Senin, 24 April 2017

Imam Ghazali : Puasa Adalah Seperempat dari Iman


Ilustrasi Puasa
Forum Muslim - Puasa adalah seperempat Iman. Mengapa demikian?
Karena Rasulullah saw bersabda “Puasa setengan kesabaran” dan Rasulullah bersabda dalam hadist yang lain “Kesabaran adalah setengah dari keimanan”. Begitu utama orang yang berpuasa bahkan diriwayatkan “Allah swt mengunggulkan seorang pemuda mengalahkan malaikatNya, yaitu pemuda yang mau beribadah, Allah berfirman kepadanya “Wahai pemuda yang meninggalkan syahwatnya demi Aku, yang mempersembahkan masa mudanya untukKu. Sesungguhnya engkau dihadapanKu seperti sebagian dari malaikatKu.
Bagaimana puasa menjadi lebih utama di mata Allah padahal semua ibadah adalah untuk Allah, imam Ghozali menjelaskan bahwa itu dikarenakan puasa adalah ibadah meninggalkan dan mencegah dan selain itu puasa juga ibadah yang rahasia. Dalam puasa tidak ada amal yang terlihat dengan mata, sedangkan ibadah lainnya bisa dilihat dengan mata. Maka puasa adalah ibadah rahasia. Yang melihatnya hanya Allah.
Kedua, karena puasa memaksa musuh Allah tidak berkutik. Syahwat adalah media setan untuk mempengaruhi manusia. Kekuatan syahwat adalah pada makan dan minum. Itulah mengapa Rasulullah saw pernah mengingatkan “Syetan mengalir pada diri manusia seperti mengalirnya darah, maka persempitlah alirannya dengan lapar”. Rasulullah saw selalu mengingatkan kekasihnya Aisyah “Sering-seringlah mengetuk pintu sorga. Aisyah ra bertanya “Dengan apa aku mengetuk pintu sorga?” Rasulullah saw menjawab “Dengan sering lapar”. Esensi puasa yang mampu mengekang syetan maka ibadah ini layak menjadi istimewa di mata Allah. Mengalahkan syetan berarti memenangkan pasukan Allah. Selalu proses hidayah diawali dengan perjuangan. Awalnya berjuang lalu akhirnya hidayah.
Wallahu'alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini