Minggu, 19 Maret 2017

Iran akan Bangun Pangkalan Laut di Suriah

Militer Iran - File begae.co.kr
Forum Muslim - Iran dikabarkan tengah melakukan negosiasi dengan pemerintah Suriah untuk membangun pangkalan laut di negara yang telah dibantunya selama perang sipil ini. Demikian seperti laporan situs Breibart.com, 12 Maret.

Mengutip laporan situs berita berbahasa yahudi, Walla pada hari JUmat (10 Meret), laporan itu menyebutkan bahwa Iran dan Suriah telah hampir sepakat bagi pembangunan pangkalan laut Iran di Latakia, barat-laut Suriah. Disebutkan bahwa informasi tersebut diperoleh dari keterangan pejabat inteligen Israel.

"Pangkalan laut aitu akan menjadi pembayaran atas dukungan Iran terhadap regim al Assad selama perang sipil yang berlangsung selama 6 tahaun," kata pejabat Israel tersebut sebagaimana ditulis dalam laporan media.


Menurut laporan, keberadaan pangkalan militer Iran di Suriah dianggap sebagai ancaman serius bagi Israel dan merupakan langkah radikal yang akan meningkatkan ketegangan di kawasan.

"Langkah itu juga akan meningkatkan ancaman bagi Israel karena akan memperkuat kelompok Hezbollah yang didukung Israel," tulis laporan itu.

Pada hari Kamis, PM Israel Benjamin Netanyahu mengatakan telah menyinggung rencana Iran ini saat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moscow.

“Saya telah berbicara dengan Presiden Putin secara panjang lebar tentang dampak strategis kehadiran pangkalan permanen Iran di Syria, atau usaha Iran untuk melakukan hal itu,” kata Netanyahu kepada wartawan usai bertemu Putin.

Menurut Netanyahu keberadaan pangkalan militer Iran bertentangan dengan kepentingan semua negara kecuali Iran.

“Saya katakan bahwa hal ini akan merusak stabilitas, dan sebenarnya mengganggu kemungkinan penyelesaian diplomatik untuk Suriah. Saya tegaskan bahwa hal ini tidak bisa diterima oleh Israel,” tambah Netanyahu seraya menyebutkan bahwa Putin akan setuju dengan pandangannya.

“Saya katakan dengan jelas kepada Presiden Putin penolakan tegas kami atas konsolidasi kekuatan Iran dan proksinya di Suriah,” kata Netanyahu.[Indonesian Free Pres]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini