Senin, 09 Januari 2017

Kekhawatiran Israel dengan Rudal Iskander-M Rusia di Suriah



Israel dikabarkan ketakutan dengan keberadaan senjata-senjata canggih Rusia di Suriah yang bisa digunakan untuk menghantam Israel. Dan salah satu senjata yang ditakuti itu adalah Iskander-M. 

"Ini adalah suatu kemungkinan nyata yang akan mempengaruhi keamanan Israel secara signifikan dan akan membuat bahkan orang gila seperti Netanyahu untuk berfikir ulang sebelum melanjutkan agresi dan pembantaian terhadap Palestina. Secara singkat, ini akan menjadi alasan kuat bagi Israel untuk mengikuti resolusi-resolusi PBB (tentang Palestina)," tulis Ian Greenhalgh, editor Veterans Today (VT), situs analisis keamanan dan inteligen terkenal pada 6 Januari.

Menurut VT, selain di Suriah, Rusia kemungkinan akan (atau bahkan) sudah menempatkan sejumlah Iskander-M di Mesir, Irak dan Iran. Hal ini tentu saja semakin menyudutkan Israel.

Sebelumnya, Jerusalem Post danChannel 2 melaporkan bahwa satelit Israel “Eros B” berhasil menemukan jejak keberadaan Iskander-M di Suriah. Hal ini mengkonfirmasikan laporan-laporan inteligen tentang keberadaan rudal ini. 

"Foto-foto dengan kualitas tinggi yang diambil oleh satelit Israel “Eros B” menunjukkan senjata-senjata yang diberi julukan “Iskander” itu terlihat di dalam truk-truk yang berada di pangkalan militer di Latakia, di barat Suriah. Foto-foto itu tampaknya mengkonfirmasi laporan inteligen negara-negara barat yang telah lama curiga bahwa Rusia telah memberikan Suriah sejumlah besar senjata canggih," tulis laporan itu.

Keberadaan rudal-rudal itu tentu saja membuat Israel, negara yang memiliki pengalaman pahit dengan rudal-rudal ballistik kuno yang ditembakkan Irak selama Perang Teluk I dan II, merasakan 'demam'. Dengan daya jangkau hingga 500 kilometer, rudal ini mampu menjangkau seluruh sudut negeri Israel dari Suriah. Apalagi rudal ini jauh lebih akurat dan dengan daya hancur yang lebih besar dari rudal 'Scud' milik regim Saddam Hussein. Rudal ini bahkan bisa diisi dengan hulu-ledak nuklir.

Dengan kecepatan mencapai 7.000 km per-jam, rudal ini hampir mustahil dicegat oleh sistem pertahanan udara Israel.(Indonesian Free Press)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini