki kapasitas untuk memahami dan mengambil hukum (istimbath) Alquran dan As-sunnah. Dengan kata lain, mereka tidak memiliki metodologi yang benar dalam memahami sebuah teori yang diinginkan dan ditunjukkan Alquran. Dalam mengambil hukum syar’i, seharusnya seseorang terlebih dulu memahami pirantinya sebagai rujukan, seperti ilmu tafsir Alquran, ilmu hadist, ilmu fikih, ilmu ushul fikih, sirah nabi dan maghazi, sejarah Islam, biografi ulama dan tokoh, serta ilmu bahasa dan gramatika bahasa. Bukan semata-mata mampu berbahasa Arab.
Landasan berpikir yang menjadi ide dasar dari kelompok ahli takfiri (pengkafiran) terhadap umat Islam lainnya, di luar dari golongan mereka, adalah konsep hakimiyah. Konsep ini menjadi dasar lahirnya konsep syirik hakimiyah dan tauhid hakimiyah, yang melahirkan pemahaman eksklusif ‘al’Usbah  al-Mu’minah,  yakni persepsi tertutup tentang golongan yang beriman.
Menurut Dr. Usamah Sayyid al-Azyari, dari konsep hakimiyah inilah muncul pemikiran bahwa umat Islam selain mereka adalah orang-orang jahiliyah. Terdapat perasaan akan adanya jurang pemisah antara mereka dengan umat Islam lain, serta ada pemikiran bahwa mereka lebih baik dari umat Islam lainnya.
Konsep ini, pada gilirannya melahirkan benturan-benturan –yang menurut Sayyid Qutb– antara mereka dengan umat Islam lainnya, demi tegaknya khilafah. Konsekwensi berikutnya, muncullah konsep _tamkin_ (kekuasaan). Perasaan paling benar di dalam pemahaman agama oleh kelompok ini, kemudian mengubah mereka menjadi komunitas yang radikal, selanjutnya menjadi kelompok yang suka mengkafirkan (takfiri) kepada penganut Islam lainnya.
Adanya pemikiran di atas, yang telah menyerang akal, segera menutup mata sekaligus mengacaukan perkara-perkara furu’iyah (cabang), hukum, tak terkecuali teks-teks wahyu. Kekacauan berpikir inilah yang menjadi penyebab utama, mengapa seseorang bisa berubah yang pada mula ia adalah pribadi yang religius, kemudian menjadi kelompok takfiri, yang kemudian menyerang orang lain baik secara fisik maupun non-fisik.
Dari hasil penelusuran Dr. Usamah Sayyid al-Azyari, muara dari semua pandangan kelompok-kelompok radikal tersebut adalah kitab ‘Fi Dzilal Al-Qur’an_, karya Sayyid Qutb. Tulisan ini tidak bermaksud menyoroti sosok ulama besar ini, tapi semata hanya mengulas ide dasar, dari mana munculnya kelompok takfiri yang kini berkembang Indonesia. Di mana kelompok ini sangat gemar membuat pernyataan, bahwa di luar mereka adalah ahli bid’ah, sesat, sehingga menjadi ahli neraka dan darah pun halal.
Na’udzubillahi min dzalik. (Harakatuna)
*Penulis adalah pengacara dan anggota Peradi Malang

Artikel Terkait

Komentar

Artikel Populer

Prahara Aleppo

French Foreign Minister Bernard Kouchner takes off a Jewish skull-cap, or Kippa, at the end of a visit to the Yad Vashem Holocaust Memorial in Jerusalem, Tuesday, Sept. 11, 2007. Kouchner is on an official visit to Israel and the Palestinian Territories. (AP Photo/Kevin Frayer) Eskalasi konflik di Aleppo beberapa hari terakhir diwarnai propaganda anti-rezim Suriah yang sangat masif, baik oleh media Barat, maupun oleh media-media “jihad” di Indonesia. Dan inilah mengapa kita (orang Indonesia) harus peduli: karena para propagandis Wahabi/takfiri seperti biasa, mengangkat isu “Syiah membantai Sunni” (lalu menyamakan saudara-saudara Syiah dengan PKI, karena itu harus dihancurkan, lalu diakhiri dengan “silahkan kirim sumbangan dana ke no rekening berikut ini”). Perilaku para propagandis perang itu sangat membahayakan kita (mereka berupaya mengimpor konflik Timteng ke Indonesia), dan untuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di Suriah. Tulisan i

Mengelola Blog Wordpress dan Blogspot Melalui Ponsel

Di jaman gatget yang serba canggih ini, sekarang dasboard wordpress.com dan blogspot.com semakin mudah dikelola melalui ponsel. Namun pada settingan tertentu memang harus dilakukan melalui komputer seperti untuk mengedit themes atau template. Dan bagi kita yang sudah terbiasa "mobile" atau berada di lapangan maka kita bisa menerbitkan artikel kita ke blog wordpress.com melalui email yang ada di ponsel kita, so kita nggak usah kawatir.

Amalan Pada Malam Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Nabi Muhammad ﷺ bersabda: عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه أن رسول ﷺ قال: “من أحيا ليلة الفطر وليلة الأضحى لم يمت قلبه يوم تموت القلوب” رواه الطبراني في الكبير والأوسط. Dari Ubadah Ibn Shomit r.a. Sungguh Rosulullah ﷺ bersabda: "Barangsiapa menghidupkan malam Idul Fitri dan malam Idul Adlha, hatinya tidak akan mati, di hari matinya hati." ( HR.Thobaroni ) عن أبي أمامه رضي الله عنه عن النبي ﷺ قال : “من قام ليلتي العيدين محتسباً لم يمت قلبه يوم تموت القلوب”. وفي رواية “من أحيا” رواه ابن ماجه Dari Abi Umamah r.a, dari Nabi ﷺ, bersabda: Barangsiapa beribadah di dua malam Hari Raya dengan hanya mengharap ALLAH, maka hatinya tidak akan mati pada hari matinya hati. ( HR. Ibnu Majah ) Bagaimana cara menghidupkan dua Hari Raya itu? Telah disebutkan oleh Syaikh Abdul Hamid Al Qudsi, dengan mengamalkan beberapa amalan: 1. Syaikh Al Hafni berkata: Ukuran minimal menghidupkan malam bisa dengan Sholat Isya’ berjama’ah dan meniatkan diri untuk jama’ah Sholat Shubuh pada besoknya. Atau mempe

Sholawat-Sholawat Pembuka Hijab

Dalam Islam sangat banyak para ulama-ulama sholihin yang bermimpi Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam dan mendapatkan petunjuk atau isyarat untuk melakukan atau mengucapkan kalimat-kalimat tertentu (seperti dzikir, sholawat, doa dll ). Bahkan sebagian di antara mereka menerima redaksi sholawat langsung dari Rasulullah dengan ditalqin kata demi kata oleh Beliau saw. Maka jadilah sebuah susunan dzikir atau sholawat yg memiliki fadhilah/asror yg tak terhingga.  Dalam berbagai riwayat hadits dikatakan bahwa siapa pun yang bermimpi Nabi saw maka mimpi itu adalah sebuah kebenaran/kenyataan, dan sosok dalam mimpinya tersebut adalah benar-benar Nabi Muhammad saw. Karena setan tidak diizinkan oleh Alloh untuk menyerupai Nabi Muhammad saw. Beliau juga bersabda, "Barangsiapa yg melihatku dalam mimpi maka ia pasti melihatku dalam keadaan terjaga" ----------------------------- 1. SHOLAWAT JIBRIL ------------------------------ صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ SHOLLALLOOH 'ALAA MUHAMMA

3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup - Himayah atau Pemimpin Ulama di Tanah Banten

Forum Muslim - Banten merupakan provinsi Seribu Kyai Sejuta Santri. Tak heran jika nama Banten terkenal diseluruh Nusantara bahkan dunia Internasional. Sebab Ulama yang sangat masyhur bernama Syekh Nawawi AlBantani adalah asli kelahiran di Serang - Banten. Provinsi yang dikenal dengan seni debusnya ini disebut sebut memiliki paku atau penjaga yang sangat liar biasa. Berikut akan kami kupas 3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup. 1. Abuya Syar'i Ciomas Banten Selain sebagai kyai terpandang, masyarakat ciomas juga meyakini Abuya Syar'i sebagai himayah atau penopang bumi banten. Ulama yang satu ini sangat jarang dikenali masyarakat Indonesia, bahkan orang banten sendiri masih banyak yang tak mengenalinya. Dikarnakan Beliau memang jarang sekali terlihat publik, kesehariannya hanya berdia di rumah dan menerima tamu yg datang sowan ke rumahnya untuk meminta doa dan barokah dari Beliau. Banyak santri - santrinya yang menyaksikan secara langsung karomah beliau. Beliau jug

