Sabtu, 28 Januari 2017

Pemerintahan Baru AS Bertekad Merubah PBB

Forummuslim.org - Wakil baru Amerika di PBB berjanji, pemerintahan Donald Trump akan merubah lembaga internasional ini.
Jumat (27/1), Nikki Haley berkata kepada pers,”Hal-hal yang telah berjalan lancar, akan kami jadikan lebih baik. Sedangkan hal-hal yang berjalan kurang lancar, akan kami upayakan untuk diperbaiki. Kami juga akan menyingkirkan hal-hal yang menurut kami tidak berguna.”
Haley menyatakan, Amerika akan mendukung para sekutunya dan percaya bahwa mereka juga akan bersikap sama.
“Kami akan mengingat pihak-pihak yang tidak mendukung AS dan memberikan respons yang sesuai,”tambahnya.
Sebelum terpilih sebagai wakil Amerika di PBB, Haley-yang merupakan peranakan India-adalah walikota South Carolina.
Pernyataan terakhir Haley ini berlawanan dengan apa yang disampaikannya saat Senat Amerika menguji kelayakannya. Pernyataan Haley memicu kekhawatiran para pejabat PBB.
Seorang diplomat tinggi Eropa berpendapat, Haley harus bersikap moderat. “Tekanan yang sesuai mungkin bisa memperbaiki keadaan. Namun tekanan yang melampaui batas justru bisa mendatangkan konsekuensi yang tak dikehendaki Amerika,”ungkapnya.
Sebelum ini, pemerintah Trump mengumumkan akan mengurangi bantuan untuk PBB dan lembaga-lembaga internasional lain. Pemerintah Trump juga bermaksud merevisi atau bahkan membatalkan sebagian kesepakatan dengan negara-negara lain.
Amerika adalah penyokong utama PBB. Washington menyediakan 22 persen dari anggaran operasi PBB dan 28 persen biaya penjagaan perdamaian di 16 titik dunia sebesar 8 milyar dolar per tahun. (Li)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini