Selasa, 24 Januari 2017

Mashad Terpilih Sebagai Ibukota Budaya Dunia Islam 2017

Forummuslim.org - Melalui sebuah acara resmi yang dihadiri 250 tokoh budaya-politik dari 51 negara, Mashad dipilih ISESCO (Islamic Educational, Scientific and Cultural Organization) sebagai ibukota budaya Dunia Islam tahun 2017.
ISESCO adalah lembaga yang berafiliasi dengan OKI. Sejak tahun 2011, lembaga ini tiap tahunnya memilih tiga kota di tiga wilayah Afrika, Arab, dan Asia sebagai ibukota budaya Islam.
Untuk tahun ini, Mashad mewakili wilayah Asia sebagai ibukota budaya Dunia Islam. Mashad mendampingi Amman (Yordania), Sennar (Sudan), dan Kampala (Uganda) sebagai ibukota-ibukota budaya Islam.
Menurut laporan IRNA, upacara pemilihan Mashad ini dihadiri para menteri, anggota parlemen, dubes, dan para tokoh budaya serta agama dari 51 negara.
108 tamu adalah aktivis dan pemikir dari negara-negara Islam, sementara para menteri berasal dari Tanzania, Afghanistan, Pakistan, Uganda, Muritania, Aljazair, dan Suriah.
Menteri Kebudayaan Iran, Reza Salehi Amiri, dalam sambutannya mengatakan,”Terpilihnya Mashad sebagai ibukota budaya Islam bisa menghembuskan persatuan ke seluruh penjuru dunia.”
Menurut Amiri, tujuan utama Nabi Muhammad saw adalah menyebarkan akhlak mulia. Akhlak mulia ini pula yang dijadikan ISESCO sebagai parameter dalam memilih ibukota budaya Islam.
“Sekarang ini, muslimin menghadapi musuh yang sama, yaitu musuh yang memperlihatkan Islam sebagai agama kekerasan,”imbuhnya.
Mashad adalah ibukota provinsi Khurasan, Iran. Kota ini dikenal karena di sana terdapat 
makam salah satu keturunan Nabi saw, Imam Ali Ridha as. Beliau merupakan imam ke-8 bagi penganut mazhab Syiah Itsna Asyariah. (Li)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini