Sabtu, 29 April 2017

Minuman Pencegah Tekanan Darah Tinggi

Teh Rosella - File tehrosella.org
Forum Muslim - Tekanan darah tinggi menjadi "hantu" menakutkan bagi banyak orang. Sebab, penyakit ini bisa merembet ke penyakit lainnya seperti stroke, serangan dan gagal jantung, serta penyebab ginjal kronik.

Darah tinggi biasanya disebabkan karena faktor genetik dan usia. Namun, Anda bisa meminimalisir hal-hal yang dapat memicu darah tinggi semakin parah. Solusinya dengan berolah raga, mengonsumsi makanan sehat, jauhi asupan natrium, dan yang paling penting meminum minuman super penurun tekanan darah, seperti yang dilansir Healthunlocked berikut:

1. Susu rendah lemak

Penyebab darah tinggi adalah kurangnya kalsium di tubuh. Pilihan susu yang tepat membantu Anda menurunkan tekanan darah. Salah satunya dengan mengonsumsi susu rendah lemak yang kaya akan kalsium dan lemak. Lemak dapat membantu Anda menyerap kalsium lebih sempurna. Minumlah tiga kali sehari agar tekanan Anda darah cepat menurun.

2. Jus bit

Buah bit adalah sumber potasium yang sangat baik dan sumber folat yang penting untuk mengatur tekanan darah. Selain kedua zat tersebut, buah bit mengandung nitrat yang berfungsi untuk meningkatkan aliran darah. Disarankan meminum satu sampai dua jus bit setiap harinya.

3. Teh bunga Rosella

Teh bunga posella mengandung phytochemical bioaktif yang berperan aktif sebagai inhibitor ACE alami. Beberapa studi menunjukan teh rosella sangat bermanfaat menurunkan tekanan darah seperti kaptopril atau obat yang biasanya digunakan untuk hipertensi. Direkomendasikan agar Anda meminum tiga cangkir teh Rosella setiap harinya.

4. Jus delima

Jus delima berfungsi sebagai inhibitor ACE yang mirip dengan obat-obatan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Dalam beberapa penelitian menunjukan bahwa jus delima bermanfaat melancrakan peredaran darah. Disarankan minum enam ons tanpa pemanis, jus delima setiap hari, atau dua sampai tiga ons delima dicampur dengan air.

5. Air putih

Kekurangan air menjadi salah satu pemicu pembuluh darah mengerut sehingga kerja jantung akan lebih keras dan menyebabkan kenaikan tekanan darah. Oleh karena itu, dianjurkan minum delapan gelas sehari agar jantung bekerja secara normal. (G+)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini