Langsung ke konten utama

Sikap Hati-Hati dalam Menggali Hukum dan Mencuplik Dalil (3)

Ketiga, ayat 'am, tetapi yang dimaksud khas, seperti ayat "Alldzina
qala lahumun nas innan nas qad jam'au lakum fakhsyauhum wa zadahum
imana" (QS. Alu Imrân/3: 173). Nas artinya manusia, redaksinya umum
(digunakan untuk banyak orang), tetapi di ayat ini maksudnya hanya
satu orang, yaitu Nu'aym ibn Mas'ud al-Asyja'i.
Ayat lain "Am yahsudunan nas 'alâ maatahumullahu min fadhlih (QS.
An-Nisâ'/4: 54). Nas yang dimaksud di ayat ini juga satu orang, yaitu
Nabi Muhammad SAW.

Keempat, ayat khas dan memang dimaksudkan khas, seperti ayat, "Ya
nisa'an nabiyy lastunna ka ahadin minan nisa" (QS. Al-Ahzab/33: 32)
danayat, "Wa ma lakum an tu'dzu rasulallahi wa la an tankihu azwajahu
min ba'dihi abada (QS. Al-Ahzab/33: 53). Dua ayat ini menjelaskan
kekhususan istri-istri Nabi dan tidak berlaku umum, yaitu larangan
menikah dengan pria lain selepas ditinggal Nabi. Ayat lain, "Wa minal
layli fa tahajjad bihi nafilatan laka" (QS. Al-Isra'/17: 79) dan ayat,
"Wamra'atan mu'minatan in wahabat nafsaha lin nabiy in aradan nabiyyu
ay yastinkaha khalisatan laka min dunil mu'minin" (QS. Al-Ahzab/33:
50). Dua ayat ini menjelaskan kekhususuan Nabi dan tidak berlaku umum,
mencakup kewajiban dan hak. Kewajibannya, salat tahajud wajib hukumnya
bagi Nabi. Haknya, Nabi boleh menikahi lebih dari empat wanita.

Kelima, ayat khas, tetapi dimaksudkan 'am, seperti ayat-ayat berikut:
"Fa idza qara'tal qur'ana fastaidz billah" (QS. An-Nahl/16l: 98);
"Wa idza kunta fîhim fa aqamta lahumus shalata" (QS. An-Nisa'/4: 102);
"Khudz min amwalihim shadaqatan tuthohhiruhum wa tuzakkihim" (QS.
At-Tawbah/9: 60);
"Ya ayyuhan nabiyyut taqillah" (QS. Al-Ahzab/ 33: 1).
Dalam empat ayat ini, khitab-nya mufrad (hanya untuk Nabi), tetapi
isinya berlaku umum.

Jenis ketiga adalah ayat nasikh-mansukh, terbagi ke dalam 3 (tiga)
jenis, yaitu:

Pertama, naskhut tilawah wal hukmi (teks dan hukumnya dihapus semua).
Contoh, riwayat A'isyah tentang jumlah susuan yang berdampak kepada
garis darah, sebelumnya berbunyi, "asyru radha'at ma'lumat" (sepuluh
susuan), tetapi kemudian di-nasakh dengan "khamsin ma'lumat" (lima
susuan). Teks dan hukumnya dihapus semua.

Kedua, naskhul hukm dunat tilawah (hukumnya dihapus, teksnya tidak).
Contoh, ayat "wa ala-l ladzina yuthiqunahu fidyatun" (QS.
Al-Baqarah/2: 184), di-nasakh dengan ayat sesudahnya, "Fa man syahida
minkumus syahra fal yashumhu" (QS. Al-Baqarah/2: 185).
Mufassir menyebut, hukum puasa Ramadlan sebelumnya opsional, antara
puasa atau membayar fidyah. Setelah itu hukumnya wajib bagi semua,
kecuali bagi orang sakit dan bepergian.
Ayat lain, "Ittaqullah haqqa tuqatih" (QS. Ali Imran/3: 102):
"Bertakwalah kamu kepada Allah dengan sebenar-benar takwa," di-nasakh
dengan ayat, "Fattaqullah ma-statha'tum" (QS. At-Taghabun/64: 16):
"Bertakwalah kamu kepada Allah semampumu."
Contoh lain ayat, "La taqrabu-s shalata wa antum sukara hatta taqulu
ma la ta'lamun (QS. An-Nisa'/4: 43)," di-nasakh dengan ayat, "Innamal
khamru wal maysiru wal anshabu wal azlamu rijsun min amalis syaithâni
fajtanibuhu (QS. An-Nisa'/4: 43).
Hukum arak sebelumnya halal (QS. Al-Baqarah/2: 219), kemudian haram
ketika shalat (di luar shalat tidak haram), kemudian haram dalam semua
kondisi.

