Jumat, 16 Desember 2016

Ribuan Teroris Tinggalkan Aleppo, Warga Berpesta

ForumMuslim.org-Ribuan teroris diijinkan meninggalkan Aleppo seiring dibebaskannya kota itu dari para pemberontak. Setidaknya 1.500 di antara mereka beserta keluarganya telah meninggalkan Aleppo dengan menggunakan bus dan ambulan pada hari Kamis (15 Desember).
"5,000 teroris diijinkan meninggalkan Aleppo. Ini berarti mereka akan ditampung di Turki sebelum disuplai dan dipersenjatai kembali untuk berperang di Suriah atau Irak. Mereka akan diberikan rudal-rudal jinjing terbaru oleh Amerika, uang Saudi akan mambayar truk-truk pick-up kinclong untuk mereka, dan para pelatih dari Israeli, Amerika, Inggris dan Turki akan melatih kembali mereka," tulis Veterans Today berkaitan dengan hal itu.

Menurut Veterans Today, negosiasi pelepasan para teroris itu dilakukan secara intensif oleh Turki dan Amerika. Sementara para teroris menggunakan tawanan warga sipil sebagai 'daya tawar-menawar'.
"Jadi, sementara pembebasan Aleppo adalah hal yang baik, ini bukanlah akhir dari perang di Suriah," tulisnya.

Kantor berita Iran FARS melaporkan bahwa konvoi para pemberontak yang meninggalkan Aleppo dikawal oleh pasukan Rusia dan staff Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

Mengutip keterangan Russian Center for Reconciliation in Syria, konvoi pertama para pemberontak berjumlah 1.500 personil ditambah keluarganya, telah meninggalkan Aleppo timur dan akan disusul oleh beberapa konvoi lainnya. Secara keseluruhan kesepakatan akan membebaskan hingga 5.000 pemberontak dan sekitar 10.000 anggota keluarganya. "Untuk memungkinkan para militan pergi, koridor kemanusiaan sejauh 21 km telah dibentuk. Dari jarak itu, 15 km berada di wilayah yang sebelumnya dikuasai pemberontak,” kata Kepala Staff Umum Rusia Jendral Valery Gerasimov seperti dikutip FARS. Ia menyebutkan bahwa 20 bus dan 10 ambulan digunakan dalam proses tersebut, plus sekitara 100 kendaraan milik pemberontak sendiri.

Media-media Suriah melaporkan, Kamis (15 Desember) bahwa sebelumnya pemberontak sempat melanggar kesepakatan dengan melancarkan serangan ke wilayah pemukiman, ketika bus-bus evakuasi mulai berdatangan.

Untuk selanjutnya, para teroris itu akan dipindahkan ke Idlib. Sementara Turki secara terang-terangan menginginkan mereka dipindahkan ke utara Aleppo untuk membantu Operasi Tameng Eufrat.

Para pemberontak hanya diijinkan membawa senjata yang bisa dijinjing. Maka, sebelum evakuasi mereka melakukan pembakaran terhadap senjata-senjata berat, makanan dan dokumen-dokumen yang menunjukkan eksistensi mereka.

Dengan bebasnya Aleppo dari para teroris, sekitar 25.000 pasukan Suriah dan koalisinya kini bebas untuk dipindahkan ke medan-medan pertempuran lainnya untuk membebaskan Suriah dari para pemberontak dan teroris dukungan zionis internasional.

Bagi warga Aleppo sendiri, pembebasan kota itu dari para pemberontak-teroris disambut gembira. Warga tumpah ruah di jalanan Aleppo Timur merayakan pembebasan kota itu. Sambil memukul berbagai tetabuhan, mereka mengibar-ngibarkan bendara nasional Suriah dan meneriakkan 'Hidup Bashir al Assad!".(ca)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seluruh atau sebagian artikel yang terbit di Situs kami tidak otomatis mempresentasikan suara umat islam secara keseluruhan. Setiap tanggapan, sanggahan atau komentar Anda dapat disampaikan ke kolom komentar di bawah ini