ALASAN ALI MENUNDA QISHASH PEMBUNUH UTSMAN

Oleh :  Ahmad Syahrin Thoriq   1. Sebenarnya sebagian besar shahabat yang terlibat konflik dengan Ali khususnya, Zubeir dan Thalhah telah meraih kesepakatan dengannya dan mengetahui bahwa Ali akan menegakkan hukum qishash atas para pemberontak yang telah membunuh Utsman.  Namun akhirnya para shahabat tersebut berselisih pada sikap yang harus diambil selanjutnya. Sebagian besar dari mereka menginginkan agar segera diambil tindakan secepatnya. Sedangkan Ali memilih menunda hingga waktu yang dianggap tepat dan sesuai prosedur. 2. Sebab Ali menunda keputusan untuk menegakkan Qishash adalah karena beberapa pertimbangan, diantaranya : Pertama, para pelaku pembunuh Ustman adalah sekelompok orang dalam jumlah yang besar. Mereka kemudian berlindung di suku masing-masing atau mencari pengaruh agar selamat dari hukuman. Memanggil mereka untuk diadili sangat tidak mungkin. Jalan satu-satunya adalah dengan kekuatan. Dan Ali menilai memerangi mereka dalam kondisi negara sedang tidak stabil sudah pas

Kisah Siti Ummu Ayman RA Meminum Air Kencing Nabi Muhammad SAW

Di kitab Asy Syifa disebutkan bahwa Kanjeng Nabi Muhammad SAW punya pembantu rumah tangga perempuan bernama Siti Ummu Ayman RA. Dia biasanya membantu pekerjaan istri Kanjeng Nabi dan nginap di rumah Kanjeng Nabi. Dia bercerita satu pengalaman uniknya saat jadi pembantu Kanjeng Nabi. Kanjeng Nabi Muhammad itu punya kendi yang berfungsi sebagai pispot yang ditaruh di bawah ranjang. Saat di malam hari yang dingin, lalu ingin buang air kecil, Kanjeng Nabi buang air kecil di situ. Satu saat, kendi pispot tersebut hilang entah ke mana. Maka Kanjeng Nabi menanyakan kemana hilangnya kendi pispot itu pada Ummu Ayman. Ummu Ayman pun bercerita, satu malam, Ummu Ayman tiba-tiba terbangun karena kehausan. Dia mencari wadah air ke sana kemari. Lalu dia nemu satu kendi air di bawah ranjang Kanjeng Nabi SAW yang berisi air. Entah air apa itu, diminumlah isi kendi itu. Pokoknya minum dulu. Ternyata yang diambil adalah kendi pispot Kanjeng Nabi. Dan yang diminum adalah air seni Kanjeng Nabi yang ada dal

Abuya Syar'i Ciomas Banten

''Abuya Syar'i Ciomas(banten)" Abuya Syar'i Adalah Seorang Ulama Yg Sangat Sepuh. Menurut beliau sekarang beliau telah berrusia lebih dari 140 tahun. Sungguh sangat sepuh untuk ukuran manusia pada umumnya. Abuya Sar'i adalah salah satu murid dari syekh. Nawawi al bantani yg masih hidup. Beliau satu angkatan dengan kyai Hasyim asy'ary pendiri Nahdatul ulama. Dan juga beliau adalah pemilik asli dari golok ciomas yg terkenal itu. Beliau adalah ulama yg sangat sederhana dan bersahaja. Tapi walaupun begitu tapi ada saja tamu yg berkunjung ke kediamannya di ciomas banten. Beliau juga di yakini salah satu paku banten zaman sekarang. Beliau adalah kyai yg mempunyai banyak karomah. Salah satunya adalah menginjak usia 140 tahun tapi beliau masih sehat dan kuat fisiknya. Itulah sepenggal kisah dari salah satu ulama banten yg sangat berpengaruh dan juga kharismatik. Semoga beliau senantiasa diberi umur panjang dan sehat selalu Aaamiiin... (FM/ FB )

Daun Pepaya Jepang, Aman Untuk Pakan Kambing di @kapurinjing

KH.MUNFASIR, Padarincang, Serang, Banten

Akhlaq seorang kyai yang takut memakai uang yang belum jelas  Kyai Laduni yang pantang meminta kepada makhluk Pesantren Beliau yang tanpa nama terletak di kaki bukit padarincang. Dulunya beliau seorang dosen IAIN di kota cirebon. Saat mendapatkan hidayah beliau hijrah kembali ke padarincang, beliau menjual seluruh harta bendanya untuk dibelikan sebidang sawah & membangun sepetak gubuk ijuk, dan sisa selebihnya beliau sumbangkan. Beliau pernah bercerita disaat krisis moneter, dimana keadaan sangatlah paceklik. Sampai sampai pada saat itu, -katanya- untuk makan satu biji telor saja harus dibagi 7. Pernah tiba tiba datanglah seseorang meminta doa padanya. Saat itu Beliau merasa tidak pantas mendoakan orang tersebut. Tapi orang tersebut tetap memaksa beliau yang pada akhirnya beliaupun mendoakan Alfatihah kepada orang tersebut. Saat berkehendak untuk pamit pulang, orang tersebut memberikan sebuah amplop yang berisi segepok uang. Sebulan kemudian orang tersebut kembali datang untuk memi