Ketiga, naskhut tilawah dunalhukm (teksnya dihapus, tetapi hukumnya tetap).
Contoh, diriwayatkan Aisyah sebelumnya terdapat ayat berbunyi, "idza
zana al-syaikhu was syaikhatu farjumûhuma al-battata nakalan minallahi
wallahu 'azizun hakim."
(Jika laki-laki dan perempuan tua/sudah menikah berzina, maka rajamlah
keduanya sebagai balasan dari Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa
dan Bijaksana). Teks ayat ini terhapus, tetapi hukum zina muhshan
(orang yang sudah menikah) tetap berlaku.

Jenis keempat adalah ayat muthlaq dan muqayyad.

Muthlaq adalah ayat yang berlaku mutlak tanpa syarat, sementara
muqayyad sebaliknya. Contoh ayat muthlaq dan muqayyad,
"Ya ayyuhal ladzina amanu athiullaha wa athi'ur rasula wa ulil amri
minkum" (QS. An-Nisa/4: 59):
"Hai orang-orang yang beriman, taatillah Allah dan taatilah rasul-Nya
dan pemegang kekuasaan di antara kamu."

Taat kepada Allah dan rasul-Nya mutlak, tanpa syarat, tetapi kepada
pemimpin politik muqayyad (bersyarat). Dari mana kita tahu bahwa
ketaatan kepada pemimpin politik muqayyad? Dari hadits Nabi, "'Alal
mar'il muslim as-sam'u wa-t tha'atu fîma ahabba wa kariha illa an
yu'mara bi ma'shiyyatin. Fa in umira bi ma'shiyyatin fa la sam'a wa la
tha'ata (HR. Muslim, Kitabul Imarah, Bab Wujubi Thu'atil Umara' fî
ghairi Ma'shiyyatin wa Tahrimiha fil Ma'shiyyat): "Wajib bagi setiap
Muslim taat dan patuh (kepada pemimpin) baik senang maupun tidak. Jika
diperintah kepada kemaksiatan, tidak ada kewajiban taat dan patuh."

Artikel Terkait

Komentar

Artikel Populer

Prahara Aleppo

French Foreign Minister Bernard Kouchner takes off a Jewish skull-cap, or Kippa, at the end of a visit to the Yad Vashem Holocaust Memorial in Jerusalem, Tuesday, Sept. 11, 2007. Kouchner is on an official visit to Israel and the Palestinian Territories. (AP Photo/Kevin Frayer) Eskalasi konflik di Aleppo beberapa hari terakhir diwarnai propaganda anti-rezim Suriah yang sangat masif, baik oleh media Barat, maupun oleh media-media “jihad” di Indonesia. Dan inilah mengapa kita (orang Indonesia) harus peduli: karena para propagandis Wahabi/takfiri seperti biasa, mengangkat isu “Syiah membantai Sunni” (lalu menyamakan saudara-saudara Syiah dengan PKI, karena itu harus dihancurkan, lalu diakhiri dengan “silahkan kirim sumbangan dana ke no rekening berikut ini”). Perilaku para propagandis perang itu sangat membahayakan kita (mereka berupaya mengimpor konflik Timteng ke Indonesia), dan untuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di Suriah. Tulisan i

Sholawat-Sholawat Pembuka Hijab

Dalam Islam sangat banyak para ulama-ulama sholihin yang bermimpi Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam dan mendapatkan petunjuk atau isyarat untuk melakukan atau mengucapkan kalimat-kalimat tertentu (seperti dzikir, sholawat, doa dll ). Bahkan sebagian di antara mereka menerima redaksi sholawat langsung dari Rasulullah dengan ditalqin kata demi kata oleh Beliau saw. Maka jadilah sebuah susunan dzikir atau sholawat yg memiliki fadhilah/asror yg tak terhingga.  Dalam berbagai riwayat hadits dikatakan bahwa siapa pun yang bermimpi Nabi saw maka mimpi itu adalah sebuah kebenaran/kenyataan, dan sosok dalam mimpinya tersebut adalah benar-benar Nabi Muhammad saw. Karena setan tidak diizinkan oleh Alloh untuk menyerupai Nabi Muhammad saw. Beliau juga bersabda, "Barangsiapa yg melihatku dalam mimpi maka ia pasti melihatku dalam keadaan terjaga" ----------------------------- 1. SHOLAWAT JIBRIL ------------------------------ صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ SHOLLALLOOH 'ALAA MUHAMMA

3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup - Himayah atau Pemimpin Ulama di Tanah Banten

Forum Muslim - Banten merupakan provinsi Seribu Kyai Sejuta Santri. Tak heran jika nama Banten terkenal diseluruh Nusantara bahkan dunia Internasional. Sebab Ulama yang sangat masyhur bernama Syekh Nawawi AlBantani adalah asli kelahiran di Serang - Banten. Provinsi yang dikenal dengan seni debusnya ini disebut sebut memiliki paku atau penjaga yang sangat liar biasa. Berikut akan kami kupas 3 Ulama Paku Banten paling keramat yang masih hidup. 1. Abuya Syar'i Ciomas Banten Selain sebagai kyai terpandang, masyarakat ciomas juga meyakini Abuya Syar'i sebagai himayah atau penopang bumi banten. Ulama yang satu ini sangat jarang dikenali masyarakat Indonesia, bahkan orang banten sendiri masih banyak yang tak mengenalinya. Dikarnakan Beliau memang jarang sekali terlihat publik, kesehariannya hanya berdia di rumah dan menerima tamu yg datang sowan ke rumahnya untuk meminta doa dan barokah dari Beliau. Banyak santri - santrinya yang menyaksikan secara langsung karomah beliau. Beliau jug

Mengelola Blog Wordpress dan Blogspot Melalui Ponsel

Di jaman gatget yang serba canggih ini, sekarang dasboard wordpress.com dan blogspot.com semakin mudah dikelola melalui ponsel. Namun pada settingan tertentu memang harus dilakukan melalui komputer seperti untuk mengedit themes atau template. Dan bagi kita yang sudah terbiasa "mobile" atau berada di lapangan maka kita bisa menerbitkan artikel kita ke blog wordpress.com melalui email yang ada di ponsel kita, so kita nggak usah kawatir.

Amalan Pada Malam Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Nabi Muhammad ﷺ bersabda: عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه أن رسول ﷺ قال: “من أحيا ليلة الفطر وليلة الأضحى لم يمت قلبه يوم تموت القلوب” رواه الطبراني في الكبير والأوسط. Dari Ubadah Ibn Shomit r.a. Sungguh Rosulullah ﷺ bersabda: "Barangsiapa menghidupkan malam Idul Fitri dan malam Idul Adlha, hatinya tidak akan mati, di hari matinya hati." ( HR.Thobaroni ) عن أبي أمامه رضي الله عنه عن النبي ﷺ قال : “من قام ليلتي العيدين محتسباً لم يمت قلبه يوم تموت القلوب”. وفي رواية “من أحيا” رواه ابن ماجه Dari Abi Umamah r.a, dari Nabi ﷺ, bersabda: Barangsiapa beribadah di dua malam Hari Raya dengan hanya mengharap ALLAH, maka hatinya tidak akan mati pada hari matinya hati. ( HR. Ibnu Majah ) Bagaimana cara menghidupkan dua Hari Raya itu? Telah disebutkan oleh Syaikh Abdul Hamid Al Qudsi, dengan mengamalkan beberapa amalan: 1. Syaikh Al Hafni berkata: Ukuran minimal menghidupkan malam bisa dengan Sholat Isya’ berjama’ah dan meniatkan diri untuk jama’ah Sholat Shubuh pada besoknya. Atau mempe

KH.MUNFASIR, Padarincang, Serang, Banten

Akhlaq seorang kyai yang takut memakai uang yang belum jelas  Kyai Laduni yang pantang meminta kepada makhluk Pesantren Beliau yang tanpa nama terletak di kaki bukit padarincang. Dulunya beliau seorang dosen IAIN di kota cirebon. Saat mendapatkan hidayah beliau hijrah kembali ke padarincang, beliau menjual seluruh harta bendanya untuk dibelikan sebidang sawah & membangun sepetak gubuk ijuk, dan sisa selebihnya beliau sumbangkan. Beliau pernah bercerita disaat krisis moneter, dimana keadaan sangatlah paceklik. Sampai sampai pada saat itu, -katanya- untuk makan satu biji telor saja harus dibagi 7. Pernah tiba tiba datanglah seseorang meminta doa padanya. Saat itu Beliau merasa tidak pantas mendoakan orang tersebut. Tapi orang tersebut tetap memaksa beliau yang pada akhirnya beliaupun mendoakan Alfatihah kepada orang tersebut. Saat berkehendak untuk pamit pulang, orang tersebut memberikan sebuah amplop yang berisi segepok uang. Sebulan kemudian orang tersebut kembali datang untuk memi

Kisah Siti Ummu Ayman RA Meminum Air Kencing Nabi Muhammad SAW

Di kitab Asy Syifa disebutkan bahwa Kanjeng Nabi Muhammad SAW punya pembantu rumah tangga perempuan bernama Siti Ummu Ayman RA. Dia biasanya membantu pekerjaan istri Kanjeng Nabi dan nginap di rumah Kanjeng Nabi. Dia bercerita satu pengalaman uniknya saat jadi pembantu Kanjeng Nabi. Kanjeng Nabi Muhammad itu punya kendi yang berfungsi sebagai pispot yang ditaruh di bawah ranjang. Saat di malam hari yang dingin, lalu ingin buang air kecil, Kanjeng Nabi buang air kecil di situ. Satu saat, kendi pispot tersebut hilang entah ke mana. Maka Kanjeng Nabi menanyakan kemana hilangnya kendi pispot itu pada Ummu Ayman. Ummu Ayman pun bercerita, satu malam, Ummu Ayman tiba-tiba terbangun karena kehausan. Dia mencari wadah air ke sana kemari. Lalu dia nemu satu kendi air di bawah ranjang Kanjeng Nabi SAW yang berisi air. Entah air apa itu, diminumlah isi kendi itu. Pokoknya minum dulu. Ternyata yang diambil adalah kendi pispot Kanjeng Nabi. Dan yang diminum adalah air seni Kanjeng Nabi yang ada dal

Daun Pepaya Jepang, Aman Untuk Pakan Kambing di @kapurinjing

ALASAN ALI MENUNDA QISHASH PEMBUNUH UTSMAN

Oleh :  Ahmad Syahrin Thoriq   1. Sebenarnya sebagian besar shahabat yang terlibat konflik dengan Ali khususnya, Zubeir dan Thalhah telah meraih kesepakatan dengannya dan mengetahui bahwa Ali akan menegakkan hukum qishash atas para pemberontak yang telah membunuh Utsman.  Namun akhirnya para shahabat tersebut berselisih pada sikap yang harus diambil selanjutnya. Sebagian besar dari mereka menginginkan agar segera diambil tindakan secepatnya. Sedangkan Ali memilih menunda hingga waktu yang dianggap tepat dan sesuai prosedur. 2. Sebab Ali menunda keputusan untuk menegakkan Qishash adalah karena beberapa pertimbangan, diantaranya : Pertama, para pelaku pembunuh Ustman adalah sekelompok orang dalam jumlah yang besar. Mereka kemudian berlindung di suku masing-masing atau mencari pengaruh agar selamat dari hukuman. Memanggil mereka untuk diadili sangat tidak mungkin. Jalan satu-satunya adalah dengan kekuatan. Dan Ali menilai memerangi mereka dalam kondisi negara sedang tidak stabil sudah pas

Abuya Syar'i Ciomas Banten

''Abuya Syar'i Ciomas(banten)" Abuya Syar'i Adalah Seorang Ulama Yg Sangat Sepuh. Menurut beliau sekarang beliau telah berrusia lebih dari 140 tahun. Sungguh sangat sepuh untuk ukuran manusia pada umumnya. Abuya Sar'i adalah salah satu murid dari syekh. Nawawi al bantani yg masih hidup. Beliau satu angkatan dengan kyai Hasyim asy'ary pendiri Nahdatul ulama. Dan juga beliau adalah pemilik asli dari golok ciomas yg terkenal itu. Beliau adalah ulama yg sangat sederhana dan bersahaja. Tapi walaupun begitu tapi ada saja tamu yg berkunjung ke kediamannya di ciomas banten. Beliau juga di yakini salah satu paku banten zaman sekarang. Beliau adalah kyai yg mempunyai banyak karomah. Salah satunya adalah menginjak usia 140 tahun tapi beliau masih sehat dan kuat fisiknya. Itulah sepenggal kisah dari salah satu ulama banten yg sangat berpengaruh dan juga kharismatik. Semoga beliau senantiasa diberi umur panjang dan sehat selalu Aaamiiin... (FM/ FB )